Friday, September 18, 2020

Tema 3 sub Tema 1 PB 5 DAN 6

Hari/tanggal : JUM'AT,18 SEPTEMBER 2020 

Pembelajaran 5 dan 6 Muatan Pelajaran :Pkn (KD 3.3),Bahasa Indonesia (KD 3. 4), IPA (KD 3.3), SBdP (KD 3.2)

 Rangkuman Materi

VIDEO  YANG TERKAIT MATERI 

👎

 
 
Berikut link lagu Mars Hidup Sehat
👎

 

 Fungsi alat pencernaankita adalah untuk memproses pemecahan makanan menjadisari-sari makanan sehingga dapat digunakan oleh tubuh.Untuk mencerna makanan, diperlukanorgan pencernaan. Bahan makanan yangkita makan tidak langsung diserap olehsel-sel tubuh. Sebelum diserap, bahanmakanan harus dicerna melalui prosespencernaan. Masih ingatkah kamu dengan cara kerja sistem pencernaan pada manusia??

Berikut macam-macam organ pencernaan danfungsinya. 

1. Mulut Mulut adalah organ pencernaan yang pertama bertugas dalam proses pencernaan makanan.Fungsi utama mulut adalah untuk menghancurkanmakanan sehingga ukurannya cukup lebihkeciluntuk dapat ditelan ke dalam perut. Prosespencernaan dimulai sejak makanan masuk kedalam mulut. Di dalam mulut terdapat alat-alatyang membantu dalam proses pencernaan. Bagianalat-alat pencernaan di mulut adalah gigi, lidah, dan kelenjar ludah (air liur).Di dalam rongga mulut terjadi proses pencernaan makanan secara mekanikdan kimiawi. Berikut organ-organ mulut dan fungsinya, yaitu sebagai berikut.

 a. Lidah Lidah pada sistem pencernaan berfungsi untuk membantu mengunyah danmenelan makananmenuju ke kerongkongan, mengatur posisi makananagar dapat dikunyah oleh gigi dan membantudalam menelan makanan.Lidah tersusun atas otot lurik yang permukaannya dilapisi epitelumdenganbanyak mengandung kelenjar lendir (makosa).

 b. Gigi Gigi berfungsi untuk menghaluskan makanan, maka gigi dan lidahberfungsi sebagai pencernaanmekanik dalam mulut. Tulang gigi terbuatdari dentin yang tersusun dari kalsium karbonat. Gigi membantu enzimenzimpencernaanmakanan agar dapat dicernadengan efisien dan cepat. 

c.Kelenjar Ludah 

Kelenjarludahmenghasilkanludahatauairliur(saliva),Ludahberfungsiuntukmemudahkanpenelanan makanan. 

2. Kerongkongan (Esofagus) Fungsi kerongkongan adalah sebagai saluran untuk memindahkan makanan dari mulut kelambung. Kerongkongan dapat melakukan peristaltik, yaitugerakan meremas-meremas untuk mendorong makanan sedikit demi sedikitke dalam lambung. Makanan ada di dalamkerongkongan yang hanya sekitarenam detik. Bagian pangkal pada kerongkongan yang disebutdengan faringberotot lurik. Otot lurik pada kerongkongan yang bekerja secara sadar menurut kehendak kita dalam proses menelan. 

 3.Lambung Fungsi lambung adalah sebagai penghasil pepsinogen. Pepsinogen adalah bentuk yang belumaktif dari pepsin. Enzim pepsin ini berfungsi dalam mengubahmolekul protein menjadi potongan-potongan protein (pepton). Dinding padalambung menghasilkan asam klorida (HCl)yang berfungsi untuk membunuhmikroorganisme dalam makanan, menciptakan suasana asamdalam lambung,dan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Permukaan pada lambungmengeluarkan lendir yang memiliki fungsi untukmelindungi dinding lambung dari pepsin. Padabayi,lambungnya menghasilkan dua enzim, yaitu renin,yang memiliki fungsi untukmenggumpalkan proteinsusu dan kasein atas bantuan kalsium dan lipaseguna dalam memecahlemak dalam susu. 

 4.Usus Halus Usushalus terbagi atas 3 bagian yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum),dan usus penyerapan (ileum). Pada usus dua belasjari bermuara saluran getah pankreas dansaluranempedu. 5. Usus Besar (Intestinum Crasum) Fungsi usus besar adalah untuk mengabsorpsi air dan mineral, tempat pembentukan vitamin K (dengan batuan bakteri Escherichia coli), sertamelakukan gerak peristaltik untuk mendorong tinja menuju anus. BakteriEscherichia coli yang terdapat dalam usus besar juga berperan dalamprosespembusukan sisa makanan menjadi kotoran. unsur-unsur iklan yangefektif. 

Iklan yang efektif mengandung hal-hal berikut ini:

  Attention (perhatian). Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.

  Interest (minat). Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minatsehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam dirikonsumen.

  Desire (keinginan). Suatu cara utuk menggerakkan keinginan suatukonsumen. 

 Conviction (rasa percaya). Untuk mendapatkan rasa percaya dalamdiri konsumen, makasebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatanperagaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata. 

 Action (tindakan). Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsenuntuk menarikkonsumen agar membeli atau menggunakan produkdan jasanya. Perhatikan iklan berikut ini: Dalam kehidupan masyarakat terdapat banyak perbedaan namun perbedaan itu indah.Bayangkan saja iringan lagu menggunakan satu alat musk saja tentu pasti terkesan monoton. Tahukah kamu apa alat musik ritmis itu?? Alat Musik Ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada. 

Contohnya seperti alat musik daerah berikut ini

 

 Angklung dari Jawa Barat

 Saluang dari Sumatra Barat 

Kecapi dari Sulawesi Barat

 Tifa dari Papua 

Kendang dari Banten 

Kegiatan pada hari ini 👉 Silahkan menyanyikan lagu Mars Hidup Sehat dengan menggunakan alat musik Ritmis yang ada disekitar kita dan kirimkan videonya.Terima kasih

 SELAMAT BELAJAR



 

4 comments:

  1. Nama:Agni Fidela Khairunnisa
    Kel :5A
    Ket :hadir
    baik bu terima kasih

    ReplyDelete

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design