Monday, December 09, 2019

Ekosistem Buatan



Hari : Selasa, 10 Desember 2019

 Contoh Ekosistem Buatan Di sekitar Kita

Adapun beberapa contoh ekosistem buatan yang ada disekitar kita, misalnya:

a. Bendungan / Waduk

Bendungan (Danau Buatan) merupakan sumber air yang dibuat oleh manusia, tentunya di sekitar bendungan dapat ditanami berbagai jenis pohon supaya bendungan tersebut lestari dan airnya tetap bersih. Baik itu di air dan hutan sekitarnya dapat hidup berbagai jenis hewan. Bendungan juga sering di jadikan sarana hiburan oleh masyarakat, lalu energi yang dihasilkan airnya dijadikan pembangkit tenaga listrik, dan sering dijadikan sebagai sumber air irigrasi untuk pertanian. Baca Juga: Pengertian danau, jenisnya, dan manfaatnya.

ekosistem buatan
sumber gambar: pxhere.com

b. Hutan Tanaman Produksi

Hutan disini maksudnya hutan yang sengaja dibuat dan ditanami oleh manusia untuk tujuannya. Biasanya terdapat lahan kosong yang sangat luas, lalu ditanami berbagai jenis pohon seperti pohon pinus, jati, dan jengjeng, sehingga kayu dari pohon tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan papan / membuat rumah sepeti bagian kusen, pintu, dll.



c. Sawah

Saat ini sawah merupakan ekosistem yang mudah untuk ditemukan. Sawah dibuat oleh manusia untuk kebutuhannya, yaitu dengan menanam tanaman padi yang hasilnya sangat bermanfaat untuk makanan pokok. Selain terdapat tumbuhan padi di sawah juga dapat hidup berbagai jenis binatang terutama ikan-ikan kecil, belut, serangga, dll.

d. Perkebunan teh

Selain sawah, perkebunan teh merupakan jenis ekosistem yang dibuatan oleh manusia yang dapat kita temui dengan mudah. Manusia membuat perkebunan teh bertujuan untuk memanfaatkan daun teh, yang selanjutnya diolah  menjadi minuman yang khas. Tentunya di dalam perkebunan teh terdapat berbagai macam hewan juga mulai dari serangga, burung, ular, kelinci liar, musang, dll.

e. Aquarium

Ekosistem ini mudah kita temui dimana saja, manusia membuat aquarium untuk memelihara ikan hias dan sebagai hiasan rumah. Manusia sering mempercayai jika di dalam rumah ada aquarium maka suasana rumah akan terasa tenang, terutama hati.

f. Kolam Ikan

Ekosistem Kolam ikan di buat oleh manusia dengan tujuan untuk membudidayakan ikan yang hasilnya dapat di jual dan dikonsusmsi. Berbagai jenis ikan air tawar yang sering di budidayakan yaitu ikan nilai, ikan mas, ikan gurame, dan ikan lele. Baca Juga: Pengertian Budidaya, Manfaatnya Dan Contohnya.

D. Manfaat Ekosistem Buatan

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan, misalnya:

a. Memenuhi kebutuhan manusia

Manfaat yang paling utama tentunya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya manusia membuat bendungan yang bermanfaat sebagai sumber air, lalu manuisa membuat tambak yang berguna untuk membudidayakan berbagai jenis ikan dan udang. Adapun manusia yang membuat hutan buatan yang ditanami dengan pohon jati, jengjeng, pinus dll, yang dimana hasilnya berguna sebagai kebutuhan papan. Lalu manusia yang membuat sawah untuk menanam padi yang hasilnya berguna sebagai makanan pokok.

b. Sebagai tempat rekreasi

Manfaat selanjutnya berguna sebagai sarana rekreasi / tempat wisata, seperti bendungan / danau buatan yang sering dijadikan sarana wisata air dan memancing. 

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PENGOLAHAN DATA MENENTUKAN MEAN ,MEDIAN DAN MODUS

 Rabu,29 Maret 2024 Kelas : VC بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه  Anak sholeh dan sho...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design