Friday, October 23, 2020

TEMA 4 SUB TEMA 2 PB 3 DAN 4

Hari/tanggal : Jum'at 23 Oktober 2020

Pembelajaran 3 dan 4                                                                                                              

MuatanPelajaran :PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3. 2, 4.2)

PPkN ( KD : 3.2, 4.2 )

Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan

Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat.

Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:

1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.

Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.

2. Saling mengasihi dan membina antarindividu.

Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.

3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.

 Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakantujuan dan budaya antarwarga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga sebaiknya memperkuat hubungan antarwarga dengan mengesampingkan perbedaan yang ada.

4. Sikap solidaritas

Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk menciptakan solidaritas antarwarga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.

 

IPS ( KD : 3.2 dan 4.2

Interaksi dalam Bidang Pendidikan

4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :

1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya Ani dan Joni berdiskusi materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru

2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa

3. interak siiswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sum berpelajar dapat bermacam-macam

4. interaksi siswa  denga nlingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karya wisata kepantai, dan lain-lain

Contoh interaksi dalam bidang pendidikan


upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui  pendidikan, baikpendidikan formal maupun informal.

Melaluipendidikan,makaakantercapaikesejahteraanmasyarakat.

Berikutcontohaktivitasmasyarakatdalamupayapembangunansosialbudaya :

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

2) Mengikut ipelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.

3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.

Contoh aktivitas masyarakat  dalam upaya pembangunan sosiial budaya melalui pendidikan.

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telahdicanangkanolehpemerintah.

2) Mengikutipelatihanketerampilan, sepertimenjahit, membatik, danmembuatkaryakerajinanlainnya.

 

Bahasa Indonesia ( KD : 3.6 dan 4.6 )

Isi (makna) danamanatpantunberdasarkanusia

Berdasarkanusia, pantun  dibedakanmenjadi pantun anak -anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.

Contohpantunanakanak :

Pergikewarungmembeli Koran

Sekalianmembelibenang

Ayo bermainkejarkejaran

Badansehathatisenang

Isi (makna) pantun :bermainkejarkejaranmembuatbadansehatdanhatisenang.

Amanatpantun :Anakanaksebaiknyabermain agar hatisenang.

ContohPantun Orang Muda :

 

Mengangkat batu setinggi bahu

Batu diangkat berat rasanya

Jikalah boleh aku tahu

Baju biru siapa namanya ?

Isi (makna) pantun :Keinginan seseorang untuk berkenalan.

Amanatpantun :Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun

Pantun di atas memiliki ciri-ciri :

1. Bersajak a-b-a-b

2. Satu bait terdiri dari atas empat baris

3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

4. Terdiri atas sampiran dan isi

SeSetelah membaca materi diiatas silahkan beri tanggapan dikolom komentar .Buat foto dokumentasi kirim via wa.Trmakasih.

 SELAMAT BELAJAR

S

se

Se

 

26 comments:

Unknown said...

Nama:Faza alfaruqi ry
Kls:5a
Ket:hadir
saya telah membaca materi di atas

M.Fadillah CF said...

Assalamu'alaikum wr Wb
Nama : M.Fadillah Caesar Farandri
Kls : 5A
Ket. Hadir
Saya sudah membaca materi diatas, terimakasih Bu
Wassalamu'alaikum wr wb

Unknown said...

Nama:Arzety andriyani
Kls:5A
Saya sudah membaca materi diatas

Susi marlianti said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Nama : Fathir Rizky Aditya
Kelas : 5 A
Menyimak materi tematik Pembelajaran 3 dan 4

Meilia said...

Nama : Queensha Zhafirah Mulia Antonny
Kelas: 5A
Saya sudah membaca materi Tema 4 subtema 2 PB 3 dan 4 yg sudah Bu Guru berikan di blogg ini, Terima kasih Bu Guru..🙏

Unknown said...

Nama:Arumy andriyani
Kls:5A
Saya sudah membaca materi diatas

Unknown said...

Nama:Fairus bahri
Kelas:5A
Saya sudah membaca materi yang ibu guru berikan tentang tanggung jawab dan pantun

M. Affan Hilman said...

Nama : MUHAMMAD AFFAN HILMAN
Kelas : 5A / 19
Assalamualaikum Bu Santi.
Saya telah membaca materi tentang tanggung jawab, interaksi pendidikan dan pantun.
Terima kasih.

Muhammad Al Fatih Areska said...

Nama:Nasywa Areska Ramadhani
Kelas:5A
Saya telah membaca materi yang ibu santi berikan tentang pantun dan tanggung jawab

Aishita Anisny Qumairanita said...

Nama : Aishita Anisny Qumairanita
Kelas: VA
Ket : hadir
Assalamu Alaikum Bu guru Saya telah mempelajari dan membaca materi diatas tentang tanggung jawab dan tentang pantun.
Terimakasih wassalamualaikum

Najwa mufiidah said...

MULIA MUFIIDAH PUTRIA ALAM
HADIR
SAYA TELAH MEMBACA MATERI YANG IBU SANTI BERIKAN TENTANG TANGGUNG JAWAB, PANTUN,DAN INTERAKSI PENDIDIKAN TERIMA KASIH ATAS MATERINYA BU

M Deswan Ali Ifrokie 5A said...

Nama: M Deswan Ali ifrokie
Kelas: 5a
Ket: Hadir
Assalamu'alaikum bu guru saya telah membaca dan mengamati materi ini tentang pantun dan tanggung jawab
Terimakasih wasalam🙏🙏

Unknown said...

Nama:Hasbi Al sadat
Kelas:5A
Ket:hadir
Assalamualaikum Bu guru saya telah mengamati materi tentang pantun dan tanggung jawab terimakasih Bu guru wasallam

Unknown said...

Nama:ushe mulia arani
Kelas:5A
Assalammualaikum Bu guru saya telah mengamati materi tentang pantun dan tanggung jawab terimakasih bu wasallam 🙏

Unknown said...

NAMA: Abnan Arbi Farizi
KELAS:5A
Ass.wr.wb Bu guru saya telah mengamati materi tentang pantun dan tanggung jawab terimakasih Bu guru wasallam

Unknown said...

Nama : Naila Rahmdhania
Kelas : 5A
Assalamualaikum bu, saya telah menagmati materi pantun dan materi tanggung jawab. Terimakasih bu.

Anonymous said...

Nama:M.raffa jhoferli
Kls:5a
Saya telah membaca materi yang ibu santi berikan tentang pantun dan tanggung jawab

Daffa Naufal Kennedi said...

Nama:daffa Naufal kennedi
Kelas:5a
Saya sudah membaca materi di blok terimakasih

Nazwa shafira said...

Nama : Nazwa shafira
Kelas : 5A
Assalamualaikum bu, saya telah mengamati materi pantun dan materi tanggung jawab. Terimakasih.

Fallianthy said...

Hersentiaz Meral Araga
No. Absen 13
Hadir
Assalamualaikum Bu Santi saya telah membaca materi yg ibu berikan di bloger dan sangat bermanfaat trimakasih materi pembelajaran hari ini Bu.. Wassalamualaikum wr wb

Anonymous said...

Nama :Agni Fidela Khairunnisa
Kel :5A
Ket. :Hadir
Assalamualaikum Bu saya telah membaca dan mempelajari materi yang ibu diberikan di bloger. Terimakasih

Fitri Daryani said...

Sabrina Azti Rahma Sofi
5A
Hadir ya Bu guru
Assalamualaikum Bu guru,Sabrina telah membaca materi dan mempelajari materi dari Bu guru.tetimakasih Bu guru.wassalam

andre filardhi said...

Nama : Ariedo Rizqulloh Cahyono
Kelas : 5A
Adik saya sudah membaca materi yang ibu berikan, terimakasih bu🙏🙏🙏

M. Fauzan bachri said...

Nama : MUHAMMAD FAUZAN BACHRI
KELAS 5.A
Ket hadir
Assalamualaikum Bu guru,Muhammad fauzan bachri telah membaca materi dan mempelajari materi dari Bu guru.tetimakasih Bu guru.wassalam

Kayla Izatunnisa said...

Nama : Kayla Izatunnisa
Kelas : 5A
Terima kasih Bu Santi... Saya telah mempelajari materi hari ini..

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

 Friday,22 November 2024 Grade : VC     السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Bagaimana kabar ananda sholeh  Jum'at  baro...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu