JENIS SEKOLAH
|
: SEKOLAH DASAR
|
|
KURIKULUM
|
: K.13
|
|
|
KELAS/SEMESTER
|
: V (LIMA)/ 2 (DUA)
|
|
ALOKASI WAKTU
|
: 90 MENIT
|
|
|
JUMLAH SOAL
|
: 50 SOAL
|
|
|
BENTUK SOAL
|
: PILIHAN GANDA, ISIAN, ESAY
|
|
|
|
|
|
|
No
|
KD
|
Materi
|
Indikator Soal/Stimulus
|
|
Mata Pelajaran : PPKn
|
|
3.3 Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat
|
Keberagaman bangsa indonesia, Bhineka Tunggal Ika dan nilai luhur
Pancasila
|
Disajikan urain, peserta didik mampu menunjukan contoh tujuan
budaya daerah
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan sikap
yang harus dilakukan dalam menjaga persatuan
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menemukan contoh jenis
keragaman budaya
|
|
Disajikan uraian dan pernyataan, peserta didik mampu menemukan
arti Bhineka Tunggal ika
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu memilih nama-nama
ras berdasarkan daerahnya
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menganalisis asal-usul
kata Bhineka Tunggal Ika
|
|
Disajikan gambar, peserta didik mampu memilih sikap yang dapat
menjaga kerukunan dalam beragama
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu, menganalisis pedoman
dalam keberagaman
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyimpulkan faktor
yang mempengaruhi keberagaman
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menyimpulkan sikap yang
harus dilakukan untuk menjaga persatuan dalam keberagaman
|
|
No
|
KD
|
Materi
|
Indikator Soal/Stimulus
|
|
BAHASA INDONESIA
|
|
3.5 Menggali informasi penting dari teks narasi sejarah yang
disajikan secara lisan dan tulis menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana
|
informasi penting dari teks sejarah, surat resmi dan peta pikiran
serta menulis informasi penting pada teks
|
Disajikan teks bacaan, peserta didik mampu menyimpulkan
pengertian dari kata asing
|
|
Disajikan teks bacaan, peserta
didik mampu menganalisis kalimat tanya
|
|
Disajikan teks bacaan, peserta didik mampu menyimpulkan kata
tanya yang tepat
|
|
Disajikan teks bacaan, peserta didik mampu menganalisis jawaban
dari pertanyaan
|
|
Disajikan percakapan, peserta didik mampu menelaah kata tanya
untuk melengkapi percakapan
|
|
Disajikan penggalan teks, peserta didik mampu menelaah kalimat
tanya
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menganalisis kalimat
tanya
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menganalisis bagian dan
unsur yang terdapat pada surat resmi
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menganalisis bagian dan
unsur yang terdapat pada surat resmi
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu mengidentifikasi dan memperjelas
manfaat bagian dan unsur yang terdapat pada surat resmi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
KD
|
Materi
|
Indikator Soal/Stimulus
|
|
IPA
|
|
3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud
benda dalam kehidupan seharihari
|
Perubahan wujud benda (padat, caiar, dan gas)
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menelaah sifat dari
wujud benda
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menyimpulkan sifat wujud
benda
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menganalisis Perubahan
wujud benda
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis jenis
Perubahan wujud benda
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis contoh
Perubahan wujud benda
|
|
Disajikan gambar, peserta didik mampu menganalisis jenis
perpindahan kalor
|
|
Disajikan gambar, peserta didik mampu menganalisis jenis
perpindahan kalor
|
|
Disajikan gambar, peserta didik mampu merumuskan peristiwa
perubahan wujud benda
|
|
Disajikan gambar, peserta didik mampu mengkatagorikan peristiwa
perubahan wujud benda
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu memperjelas contoh
peristiwa perubahan wujud benda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
KD
|
Materi
|
Indikator Soal/Stimulus
|
|
IPS
|
|
3.4 Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa
Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.
|
Masa penjajahan di indonesia, perkembangan pergerakan Nasional,
Proklamasi Indonesia dan sejarah Pancasila
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menganalisis jaman
penjajahan Belanda
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menyimpulkan sejarah jaman
penjajahan bangsa Portugis
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyimpulkan
sejarah jaman penjajahan bangsa
Portugis
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyimpulkan sejarah
jaman penjajahan Inggris
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menganalisis sejarah
jaman penjajahan Inggris
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyimpulkan sejarah
jaman penjajahan bangsa Belanda
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menyimpulkan sistem
perdagangan jaman Belanda
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menyimpulkan sejarah
proklamasi
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu merumuskan sejarah
lahirnya Pancasila
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu merumuskan sejarah
lahirnya Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
KD
|
Materi
|
Indikator Soal/Stimulus
|
|
SBDP
|
|
3.2 Memahami tangga nada
|
tangga nada, gambar cerita, properti dan pola lantai tari
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis
jenis-jenis tangga nada
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menganalisis ciri-ciri
tangga nada
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu menganalisis contoh lagu
bernada selendro
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu memutuskan jenis - jenis
pola lantai
|
|
3.3 Memahami pola lantai dalam kreasi tari daerah
|
Disajikan gambar, peserta didik mampu menyimpulkan arti dari
jenis-jenis pola lantai
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis jenis
seni rupa
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyimpulkan contoh
seni tari kriya
|
|
3.4 Memahami karya seni rupa daerah
|
Disajikan gambar, peserta didik mampu menyimpulkan seni tari
daerah di Indonesia
|
|
Disajikan uraian, peserta didik mampu merumus jenis-jenis
karya seni daerah
|
|
Disajikan gambar, peserta didik mampu membuat karya seni lukis
|
|
|
|
|
0 comments:
Post a Comment