Jum'at,11 Maret 2022
Kelas : VB
Anak sholeh dan sholeha kelas VB.Kita ketemu lagi dalam pembelajaran daring,bagaimana kabarnya di hari Jum"at yang barokah ini ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat dalam menjalankan kegiatan daring.Sebelum kita melanjutkan ke materi Pengumpulan Data,Seperti biasa,pastikan ananda sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah dan mengisi absen kelas pada link yg ada digrub,setelah itu silahkan ananda menbaca dan menyimak materi,serta mengerjakan soal latihan
Materi : Pengumpulan Data
Tujuan Pembelajaran :
-Setelah mengikuti proses pembelajaran daring lewat blog guru peserta didik dapat . Menentukan data terendah dari tabel data. Menentukan data tertinggi dari tabel data
PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA
*Data merupakan
keterangan yang nyata dapat diakui kebenarannya. Data sendiri sebenarnya
bukanlah hasil final. Data juga membutuhkan pengolahan. Sehingga nantinya
menjadi informasi yang valid. Bagi pemangku kebijakan, data merupakan alat
untuk menentukan langkah berikutnya.
Contoh, seorang guru menggunakan data nilai, data kehadiran
siswa, data sikap siswa untuk menentukan metode dan program pembelajaran.
Begitu juga pemerintah yang membutuhkan data rakyatnya dalam menentukan
kebijakan berikutnya.
Pengumpulan data adalah sebuah proses yang dilakukan untuk
mendapatkan data-data yang dibutuhkan. Ada beberapa cara dalam proses
pengumpulan data, seperti tes, pengamatan, angket, bertanya langsung, dan
sebagainya.
Setelah melakukan pengumpulan data, peserta didik juga
diharapkan memahami dan mengetahui data yang dikumpulkan. Seperti mengumpukan
data ukuran sepatu siswa kelas 5. Setelah itu, siswa juga harus tahu, berapa
saja ukuran sepatu siswa kelas 5.
*Materi Penyajian Data kelas 5
Menyajikan data merupakan proses selanjutnya setelah
mengumpulkan data. Ada beberapa macam metode penyajian data. Berikut
macam-macam penyajian data beserta contohnya:
1. Penyajian Data Dalam bentuk Daftar
Dalam menyajikan data dalam bentuk daftar, langkah yang
pertama dilakukan adalah mengurutkan data kemudian mengumpukan data sesuai
dengan kelompoknya. Langkah selanutnya membentuk daftar sesuai dengan data yang
dibutuhkan. Contoh:
Berikut data pekerjaan 10 orang tua siswa kelas 5: petani,
pedagang, petani, guru, pedagang, petani, petani, polisi, pedagang, pedagang.
Sajikanlah data tersebut dalam bentuk daftar!
Daftar pekerjaan 10 orang tua siswa kelas 5
Petani = 4 orang
Pedagang = 4 orang
Guru = 1 orang
Polisi = 1 orang
Itulah contoh metode penyajian data dengan bentuk daftar.
Dari daftar data tersebut, akan lebih mudah dipahami dan dimengerti orang yang
membaca data tersebut.
2. Penyajian Data Dalam bentuk Tabel
Penyajian data dalam bentuk table merupakan kelanjutan data
dalam bentuk daftar. Setelah data di daftar maka bisa diberi garis untuk
menampilkan data dalam bentuk table. Untuk lebih mudahnya memahami bisa langung
di simak contoh soal di bawah ini:
Hasil ulangan Materi Penyajian Data Kelas V SDN nusantara 1
diperoleh nilai sebagai berikut:
95, 85, 65, 75, 75, 85, 75, 95, 70, 80, 75, 95, 75, 95, 70,
80, 75, 95, 75, 80, 75, 70, 75, 75, 90, 95, 80, 90, 65, 70, 75, 90, 85, 70, 85,
70.
Buatlah tabel frekuensi data tersebut!
Jawab:
3. Penyajian Data Dalam Bentuk Diagram Gambar (Piktogram)
Piktogram merupakan penyajian data yang angka tertentu
diganti dengan gambar. Untuk lebih mudahnya bisa disimak contoh soal dan
penyelesaiannya di bawah ini:
Dayu berkunjung ke perpusatakaan. Mereka belajar bersama di
perpustakaan. Perpustakaan sekolah Dayu menyediakan fasilitas meja dan kursi untuk
belajar dan setiap siswa diberi kesempatan untuk meminjam buku di
perpustakaan. Berikut data peminjam buku di perpustakaan.
Hari Senin sebanyak 25 siswa.
Hari Selasa sebanyak 20 siswa.
Hari Rabu sebanyak 30 siswa.
Hari Kamis sebanyak 15 siswa.
Hari Jum’at sebanyak 10 siswa.
Hari Sabtu sebanyak 45 siswa.
Ubahlah data tersebut dalam bentuk Diagram Gambar!
Dalam membuat diagram gambar, langkah pertama yang disiapkan
adalah menentukan jumlah data setiap gambar. Seperti gambar di bawah ini.
4. Penyajian Data Dalam Bentuk Diagram Batang
Diaram batang merupakan bentuk penyajian data yang paling
sering dijumpai. Biasanya sekolah, perkantoran, dan beberapa instansi
menggunakan diagram batang sebagai slaah satu bentuk penyajian data.
Dalam menentukan diagram batang, yang harus dilakukan dalah
mengelompokkan data atau mengurutkan, atau membuat data dalam bentuk daftar.
Kemudian buatlah diagram sumbu X dan Y. Untuk X berisi data yang disajikan,
sedangkan sumbu Y berisi banyak dari data yang disajikan.
Contoh Soal dan penyelesaian:
Siti mencatat profesi semua orang tua siswa kelas V SD
Nusantara 01. Siti menanya satu per satu profesi orang tua siswa kelas V
dan diperoleh data sebagai berikut: Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 8
orang, Petani sebanyak 12 orang, Wiraswasta sebanyak 2 orang, TNI sebanyak 5
orang, Guru sebanyak 3 orang. Ubahlah data tersebut dalam diagram batang!
Penyelesaian:
5. Penyajian Data Dalam Bentuk Diagram Garis
Pada dasarnya diagram garis tidak jauh beda dengan diagram
batang. Karena sama sama menggunakan diagram cartesius atau diagram sumbu x dan
y.
Namun yang membedakan antara diagram garis dan batang adalah
frekuensi datanya. Jika diagram batang berupa batang, sedangkan diagram garus
berupa titik titik setiap data yang kemudian ditarik menjadi sebuah garis.
Untuk lebih mudahnya bisa langsung disimak contoh soal di bawah ini.
Tinggi badan Meli juga dicatat secara berkala Pengukuran
berat badan juga untuk memant perkembangan anak. Meli memiliki catatan
tinggi badannya selama 5 tahun, yaitu mulai umur 7 tahun hingga umur 11 tahun.
Berdasarkan hasil catatan yang dilakukan secara berkala,
diperolehh:
Penyelesaian
TUGAS
Kerjakan soal di bawah ini dengan baikdan benar
Trimakasih banyak ananda soleh dan soleha VB sudah mengumpulkan tugas dengan benar dan tepat waktu,smoga apa yang ananda pelajari hari bermafaat dan mendpatkan barokah dari Allah SWT Aamiin
SELAMAT BELAJAR
2 comments:
Assalamu'alaikum
Nama:Sarah Zahira
Kelas:5B
No absen:22
Hadir Bu🙋🙋
Asalamualaikum
Nama : siti amirah Irsyad
Kelas:5B
Absen:23
Terimakasih bu atas materinya🙏
Post a Comment