Tuesday, January 14, 2020

VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN KUBUS


Hari : Rabu, 15 Januari 2020

BANGUN KUBUS

Bangun Kubus merupakan Bangun Ruang ya yang ng memiliki bentuk tiga dimensi yang telah dibatasi oleh enam bidang sisi sisinya dan sisi tersebut berbentuk kongruen atau berbentuk bujur sangkar. Kemudian Bangun Ruang Kubus bisa juga disebut denga bidang enam beraturan yang berbentuk mirip dengan Prisma Segi empat.

Semua sisi dan rusuk kubus berbentuk persegi
Pada diagonal bidang dan diagonal ruang kubus semua berukuran sama panjang
Pada setiap bidang diagonal kubus berbentuk persegi panjang
Rumus Kubus
Rumus Kubus
Luas L = 6 x s²
Volume V = s x s x s 

Rumus mencari luas permukaan, volume dan diagonal sisi kubus diperlukan suatu titik sudut, sisi dan rusuk bangun ruang kubus itu sendiri karena untuk rumus kubus dan rumus volume kubus sendiri sangat membutuhkan jumlah sisi – sisinya.

Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan Kubus
Menghitung Luas Kubus diperlukan jumlah dari luas permukaan kubus tersebut dan permukaan bangun ruang kubus memiliki 6. Untuk itu rumus bisa dinyatakan seperti Rumus Matematika dibawah ini.

Luas Kubus = 6 x s²

Cara Menghitung Rumus Volume Kubus
Menghitung Rumus Volume Kubus diperlukan isi dari kubus itu sendiri, besarnya volume merupakan perpaduan antara perkalian dari sisi panjang, lebar dan tinggi. Sedangkan untuk ukuran rusuk dari sebuah bangun ruang kubus itu semuanya sama yaitu s maka Rumus Volume Kubus dpt dinyatakan seperti dibawah ini.

Volume Kubus = s x s x s atau V = S³

Contoh Soal Kubus
Untuk lebih paham mengenai rumus kubus diatas maka rumusrumus.com memberikan beberapa contoh soal luas pada kubus serta keliling kubus agar lebih ingat dengan mencoba dan berlatih soal. Berikut contoh soal dan pembahasannya

Contoh Soal 1

Diketahui sebuah bangun ruang kubus dengan panjang sisi sebuah kubus sebesar 20 cm, maka hitunglah Volume, Keliling dan Luas permukaan Kubus tersebut.

Jawabnya:

Rumus Volume Kubus : V = s³

Jadi Vol = 20 x 20 x 20

Volume = 8000 m³

Rumus Keliling Kubus : K = 12 x s

K = 12 x 20

    = 240 cm



Rumus Luas Permukaan Kubus : L = 6 x s²

L = 6 x 20 x 20

L 2400 cm²

Contoh Soal 2

Lemari baju budi berbentuk kubus memiliki panjang, lebar, dan sisi yang sama yakni 3 meter, Hitung lah berapa volume dari lemari baju budi tersebut ?

Jawabannya:

Jika telah disebutkan memiliki panjang, lebar, dan sisi yang sama maka tidak salah lagi merupakan salah satu sifat bangun kubus, oleh karenanya bisa langsung di hitung volume dari lemari tersebut sebagai berikut,

Volume lemari baju = 3³ = 3 x 3 x 3 = 27 m³

Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan kepada anda semua terkait Rumus Luas dan Volume Kubus serta sudah kami tambahkan Contoh Soal Matematika Kubus nya yang bisa latih sendiri dirumah sehingga anda menjadi lebih memahami Rumus Diagonal Sisi Kubus  ini.



0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

TEMA 9 SUB TEMA 1 PB 5 DAN 6

 Rabu,8 Mei  2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mempelajar...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design