Senin,8 Marert 2021
KELAS : VA
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
video Sapaan
Pembelajaran 5 dan 6
Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8), SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1), IPA(KD 3.8 dan KD 4.8), PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan membaca materi, siswa dapat menjelaskan cara
memelihara ketersediaan air bersih dengan benar., siswa dapat mengidentifikasi
peristiwa dalam teks nonfiksi.
2. Dengan membaca materi, siswa mampu menyebutkan langkah-langkah membuat
gambar cerita dengan benar.
3. Dengan membaca materi, siswa dapat menjelaskan cara-cara memelihara
ketersediaan air bersih dengan baik.
4.Dengan
membaca materi, siswa mampu menyebutkan contoh cerita tentang arti pentingnya
memahami keragaman social budaya masyarakat.
Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)
Menuliskan Peristiwa dari teks Nonfiksi dalam bentuk Peta pikiran
Informasi-informasi yang berkaitan dengan peristiwa dalam teks sebaiknya ditulis secara ringkas dan jelas agar pembaca dapat memahaminya.Kita dapat menyampaikan peristiwa dalam teks melalui sebuah peta pikiran.Dengan peta pikiran , kamu dapat menyajikan gambaran menyeluruh atau suatu hal, dalam waktu yang lebih singkat. Dengan kata lain, peta pikiran mampu memangkas waktu sehingga lebih efektif. Selain itu, peta pikiran juga dapat membantu kita untuk banyak hal seperti merencanakan, berkomunikaasi, menjadi lebih kreatif, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun, dan menjelaskan pikiran-pikiran, mengingat dengan lebih baik, belajar lebih cepat dan efisien, serta melatih mengingat gambaran teks keseluruhan. Pada peta pikiran, informasi yang kamu dapat pada sebuah teks ditulis dalam bentuk kotak-kotak dan saling berkaitan.Informasi dalam peta pikiran ditulis dengan ringkas dan jelas.
Menuliskan Peristiwa dalam Teks Nonfiksi
Peristiwa dapat ditemukan dengan membaca keseluruhan isi teks. Saat membaca, kita tentu akan menemukan gagasan pokok deri setiap paragraph. Gagasan pokok adalah inti dari pembahasan pada sebuah paragraph.Kita dapat mengetahui peristiwa berdasarkan gagasan pokok tersebut. Dengan memahami gagasan pokok setiap paragraf dalam teks, maka kamu akan dapat memahami isi teks secara keseluruhan. Gagasanpokok terletak pada kalimat utama.Biasanya, kalimat utama sebuah paragraph terletak pada awal atau akhir sebuah paragraf.
SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1)
Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita
1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan
dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering?
Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.
2. Menentukan Tema
Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat.
Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau
pengalaman diri sendiri dan orang lain.
3. Pembuatan Sketsa
Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat
sketsa.Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang
terbaik.
4. Penyelesaian Gambar
Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang
menurutmu paling baik.Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang
tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar
tampak lebih hidup.Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi.Kamu dapat
mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering.Pewarnaan dengan teknik basah
menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta.Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik
kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.
Tahap Mewarnai Gambar dalam Membuat
Gambar Cerita
Setelah menentukan tema dan membuat sketsa sesuai tema, tahap
berikutnya ialah mewarnai gambar.Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu
pewarnaan basah dan pewarnaan kering.Teknik pewarnaan basah ialah pewarnaan
menggunakan media yang memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat
minyak.Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan
menggunakan media yang tidak memerlukan bahan pengencer,
misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel. Gambar berikut merupakan
gambar dari sebuah cerita tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama
dengan temannya dalam menyelesaikan tugas mewarnai. Saat melihat teman-teman
lain telah menyelesaikan tugas, si anak mau bekerja sama untuk segera
menyelesaikan tugas. Perhatikan gambar sebelum diwarnai dan setelah diwarnai.
Perhatikan gambar-gambar
tersebut.Gambar pertama merupakan gambar sketsa yang telah disempurnakan.Gambar
berikutnya merupakan gambar yang telah diwarnai.
IPA (KD 3.8 dan KD 4.8)
Penghematan Air
Amatilah penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi,
mencuci pakaian, memasak, dan mencuci piring.Berapa banyak air yang digunakan
di rumahmu setiap hari?
Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetapi
kita harus menggunakan air secara bijaksana.Menghemat penggunaan air sangat
bermanfaat, terutama jika air diperoleh melalui pompa air listrik atau PDAM.
Semakin sering kita menghidupkan pompa tersebut, semakin besar
tagihan listrik yang harus kita bayar. Demikian juga jika kita
menggunakan air dari PDAM.Semakin banyak air yang kita pakai, tagihan air per
bulannya juga semakin besar.Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang
pemborosan penggunaan air.
PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)
Uniknya Keragaman Budaya Indonesiadalam
Festival Kuwung 2016
Festival Kuwung merupakan acara seni dan budaya sekaligus
pestarakyat yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya setiap tahun.Festivalyang
digelar dalam rangka hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke 245 inimenyuguhkan
beragam tradisi daerah yang dikemas dalam sebuahpertunjukan yang megah.Rakyat
Banyuwangi berpesta, penampilan seluruh peserta mampu
mengundang decak kagum.Berbagai seni daerah tampil dengan sangatmenarik dan
menghibur.Tidak hanya para penari dan aksi teatrikalyang tampil dengan memikat,
pawai mobil dengan aneka lampu yangmenampilkan miniatur budaya daerah juga
mampu mencuri perhatian.
Ratusan pendukung acara pun tampil dalam balutan kostum yang atraktif.Ditambah
iringan musik tradisional sepanjang acara membuat suasanamalam Banyuwangi
begitu meriah.Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan
danPariwisata M.Y. Bramuda, Festival Kuwung 2016 mengangkat temaKembang Setaman
Bumi Blambangan. Tema ini sebagai perlambangkeharmonisan hidup masyarakat
Banyuwangi yang terdiri dari berbagai
etnis dan latar belakang budaya.“Di Banyuwangi sendiri beragam etnis seperti
suku Jawa, suku Using,suku Bali, Etnis Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab
menjadi penduduk
daerah yang telah berpuluh tahun hidup berdampingan dalam kerukunan,”katanya.
Festival Kuwung pun membingkai keragaman budaya beragam etnisdan suku tersebut dalam rangkaian fragmen yang menarik.PembukaanKuwung menyuguhkan Tradisi Saulak, Suku Mandar.Tradisi Saulakmerupakan tradisi pernikahan khas warga Mandar yang merupakan wargapesisir pantai.Berikutnya pawai menampilkan etnis Jawa Mataramanmembawakan fragmen berjudul Cungkup Tapanrejo yang mengisahkanbabat alas warga Jawa dalam memulai kehidupan baru.Selain itu, juga ada penampilan suku Using yang menampilkan SarineKembang Bakung. Cerita ini mengisahkan kegigihan dan semangatmasyarakat desa dalam melestarikan budaya adat Using.Sementaraitu pawai Etnis Madura tampil dengan pakaian khas daerahnya.Parapenampil membawakan Tari Topeng dan fragmen yang mengisahkanmata pencaharian mereka sebagai petani kakao.Etnis Bali menampilkantradisi Melasti Bali Banyuwangen.Juga tidak ketinggalan atraksi OgohOgoh yang menjadi ciri khas perayaan Nyepi umat Hindu.Etnis Tionghoa juga memeriahkan acara dengan menampilkanfragmen bertema Liong Harmoni Tionghoa.Mereka menampilkanberbagai tarian dengan kostum khasnya.Suasana semakin meriahdengan penampilan Barongsai. Sebelumnya Festival Kuwung jugadimeriahkan oleh penampilan defile perwakilan dari beberapa daerah,seperti kota Bogor, Kediri, Sleman, Probolinggo hingga Sumbawa Baratyang menampilkan tari Kipas.
Pembelajaran 5 dan 6
Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8), SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1), IPA(KD 3.8 dan KD 4.8), PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan membaca materi, siswa dapat menjelaskan cara
memelihara ketersediaan air bersih dengan benar., siswa dapat mengidentifikasi
peristiwa dalam teks nonfiksi.
2. Dengan membaca materi, siswa mampu menyebutkan langkah-langkah membuat
gambar cerita dengan benar.
3. Dengan membaca materi, siswa dapat menjelaskan cara-cara memelihara
ketersediaan air bersih dengan baik.
4.Dengan
membaca materi, siswa mampu menyebutkan contoh cerita tentang arti pentingnya
memahami keragaman social budaya masyarakat.
Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)
Menuliskan Peristiwa dari teks Nonfiksi dalam bentuk Peta pikiran
Informasi-informasi yang berkaitan dengan peristiwa dalam teks sebaiknya ditulis secara ringkas dan jelas agar pembaca dapat memahaminya.Kita dapat menyampaikan peristiwa dalam teks melalui sebuah peta pikiran.Dengan peta pikiran , kamu dapat menyajikan gambaran menyeluruh atau suatu hal, dalam waktu yang lebih singkat. Dengan kata lain, peta pikiran mampu memangkas waktu sehingga lebih efektif. Selain itu, peta pikiran juga dapat membantu kita untuk banyak hal seperti merencanakan, berkomunikaasi, menjadi lebih kreatif, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun, dan menjelaskan pikiran-pikiran, mengingat dengan lebih baik, belajar lebih cepat dan efisien, serta melatih mengingat gambaran teks keseluruhan. Pada peta pikiran, informasi yang kamu dapat pada sebuah teks ditulis dalam bentuk kotak-kotak dan saling berkaitan.Informasi dalam peta pikiran ditulis dengan ringkas dan jelas.
Menuliskan Peristiwa dalam Teks Nonfiksi
Peristiwa dapat ditemukan dengan membaca keseluruhan isi teks. Saat membaca, kita tentu akan menemukan gagasan pokok deri setiap paragraph. Gagasan pokok adalah inti dari pembahasan pada sebuah paragraph.Kita dapat mengetahui peristiwa berdasarkan gagasan pokok tersebut. Dengan memahami gagasan pokok setiap paragraf dalam teks, maka kamu akan dapat memahami isi teks secara keseluruhan. Gagasanpokok terletak pada kalimat utama.Biasanya, kalimat utama sebuah paragraph terletak pada awal atau akhir sebuah paragraf.
SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1)
Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita
1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan
dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering?
Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.
2. Menentukan Tema
Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat.
Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau
pengalaman diri sendiri dan orang lain.
3. Pembuatan Sketsa
Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat
sketsa.Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang
terbaik.
4. Penyelesaian Gambar
Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang
menurutmu paling baik.Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang
tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar
tampak lebih hidup.Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi.Kamu dapat
mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering.Pewarnaan dengan teknik basah
menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta.Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik
kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.
Tahap Mewarnai Gambar dalam Membuat
Gambar Cerita
Setelah menentukan tema dan membuat sketsa sesuai tema, tahap
berikutnya ialah mewarnai gambar.Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu
pewarnaan basah dan pewarnaan kering.Teknik pewarnaan basah ialah pewarnaan
menggunakan media yang memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat
minyak.Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan
menggunakan media yang tidak memerlukan bahan pengencer,
misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel. Gambar berikut merupakan
gambar dari sebuah cerita tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama
dengan temannya dalam menyelesaikan tugas mewarnai. Saat melihat teman-teman
lain telah menyelesaikan tugas, si anak mau bekerja sama untuk segera
menyelesaikan tugas. Perhatikan gambar sebelum diwarnai dan setelah diwarnai.
Perhatikan gambar-gambar tersebut.Gambar pertama merupakan gambar sketsa yang telah disempurnakan.Gambar berikutnya merupakan gambar yang telah diwarnai.
IPA (KD 3.8 dan KD 4.8)
Penghematan Air
Amatilah penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi,
mencuci pakaian, memasak, dan mencuci piring.Berapa banyak air yang digunakan
di rumahmu setiap hari?
Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetapi
kita harus menggunakan air secara bijaksana.Menghemat penggunaan air sangat
bermanfaat, terutama jika air diperoleh melalui pompa air listrik atau PDAM.
Semakin sering kita menghidupkan pompa tersebut, semakin besar
tagihan listrik yang harus kita bayar. Demikian juga jika kita
menggunakan air dari PDAM.Semakin banyak air yang kita pakai, tagihan air per
bulannya juga semakin besar.Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang
pemborosan penggunaan air.
PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)
Uniknya Keragaman Budaya Indonesiadalam
Festival Kuwung 2016
Festival Kuwung merupakan acara seni dan budaya sekaligus
pestarakyat yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya setiap tahun.Festivalyang
digelar dalam rangka hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke 245 inimenyuguhkan
beragam tradisi daerah yang dikemas dalam sebuahpertunjukan yang megah.Rakyat
Banyuwangi berpesta, penampilan seluruh peserta mampu
mengundang decak kagum.Berbagai seni daerah tampil dengan sangatmenarik dan
menghibur.Tidak hanya para penari dan aksi teatrikalyang tampil dengan memikat,
pawai mobil dengan aneka lampu yangmenampilkan miniatur budaya daerah juga
mampu mencuri perhatian.
Ratusan pendukung acara pun tampil dalam balutan kostum yang atraktif.Ditambah
iringan musik tradisional sepanjang acara membuat suasanamalam Banyuwangi
begitu meriah.Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan
danPariwisata M.Y. Bramuda, Festival Kuwung 2016 mengangkat temaKembang Setaman
Bumi Blambangan. Tema ini sebagai perlambangkeharmonisan hidup masyarakat
Banyuwangi yang terdiri dari berbagai
etnis dan latar belakang budaya.“Di Banyuwangi sendiri beragam etnis seperti
suku Jawa, suku Using,suku Bali, Etnis Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab
menjadi penduduk
daerah yang telah berpuluh tahun hidup berdampingan dalam kerukunan,”katanya.
Festival Kuwung pun membingkai keragaman budaya beragam etnisdan suku tersebut dalam rangkaian fragmen yang menarik.PembukaanKuwung menyuguhkan Tradisi Saulak, Suku Mandar.Tradisi Saulakmerupakan tradisi pernikahan khas warga Mandar yang merupakan wargapesisir pantai.Berikutnya pawai menampilkan etnis Jawa Mataramanmembawakan fragmen berjudul Cungkup Tapanrejo yang mengisahkanbabat alas warga Jawa dalam memulai kehidupan baru.Selain itu, juga ada penampilan suku Using yang menampilkan SarineKembang Bakung. Cerita ini mengisahkan kegigihan dan semangatmasyarakat desa dalam melestarikan budaya adat Using.Sementaraitu pawai Etnis Madura tampil dengan pakaian khas daerahnya.Parapenampil membawakan Tari Topeng dan fragmen yang mengisahkanmata pencaharian mereka sebagai petani kakao.Etnis Bali menampilkantradisi Melasti Bali Banyuwangen.Juga tidak ketinggalan atraksi OgohOgoh yang menjadi ciri khas perayaan Nyepi umat Hindu.Etnis Tionghoa juga memeriahkan acara dengan menampilkanfragmen bertema Liong Harmoni Tionghoa.Mereka menampilkanberbagai tarian dengan kostum khasnya.Suasana semakin meriahdengan penampilan Barongsai. Sebelumnya Festival Kuwung jugadimeriahkan oleh penampilan defile perwakilan dari beberapa daerah,seperti kota Bogor, Kediri, Sleman, Probolinggo hingga Sumbawa Baratyang menampilkan tari Kipas.
TUGAS
- Mengumpulkan gambar rumah ibadah dan kegiatan beribadah di masyarakat
- menggabungkan tugas dari gambar manfaat air, gambar kegiatan pasar dan gambar rumah ibadah jadi satu di jilid dan dijadikan kliping dengan judul Kegiatan Sosial Masyarakat
- Dokumentasikan saat Ananda mengerjakan tugasnya (proses saat mencari gambar, menggunting gambar, menempel gambar di kertas HVS, menulis judul contoh judulnya "Gambar rumah ibadah dan kegiatan beribadah di masyarakat"). Kumpulkan dokumentasinya tepat waktu ya, Bu guru tunggu , jangan lupa tinggalkan komentar di blog ini ananda sudah mempelajari materinya,Terimakasih.
SEELAMAT BELAJAR
Dokumentasi PB 3 dan 4
9 comments:
Nama: abnan Arbi Farizi
Kelas:5A
Hadir
Terimakasih materinya ya Bu
Assalamualaikum wr wb
Nama Menjadi Dengan Ali ifrokie
Kls 5A
Ket Hadir
Terimakasih materinya hari ini bu
Wassalam
Assalamu'alaikum wr Wb
Nama : M.Fadillah Caesar Farandri
Kls 5A
Ket.hadir
Terima kasih materinya Bu
Wassalamualaikum
Assalamu'alaikum.Wr.Wb
Sabrina Azti Rahma Sofi
kelas 5A
Ket hadir
Terimakasih materinya ya Bu guru
Wassalam
Assalamualaikum wr.wb
Nama:Queensha Zhafirah Mulia Antonny
Kelas:5A
Ket:Hadir
Terimakasih bu untuk materi hari ini
Nama : Fathir Rizky Aditya
Kelas : 5 A
Trimakasih bu untk materinya, fathir sdh mempelajari materi hr ini.
Nama:m.raffa jhoferli
Kls :5a
Siap dilaksanakan tugas yg ibu berikan,terimakasih atas materinya ibu.
Assalamualaikum wr.wb
Nama:NAzwa shafira
Kelas:5A
Ket:Hadir
Terimakasih bu untuk materi hari ini
Post a Comment