Monday, January 13, 2020

VOLUME BANGUN RUANG BALOK

Hari : Selasa ,14 Januari 2020


Balok adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai 12 rusuk dan 6 bidang permukaan sisi yang masing-masing bidangnya berbentuk persegi atau persegi panjang.

Rumus Menghitung Volume Sebuah Balok
Untuk menghitung volume atau isi sebuah balok, yang perlu diketahui adalah ukuran panjang, lebar, dan tinggi balok tersebut. Untuk menghitung volume atau isi sebuah kotak, maka harus diketahui dimensi panjang, lebar, dan tinggi kotak tersebut. Rumus untuk menghitung volume balok adalah:

volume balok = panjang x lebar x tinggi

Rumus menghitung volume kotak atau balok
Rumus ini biasa ditulis dengan singkat seperti berikut V = P x L x T. Yang harus diperhatikan dalam menghitung volume sebuah balok adalah ukuran panjang, lebar, dan tinggi harus dalam satuan yang sama. Untuk satuan volume balok atau bangun ruang lainnya adalah satuan kubik misalnya centimeter kubik (cm³), milimeter kubik (mm³) , meter kubik (m³), dan lain-lain.

Contoh Perhitungan Volume Balok

Contoh Soal:
Sebuah aquarium berbentuk balok memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi masing-masing 12 cm, 8 cm, dan 10 cm. hitunglah berapa volume aquarium tersebut?
Jawab:
volume aquarium berbentuk balok = panjang x lebar x tinggi
Volume balok = 12 cm x 8 cm x 10 cm = 960 cm³.
Jadi volume aquarium tersebut adalah 960 cm³.

Contoh Soal Menghitung Volume Balok jika diketahui panjang, lebar, dan panjang diagonal ruangnya:
Hitunglah volume balok jika diketahui panjang 24cm, lebar 18cm, dan panjang diagonal ruangnya 34cm.
Jawab:

Rumus panjang diagonal ruang balok = √ p² + l² + t²

Maka 34 = √ 24² + 18² + t²
34 = √ 576 + 324 + t²
34 = √ 900 + t²
34² = 900 + t²
t² = 34² - 900
t² = 1156 - 900
t² = 256
t = √256
t = 16cm

Vol balok = P x L x T
= 24 x 18 x 16
= 6912cm³

cara diatas bisa kamu gunakan untuk variasi soal mencari volume balok jika hanya diketahui lebar, tinggi dan panjang diagonal ruang serta soal mencari volume balok jika hanya diketahui panjang, tinggi dan panjang diagonal ruang.

Contoh Soal:
Sebuah papan kayu memiliki ukuran panjang 5 meter, lebar 50 cm, dan tebal 3 cm. Hitunglah berapa volume papan kayu tersebut?
Jawab:
Karena dimensi ukuran papan kayu mempunyai satuan yang tidak sama maka terlebih dahulu satuannya harus disamakan, dalam soal ini kita akan memakai satuan cm, maka ukuran papan kayu tersebut jika dirubah kedalam cm adalah panjang 500 cm, lebar 50 cm dan tinggi 3 cm.
Volume papan kayu = 500 cm x 50 cm x 3 cm = 75.000 cm³                 . 



0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

TEMA 9 SUB TEMA 1 PB 5 DAN 6

 Rabu,8 Mei  2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mempelajar...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design