Selasa,2 Februari 2021
Kelas : VA
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh sholeha VA bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu.,simak tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Sebelum melanjutkan ke materi Tema 7 Sub Tema 2 .Ibu akan mereview soal 7 SUB 1.Setelah membaca materi ini silahkan ananda beri tanggapan dikolom komentar untuk melihat keaktifan dan pemahaman siswa pada materi yang disajikan
PEMBAHASAN SOAL PENILAIAN HARIAN TEMA 7 SUBTEMA 1
IPA
1. Perubahan wujud zat padat menjadi gas disebut…
a. Mengembun
b. Menyublim
c. Menguap
d. Mengkristal
Kunci jawaban : b. menyublim
2. Contoh peristiwa pengkristalan pada…
a. Uap air menjadi salju
b. Kapur barus
c. Es yang mencair
d. Air yang membeku
Kunci jawaban : a. Uap air menjadi salju.
3. Peristiwaperubahan wujud dari gas menjadi cair, seperti udara menyentuh permukaan kaca disebut …
a. Menguap
b. Menyublim
c. Mengkristal
d. Mengembun
Kunci jawaban : d. Mengembun
4. Peristiwa benda padat menjadi gas, yaitu lilin ketika dinyalakan termasuk peristiwa…
a. Mengkristal
b. Mengembun
c. Menyublim
d. Menguap
Kunci jawaban : c. Menyublim
5. Penemuan parfume atau minyak wangi berdasarkan memahami tentang…
a. Sifat gas
b. Perubahan suhu
c. Perubahan wujud
d. Sifat cair
BAHASA INDONESIA
6. Berikut yang termasuk ciri-ciri teks narasi adalah…
a. Adanya unsur perbuatan atau tindakan
b. Tidak adanya unsur rangkaian cerita atau peristiwa tertentu
c. Adanya sudut pandang dari keluarga pengarang
d. Menggunakan bahasa resmi dan formal
Kunci jawaban : a. adanya unsur perbuatan atau tindakan
7. Dibawah ini adalah cara untuk menggali informasi dari teks narasi sejarah secara lisan kecuali…
a. Mendengarkan teks yang dibacakan dengan saksama.
b. Catatlah informasi penting teks.
c. Membaca kembali catatan yang telah di karang.
d. Mengingat semua informasi penting yang telah kamu dengar.
Kunci jawaban : c. Membaca kembali catatan yang telah di karang.
8. Teks narasi sejarah adalah…
a. Teks yang berisi tentang cerita peristiwa sejarah
b. Teks yang berisi tentang gambaransejarah
c. Teks yang berisi tentang pertanyaan sejarah
d. Teks yang berisi tentang komentar sejarah
Kunci jawaban : a. Teks yang berisi tentang cerita peristiwa sejarah
9. Untuk mengelompokkan informasi teks narasi sejarah agar lebih mudah menggunakan…
a. Kata pengandaian
b. Kata baku
c. Kata tanya
d. Kata hubung
Kunci jawaban : c. Kata Tanya
10. Kata Tanya yang menanyakan alasan terjadinya suatu masalah adalah…
a. Kapan
b. Dimana
c. Mengapa
d. siapa
Kunci jawaban : c. Mengapa
PPKn
11. Dengan membina kerukunan di rumah, sekolah dan masyarakat kita akan mewujudkan…
a. Keteguhan
b. Persatuan dan kesatuan
c. Kemandirian hidup
d. Tanggung jawab
Kunci jawaban : b. Persatuan dan kesatuan
12. Kebudayaan Nasional diatur dalam UUD 1945 bahwa …
a. presiden memajukan kebudayaan nasional Indonesia
b. Anggota MPR memajukan kebudayaan nasional Indonesia
c. Masyarakat memajukan kebudayaan nasional Indonesia
d. pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia
Kunci jawaban : d. pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia
13. Berikut faktor penyebab keragaman bangsa kecuali…
a. Ras
b. Persamaan kondisi geografis
c. Pengaruh kebudayaan luar
d. Suku
Kunci jawaban : b. Persamaan kondisi geografis
14. Negara Indonesia mempunyai keberagaman sosial sehingga dibutuhkan toleransi untuk mencegah timbulnya…
a. Konflik
b. Kecelakaan
c. Kesakitan
d. Kesendirian
Kunci jawaban : a. Konflik
15. Contoh kegiatan yang dilakukan bersama-sama dan bersifat sukarela untuk mencapai satu tujuan. kecuali…
a. Siskamling
b. Gotong royong
c. Puskesmas
d. Posyandu
Kunci jawaban : c. Puskesmas
SBdP
16. Dari lirik lagu wajib “Tanah Airku” menanamkan sikap…
a. Kedisiplinan
b. Kepahlawanan
c. Cinta tanah air
d. Semangat perjuangan
Kunci jawaban : c. Cinta tanah air
17. Lagu wajib “Tanah Airku” diciptakan oleh…
a. W.R Supratman
b. Ibu Sud
c. A. Simanjuntak
d. Pak Kasur
Kunci jawaban : b. Ibu Sud
18. Lagu syukur adalah contoh lagu bertangga nada…
a. Mayor
b. Slendro
c. Pelog
d. Minor
Kunci jawaban :d. Minor
19. Dari Lagu Indonesia Raya menanamkan sikap…
a. Nasionalisme
b. Kemandirian
c. Tanggung jawab
d. Kepahlawanan
Kunci jawaban : a. Nasionalisme
20. Salah satu ciri-ciri lagu wajib adalah…
a. Menggunakan irama yang mendayu-dayu
b. Lagu tidak wajib dipelajari
c. Lirik lagu bertujuan menanamkan sikap
d. Lagu dinyanyikan dengan gerakan
Kunci jawaban : c. Lirik lagu bertujuan menanamkan sikap
IPS
21. Peristiwa Sumpah Pemuda menegaskan rasa…
a. Senasib sepenanggungansebagai satu bangsa.
b. Seperjuangan bangsa Indonesia.
c. Sepenanggungan bangsa Indonesia.
d. Senasib seperjuangan satu bangsa.
Kunci jawaban : a. Senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa.
22. Kongres Perempuan Indonesia I dilaksanakan pada tanggal…
a. 23 Agustus 1929
b. 22 September 1928
c. 22 Agustus 1928
d. 22 September 1929
Kunci jawaban : c. 22 Agustus 1928
23. Pada Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta dipimpin oleh Ny. Sri Mangunsarkoro. Kongres tersebut membahas masalah…
a. Mempersatukan cita-cita dan usaha memajukan wanita Indonesia
b. Perburuhan perempuan, pemberantasan buta huruf dan perkawinan.
c. Hak pilih dan dipilih bagi wanita di badan perwakilan.
d. Disepakati tanggal lahir PPI 22 Desember sebagai Hari Ibu.
Kunci jawaban : b. Perburuhan perempuan, pemberantasan buta huruf dan perkawinan.
24. Sutomo beserta kawan-kawannya berkumpul dijakarta untuk sepakat mendirikan budi utomo yang berarti “usaha mulia”hari minggu pada tanggal …
a. 20 mei 1908
b. 20 mei 1918
c. 20 mei 1928
d. 20 mei 1938
Kunci jawaban : a. 20 mei 1908
25. Di sumatera barat, system tanam paksa dimulai sejak…
a. 1857
b. 1867
c. 1837
d. 1847
Kunci jawaban : d. 1847
Materi Tema 7 Sub Tema 2
Tema 7 : Peristiwa dalam Kehidupan
Sub Tema 2 : Peristiwa Mengisi Kemerdekaan
Pembelajaran ke- : 1 dan 2
Muatan Terpadu : IPA ( KD 3. 7, 4.7), Bahasa Indonesia (KD 3.9, 4. 9), IPS (KD 3. 4, 4.4), SBdP (KD 3. 3, 4. 3)
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting seputar pembacaan teks Proklamasi Kemederkaan dengan penuh tanggung jawab.
2. Peserta didik dapatmemahami kalor dapat mengubah suhu dan wujud benda dengan penuh percaya diri.
3. Peserta didik mampu mempraktikkan gerak tari dengan pola lantai yang benar.
IPS (KD 3. 4, 4. 4)
Peristiwa-peristiwa Penting Seputar Proklamasi Kemerdekaan
1. Pembentukan BPUPKI
· Akhir tahun 1944, kedudukan Jepang dalam perang Pasifik semakin terdesak. Jepang menegaskan kembali janjinya untuk memberikan kemerdekaan kepada Bangsa Indonesia
· Letnan jenderal Kumakichi Harada membentuk BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau Dokuritsu Junbi Cosakai pada tanggal 1 Maret 1945.
· BPUPKI diketuai oleh Radjiman Wediodiningrat dan bertugas menyelidiki berbagai kebutuhan untuk membentuk sebuah Negara yang merdeka.
· BPUPKI mengadakan sidang resmi dari tanggal 28 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945. Sidang ini menghasilkan rumusan dasar Negara, yaitu Pancasila.
2. Pembentukan PPKI
· BPUPKI dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945 dan digantikan oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau Dokuritsu JunbiLinkai, yang diketuai oleh Soekarno.
· PPKI mengesahkan Pancasila sebagai dasar Negara pada tanggal 18 Agustus 1945.
3. Peristiwa Rengasdengklok
· Pengeboman kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945 menyebabkan Jepang mengalami kekalahan dan pemerintahan Jepang di Indonesia mengalami kekosongan.
· Golongan muda mendesak untuk segera melaksanakan proklamasi kemerdekaan Indonesia.
· Golongan tua menolak dengan alasan proklamasi harus dipersiapkam dengan matang.
· Golongan muda yang tidak setuju dengan golongan tua kemudian menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Hal tersebut bertujuan agar Soekarno dan Hatta focus dan tidak terpengaruh pemikiran lain untuk mempersiapkan kemerdekaan.
Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi
Proklamasi menjadi peristiwa paling bersejarah bagi bangsa Indonesia.Proklamasi menjadi tonggak sejarah berdirinya bangsa Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdaulat.Proklamasi menjadikan bangsa Indonesia terlepas dari penjajahan.Proklamasi juga menjadi awal bagi bangsa Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri.
Pada akhir bulan Juli 1945, Jepang menyetujui pemberian kemerdekaan kepadaIndonesia pada tanggal 7 September 1945. Namun, pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945, bom atom dijatuhkan Sekutu di kota Hiroshima dan Nagasaki. Peristiwa itu mendorong diubahnya tanggal pemberian kemerdekaan Indonesia menjadi 24 Agustus 1945.
Kemudian, pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syaratkepada Sekutu. Akibatnya, terjadi kekosongan kekuasaan di Indonesia. Kesempatan inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan.
Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945.
Acara yang disusun dalam upacara di kediaman Ir. Soekarno itu, antara lain sebagai berikut.
a. Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
b. Pengibaran bendera Merah Putih.
c. Sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi.
Dengan suaranya yang mantap, Ir. Soekarno didampingi Drs. Moh.Hatta membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang telah diketik oleh Sayuti Melik.Berikut teks Proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik.
Sesaat setelah pembacaan Proklamasi Kemerdekaan, dilanjutkan upacara pengibaran bendera Merah Putih.Bendera Sang Saka Merah Putih dijahitoleh Ibu Fatmawati Soekarno.Suhud mengambil bendera dari atas baki (nampan) yang telah disediakan dan mengibarkannya dengan bantuan Shodanco Latief Hendraningrat.Kemudian, Sang Merah Putih mulai dinaikkan dan hadirin yang datang bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya.Bendera dinaikkan perlahan-lahan menyesuaikan syair lagu Indonesia Raya. Seusai pengibaran bendera Merah Putih, acara dilanjutkan sambutan dari Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi.
Peristiwa Menjelang dan Sesudah Pembacaan Teks Proklamasi
Setelah mendengar berita Jepang menyerah kepada Sekutu, bangsa Indonesia mempersiapkan dirinya untuk merdeka.Perundingan-perundingan diadakan di antara para pemuda dengan tokoh-tokoh tua, maupun di antara para pemuda sendiri.Walaupun demikian, antara tokoh pemuda dan golongan tua sering terjadi perbedaan pendapat.Akibatnya, terjadilah “Peristiwa Rengasdengklok”. Pada tanggal 16 Agustus pukul 04.00 WIB, Bung Hatta dan Bung Karno beserta Ibu Fatmawati dan Guntur Soekarno Poetra dibawa pemuda ke Rengasdengklok agar tidak terpengaruh oleh Jepang. Tujuannya mendesak golongan tua untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.
Setelah melalui perdebatan dan ditengahi Ahmad Soebardjo, menjelang malam hari, kedua tokoh, Bung Hatta dan Bung Karno, akhirnya kembali ke Jakarta. Rombongan Soekarno-Hatta sampai di Jakarta pada pukul 23.00 WIB.Soekarno dan Hatta setelah singgah di rumah masing masing, lalu bersama rombongan lainnya menuju rumah Laksamana Maeda di Jalan Imam Bonjol No. 1 Jakarta (tempat Ahmad Soebardjo bekerja). Di tempat itu, mereka akan merumuskan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Perumusan sampai dengan penandatanganan teks Proklamasi
Kemerdekaan baru selesai pada pukul 04.00 WIB dini hari pada tanggal 17 Agustus
1945. Pada saat itu juga, disepakati bahwa teks Proklamasi akan dibacakan di
halaman rumah Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta pada pukul
10.00 WIB
Peristiwa setelah dibacakannya teks Proklamasi Kemerdekaan sebagai berikut.
1. Penyebaran Berita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
· Para pemuda menyebarkan berita Proklamasi melalui berbagai cara,antara lain menyebar pamflet, mengadakan pertemuan, dan menulis padatembok-tembok.
· Wartawan Kantor Berita Domei (sekarang Kantor Berita Antara),Syahruddin berhasil menyelundupkan teks Proklamasi dan diterimaoleh Kepala Bagian Radio, Waidan B. Palenewen. Teks Proklamasitersebut kemudian diberikan kepada F. Wuz untuk segera disiarkan melaluiradio.
· Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia juga disebarkan melaluibeberapa surat kabar. Harian Soeara Asia di Surabaya adalah Koran pertama yang menyiarkan berita Proklamasi.
· Pihak pemerintah Republik Indonesia juga menugaskan paragubernur yang telah dilantik pada tanggal 2 September 1945 untukmenyebarluaskan berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diwilayahnya.
2. Sambutan Rakyat di Berbagai Daerah terhadap Proklamasi Kemerdekaan IndonesiaPeristiwa penting yang menunjukkan dukungan rakyat secara spontan terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, antara lain sebagai berikut.
· Rapat Raksasa di Lapangan lkada (Ikatan Atletik Djakarta) Jakarta pada tanggal 19 September 1945 menyambut kemerdekaan.
· Usaha menegakkan kedaulatan juga terjadi di berbagai daerah denganadanya tindakan heroik di berbagai kota yang mendukung ProklamasiKemerdekaan Indonesia, antara lain di Yogyakarta, Semarang, Surabaya,Aceh, Bali, Palembang, Kalimantan, Bandung, Makassar, Lampung, Solo,Sumatra Selatan, dan Sumbawa.
Bahasa Indonesia (KD 3. 5, 4. 5)
Mengelompokkan Informasi Teks Narasi Sejarah Menggunakan Peta Pikiran
Peta pikiran merupakan suatu cara mencatat dan memetakan ide atau gagasan yang kita dapatkan setelah membaca atau mendengarkan suatu teks secara kreatif dan efektif.
Cara mengelompokkan informasi teks menggunakan peta pikiran dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
ü Menggunakan kata tanya.
ü Memahami terlebih dahulu isi teks narasi sejarah secara keseluruhan.
ü Mencatat informasi penting dari teks dan mengelompokkan berdasarkan kata tanyaapa, di mana, kenapa siapa, mengapa, dan bagaimana.
ü Selanjutnya informasi-informasi tersebut disajikan ke dalam bagan peta pikiran.
IPA (KD 3. 7, 4. 7)
Kalor Mengubah Suhu
Kalor didefinisikan sebagai energi panas yang dimiliki oleh benda. Secara umum, mengetahui adanya kalor yang dimiliki oleh benda dapat dilakukan dengan cara mengukur suhu benda tersebut. Jika suhu benda tinggi, kalor yang dikandung oleh benda juga besar.Sebaliknya, jika suhu benda rendah, kalor yang dikandung oleh benda juga kecil.Kalor yang dimiliki oleh suatu benda bisa berubah-ubah.Bisa naik, bisa juga turun karena kalor dapat berpindah dari suhu tinggi menuju suhu rendah.
Contoh bahwa kalor dapat mengubah suhu benda yaitu air panas memiliki suhu tinggi, air dingin memiliki suhu rendah. Apabila kedua air dicampur, campuran itu akan menghasilkan suhu baru. Suhu rendah akanmeningkat karena menerima panas yang bersuhu tinggi.
Energi panas dapat mengubah suhu benda dan dapat mengubah wujud benda.Peristiwa mencair sebagai bentuk perubahan wujud benda karena kalor atau panas.Mencair merupakan peristiwa perubahan wujud benda padat menjadi benda cair karena adanya pemanasan. Contoh lain peristiwa mencair sebagai bentuk perubahan wujud benda karena kalor atau panas adalah sebagaiberikut :
1. Mentega dipanaskan.
2. Logam dipanaskan pada suhu tinggi.
3. Lilin dipanaskan.
Perubahan Wujud Benda yang Dapat kembali
Wujud suatu benda dapat berubah menjadi wujud benda yang lain. Misalnya, air yang membeku menjadi es atau es krim yang mencair saat didiamkan di ruang terbuka.Namun, benda yang telah berubah wujud tersebut dapat kembali ke wujud asalnya dengan beberapa perlakuan.Misalnya air yang telah berubah menjadi es dapat kembali berubah menjadi air jika didiamkan atau dipanaskan.
Faktor yang Memengaruhi Perubahan Wujud Benda
Perubahan wujud benda dipengaruhi oleh kalor atau panas. Contoh perubahan wujud benda adalah proses mencair, menguap, dan menyublim. Ketiga proses tersebut terjadi karena benda-benda yang berubah menyerap kalor dari lingkungan sekitar (dipanaskan atau didiamkan). Sementara itu proses membeku, mengkristal, dan mengembun terjadi karena benda-benda yang berubah melepaskan kalor ke lingkungan sekitar (didinginkan) sehingga dapat berubah wujud.
SBdP (KD 3. 3, 4. 3)
Gerak Tari dengan Pola Lantai
Gerak tari adalah serangkaian gerakan indah dari dalam tubuh manusia.Penampilan gerak tari akan terasa lebih indah jika ada iringan musiknya. Musik dan tari merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.Musik dapat mengatur tempo gerak, sebagai pengiring, memberikan suasana, dan sebagai ilustrasi untuk mempertegas ekspresi gerak.Selain musik atau iringan tarinya, keindahan gerak tari juga dapat dilihat dari pola lantai saat penari memperagakan gerak tari. Pola lantai adalah garis-garis di lantai yang dilalui oleh penari dari perpindahan tempat satu ke tempat lainpada saat melakukan gerak tari. Para penari menggunakan pola lantai agar tarian terlihat lebih menarik.
Menurut jenisnya, ada tiga bentuk karya tari yaitu bentuk karya tari tunggal, karya tari berpasangan, dan bentuk tari kelompok.Perhatikan gambar berikut.
TUGAS👇
Tugas hari ini mengerjakan latihan soal pilihan ganda Bahasa Indonesia (1-5)& IPS(1-5) di cerdas halaman 48-49
SELAMAT BELAJAR
6 comments:
Assalamualaikum wr.wb
Nama:Queensha Zhafirah Mulia Antonny
Kelas:5A
Ket:Hadir
Terimakasih bu untuk materi hari ini
Assalamu'alaikum wr Wb
Nama : M.Fadillah Caesar Farandri
Kls 5A
Ket.hadir
Terima kasih materinya Bu
Wassalamualaikum
Assalamualaikum wr.wb
Aishita Anisny Qumairanita kelas VA hadir
Terimakasih bu atas materi yang ibu guru berikan kepada saya
Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr.wb
Assalamualaikum wr.wb
Lintang ni rabaktanabel hudariluh sidiq VA hadir.
Terima kasih atas materi yang ibu berikan semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr.wb
Assalamualaikum wr wb
M Deswan Ali ifrokie VA Hadir
Terimakasih atas materi yg bu guru beri hari ini Waalaikumsalam wr wb
Assalamualaikum wr wb
Nama : MUHAMMAD FAUZAN BACHRI
KELAS :5A
Terimakasih atas materi yg bu guru beri hari ini semoga bermanfaat
Waalaikumsalam wr wb
Post a Comment