Thursday, August 27, 2020

Tema 2 sub tema 2 PB1

 
Kamis, 27 Agustus 2020
Materi IPA
Gangguan Respirasi (Pernafasan) yang SeringTerjadi
Jikasalahsatubagiandari organ respirasibermasalah, secaraotomatissistemrespirasi pun akan terganggu. Berikutbeberapagangguanrespirasi(Pernafasan):
 Gangguan sistem pernapasan atas dan bawah bisa disebut infeksi saluran pernapasan akut.

  • Flu (influenza)
    Penyakit influenza disebabkanoleh virus danmudahsekalimenular. Penularanbisamelaluikontaklangsungkecairanataumelaluicairan yang keluardaripenderitasaatbatukataubersin. Saat flu, hidungdipenuhilendirsehinggamengganggupernapasan.
  • Faringitis
    Keluhanutamapadapenyakitiniadalahnyeritenggorokan. Faringitis seringkalidisebabkanolehinfeksi virus, namundapatjugadisebabkanolehbakteri, sehinggauntukpenanganannyadibutuhkanantibiotik. Beberapakasusfaringitisdisebabkanolehalergiatauiritasipadatenggorokan.
  • Laringitis
    Laringitisadalahgangguanpernapasan yang menyeranglaringatau pita suara. Peradangan yang terjadibiasanyadisebabkanolehpenggunaan pita suaraberlebihan, iritasi, atauinfeksipadalaring. Suaraserakatauparaubahkanhilangsamasekaliadalahgejalaumum yang munculjikaseseorangmengalami laringitis.
  • Asma
    Asma disebabkanolehpenyempitansalurannapas. Sesaknapasmenjaditandaumumdaripenyakitini. Biasanyasesaknapasdibarengiolehmengi (wheezing) yang merupakansuarakhasbernadatinggisaatpasienmengeluarkannapas.
  • Bronkitis
    Bronkitisadalahperadanganpadabronkus, yang merupakansaluranudaradaridankeparu-paru. Bronkitis umumnyadicirikandenganbatukberdahak yang kadangdahaknyabisaberubahwarna.
  • Emfisema
    Emfisemamenyerangkantungudara alias alveoli. Seseorang yang terkena emfisema tidakselalumenunjukkangejala yang khas. Namunseiringperjalananpenyakitnya, biasanyapenderitakondisiinilambatlaunakanmengalamisesaksaatbernapas. Gangguaniniadalahsalahsatukondisi yang digolongkansebagai penyakitparuobstruktifkronik (PPOK).
  • Pneumonia
    Pneumonia, atau yang biasadisebutdenganradangparu-paru, merupakanperadanganakibatinfeksi. Batukberdahak, demam, dansesaknapasadalahgejalaumumdari pneumonia. Cirilaindaripenyakitiniadalahdahakkental yang dapatberwarnakuning, hijau, cokelat, ataubernodadarah.
  • Kankerparu-paru
    Merupakansalahsatujeniskanker paling berbahayadenganangkakematian yang tinggi. Terjadinya kankerparu-paru padaseseorangberkaitaneratdenganmerokokbaikaktifmaupunpasif, riwayatkankerparu-paru di keluarga, riwayatpaparanzatkimiadan gas beracunseperti asbestos dan radon, ataumenghirupudaraberpolusidalamjangkapanjang.
MateriBahasa Indonesia
MengelompokkanInformasiberdasarkanTeks
Informasiadalahpenjelasandanpemberitahuanmengenaisuatuhal.
Kata Tanya besertainformasi yang ingindiketahui
·         Apa                  = menunjukkanpenjelasanmengenaisuatuhalataubenda
·         Di mana           = menunjukkanpenyebutanataupenjelasantempat
·         Kapan              = menunjukkanpenyebutanataupenjelasanwaktu
·         Siapa                = menunjukkanpenyebutannama orang, jabatan, ataupekerjaan.
·         Mengapa          = menunjukkanpenyebutan alas an atausebabdalamsuatucerita
·         Bagaimana       = menunjukkanketerangancaraatau proses, penjelasanciri- ciri, ataupenjelasankaraktertokoh
·         Berapa             = menunjukkanjumlahataubanyakbenda

 ⏩⏩⏩⏩ SoalLatihan

           1.      Sebutkandanjelaskan 5gangguanrespirasi(Pernafasan)padamanusia ? 
2.      Sebutkan 5 Kata Tanya besertainformasi yang ingindiketahui ?









0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design