Kamis,11 Oktober 2021
Kelas :VB
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh sholeha VB bagaimana kabarnya di hari Kamis yang penuh ceria ini .Semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin. .Sebelum belajar awali dengan berdoa menyimak serta merangkum tauziah,sholat dhuha dan morozaah.Hari ini kita akan melaksanaksn kegiatan pembelajaran Tema 5 Sub Tema 1 PB 3 dan 4
Tema 5 : Ekosistem
Subtema 2 : Hubungan Antar Makhluk Hidup
Dalam Ekosistem
Pembelajaran : 3 dan 4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPS dan PPKn
Tujuan
Pembelajaran :
- Dengan menggunakan
artikel tentang subak di Bali, siswa dapat menghubungkan kondisi daerah
dengan kegiatan ekonomi di daerahnya yang memiliki ketampakan alam yang
berbeda dalam bentuk tulisan nonfiksi secara saksama.
- Dengan mengumpulkan
fakta dan informasi, siswa mampu membuat sebuah teks nonfiksi tentang
aktivitas perekonomian yang dilakukan masyarakat setempat berkaitan dengan
daerah tempat tinggalnya secara baik dan benar.
- Dengan membaca
dengan saksama bacaan tentang kerukunan, siswa mampu mendiskusikan
keterkaitan antara hidup rukun dengan persatuan dan kesatuan secara tepat.
Sistem Irigasi Subak
Subak
merupakan sekumpulan petani di Bali yang mengelola sistem irigasi yang ada di
sebuah kawasan persawahan. Kawasan persawahan itu biasanya dibatasi oleh
kenampakan alam seperti sungai, jurang, atau kenampakan lain yang jelas
terlihat. Satu kelompok subak biasanya memiliki satu sumber air yang mengalir
ke sebuah sungai yang melewati atau berada dekat dengan persawahannya.
Berdasarkan bacaan di
atas, lakukanlan kegiatan berikut.
1. Tentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan
tabel seperti contoh di bawah ini.
2.
Buatlah ringkasan berdasarkan bacaan tersebut. Dengan menggunakan tabel yang
berisi pokok pikiran dan informasi penting tersebut, buatlah sebuah
ringkasan.Tuliskan ringkasanmu dalam satu paragraf dengan menggunakan kalimatmu
sendiri. Perhatikan tanda baca, penggunaan huruf kapital yang tepat, dan
penggunaan kata-kata baku dalam kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Buatlah seperti contoh berikut.
3. Bersama dengan kelompokmu,
diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Jawablah di buku
catatanmu.Setelah itu, presentasikan hasil diskusimu.
a. Apakah tujuan dibentuknya subak?
b. Apa saja manfaat yang diperoleh para petani dari sistem irigasi subak di
Bali?
c. Apa sajakah peran pekaseh?
d. Bagaimana cara anggota kelompok subak di Bali dalam mengambil keputusan?
e. Apa yang menyebabkan sistem subak berhasil meraih perhatian dunia?
f. Jelaskan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang didapatkan dari sistem
irigasi subak di Bali.
Jawab:
a. Tujuan adalah untuk mengatasi persoalan air
irigasi.
b. Manfaat subak :
· Petani mendapatkan air yang cukup untuk
sawahnya,
· Melatih petani setiap bertanggung jawab
terhadap penggunaan air, cara menjaga kualitas air, jumlah air yang akan
dialirkan, dan waktu pengairan.
c. Peran pekaseh: bekerja sama dengan para
kepala desa dan perangkat desa dalam mengatur dan memberitahukan ketersediaan
air pada areal persawahan kelompoknya.
c. Peran pekaseh: bekerja sama dengan para
kepala desa dan perangkat desa dalam mengatur dan memberitahukan ketersediaan
air pada areal persawahan kelompoknya.
d. Semua keputusan dalam subak dibahas
secara musyawarah dan perencanaan yang baik.
e. Subak berhasil meraih perhatian dunia
karena tidak hanya memperhatikan sistem irigasi, tetapi juga memperhatikan asas
kerja sama dan keadilan dengan menggunakan sistem meminjam air kepada anggotanya.
f. Nilai persatuan dan kesatuan dalam sistem
subak antara lain :
·
Pembagian air dilakukan dengan
musyawarah;
·
Pembagian air dilakukan dengan adil dan tidak
ada yang diuntung atau dirugikan;
·
Pelaksanaan pembagian air mereka bekerja-sama
satu dengan yang lain, dan
·
Saling pinjam meminjam air irigasi antara satu
dengan yang lain, antara subak satu dengan subak yang lain.
Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebetulnya merupakan bagian dari pidato proklamasi yang disampaikan oleh Ir. Soekarno sebagai wakil bangsa Indonesia. Proklamasi tersebut dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta. Pada saat yang sama, dikibarkan Bendera Merah Putih sebagai bendera negara, dan dinyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman.
Berdasarkan bacaan di atas dan sumber informasi lainnya,
jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Mengapa bangsa Indonesia perlu melakukan proklamasi kemerdekaannya?
2. Apakah akibat dari peristiwa Proklamasi Kemerdekaan terhadap kehidupan bangsa Indonesia?
0 comments:
Post a Comment