Monday, July 20, 2020

MATERI TEMA 1

Senin,20 Juli 2020


TEMA 1                 : Organ GerakHewandanManusia
SUB TEMA 1         : Organ Gerak Hewan
PEMBELAJARAN 1 : IPA dan Bahasa Indonesia

A.           TujuanPembelajaran
1.  Siswa membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
2  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
3  Siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
4  Siswa dapat menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.

B.            Materi Ajar

Muatan  : IPA 

⧫ ORGAN GERAK HEWAN

Salah  satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.
Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.
Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
Tulang disebut alat gerak pasif  karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.
Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu  senyawa kimia yang membuatnhyadapat bergerak.Pada  saat  otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak

Penjelasan dan Fungsi Organ Gerak Hewan

 Berdasarkan jenisnya, hewan  terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu Vertebrata (hewan yang bertulangbelakang) dan Avertebrata (hewan yang tidak mempunyait ulang belakang). Organ atau system gerak yang terdapat pada hewan vertebrata dan avertebrata mempunyai fungsi yang sama yang berhubungan langsung dengan bentuk  rangkadantubuh hewan,tetapi cara hewan berpindah tempat yang membedakan antara hewan satu dengan hewan yang lainnya. contohnya organ atau system gerak pada hewan Pisces (Ikan) dan Reptil (Ular).

1.Organ atau Sistem Gerak Ikan


Ikan merupakan hewan berdarah dingin , memiliki sisik dan bergerak menggunakan sirip.Agar ikan mudah bergerak, ikan mensekresikan lendir yang ada pada  tubuhnya agar tubuhnyamenjadi licin dandapa tmeminimalkangesekan dengan air.Ikan bernafa smenggunakn insangnya, namun ada juga beberapa ikan yang bernafas menggunakan  paru-paru.
Rangka ikan terdir idari  tulang-tulang dan rawan-rawan yang menempel   pada jaringan penghubung (seratputih yang menhubungkan urat daging yang berisikan struktur yang dapat digerakkan, misalnya tulang) dan jaringan berserat yang menghubungkan dua atau lebih tulang atau rawan yang dapatdigerakkan.
Organ khususp pada ikan yang  yaitu , gelembung renang. Organ ini bentuknya dengan mirip dengan balon (gelembung) yang adapada  tubuhikan, gelembunginiberfungsi agar memudahkanikanmengapungdanbergeak di dalam air.

2.Organ atau Sistem Gerak Ular
 

Ular bias bergerak dengan cara melata atau merayap baik itu di tanah  ataupun pada saat di air. Bentuk tulang ular ,tulang badan, dan tulang ekor.Struktur yang terkandung pada tulang badan  terdir idari ratusan buah ruas-ruas tulang belakang.Pada tulang tengkorak, tepatnya pada tulang rusuk yang terhubung  menggunakan tulang belakang dan dislimuti otot-otot yang begitu lentur akan tetapi kuat. Dengan bentuk tubuh tersebut serta banyaknya ruas-ruas yang terdapat pada tulang belakang itulah yang dapat menyebabkan ular bias bergerak dengan cara meliuk-liukkan badanny ake arah kanan dan kearah kiri  dengan tempo yang cepat.


3.Sistem Gerak Burung
Hewan yang berada di udara memiliki cara gerak yang berbeda dengan hewan yang ada di dalam air, karena hewan di udara seperti burung yang bias terbang bebas di udara ini memiliki sayap dan juga rangka tulang yang mendukung. Setiap burung mempunyai cara terbang yang berbeda-beda tergantung dengan bentuk tubuh burung tersebut. Burung  terbang karena memiliki bentuk tubuh yang mempunyai gaya angkat yang lebih besar jika disbanding dengan hewan lainnya sehingga bias melepaskan pengaruh dari gaya grafitasi yang dimiliki oleh bumi.

# Muatan Bahana Indonesia
Pengertian : Ide pokok   adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan kedalam  bentuk kalimat utama.Kalimatutama yang memuat ide pokok ini  berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.Nama lain ide pokok adalah gagasan utama, gagasan pokok. Dalams atup aragraf hanya ada satu ide pokok.
Fungsi ide pokok adalah memberikan penjelasan dari inti suatu bacaan atau paragraf, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami paragraph tersebut.dan menjelaskan  intidari suatu paragraf. Dengan mengidentifikasi ide pokok, kitadapatmengetahui ide utama dari paragraph tersebut.

AdapunCiri-ciri Ide Pokok antaralain :

1. Memiliki kalimat pendukung (kalimatpengembang) atau penjelasan
2. Ada yang mendukung, baik ituberupa penjelasan atau alasan yang menguatkannya
3. Intidarisebuah paragraph atau pusat pembahasan

Menentukan Ide Pokok
⏬ 
Cara menentukan ide pokok secara garis besar ada dua, yaitu sesuai dengan   jenisparagrafnya.Paragraf yang memiliki kalimat utama Cara menentukan ide pokok pada paragraph   yang memiliki kalimat utama sangatlah mudah, yaitu dengan mengambil isi kalmia tutama itu sendiri.
Contoh :
Kekayaan alam Indonesia bsangat melimpah yaitu terdiri dari kekayaan alam yang bersumber dari darat, laut, dan dari dalam perut bumi.Contoh  yang bersumber dari darat yaitu :hasil hutan.Sedangkan yang bersumber dari laut contohnya : ikan, rumput laut, dan mutiara.Sedangkan, kekayaan alam yang bersumber dari dalam perut bumi misalnya minyak, batubara, emas, timah, nikel dan sebagainya.
Ide pokok paragraf di atas terletak pada kalimat pertama karena  kalimat pertama merupakan kalmiat utama. Ide pokok paragraf di atas yaitu :
Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah atau Kekayaan alam Indonesia sangat melimpah
Paragraf  yang tidak memiliki kalimat utama Cara menentukan ide pokok pada  paragraf  yang tidak memiliki kalimat utama yaitu dengan menyimpulkan isi paragraph tersebut.

Contoh :
Banjir melanda daerah Sumatra Selatan dengan ketinggiansatu meter.Banjir juga melanda wilayah Tangerang, Banten dengan ketinggian yang sama, satu meter. Seolah tak mau kalah, ibukota, Jakarta, pun dilanda banjir dengan ketinggian mencapai satu setengah meter.
Contoh  menentukan ide pokok seperti dibawah ini :
👇
Reptilia adalah segala jenis hewan yang berjalan melata atau merayap.Contohnya adalah ular, kadal, buaya, dan penyu.Mereka bertulang keras dan memiliki sisik pada kulit.Umumnya mereka  bertelur di darat, walaupun ada juga reptilia yang melahirkan anak.Reptilia adalah hewan berdarah dingin.Suhu tubuhnyamenyesuaikan suhu udara luar.Namun hal ini tidak berarti hewan reptilian suka daerah dingin.Tidak ada reptilia yang tinggal di daerah kutub.
Kalimat utama dari paragraf di atas terletak di awalparagraf, yaitu “Reptilia adalahsegala jenis hewan yang berjalan  melata atau merayap”.Ide pokok dari paragraph ini  adalah pembahasan tentang reptilia. Dari ide pokok ini kita dapatmengetahui apa isi dari keseluruhan paragraf.

Istilah Lain Ide Pokok

Istilah lain ide pokok sangat banyak, antara lain
  • Gagasan utama,
  • Gagasan pokok,
  • Pokok pikiran,
  • Pokok masalah,
  • Pikiran utama,
  • Inti paragraf,
  • Inti masalah,
  • Masalah utama,
  • Tema,
  • Topik,
  • Simpulan.
⏭   SOAL LATIHAN SISWA :
       1. Apa yang dimaksud dengan hewan vertebrata ?
       2. Jelaskan pengertian ide pokok dan jenis-                     jenisnya !

SELAMAT BELAJAR

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design