Tuesday, September 22, 2020

TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 1 DAN 2

 Selasa, 22 September 2020

Tema 3           : Makanan Sehat 

Subtema 2      : Pentingnya Makanan Sehat bagi TubuhTujuan pembelajaran :

1.   Dengan mengamati dan mendemonstrasikan iklan media elektronik,siswa dapat mengidentifikasikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik

2.   Dengan mencermati teks bacaan dan membuat poster, siswa dapatmenjelaskan macam-macam gangguan pada organ pencernaan

3.   Dengan mencermati teks bacaan, siswa mencari informasi tentangproperti tari.

   

Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.

   Pembelajaran 1 dan 2                                                                                              

 Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.4, 4. 4), IPA (KD 3. 3, 4. 3), SBdP (KD 3. 3, 4. 3)

Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.4)

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Media ElektronikIklan adalah pemberitahuan kepada masyarakat mengenai barang atau jasa yang dijual.Iklan berfungsi untuk mempromosikan suatu produk kepada masyarakat.Iklan juga bersifat mengajak masyarakat untuk melakukan sesuatu.Media iklan adalah sarana yang digunakan untuk menyebarluaskan iklan.

Perbedaan iklan Media Cetak dan Media ElektronikBerdasarkan medianya, iklan digolongkan menjadi dua yaitu :

1.   Iklan media cetak

Iklan media cetak adalah iklan yang dimuat di media cetak, seperti Koran, majalah, tabloid, dan brosur. Iklan media cetak menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan dan gambar.

2.   Iklan media elektronik

Iklan media elektronik adalah iklan yang dimuat di media elektronik, seperti televisi, radio, dan internet. Iklan media elektronik menyampaikan informasi dalam bentuk suara (audio) dan gambar yang bergerak (visual).

Ciri-ciri Iklan pada Media ElektronikAntara lain :

ü Disampaikan secara elektronik dalam bentuk audio dan video

ü Disampaikan dalam waktu singkat

ü Menggunakan bahasa formal atau nonformal

ü Menggunakan kalimat yang singkat dan padat

ü Menggunakan intonasi yang tepat

ü Gaya bahasa mudah dipahami dan persuasif

ü Khusus untuk iklan pada media radio, informasi produk yang ditawarkan biasanya disampaikan dengan jelas.

ü Terdapat musik pengiring yang tepat untuk menciptakan suasana yang mendukung isi iklan. 

IPA (KD 3. 3, 4. 3)

Gangguan pada Organ Pencernaan Manusia Organ pencernaan manusia juga mengalami gangguan atau kelainan. Penyebab gangguan organ pencernaan pola makan atau bibit penyakit yang dibawa oleh makanan.Contoh gangguan organ pencernaan :


SBdP (KD 3. 3, 4. 3)

Properti pada Tari DaerahProperti tari adalah alat yang digunakan sebagai media pementasan tari.Properti digunakan untuk menambah keindahan atau estetika dari sebuah tari.Berikut contoh tari daerah dan properti yang digunak

 

    

 Setelah menyimak dan  membaca materi di atas silahkan beri tanggapan dikolom komentar  dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan sesuai kreativitasmu.Trimakasih

SELAMAT BELAJAR

36 comments:

  1. Nama:Nasywa areska ramadhani
    Hadir
    Nama tarian:tari merak
    Tari merak berasal dari pasunda
    Propertian yang di gunakan oleh tari merak adalah mahkota

    ReplyDelete
  2. Nama:Hasbi al sadat
    Ket:Hadir
    Saya sudah menyimak dan membaca materi diatas

    ReplyDelete
  3. Queensha Zhafirah Mulia .A. (Hadir).
    Saya sudah menyimak dan membaca materi yg ada diblog Bu Guru pagi ini, Terima Kasih Bu Guru..🙏

    ReplyDelete
  4. Nama:Arumy andriyani
    Ket:Hadir
    Saya sudah menyimak tentang iklan dan tarian daerah dan properti

    ReplyDelete
  5. Nama:Arzety andriyani
    Ket:Hadir
    Saya sudah menyimak tentang iklan dan tarian daerah dan propeti

    ReplyDelete
  6. Nama M Deswan Ali ifrokie
    Ket Hadir
    Saya sudah menyimak tentang gangguannya pencernaan, properti tarian daerah serta iklan 🙏🙏

    ReplyDelete
  7. Nama:faza al faruqie
    Ket:Hadir
    Saya sudah membaca materi di atas tentang iklan,gangguan pada organ percernaan manusia,nama tarian dan propertinya

    ReplyDelete
  8. Saya sudah membaca materi ibu guru kasih diblogger. Insyaalloh saya sdh mengerti dan jelas terimakasih bu Guru Rio

    ReplyDelete
  9. Nama:Fairus bahri
    Ket:hadir
    Saya sudah membaca materi yang ibu guru berikan di blogger.Insyaallah saya sudah mengerti

    ReplyDelete
  10. Nama:ushe mulia arani
    5A
    Saya telah membaca materi di atas tentang perbedaan iklan media cetak dan elektronik,gangguan pada pencernaan manusia,dan properti pada tari daerah.

    ReplyDelete
  11. Nama :nazwa shafira
    Kls :5A.
    Saya sudah membaca materi yang ibu santi berikan semoga dapat menambah pengetahuan saya.trima kasih bu.

    ReplyDelete
  12. MUHAMMAD AFFAN HILMAN / 19 (habit)
    Saya telah membaca materi tentang Iklan, Sistem Pencernaan dan Tarian Traditional.

    ReplyDelete
  13. MUHAMMAD AFFAN HILMAN / 19 (habit)
    Saya telah membaca materi tentang Iklan, Sistem Pencernaan dan Tarian Traditional.

    ReplyDelete
  14. MUHAMMAD AFFAN HILMAN / 19 (hadir)
    Saya telah membaca materi tentang Iklan, Sistem Pencernaan dan Tarian Traditional.

    ReplyDelete
  15. Nama : Fathir Rizky Aditya
    Kelas : 5 A
    Tentang gangguan pada organ pencernaan manusia

    Penyebab gangguan organ pencernaan pada manusia terdapat pada pola makan atau bibit penyakit yang dibawa oleh makanan, contohnya, sariawan yang disebabkan jamur, Diare yang disebabkan mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri atau parasit

    ReplyDelete
  16. NAMA :MULIA MUFIIDAH PUTRIA ALAM
    KET :HADIR
    Saya telah membaca materi di atas tentang perbedaan iklan elektronik dan media cetak,gangguan pada pencernaan manusia,dan properti pada tari daerah

    ReplyDelete
  17. Nama:maulida aizzary al nadhifa
    Ket:hadir
    Saya sudah menyimak pembelajaran di atas

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum bu guru
    Hersentiaz Meral Araga
    Kls VA
    No absen 13
    Hadir bu guru
    Saya telah membaca dan menyimak materi yg ada di bloger bu guru dan sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya trimakasih bu santi materi pembelajaran hari ini smoga ilmu yg ibu berikan kepada kami sllu bermanfaat bagi kita smua.
    Wassalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  19. Nama : Ariedo Rizqulloh Cahyono
    Kelas : 5A

    Materi yang bisa saya dapat adalah salah satu penyakit pada organ pencernaan yaitu ada rasa nyeri pada daerah lambung mag bisa disebabkan oleh luka pada lambung,infeksi bakteri,dan efek samping dari obat

    ReplyDelete
  20. Nama:M.raffa jhoferli
    KeterAngan:hadir
    Saya telah menyimak materi yang telah ibu berikan.

    ReplyDelete
  21. Nama:daffa Naufal Kennedi
    Keterangan: hadir
    Saya sudah membaca blog ibu Rio

    ReplyDelete
  22. Lintang ni rabaktanabel hudariluh sidiq,5A
    Saya sudah membaca mateem yang ibu berikan semoga menambah pengetahuan saya

    ReplyDelete
  23. Nama :Sabrina Azti Rahma Sofi
    Keterangan : Hadir
    Saya telah menyimak materi yang ada di blogger ibu guru.Materi ini sangat bermanfaat dan dapat menambah wawasan ilmu saya.Terimakasih bu guru

    ReplyDelete
  24. Nama: Agni Fidela Khairunnisa
    Ket : Hadir

    Saya telah mempelajari materi yang ada di bloger ibu guru.insya Allah saya dapat memahaminya.terimakasih

    ReplyDelete
  25. Nama : Aishita Anisny Qumairanita kelas: VA
    Ket : hadir

    Saya telah mempelajari materi diatas semoga materi ini bisa menambah pengetahuan saya

    ReplyDelete
  26. Nama :MUHAMMAD FAUZAN BACHRI
    5A Hadir
    Saya telah menyimak materi yang telah ibu berikan.

    ReplyDelete
  27. Assalamu'alaikum wr Wb
    Nama : M.Fadillah Caesar Farandri
    Kls 5A
    Ket.Hadir

    Saya sudah membaca materi :
    - Pentingnya makanan sehat bagi tubuh
    - Gangguan pada organ pencernaan manusia
    - Properti pada tari daerah, merupakan alat yang digunakan sebagai media pementasan tari
    Terima kasih Bu, insyaa Allah materi tersebut dapat menambah pengetahuan saya.
    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  28. Nama:Ricko abid alfarisyi
    Kel:5A
    Ket:hadir

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum, saya Naila Rahmadhania 5A dengan keterangan Hadir, sudah membaca materi penting nya makanan sehat, gangguan organ pencernaan dan properti tari daerah.
    Terimakasih bu, wassalamualaikum

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum saya naufal fawwaz aryansysh... Dengan keterangan hadir ..terimksh rangkumannya bu Shanti.

    ReplyDelete
  31. Nama : Kayla Izatunnisa
    Kelas : VA
    Ket. : Hadir
    Saya sudah menyimak materi hari ini. Terima kasih bu..

    ReplyDelete
  32. Terimakasih banyak anak soleh dan soleha smoga ananda bertabah pinter dan barokah aamiin

    ReplyDelete
  33. Nama:M.Anindya PW
    Kls :5A
    Ket :Hadir
    Terimakasih Bu Santi atas pembelajaran materi diatas,saya sudah memahami bacaan yg bu santi berikan tentang perbedaan iklan dan ciri2ny,tentang materiGanguan pd organ pencernaan manusia,Nama2 tarian beserta asal nya ,,terimakasih Bu Santi🙏

    ReplyDelete
  34. Nama : Abnan Arbi Farizi
    Kelas : 5.A
    Ket. : Hadir dan membaca materi

    ReplyDelete
  35. Lintang ni
    Hadir kelas 5a... Alhamdulillah membaca meteri

    ReplyDelete

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design