Friday, August 14, 2020

TEMA 2 SUB 1 PB 4 DAN 5


TujuanHari/tanggal     :  Jum’at / 14 Agustus 2020
Tema 2                        : UdaraBersihBagiKesehatan
Subtema 1                   : Cara TubuhMengolahUdaraBersih
Pembelajaranke           : 3 dan 4
Muatanpelajaran          : PKn, IPS

A.     TUJUAN
  1. Denganmenyimak penjelasan guru dan membacai nformasi, siswa dapa tmenjelaskan makna tanggungjawab sebagai warga masyarakat..
  2. Dengan menyimak penjelasan guru dan membaca  informasi, siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dalam bidang jasa.
TanggungJawabsebagaiWargaMasyarakat
            Tanggungjawabmerupakansikapterpuji yang hendaknyadimilikisetiapindividu.Sikaptanggungjawabmencerminkannilaikaraktersetiapindividu.Jadikarakterseseorangtecermindalamsikaptanggungjawabnya, baikterhadapdirisendiri, orang lain, masyarakat, maupunbangsadannegara.Apamaknatanggungjawabdanapasajajenistanggungjawabsebagaiwargamasyarakat? Samakahtanggungjawabdenganhakdankewajibansebagaiwargamasyarakat?Orang yang bertanggungjawabdapatdikatakansebagai orang yang berkarakter.
1. TanggungJawabsebagaiWargaMasyarakat
Tanggungjawabmelekatpadadirisetiapmanusia di mana pun iaberada, termasukdalammasyarakat. Bagaimanakahmaknatanggungjawabsebagaiwargamasyarakat?Untukmemahamimaknatanggungjawabsebagaiwargamasyarakat, secaraurutperlukamupahamipengertiantanggungjawabitusendiri, pengertianmasyarakat, dan baru memahami maknatanggung jawab sebagai warga masyarakat berikut ini.
a.  PengertianTanggungJawab
Tanggungjawabmerupakansalahsatunilaikarakterbangsa yang diharapkantertanampadasetiapindividu, terutamapesertadidik.Tanggungjawabadalahsikapdanperilakuseseoranguntukmelaksanakantugasdankewajibannya, yang seharusnyadialakukan, baikterhadapdirisendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, danbudaya), negara, maupunTuhan Yang MahaEsa.
MenurutKamusUmumBahasa Indonesia, tanggungjawab adalah keadaan wajib menanggung   segala sesuatunya. Setiap individu mempunyai tanggungjawab, Karen atanggungjawab bersifat kodrati yaitu menjadi bagian dari kehidupan manusia.Jadi, setiap individu mempunyai tanggungjawab.

Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Contoh bentuk kegiatan ekonomi masyarakat
a.         Pertanian
b.        Perkebunan
c.         Peternakan
d.        Perikanan
e.         Kehutanan
f.         Perindustrian
g.        Pelayananjasa


Jenis Usaha Bidang Jasa
Jenis usaha pariwisata merupakan usaha di bidangjasa.Bidangjasaberkaitandenganpemberianlayanankepadakonsumen.Contoh usah ajasa selain pariwisata antaralain perbankan, keuangan, asuransi, kesehatan, danhukum. Sektorjasa di Indonesia, terutamapariwisataberkembangpesat.Pesatnyajasapariwisatadidukungpotensi panorama alam Indonesia yang elok.Sektorpariwisata di Indonesia jugamenonjolkan aspek budaya.Contoh objek wisata alam adalah danau, pantai, bukit, pegunungan, gunung, suakaalam, serta flora fauna.Contoh objek wisata  budaya adalah kesenian daerah, upacara adat, keraton, dan candi.Berkembangny asektor pariwisata menumbuhka nusaha-usaha penunjang jasa pariwisata.
Usaha-usaha di bidangjasapariwisataantaralainsebagaiberikut.
1. Pengelola jasa penginapan, misalnya hotel, motel, wisma, danlosmen.
2. Usaha penjualan barang cenderamat aatau suvenir.
3. Penyedia jasa pemanduwisata (tour guide).
4. Penyedia jasa pariwi sata dan transportasi (tour and travel).

LatihanSoal
1. Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab ?
2.      Sebutkan 7 Contoh bentuk kegiatan ekonomi masyarakat !

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design