Tuesday, September 29, 2020

TEMA 3 SUB TEMA 3 PB 1DAN 2

 Selasa,29 September 2020

Tema 3            : MakananSehat

Sub tema 3     : Pentingnya  MenjagaAsupanMakananSehat


Pembelajaran ke           : 1 dan 2

MuatanPelajaran :Bahasa Indonesia (KD 3.4, 4. 4), IPA (KD 3. 3, 4. 3)

Untuk menentukan isi dan keunggulan sebuah iklan, kita harus mencermatiinformasi yang disampaikan dalam iklan dengan seksama, baik berupa   suara maupun gambar.Perhatikan  isi iklan tersebut, apakah menawarkan barang, jasa, atau layanan masyarakat jika iklan tersebut menawarkan sebuah produk, perhatikan dengan seksama nama dan keunggulan produkt ersebut! 

 Perhatikan  jugahal yang membuat iklan tersebut menarik, misalnya gaya  atau ucapan tokoh dalami klan tersebut.

Gangguan pada Organ Pencernaan Manusia

 

Sistem pencernaan manusia  dapat mengalami gangguan.Beberapa   faktor yang dapat menyebabkan gangguan  sistem pencernaan manusia antara lain sebagai berikut :

1.     1.  Kurangnya asupan makanan berserat
makanan yang berserat penting bagitubuh. Salah satu fungsi serat  adalah membantu usus untuk   menyerap sari-sari makanan yang masuk danmelancarkanpembuangankotorandaridalamtubuh. Jikatubuhkurangsehat, seseorang dapat  mengalami kesulitan buang air besar(sembelit). Serat  dapat  ditemukanpada makanan yang berasal dari tumbuhan, sepertisayur,buah,dankacang-kacangan.

2.     2.  Pola  makan yang kurang teratur

Polamakan yang tidakteraturdapatmenyebabkanpenyakit mag. Penyakit mag disebabkanlambungterusmenerusmenghasilkanasamlambung.Jikatidakdigunakanuntukmencernamakanan, asamlambungdapatmengikisdindinglambungdanmenyebabkannyeri.

3.     3. Makanan dan minuman yang tidak bersih

Beberapa jenis penyakit seperti  diare dan kolera  disebabkan oleh bakteri atau virus.Bakteri dan virus tersebut terdapat dalam makanan yang kurang bersih d  alam proses pengolahannya. Bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh akan menginfeksi sistem pencernaan kita.

Makanan Yang Sehat bagi Sistem Pencernaan

Makanan yang sehat adalah makanan yang bersih, memiliki kandungan gizi yang seimbang dan dibutuhkan oleh tubuh.Berikut contoh makanan yang menyehatkan bagi sistem pencernaan :

 

 Setelah menyimak dan  membaca materi di atas silahkan beri tanggapan dikolom komentar  dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan sesuai kreativitasmu.Trimakasih

     

 

34 comments:

  1. Nama:faza alfaruqi ry
    Kls:5a
    Ket:hadir
    saya telah membaca materi diatas soal iklan,sistem percernaan dan makanan yang sehat bagi sistem pencernaan

    ReplyDelete
  2. Nama: M Deswan Ali ifrokie
    Kls : 5a
    Ket: hadir
    Saya telah membaca materi tentang sistem pencernaan, iklan, dan makan baik dan sehat bagi tubuh

    ReplyDelete
  3. Nama:nasywa areska ramadhani
    Kls:5A
    Ket:hadir
    Saya telah membaca materi tentang sistem pecernaan,iklan,dan makanan baik dan sehat bagi tubuh

    ReplyDelete
  4. Nama: Muhammad Athaillah teta
    Kelas 5a
    Ket :hadir bu
    Saya sudah membaca materi di blog bu guru tentag sistem pencernaan,iklan dan makanan yg baik dan sehat bagi tubuh.terimakasih bu guru

    ReplyDelete
  5. NAMA :MULIA MUFIIDAH PUTRIA ALAM
    KET :HADIR
    Sayatelah membaca materi diatastentang sistem pencernaaniklandan makananbaik dan sehatbagi tubuh

    ReplyDelete
  6. Nama : M.Anindya Putra Widianta
    Kls :5A
    Ket : Hadir
    Selamat Pagi Bu Santi,Alhamdulillah Anindya sdh membaca Materi pembelajaran hari Ini yg Bu Santi kirim lewat Blok...Terimakasih Bu🙏😊

    ReplyDelete
  7. Nama : Aishita Anisny Qumairanita kelas : VA
    Ket : hadir

    Saya telah mempelajari materi diatas, tentang iklan ,sistem pencernaan,dan makanan sehat

    ReplyDelete
  8. Nama:nazwa shafira
    Kls :5A
    Saya telah membaca iklan,sistem pencernaan,dan makanan sehat

    ReplyDelete
  9. Nama:nazwa shafira
    Kls :5A
    Saya telah membaca iklan,sistem pencernaan,dan makanan sehat

    ReplyDelete
  10. Nama : Queensha Zhafirah Mulia Antonny
    Kelas: 5A
    Saya telah membaca materi pembelajaran Tema 3 subtema 3 tentang Makanan sehat yang ada diblogg Bu guru hari ini. Terima kasih bu guru

    ReplyDelete
  11. Nama:Arzety andriyani
    Kls:5A
    Saya telah mempelajari materi tentang iklan ,sistem pencernaan,dan makanan sehat

    ReplyDelete
  12. Fathir Rizky Aditya
    5 A
    TEMA 3 SUB TEMA 3 PB 1DAN 2
    (MakananSehat dan Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat)
    (Materi tentang iklan)
    (Sistem Pencernaan)



    ReplyDelete
  13. Nama:daffa Naufal kennedi
    Saya telah membaca materi tentang makanan bergizi

    ReplyDelete
  14. Sabrina Azti Rahma Sofi telah membaca materi yang ada di blogger ibu guru, Terimakasih Bu guru,semoga materi ini bermanfaat.Aamiin

    ReplyDelete
  15. Arumy andriyani
    Saya telah membaca materi tentang iklan,sistem pencernaan,dan makanan sehat

    ReplyDelete
  16. Hasbi al sadat
    Kelas:5a
    Saya telah membaca materi tentang, iklan percernaan, dan makanan bergizi

    ReplyDelete
  17. Nama:maulida aizzaty al nadhifa
    Kelas:5A
    Saya telah membaca materi di atas tentang ,iklan,percernaan,dan makanan bergizi

    ReplyDelete
  18. Nama:M.raffa jhoferli
    Kls.5a
    Saya telah membaca materi tentang sistem pencernaan,iklan,dan makanan sehat bagi tubuh

    ReplyDelete
  19. Nama:Ushe mulia Arani
    Kelas:5A
    Saya telah membaca materi tentang sistem pencernaan,iklan,dan makanan sehat bagi tubuh

    ReplyDelete
  20. Hersentiaz Meral Araga
    No. Absen 13
    Saya telah membaca materi di bloger Bu Santi tentang sistem pencernaan..iklan..dan makanan sehat bergizi smoga bisa menambah wawasan saya tentang pola hidup sehat dan makanan sehat.

    Trimakasih Bu Santi Materi hari ini sangat baik dan bermanfaat smoga kita selalu di beri kesehatan amin yra

    ReplyDelete
  21. Nama:Ushe mulia Arani
    Kelas:5A
    Saya telah membaca materi tentang sistem pencernaan,iklan,dan makanan sehat bagi tubuh

    ReplyDelete
  22. Nama : MUHAMMAD AFFAN HILMAN / 19
    Saya telah membaca materi pembelajaran hari ini, yaitu : iklan, Sistem pencernaan manusia, Gandhian organ pencernaan dan makanan sehat bagi Sistem pencernaan.

    ReplyDelete
  23. Nama: Naila Rahmadhania
    Kelas : 5A
    Absen : 25
    Saya sudah membaca materi pembelajaran hari ini : Iklan, Pencernaan Mqnusia,dan makanan sehat bagi sistem pencernaan manusia. Terimakasih

    ReplyDelete
  24. Nama:Fairus bahri/8
    Saya telah membaca materi tentang iklan,sistem pencernaan manusia,dan makanan bergizi yang baik untuk tubuh

    ReplyDelete
  25. Nama: Agni Fidela Khairunnisa
    Kel : 5A
    Saya telah membaca dan mempelajari materi tentang pencernaan manusia,iklan dan, makanan sehat.insayallah saya dapat memahami nya. terimakasih.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Nama : lintang ni rabaktanabel hudariluh sidiq
    Kelas:5A
    Saya telah membaca materi diatas tentang penting nya asupan makanan sehat bagi tubuh kita , tentang sistem pencernaan manusia ,dan tentang iklan

    ReplyDelete
  28. Nama:Ricko Abid Alfarisi
    Kls:5A
    Maaf Bu saya sudah sudah membaca materi yang sudah ibu berikan

    ReplyDelete
  29. Nama : Ariedo Rizqulloh Cahyono
    Kelas : 5A
    Adik saya telah membaca materi yang telah ibu berikan, terimakasih bu

    ReplyDelete
  30. Assalamu'alaikum wr Wb
    Nama : M.Fadillah Caesar Farandri
    Kls : 5A
    Saya sudah membaca materi tentang :
    - iklan
    - sistem pencernaan manusia
    - gangguan organ pencernaan
    - makanan sehat bagi sistem pencernaan
    Terima kasih materinya Bu, sangat bermanfaat.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  31. Nama: Abnan Arbi Farizi
    Kelas:5/A
    saya telah membaca materi yang sudah ibu berikan, terimakasih bu...🙏🙏

    ReplyDelete
  32. Nama : naufal fawwaz aryansyah
    Kelas : VA
    Terimakasih bu Shanti, saya sudah membaca materi hari ini..tentang iklan, sistem pencernaan manusia, gangguan organ pencernaan dan makanan bergizi dan sehat..

    ReplyDelete
  33. Nama : Kayla Izatunnisa
    Kelas : 5A
    Saya telah membaca materi hari ini tentang iklan, sistem pencernaan manusia, gangguan organ percernaan, dan makanan bergizi dan sehat..

    ReplyDelete
  34. Nama: MUHAMMAD FAUZAN BACHRI
    Kelas 5.A
    Saya telah membaca materi tentang sistem pencernaan, iklan, dan makan baik dan sehat bagi tubuh

    ReplyDelete

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design