Jum'at,5 Maretr 2021
Kelas : VA
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Video Sapaan👇
Pembelajaran 3 dan 4 Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8), IPS (KD 3.3 dan KD 4.3), PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)
Tujuan Pembelajaran
1.Dengan membaca materi, siswa dapat membuat peta pikiran (mindmap)
tentang poin-poin penting dari teks bacaan dengan benar.
2. Dengan membaca materi, siswa mampu
menjelaskan pengaruhkegiatan ekonomi terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat
denganbenar.
3. Dengan membaca materi, siswa dapat menceritakan keuntungan darikeragaman
sosial akibat adanya berbagai jenis usaha.
Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)
Menyampaikan peristiwa melalui peta pikiran
Peta pikiran merupakan cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah dan menangkap ide dari berbagai sudut pandang. Peta pikiran membantu mengefisienkan penggunaan waktu dalam mempelajari suatu informai.Hal ini disebabkan karena metode ini dapat menyajikan gambaran menyeluruh atas suatu hal, dalam waktu yang lebih singkat. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat peta pikiran :
1. Buatlah judul atau tema yang berada di pusat peta pikiran.
2. Dari tema utama, akan muncul tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.
3. Cari hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna, atau symbol. Penggunaan garis, warna, atau symbol disesuaikan dengan kreativitas masing-masing.
4. Gunakan huruf besar untuk dapat mendorong kita menuliskan poin-poin penting saja di peta pikiran.
Menjelaskan Peristiwa dari Teks Nonfiksi melalui Diagram Alir
Untuk menjelaskan peristiwa penting dalam teks nonfiksi, dapat menggunakan diagram alir. Isi kolom pada diagram alir berupa ringkasan. Ringkasan adalah inti sari sebuah teks. Saat menjelaskan peristiwa dari teks, hanya perlu meringkas isi teks dengan ara mencatat informasi penting yang kamu temukan. Informasi penting tersebut biasanya disampaikan melalui gagasan pokok pada setiap paragraph.Dalam meringkas, urutan setiap peristiwa pada teks harus sesuai dengan isi teks sebenarnya. Setelah selesai meringkas, masukkan ringkasan tersebut ke dalam kolom-kolom yang sesuai pada diagram alir.
IPS (KD 3.3 dan KD 4.3)
Pengaruh
Kegiatan Ekonomiterhadap Kesejahteraan Masyarakat
Dalam kehidupan
sehari-hari, kita tidak lepas dari kegiatan ekonomi.Apasajakah kegiatan ekonomi
yang dilakukan sehari-hari? Kegiatan ekonomimeliputi kegiatan produksi,
distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomiini saling berkaitan satu sama
lain. Satu kegiatan ekonomi terhambat, akanmengganggu kegiatan ekonomi lainnya.
1. Produksi
Apakah produksi? Amatilah kegiatan ekonomi seorang petani! Petanimenanam padi
di sawah, lalu memberi pupuk, dan menyiangi rumput yangtumbuh di sela-sela
tanaman padi.Setelah bulir-bulir padi mulai bernas,petani mengusir
burung-burung yang berusaha makan bulir-bulir padi itu.Saat padi menguning,
itulah saatnya petani memanen.Hasil panen laludijual.
Dari ilustrasi tersebut, si petani telah melakukan kegiatan produksi.Jadi,
produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai gunasuatu benda
atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaatdalam memenuhi
kebutuhan.Orang yang melakukan kegiatan produksidisebut produsen.Berikan contoh
kegiatan produksi yang terdapat disekitar tempat tinggalmu.
Kegiatan
produksi berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik sumberdaya ekonomi dan
produsen.Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasayang dapat memberikan
manfaat atau keuntungan.Sumber daya ekonomidapat berasal dari sumber daya alam
atau sumber daya manusia.Sumberdaya ekonomi dapat diolah menjadi modal dasar
pembangunan. Bagipemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi
memungkinkannyamemperoleh balas jasa. Balas jasa ini berupa sewa, bunga modal,
ataugaji.Dengan balas jasa ini, pemilik sumber daya ekonomi dapat
memenuhikebutuhan hidup.Bagi produsen, adanya proses produksi menyebabkan
produsenmemperoleh keuntungan. Selanjutnya, keuntungan tersebut digunakanuntuk
menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup.Inidilakukan dalam
upaya mencapai kemakmuran hidup.
2. Distribusi
Setiap hari kamu makan dan mengenakan pakaian.Bahan makanantersebut dihasilkan
di suatu tempat tertentu.Pakaian juga diproduksi ditempat tertentu
lainnya.Untuk mendatangkan bahan makanan dan pakaiandiperlukan kegiatan
penyaluran.Kegiatan inilah yang disebut distribusi.
Jadi, distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsenke
konsumen.Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor.Kelancaran
distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalanyang
memadai.Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepadakonsumen dengan
cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segeraterpenuhi.
3. Konsumsi
Perhatikan aktivitas teman sekolah ketika waktu istirahat! Ada yangjajan di
kantin, ada pula yang makan bekal dari rumah.Jajan di kantin danmakan bekal
termasuk kegiatan konsumsi.
Konsumsi adalah kegiatanmanusia mengurangi ataumenghabiskan nilai guna
suatubarang atau jasa untuk memenuhikebutuhan.Orang yang melakukankegiatan
konsumsi disebutkonsumen.Untuk mengonsumsibarang atau jasa,
masyarakatmengeluarkan pengorbanan tertentu.Pengorbanan dapat berupauang atau
waktu.
PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)
Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang
Lain
Kamu telah memahami kegiatan ekonomi yang berkembang di
Indonesia. Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi
kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, penjahit, pedagang, nelayan, pegawai
swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya. Kegiatan ekonomi
yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain
dapat dilihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan
produksi, orang yang terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan
untuk memperlancar kegiatan
produksi.Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau
gaji dari produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada
konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang
tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah
agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.Konsumen adalah pihak yang
mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Barang dan jasa
diperoleh dari produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor).
Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut (produsen, distributor, dan konsumen)
akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi. Setiap pelaku kegiatan
ekonomi memiliki peran yang saling menguntungkan.Menurut kodratnya, manusia
berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial,
manusia akan berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. Sebagai makhluk
ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun
makhluk ekonomi,manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral,
manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang
lain. Amatilah pakaian yang kamu kenakan! Bagaimana proses produksi pakaian?
Untuk menghasilkan pakaian dibutuhkan
waktu yang lama. Pada mulanya, produsen pakaian membutuhkan bahan baku kain dan
benang. Kain dapat diperoleh dari perusahaan pemintalan benang. Bahan baku benang
berupa kapas yang dihasilkan dari perkebunan tanaman kapas. Untuk menjadi
benang, kapas dipintal terlebih dahulu.Benang ditenun di pabrik tenun hingga
menjadi kain.Selanjutnya, kain dapat dibuat pakaian oleh penjahit. Itulah
proses panjang produksi pakaian. Kamu sudah mengetahui bahwa banyak pihak
terlibat dalam proses produksi pakaian. Ada petani tanaman kapas, pekerja
pemintalan, penenunkain, penjahit, dan pengusaha garmen. Setiap pelaku dalam
proses produksi pakaian itu mempunyai peran penting, begitu pula dalam proses
produksi benda lain. Oleh karena itu hendaknya kita perlu menghargai kegiatan
usaha ekonomi orang lain.
Bagaimana kita menghargai kegiatan usaha
ekonomi orang lain? Caramenghargai kegiatan usaha ekonomi dapat dilakukan
sebagai berikut.
1. Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan
perekonomian.
2. Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri ataskeberhasilannya.
3. Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain.
4. Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif
orang tersebut
TUGAS👇
mengumpul gambar kegiatan di pasar bisa mencari dari internet,koran atau menggambar sendiri.Tempelkan dikertasa HVS
SELAMAT BELAJAR
Sample Pemanfaatan Air
Kegiatan Hari Kamis Kamis
6 comments:
Assalamualaikum wrwb
Nama:M Deswan Ali ifrokie
Kls:5A
Ket:Hadir
Absen:22
Wassalammualaikum
Assalamu'alaikum wr Wb
Nama : M.Fadillah Caesar Farandri
Kls 5A
Ket.hadir
Terima kasih materinya Bu
Wassalamualaikum
Assalamualaikum wr.wb
Aishita Anisny Qumairanita kelas VA hadir
Terimakasih bu atas materi nya hari ini
Wassalamu'alaikum wr.wb
Assalamualaikum wr.wb
Nama:Queensha Zhafirah Mulia Antonny
Kelas:5A
Ket:Hadir
Terimakasih bu untuk materi hari ini
Assalamualaikum Wr.Wb
Lintang ni rabaktanabel hudariluh sidiq kelas VA hadir
Terimakasih bu untuk materi nya hari ini
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Assalamualaikum
Nama Sabrina Azti Rahma Sofi
Kelas 5A
Ket hadir
Terimakasih materinya Bu.guru
Post a Comment