Selasa ,13 Mei 2025
Kelas : VC
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat,Alhamdulilah kemarin kita sudah melaksanakan kegiatan sumatif1 harian,pada hari ini kita akan melanjutkan pelajaran matematika dengan dengan materi sudut, pelajaran Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa .
Seperti biasa sebelum belajar kita terlebih dahulu kita melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus.
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Sebuah kubus memiliki rusuk yang panjangnya 15 cm. Volume dan luas permukaan kubus tersebut adalah ....
a. V = 3.275 cm³ dan Luas = 1.250 cm²
b. V = 3.375 cm³ dan Luas = 1.350 cm²
c. V = 3.385 cm³ dan Luas = 1.400 cm²
d. V = 3.395 cm³ dan Luas = 1.450 cm²
2 Keliling sebuah kubus 228 cm. Volume dan luas permukaan kubus tersebut adalah ....
a. V = 6.759 cm³ , L = 2.156 cm²
b. V = 6.859 cm³ , L = 2.166 cm²
c. V = 6.869 cm³ , L = 2.186 cm²
d. V = 6.879 cm³ , L = 2.186 cm²
a. 1.766,25 cm³ dan 824,25 cm²
b. 1.766,75 cm³ dan 825,25 cm²
c. 1.766,75 cm³ dan 826,25 cm²
d. 1.766,85 cm³ dan 826,25 cm²
4. Sebuah tabung tanpa tutup memiliki luas selimut 880 cm². Jika diketahui tinggi tabung 10 cm, maka luas permukaan tabung tersebut adalah .... cm²
a. 1.490
b. 1.494
c. 1.496
d. 1.498
5. Kakak sedang menyusun kotak kue berbentuk kubus. Agar terkesan rapi, ia menyusun kotak kue tersebut menj7. Sebuah balok memiliki panjang 23 cm, dan lebarnya 14 cm. Jika volume balok tersebut 5.152 cm³, maka tingginya .... cm.
a. 12
b. 13
c. 14
d. 16
6. Sebuah penampungan air berbentuk balok volumenya 9.000 liter. Jika luas alas penampungan air tersebut 6 m², maka tinggi penampungan air tersebut .... m.
a. 1,15
b. 1,25
c. 1,5
d. 1,75
a. 8
b. 9
c. 10
d. 11
8. Alas sebuah prisma berbentuk segitiga siku-siku dengan panjang alasnya 15 cm, tinggi 8 cm, dan tinggi prisma 21 cm. Luas prisma tersebut .... cm²
b. 958
c. 960
d. 962
a. 408
b. 410
c. 416
d. 418
10. Alas sebuah limas berbentuk persegi. Tinggi limas 36 cm. Jika volume limas 1.452 cm³, maka panjang rusuk alas limas .... cm
a. 8
b. 9
c. 11
d. 13
🌸Pendidikan Pancasila
Tujun Pembelajaran : Peserta didik Menjelaskan
pengertian keragaman budaya dan gotong royong dengan benar.
Media pembelajaran : Gambar atau video tentang rumah adat, tarian, pakaian, dan upacara adat dari berbagai daerah. Dan Soal-soal latihan
Metode pembelajaran : Ceramah interaktif guru menjelaskan sambil melibatkan tanya jawab dan tugas Mandiri
Materi: Keberagaman Budaya Indonesiaku dan Gotong Royong
A. Keberagaman Budaya Indonesiaku
1. Pengertian Keberagaman Budaya
Keberagaman
budaya adalah perbedaan yang ada dalam masyarakat Indonesia seperti
suku, adat istiadat, bahasa daerah, rumah adat, pakaian adat, tarian,
lagu daerah, dan makanan khas.
2. Penyebab Keberagaman Budaya
Letak geografis yang luas
Banyaknya suku bangsa
Pengaruh lingkungan dan sejarah daerah
3. Contoh Keberagaman Budaya
Rumah adat: Joglo (Jawa), Tongkonan (Toraja), Gadang (Minangkabau)
Tari tradisional: Tari Saman (Aceh), Tari Kecak (Bali), Tari Piring (Sumatera Barat)
Bahasa daerah: Jawa, Sunda, Batak, Bugis, dsb.
Makanan khas: Rendang, Gudeg, Pempek, Papeda
4. Sikap Terhadap Keberagaman Budaya
Menghargai budaya daerah lain
Tidak membeda-bedakan suku atau adat
Bangga terhadap budaya bangsa
Menjaga dan melestarikan budaya lokal
B. Gotong Royong
1. Pengertian Gotong Royong
Gotong
royong adalah kegiatan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan
bersama. Ini adalah salah satu bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila.
2. Contoh Gotong Royong
Membersihkan lingkungan bersama
Membangun fasilitas umum di desa
Menolong tetangga yang sedang kesusahan
Membersihkan kelas bersama-sama
3. Manfaat Gotong Royong
Meringankan pekerjaan
Mempererat hubungan sosial
Meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan
Menumbuhkan sikap tolong-menolong
4. Nilai Pancasila dalam Gotong Royong
Gotong royong mencerminkan sila keempat dan kelima, yaitu:
Sila ke-4: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
Sila ke-5: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Kesimpulan
Indonesia kaya akan budaya yang beragam. Keberagaman ini harus dijaga dan dihargai agar tetap menjadi kekuatan bangsa. Gotong royong adalah cara kita menjaga persatuan dan kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari.
Berikut soal Pendidikan Pancasila tentang "Keberagaman Budaya Indonesiaku dan Gotong Royong"
1. Apa yang dimaksud dengan keberagaman budaya?
A. Perbedaan pendapat dalam masyarakat
B. Perbedaan suku, adat istiadat, dan kebiasaan masyarakat
C. Perbedaan usia masyarakat
D. Persamaan dalam pekerjaan masyarakat
Jawaban:
2. Contoh wujud keberagaman budaya di Indonesia adalah...
A. Banyaknya tempat perbelanjaan
B. Banyaknya kendaraan umum
C. Beragamnya pakaian adat dan rumah adat
D. Banyaknya gedung perkantoran
Jawaban:
3. Sikap kita terhadap keberagaman budaya adalah...
A. Menyukai budaya sendiri dan merendahkan yang lain
B. Mengabaikan budaya daerah lain
C. Menghargai dan menghormati semua budaya
D. Meniru semua budaya luar negeri
Jawaban:
4. Gotong royong berarti...
A. Mengerjakan pekerjaan sendiri
B. Membantu teman untuk keuntungan pribadi
C. Bekerja sama untuk kepentingan bersama
D. Memberi tugas kepada orang lain
Jawaban:
5. Contoh gotong royong di lingkungan sekolah adalah...
A. Menyontek saat ujian
B. Membersihkan kelas bersama-sama
C. Bermain di taman sekolah
D. Berbelanja ke kantin
Jawaban:
6. Manfaat dari gotong royong adalah...
A. Pekerjaan menjadi lebih lama
B. Timbul rasa iri antar warga
C. Pekerjaan cepat selesai dan menumbuhkan rasa persatuan
D. Terjadi perselisihan
Jawaban:
7. Rumah adat Tongkonan berasal dari daerah...
A. Papua
B. Toraja, Sulawesi Selatan
C. Bali
D. Aceh
Jawaban:
8. Tari Kecak berasal dari...
A. Sumatera Barat
B. Jawa Barat
C. Bali
D. Kalimantan Timur
Jawaban:
9. Salah satu bentuk pelestarian budaya adalah...
A. Mengabaikan budaya daerah
B. Mempelajari dan memperkenalkan budaya kepada generasi muda
C. Menghapus budaya lama
D. Meniru budaya asing
Jawaban:
10. Nilai Pancasila yang sesuai dengan semangat gotong royong adalah...
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Jawaban:
11. Keberagaman budaya di Indonesia merupakan kekayaan yang harus kita ________.
Jawaban:
12. Contoh kegiatan gotong royong di masyarakat adalah ________.
Jawaban:
13. Lagu daerah dari Sumatera Barat yang terkenal adalah ________.
Jawaban:
14. Bhinneka Tunggal Ika berarti ________.
Jawaban:
15. Dengan bergotong royong, pekerjaan menjadi lebih ________.
Materi pelajaran Seni Rupa
Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat membuat sketsa ragam hias flora dan fauna
Media pembelajaran : contoh gambar flora dan fauna
Metode pembelajaran : praktek membuat ragam hias flora dan fauna
D. Menggambar ragam hias
gambar ragam hias sangat bervariasi ragam hias dapat diambil dari flora fauna bentuk manusia bentuk-bentuk geometris dan masih banyak lagi dalam menggambar ragam hias dapat menggunakan beragam media dan alat Selain itu media dan alat tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Lalu bagaimana cara menggambar ragam hias Simaklah penjelasan sebagai berikut
1. hal-hal yang harus diperhatikan
ada beberapa aturan khusus yang harus kita perhatikan agar kita dapat menggambar ragam hias dengan baik berikut 6 dasar penting untuk menggambar ragam hias
1 perhatikan pola bentuk ragam hias yang akan digambar
2 persiapkan alat dan media gambar
3 Tentukan ukuran pola gambar yang akan dibuat
4 buat sketsa di salah satu kotak atau bidang yang telah dibuat sebelumnya
5 buat bentuk yang sama pada bidang yang lain
6 warnailah gambar ragam hias Mu agar menarik.
2. Langkah menggambar ragam hias
Pola ragam hias adalah susunan pola dengan aturan tertentu dalam bentuk dan komposisi tertentu penempatan pola ragam hias tergantung dari tujuan berikut pola-pola ragam hias menurut penempatannya
a. Menggambar ragam hias flora
Contoh ragam hias flora adalah daun sebelumnya Buatlah sketsa terlebih dahulu kemudian perhatikan tulang daunnya setelah jadi dapat diambil pengulangan dengan bentuk daun yang sama kamu dapat menggunakan pola pengulangan maupun sulur-suluran Berikut langkah dalam menggambar ragam hias flora
1. Buatlah pola ragam hias yang akan digambar
2 perhatikan komposisi pola gambar hias tersebut
3 misalnya kita dapat membuat bahan atau ranting sebelum membuat daunnya dahan atau ranting ini dapat menjadi pondasi atau komposisi dasar dari pola ragam hias yang kita buat
4 tetapkan letak objek gambar pada tempat yang sudah ditentukan
5 selanjutnya Buatlah objek seperti buah atau daun di dalam ranting yang sudah dibuat
6 hal ini tersebut akan membuat komposisi dan peletaka
buah atau daun akan lebih teratur
B. Menggambar ragam hias fauna
Menggambar ragam hias fauna dapat menggunakan objek Hewan seperti gajah jerapah burung atau cicak pola ragam hias flora juga dapat digabungkan dengan fauna untuk menggambar ragam hias fauna kita perlu memperhatikan beberapa hal antara lain sebagai berikut
1 Tentukan jenis fauna yang akan dibuat gambar ragam hiasnya
2 siapkan media dan alat untuk menggambar ragam hias
3 Buatlah pola gambar ragam hiasnya
4 Berilah warna sesuai kreativitasmu pada hasil gambar ragam hias
Tugas :
Buatlah gambar salah satu ragam hias flora atau fauna dan beri warna seperti contoh dibawah ini
2 comments:
Terima kasih ibu Santi 🙏🏻
Trimakasih pembelajarannya bu santi🙏
Post a Comment