Wednesday, April 22, 2020

MENGENAL BUDÀYA INDONESIA

Rabu,22 April 2020

Q

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya
hari ini kita akan mengenal budaya dari daerah Maluku
Vidionya bisa dilihat 👎






Belajar dari rumah TVRI Kelas 4 5 6 Hari RABU 22 April 2020 Sejarah dan Budaya MalukuSejarah dan Budaya Maluku Belajar dari rumah melalui siaran TVRI untuk Kelas 4 5 6 SD yang akan tayang pada hari RABU. Jadi adik-adik bisa persiapan melihat video ini supaya lebih memahami isi cerita sehingga lebih mudah menjawab soal.Soalnya tidakk tampilkan disini yah, soalnya besok kalian bisa lihat di siaran TVRI dan tentunya di channel ini juga. Semoga kalian bisa lebih maju dari yang lainBerikut video Sejarah dan Budaya Maluku
















👉 Ringkasan Materi
Latar Belakang Sejarah Adanya Tari Soya-Soya

Terciptanya tari soya-soya dilakukan secara sepontan. Pada saat masyarakat di daerah Maluku merasa marah mengetahui bahwa Sultan Babullah diculik dan dibunuh sehingga terciptanya tarian tersebut.

Kostum Tarian Soya-Soya

Setelah kemeja dan celana panjang, ada selempang kiri kanan warna merah atau kinung. Kemudian ada rok, berawarna cukup empat saja. Selanjutnya topi , dinamakan Tuala Lipat.

Tidak ada ornamen lain kecuali Ngana-Ngana (di kanan) dan Salawaku (di kiri) yang menggambarkan seperti ornamen untuk perang.

Gerakan Tarian Soya-Soya

Karena pemeran tarian soya-soya ditarikan oleh laki-laki semua, maka tidak menggunakan make up. Ada sekitar 12 gerakan dasar pada tarian Soya-Soya.

Salah satu gerakan yang disebut Suba, yaitu pada saat hormat yang menggambarkan menghormati atas jenazah Sultan Babullah. Kostum yang digunakan pada penari Soya-Soya sangat unik. Yaitu adaptasi dari bangsa Kolonial, ada atasan berwarna putih-putih dan memakai rok
 👉 Daftar pertanyaan dilayar kaca  TVRI  silahkan dikumpul              guna  dievaluasi
Selamat Belajar dan  Trimkasih







0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design