Thursday, October 07, 2021

TEMA 4 SUB TEMA 2 PB 3 DAN 4

 Kamis,,7 Oktober 2021

 Kelas : VB

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Anak sholeh sholeha VB bagaimana kabarnya di hari  Selasa yang penuh  ceria  ini .Semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat  serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT  aamiin. .Sebelum belajar awali dengan berdoa menyimak serta merangkum tauziah,sholat dhuha dan morozaah.Hari ini kita akan melaksanaksn kegiatan pembelajaran Tema 4 Sub Tema 2  PB 3 dan 4

silahkan baca dan simak materi sebelum mengerjakan soal latihan.

Tema   4          : Sehat Itu Penting                                                                                                               Subtema 2       : Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah

Tujuan pembelajaran :

1.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri pantun.

2.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menyebutkan gangguan kesehatan pada jantung dan pembuluh darah manusia.

3.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menyebutkan property, tata rias, dan busana dalam tari kreasi daerah.

Pembelajaran 3 dan 4                                                                                                              

MuatanPelajaran :PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3. 2, 4.2)

PPkN ( KD : 3.2, 4.2 )

Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan

Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat.

Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:

1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.

Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.

2. Saling mengasihi dan membina antarindividu.

Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.

3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.

 Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakantujuan dan budaya antarwarga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga sebaiknya memperkuat hubungan antarwarga dengan mengesampingkan perbedaan yang ada.

4. Sikap solidaritas

Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk menciptakan solidaritas antarwarga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.

 

IPS ( KD : 3.2 dan 4.2

Interaksi dalam Bidang Pendidikan

4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :

1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya Ani dan Joni berdiskusi materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru

2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa

3. interak siiswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sum berpelajar dapat bermacam-macam

4. interaksi siswa  denga nlingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karya wisata kepantai, dan lain-lain

Contoh interaksi dalam bidang pendidikan


upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui  pendidikan, baikpendidikan formal maupun informal.

Melaluipendidikan,makaakantercapaikesejahteraanmasyarakat.

Berikutcontohaktivitasmasyarakatdalamupayapembangunansosialbudaya :

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

2) Mengikut ipelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.

3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.

Contoh aktivitas masyarakat  dalam upaya pembangunan sosiial budaya melalui pendidikan.

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telahdicanangkanolehpemerintah.

2) Mengikutipelatihanketerampilan, sepertimenjahit, membatik, danmembuatkaryakerajinanlainnya.

 

Bahasa Indonesia ( KD : 3.6 dan 4.6 )

Isi (makna) danamanatpantunberdasarkanusia

Berdasarkanusia, pantun  dibedakanmenjadi pantun anak -anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.

Contohpantunanakanak :

Pergikewarungmembeli Koran

Sekalianmembelibenang

Ayo bermainkejarkejaran

Badansehathatisenang

Isi (makna) pantun :bermainkejarkejaranmembuatbadansehatdanhatisenang.

Amanatpantun :Anakanaksebaiknyabermain agar hatisenang.

ContohPantun Orang Muda :

 

Mengangkat batu setinggi bahu

Batu diangkat berat rasanya

Jikalah boleh aku tahu

Baju biru siapa namanya ?

Isi (makna) pantun :Keinginan seseorang untuk berkenalan.

Amanatpantun :Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun

Pantun di atas memiliki ciri-ciri :

1. Bersajak a-b-a-b

2. Satu bait terdiri dari atas empat baris

3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

4. Terdiri atas sampiran dan isi

SeSetelah membaca materi diiatas silahkan beri tanggapan dikolom komentar .Buat foto dokumentasi kirim via WA.Trimakasih.

 SELAMAT BELAJAR

26 comments:

  1. Assalamualaikum
    Aneta Najah Yuniarthe 04
    Terima kasih bu materiny

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum bu
    Nama: raden Muhammad dastan adriyana
    Kelas: 5b
    Absen: 21
    Terima kasih bu materi nya 🙏

    ReplyDelete
  3. Assalamuallikum bu
    Nama:NAIRA NARAYA PUTRI
    Kelas:5B
    Absen: 20
    Terima kasih bu materinya 🙏

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum Bu
    Nama: FARAH YUWEN KHAIRUNISA RAMANSYAH
    Kelas:5B
    No.absen:10
    Terimakasih atas materi hari ini Bu 🙏🙏

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum.wr.wb
    nama: Zahran Kamil Ardanny 5B
    kesimpulan materi hari ini
    tanggung jawab masyarakat sebagai makhluk sosial yang hidup dalam masyarakat interaksi dalam pendidikan formal dan informal serta pantun yang di beda kan berdasarkan usia
    wassalamualaikam.wr.wb

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum wr wb
    Nama:Zhafira fahrani khairunnisa(Nisa)
    Kls:VB no absen:25
    Sekolah:SD Al-Azhar 2 BL lampung
    Setelah saya membaca dan mempelajari materi yg fi sajikan ibu guru,saya dapat memahami dan dapat menyebutkan apa yg menjadi dari isi materi pembelajaran tersebut. Terimakasih bu atas bimbingan nya Wa'alaikumusalam wr wb🙏🏻🙏🏻

    ReplyDelete
  7. Assalamu'alaikum
    Nama:iqbal firjatulloh
    Kelas:5b
    Absen:12
    Terima kasih bu materinya

    ReplyDelete
  8. ALFARABY KENZO RAMADHAN
    5B
    Absen 03 🙏

    Terima kasih atas materi nya Bu Santi..
    Sehingga Kenzo bs memahami dn mengetahui isi materi pelajran tentang tanggung jawab masyarakat dn jenis pantun 🙏

    ReplyDelete
  9. Assalamu'alaikum
    Nama:Sarah Zahira
    Kelas:5B
    No absen:22
    Hadir Bu🙋🙋

    Manusia sebagai mahluk sosial memiliki tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat dan interkasi dengan lingkungan akan tercipta komunikasi yang baik
    Walaikumsalam

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaikum wr. wb.
    Nama : Alaka Nanda Ilman abrar Morlio
    Terimakasih banyak untuk materinya hari ini bu guru. Saya suka belajar pantun karena menarik.

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum
    Nama:Azmi Novenda P.
    Kelas:5B
    No.absen:9
    Materi hari ini cukup singkat dan mudah di pahammi terima kasih bu guru
    Waalaikumsalam

    ReplyDelete
  12. Assalamu'alaikum
    Nama:kalista adelian putri
    Kelas:5B
    absen:14
    Terimakasih bu materinya

    ReplyDelete
  13. Assalamu'alaikum...
    Nama : Naurah Darfinah Syahkillah
    Keles : 5B
    Absen : 17
    Terima kasih bu guru atas materi hari ini, cukup singkat dan jelas..

    ReplyDelete
  14. Asalamualaikum bu
    Nama ivory dinanti putri
    Kelas 5b
    No absen 13
    Terimakasih bu atas materinya cukup singkat dan saya bisa memahami meterinnya

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum bu,,Aeera Bunga Tyandra kelas 5b hadir
    Terimakasih bu atas materinya semoga untuk PtS besok saya bisa mengerjakannya..

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum bu
    Nama :Kanaya Putri Zahwa
    Kelas:5B
    Absen:15

    ♡ kesimpulan materi ♡

    •Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam mengambil keputusan
    Setiap Manusia tidak bisa hidup sendiri,selalu berhantung kepada manusia lainnya.sehingga setiap individu harus
    Melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama

    •isi & Amanat pantun berdasarkan usia
    Berdasrkan usia pantu di bedakan menjqdi pantun anak anak,pantun orang muda,& pantun orang tua

    Ciri ciri pantun
    a.Bersajak a-b-a-b
    b.satu bait terdiri dari empat baris
    c.satu baris terdiri atas 8-12 suku kata
    d.terdiri atas sampiran dan isi

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum
    Nama : Hafidz Adzikra
    Kelas : 5 B
    No.absen : 11
    Hadir
    Terimakasih bu bu guru🙏 materinya sangat mudah untuk dipahami dan sangat membantu 🙏✨

    ReplyDelete
  19. Nama : Arfa adli gunera
    Kelas : 5B

    Terima kasih bu guru atas materi hari ini, cukup jelas dan mudah di pahami...

    kesimpulan materi :

    Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam mengambil keputusan :
    Setiap Manusia tidak bisa hidup sendiri,selalu berhantung kepada manusia lainnya,sehingga setiap individu harus
    melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama.

    isi dan amanat pantun berdasarkan usia :
    berdasrkan usia pantu di bedakan menjadi 3 : pantun anak anak,pantun orang muda dan pantun orang tua

    Ciri ciri pantun :
    a.Bersajak a-b-a-b
    b.satu bait terdiri dari empat baris
    c.satu baris terdiri atas 8-12 suku kata
    d.terdiri atas sampiran dan isi

    ReplyDelete
  20. Assalamu'alaikum Bu Santi...

    Nama:Zhafira Puteri Farianto
    Kelas:5B
    Absen:26

    Terimakasih Bu untuk materi yg sudah di berikan..Fira jadi mengerti tentang tanggung jawab masyarakat saat mengambil keputusan,interaksi dalam bidang pendidikan,pantun anak anak,pantun orng muda,isi dan amanat pantun dan ciri ciri pantun .

    wassalamualaikum wr.wb🙏

    ReplyDelete
  21. Nama : Kalista adelian p
    Kelas :5.b
    Kesimpulan
    :
    4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :

    1. interaksi siswa dengan siswa.

    2. interaksi siswa dengan guru.

    3. interak siiswa dengan sumber belajar.

    4. interaksi siswa denga lingkungan

    Pantun memiliki ciri-ciri :

    1. Bersajak a-b-a-b

    2. Satu bait terdiri dari atas empat baris

    3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

    4. Terdiri atas sampiran dan isi

    ReplyDelete
  22. Assalamu'alaikum Bu Santi...

    Nama:ayu nabila
    Kelas:5B
    Absen:8

    Terimakasih Bu untuk materi yg sudah di berikan..nabila jadi mengerti tentang tanggung jawab masyarakat saat mengambil keputusan,interaksi dalam bidang pendidikan,pantun anak anak,pantun orng muda,isi dan amanat pantun dan ciri ciri pantun .

    wassalamualaikum wr.wb🙏

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum Bu
    Nama: ARIQI ALSADAD F
    Kelas:5B
    No absen:7
    Hadir Buu🙋🙋
    Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam mengambil keputusan :
    Setiap Manusia tidak bisa hidup sendiri,selalu berhantung kepada manusia lainnya,sehingga setiap individu harus
    melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama.

    isi dan amanat pantun berdasarkan usia :
    berdasrkan usia pantu di bedakan menjadi 3 : pantun anak anak,pantun orang muda dan pantun orang tua

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum
    Nama :Siti Amirah Irsyad
    Kelas:5B
    Absen:23

    Hadir

    .kesimpulannya.
    Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengab keberadaan manusia lainnya.

    {Jenis - jenis tangung jawab sebagai masyarakat}

    1 -memelihara rasa persatuan dan kesatan.

    2 -saling mengasihi dan membina antar individu.

    3 -nengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.

    4 -sikap solidaritas.


    {Interaksi dalam bidang pendidikan}

    1 - interaksi siswa & siswi.
    2 - interaksi siswa & guru.
    3 - interaksi siswa dengan sumber belajar.
    4 -interaksi siswa dengan lingkungan.

    {Berdasarkan usia pantun dibedakan menjadi}

    -pantun anak.
    -pantun orang muda.
    -pantun orang tua.

    {Ciri -ciri pantun}
    -satu bait terdiri dari atas 4 baris.
    -setiap baris terdiri dari 8-12.
    -terdiri atas sampiran & isi.

    ReplyDelete
  25. Assalamawallaikum
    Aria ramadhana
    Kls 5b
    Penjelasannya yaitu Manusia tidak bisa hidup sendiri. Melainkan harus berinteraksi antara satu sama lain dan saling membutuhkan antara individu dan kelompok untuk kesejahteraan manusia itu sendiri.
    Ciri-ciri pantun yaitu:
    -bersajak a-b-a-b
    -satu bait terdiri 4 baris
    -setiap barus terdiri dari 8-12 duku kata
    -terdiri atas sampiran dan isi

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum
    Aneta najah yuniarthe no absen 04

    Penjelasanny yaitu
    - manusia tidak bisa hidup sendiri selalu bergantung pada manusia lainnya,
    -antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan dan sebagai makhluk sosial

    Ciri ciri pantun :
    1. Bersajak a-b-a-b
    2.1 bait terdiri 4 baris
    3.setiap baris terdiri dari 8-12
    4.Terdiri atas sampiran dan isi

    Terima kasih bu guru.

    ReplyDelete

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design