Monday, May 12, 2025

Matematika ,Pancasila dan Seni Rupa

Selasa ,13 Mei 2025

Kelas   : VC

 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Selasa  yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat,Alhamdulilah kemarin kita sudah melaksanakan kegiatan sumatif1 harian,pada hari ini kita akan melanjutkan pelajaran matematika dengan dengan materi sudut, pelajaran Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa .

Seperti biasa sebelum belajar kita terlebih dahulu kita  melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus.


🍄 MATEMATIKA 🍄
  
Pembahasan soal-soal persiapan sumatif 
Tujuan Pembeljaran : peserta didik dapat megerjakan berbagai bentuk soal yang disajikan
Metode                     : tanya jawab(tertulis)
Media                        :buku cetak mtk dan LCD
 

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Sebuah kubus memiliki rusuk yang panjangnya 15 cm. Volume dan luas permukaan kubus tersebut adalah ....
a. V = 3.275 cm³  dan Luas = 1.250 cm²
b. V = 3.375 cm³  dan Luas = 1.350 cm²
c. V = 3.385 cm³  dan Luas = 1.400 cm²
d. V = 3.395 cm³  dan Luas = 1.450 cm²

2 Keliling sebuah kubus 228 cm. Volume dan luas permukaan kubus tersebut adalah ....
a. V = 6.759 cm³ , L = 2.156 cm²
b. V = 6.859 cm³ , L = 2.166 cm²
c. V = 6.869 cm³ , L = 2.186 cm²
d. V = 6.879 cm³ , L = 2.186 cm²
 
3. Sebuah toples berbentuk tabung dengan diameter 15 cm dan tingginya 10 cm. Volume dan luas seluruh permukaanya adalah .... (π= 3,14)
a. 1.766,25 cm³ dan 824,25 cm²
b. 1.766,75 cm³ dan 825,25 cm²
c. 1.766,75 cm³ dan 826,25 cm²
d. 1.766,85 cm³ dan 826,25 cm²

4. Sebuah tabung tanpa tutup memiliki luas selimut 880 cm². Jika diketahui tinggi tabung 10 cm, maka luas permukaan tabung tersebut adalah .... cm²
a. 1.490
b. 1.494
c. 1.496
d. 1.498

5. Kakak sedang menyusun kotak kue berbentuk kubus. Agar terkesan rapi, ia menyusun kotak kue tersebut menj7. Sebuah balok memiliki panjang 23 cm, dan lebarnya 14 cm. Jika volume balok tersebut 5.152 cm³, maka tingginya .... cm.
a. 12
b. 13
c. 14
d. 16

6. Sebuah penampungan air berbentuk balok volumenya 9.000 liter. Jika luas alas penampungan air tersebut 6 m², maka tinggi penampungan air tersebut .... m.
a. 1,15
b. 1,25
c. 1,5
d. 1,75
 
7. Volume prisma segitiga 4.800 cm³. Jika alas segitiga 24 cm, dan tinggi prisma 50 cm, maka tinggi segitiga .... cm
a. 8
b. 9
c. 10
d. 11

8. Alas sebuah prisma berbentuk segitiga siku-siku dengan panjang alasnya 15 cm, tinggi 8 cm, dan tinggi prisma 21 cm. Luas prisma tersebut .... cm²
a. 956
b. 958
c. 960
d. 962
 
9. Sebuah limas segitiga sama sisi mempunyai sisi alas 12 cm dan tinggi alas 8 cm. Jika tinggi sisi tegak segitiga selimut adalah 20 cm, maka luas permukaan limas tersebut ....  cm²
a. 408
b. 410
c. 416
d. 418

10. Alas sebuah limas berbentuk persegi. Tinggi limas 36 cm. Jika volume limas 1.452 cm³, maka panjang rusuk alas limas .... cm
a. 8
b. 9
c. 11
d. 13
 

🌸Pendidikan Pancasila

Tujun Pembelajaran : Peserta didik Menjelaskan pengertian keragaman budaya dan gotong royong dengan benar.

Media pembelajaran : Gambar atau video tentang rumah adat, tarian, pakaian, dan upacara adat dari berbagai daerah. Dan Soal-soal latihan                                             

Metode pembelajaran : Ceramah interaktif guru menjelaskan sambil melibatkan tanya jawab dan tugas Mandiri 

Materi: Keberagaman Budaya Indonesiaku dan Gotong Royong

A. Keberagaman Budaya Indonesiaku

1. Pengertian Keberagaman Budaya
Keberagaman budaya adalah perbedaan yang ada dalam masyarakat Indonesia seperti suku, adat istiadat, bahasa daerah, rumah adat, pakaian adat, tarian, lagu daerah, dan makanan khas.

2. Penyebab Keberagaman Budaya

  • Letak geografis yang luas

  • Banyaknya suku bangsa

  • Pengaruh lingkungan dan sejarah daerah

3. Contoh Keberagaman Budaya

  • Rumah adat: Joglo (Jawa), Tongkonan (Toraja), Gadang (Minangkabau)

  • Tari tradisional: Tari Saman (Aceh), Tari Kecak (Bali), Tari Piring (Sumatera Barat)

  • Bahasa daerah: Jawa, Sunda, Batak, Bugis, dsb.

  • Makanan khas: Rendang, Gudeg, Pempek, Papeda

4. Sikap Terhadap Keberagaman Budaya

  • Menghargai budaya daerah lain

  • Tidak membeda-bedakan suku atau adat

  • Bangga terhadap budaya bangsa

  • Menjaga dan melestarikan budaya lokal                                                     

     B. Gotong Royong

1. Pengertian Gotong Royong
Gotong royong adalah kegiatan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Ini adalah salah satu bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila.

2. Contoh Gotong Royong

  • Membersihkan lingkungan bersama

  • Membangun fasilitas umum di desa

  • Menolong tetangga yang sedang kesusahan

  • Membersihkan kelas bersama-sama

3. Manfaat Gotong Royong

  • Meringankan pekerjaan

  • Mempererat hubungan sosial

  • Meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan

  • Menumbuhkan sikap tolong-menolong

4. Nilai Pancasila dalam Gotong Royong
Gotong royong mencerminkan sila keempat dan kelima, yaitu:

  • Sila ke-4: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan

  • Sila ke-5: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia   Kesimpulan

Indonesia kaya akan budaya yang beragam. Keberagaman ini harus dijaga dan dihargai agar tetap menjadi kekuatan bangsa. Gotong royong adalah cara kita menjaga persatuan dan kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut soal Pendidikan Pancasila tentang "Keberagaman Budaya Indonesiaku dan Gotong Royong"

1. Apa yang dimaksud dengan keberagaman budaya?
A. Perbedaan pendapat dalam masyarakat
B. Perbedaan suku, adat istiadat, dan kebiasaan masyarakat
C. Perbedaan usia masyarakat
D. Persamaan dalam pekerjaan masyarakat
Jawaban: 

2. Contoh wujud keberagaman budaya di Indonesia adalah...
A. Banyaknya tempat perbelanjaan
B. Banyaknya kendaraan umum
C. Beragamnya pakaian adat dan rumah adat
D. Banyaknya gedung perkantoran
Jawaban: 

3. Sikap kita terhadap keberagaman budaya adalah...
A. Menyukai budaya sendiri dan merendahkan yang lain
B. Mengabaikan budaya daerah lain
C. Menghargai dan menghormati semua budaya
D. Meniru semua budaya luar negeri
Jawaban: 

4. Gotong royong berarti...
A. Mengerjakan pekerjaan sendiri
B. Membantu teman untuk keuntungan pribadi
C. Bekerja sama untuk kepentingan bersama
D. Memberi tugas kepada orang lain
Jawaban: 

5. Contoh gotong royong di lingkungan sekolah adalah...
A. Menyontek saat ujian
B. Membersihkan kelas bersama-sama
C. Bermain di taman sekolah
D. Berbelanja ke kantin
Jawaban: 

6. Manfaat dari gotong royong adalah...
A. Pekerjaan menjadi lebih lama
B. Timbul rasa iri antar warga
C. Pekerjaan cepat selesai dan menumbuhkan rasa persatuan
D. Terjadi perselisihan
Jawaban: 

7. Rumah adat Tongkonan berasal dari daerah...
A. Papua
B. Toraja, Sulawesi Selatan
C. Bali
D. Aceh
Jawaban: 

8. Tari Kecak berasal dari...
A. Sumatera Barat
B. Jawa Barat
C. Bali
D. Kalimantan Timur
Jawaban: 

9. Salah satu bentuk pelestarian budaya adalah...
A. Mengabaikan budaya daerah
B. Mempelajari dan memperkenalkan budaya kepada generasi muda
C. Menghapus budaya lama
D. Meniru budaya asing
Jawaban: 

10. Nilai Pancasila yang sesuai dengan semangat gotong royong adalah...
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Jawaban: 

11. Keberagaman budaya di Indonesia merupakan kekayaan yang harus kita ________.
Jawaban: 

12. Contoh kegiatan gotong royong di masyarakat adalah ________.
Jawaban: 

13. Lagu daerah dari Sumatera Barat yang terkenal adalah ________.
Jawaban: 

14. Bhinneka Tunggal Ika berarti ________.
Jawaban:

15. Dengan bergotong royong, pekerjaan menjadi lebih ________.

16.  Perhatikan gambar berikut !

Nama rumah adat pada gambar di atas adalah..... 
17. Baju Bodo adalah pakaian adat dari yang berasal dari Provinsi ...

18. Tari Maengket berasal dari daerah ...
19. Ludruk merupakan kesenian daerah yang berasal dari ...
20. Bakar batu merupakan seni pertunjukan rakyat dari daerah ..

🌷Seni Rupa
 

Materi pelajaran Seni Rupa 

Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat membuat sketsa ragam hias flora dan fauna 

Media pembelajaran : contoh gambar flora dan fauna 

Metode pembelajaran : praktek membuat ragam hias flora dan fauna 

D. Menggambar ragam hias 

gambar ragam hias sangat bervariasi ragam hias dapat diambil dari flora fauna bentuk manusia bentuk-bentuk geometris dan masih banyak lagi dalam menggambar ragam hias dapat menggunakan beragam media dan alat Selain itu media dan alat tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Lalu bagaimana cara menggambar ragam hias Simaklah penjelasan sebagai berikut 

1. hal-hal yang harus diperhatikan

 ada beberapa aturan khusus yang harus kita perhatikan agar kita dapat menggambar ragam hias dengan baik berikut 6 dasar penting untuk menggambar ragam hias 

1 perhatikan pola bentuk ragam hias yang akan digambar 

2 persiapkan alat dan media gambar 

3 Tentukan ukuran pola gambar yang akan dibuat

 4 buat sketsa di salah satu kotak atau bidang yang telah dibuat sebelumnya 

5 buat bentuk yang sama pada bidang yang lain 

6 warnailah gambar ragam hias Mu agar menarik. 

2. Langkah menggambar ragam hias 

Pola ragam hias adalah susunan pola dengan aturan tertentu dalam bentuk dan komposisi tertentu penempatan pola ragam hias tergantung dari tujuan berikut pola-pola ragam hias menurut penempatannya

a. Menggambar ragam hias flora

Contoh ragam hias flora adalah daun sebelumnya Buatlah sketsa terlebih dahulu kemudian perhatikan tulang daunnya setelah jadi dapat diambil pengulangan dengan bentuk daun yang sama kamu dapat menggunakan pola pengulangan maupun sulur-suluran Berikut langkah dalam menggambar ragam hias flora

1. Buatlah pola ragam hias yang akan digambar 

2 perhatikan komposisi pola gambar hias tersebut 

3 misalnya kita dapat membuat bahan atau ranting sebelum membuat daunnya dahan atau ranting ini dapat menjadi pondasi atau komposisi dasar dari pola ragam hias yang kita buat

 4 tetapkan letak objek gambar pada tempat yang sudah ditentukan

 5 selanjutnya Buatlah objek seperti buah atau daun di dalam ranting yang sudah dibuat

 6 hal ini tersebut akan membuat komposisi dan peletaka

buah atau daun akan lebih teratur

B. Menggambar ragam hias fauna 

Menggambar ragam hias fauna dapat menggunakan objek Hewan seperti gajah jerapah burung atau cicak pola ragam hias flora juga dapat digabungkan dengan fauna untuk menggambar ragam hias fauna kita perlu memperhatikan beberapa hal antara lain sebagai berikut

 1 Tentukan jenis fauna yang akan dibuat gambar ragam hiasnya

 2 siapkan media dan alat untuk menggambar ragam hias 

3 Buatlah pola gambar ragam hiasnya

 4 Berilah warna sesuai kreativitasmu pada hasil gambar ragam hias

Tugas : 

Buatlah gambar salah satu ragam hias flora atau fauna dan beri warna seperti contoh dibawah ini


 
 SELAMAT BELAJAR
Refleksi/Kesimpulan : Alhamdulillah pada kegiatan pembeljaran hari ini sebagian besar peserta didik antusias dalam mengikuti pembeljaran walaupun lewat daring.
Berikut dokumentasi kegiatannya :


 






2 comments:

Hafiza said...

Terima kasih ibu Santi 🙏🏻

Mama aisha said...

Trimakasih pembelajarannya bu santi🙏

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Remediall dan Pengayaan

 Rabu,4 Juni 2025 Kelas : VC بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sh...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu