Kamis,8 Mei 2025
Kelas : VC
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat,akhamdulillah kemarin kita sudah menyehaikam materi IPAS dan pada hari ini kita akan melanjutkandengan pembahasan soal-soal IPAS
Seperti biasa sebelum belajar kita melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
🌼IPAS🌼
Tujuan pembelajaran: Dengan Pembahasan soal-soal peserta bisa bertambah luas wawasanya
1.Peta yang menggambarkan suatu topik tema tertentu disebut ..
A. peta topograf
B. peta chorograf
C. peta tematiknya
D. peta dunia
Jawaban: C. peta tematik
2.Tanda pada peta untuk mewakili kondisi sesungguhnya seperti gunung, sungai, kabupaten, dan provinsi yaitu . . .
A. skala
B. simbol
C. legenda
D. arah mata angin
Jawaban: B. simbol
3. Peta yang lebih detail yang disisipkan pada peta utama disebut. . .
A. peta minimalis
B. peta sisipan
C. peta pendukung
D. peta mikro
Jawaban: B. peta sisipan
4. Indonesia berada di antara dua samudra yaitu. . .
A. Samudra Arktik dan Samudra Atlantik
B. Samudra Arktik dan Samudra Pasifik
C. Samudra Hindia dan Samudra Atlantik
D. Samudra Hindia dan Samudra Pasifik
Jawaban: D. Samudra Hindia dan Samudra Pasifik
5. Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia bisa dibagi menjadi tiga wilayah yaitu wilayah Asiatis, wilayah Peralihan, dan wilayah Autralis. Wilayah Asiatis dan wilayah peralihan dibatasi oleh . . .
A. garis Wallace
B. garis Webber
C. garis Meridiana
D. garis Khatulistiwa
Jawaban: A. garis Wallace
6. Flora dan fauna di Indonesia dikelompokan menjadi beberapa wilayah, salah satunya wilayah Peralihan. Wilayah tersebut terdiri dari.
A. Sumatera, Jawa, dan Kalimantan
B. Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara
C. Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara
D. Papua, Kepulauan Aru, dan Kalimantan
Jawaban: B. Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara
7. Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Berikut ini salah satu penyebab Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yaitu. . .
A. Indonesia memiliki iklim subtropis
B. bentang alam Indonesia yang sempit
C. Indonesia memiliki gurun pasir yang luas
D. Indonesia negara kepulauan yang luas
Jawaban: D. Indonesia negara kepulauan yang luas
8. Berikut ini tindakan manusia yang dapat mengurangi keberagaman hayati setempat yaitu....
A. gunung meletus
B. tsunami
C. pemburuan dengan izin
D. pembuangan limbah beracun
Jawaban: D. pembuangan limbah beracun
9. `Perhatikan pernyataan di bawah ini.
peralatan memasak
pengganti elpiji
bahan pembuatan plastik
bahan pembuatan kabel
10Tembaga merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Manfaat yang dimaksud ditunjukkan oleh nomor. . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawaban: D. 4
11.`. Batu bara dan tembaga merupakan komoditas yang ada di Indonesia. Komoditas tersebut termasuk sumber daya alam. . .
A. dapat diperbaharui
B. tidak dapat diperbaharui
C. alternatif
D. terbaharukan
Jawaban: B. tidak dapat diperbaharui
11 Sumber daya alam non hayati yang dapat dimanfaatkan
untuk membantu petani garam di tepi pantai yaitu. . .
A. air
B. tanah
C. matahari
D. manusia
Jawaban: B. tanah
12 . Pengikisan pantai terjadi begitu cepat sehingga menyebabkan longsor dan erosi panta
A. rusaknya hutan bakau
B. air laut surut
C. banyak pengunjung
D. menangkap ikan dengan bom
Jawaban: A. rusaknya hutan bakau
13 . Berikut ini contoh kekayaan alam yang masih dapat dibudidayakan kembali apabila sudah habis dipakai yaitu. . .
A. perak
B. tanah
C. nikel
D. tembaga
14. Mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim/agraris?
Jawaban: Indonesia disebut sebagai negara maritim karena memiliki wilayah laut yang luas dan kaya akan sumber daya kelautan.
Indonesia juga disebut negara agraris karena sebagian
besar penduduknya bekerja di sektor pertanian.
15. Indonesia kaya akan sumber daya laut. Banyak yang bisa kita manfaatkan dari laut, salah satunya sebagai sumber pangan. Sebutkan dua dampak yang terjadi jika kita melakukan penangkapan ikan menggunakan peledak.
Jawaban:
Merusak ekosistem laut dan terumbu karang.
Mengurangi populasi ikan secara drastis sehingga mengganggu keseimbangan lingkungan
SELAMAT BELAJAR
Refleksi/Kesimpulan: Alhamdulillah sebagian besar peserta didik menyimak pembahasan soal dengan baik ,meskipun beljarnya on line dari rumah .
Berikut dokumentasi kegiatannya
4 comments:
Terima kasih bu atas pembelajarannya
Trimakasih pembelajarannya bu santi🙏🙏
Terima kasih atas pembelajaran nya ibu santi🙏🏻😄
Trimkasih kembali naknuntuk responnya🙏🥰
Post a Comment