Selasa,11 Januari 2022
Kelas : VB
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VB.Bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria ini, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat aamiin.Materi kita pada hari ini Tema 6 Sub Tema 2 PB 3 dan 4. Seperti biasa, pastikan ananda sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah dan mengisi absen kelas pada link yg ada digrub,setelah itu silahkan ananda Bsimak dan baca materi kemudian memberi tanggapan di kolom komentar guna menilai keaktifan siswa.Terimakasih Selamat belajar💫
Materi
MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.3 dan 4.3)
MENJELASKAN ISI TEKS MEDIA CETAK MELALUI POKOK PIKIRAN DAN MEMBUAT KESIMPULAN ISI TEKS MEDIA CETAK DARI DIAGRAM
Sebuah teks, termasukteks media cetak, memiliki pokok pikiran. Pokok pikiran terdapat di setiap paragraph pada teks yang disajikan.Pokokpikiran di dalam suatu paragraph terdapat kalimat pokok atau kalimatutama yang berada di awal paragraf.Dengan mengetahui pokok pikiran setiap paragraph, kita dapat menjelaskan isi teks media cetak dengan bahasa sendiri.
Kesimpulan > merupakan pendapat akhir dari suatu teks yang dibaca.Untuk membuat kesimpulan, harus memahami informasi penting yang terkandung di dalam teks tersebut
Informasi penting dari suatu teks dapat diurai menggunakan peta konsep atau diagram.Dengan cara menentukan pokok pikiran dan informasi penting darisetiap paragraph, menggunakan kata Tanya apa, siapa, di mana, mengapa, dan bagaimana, setelah itu baru menentukan pokok pikiran dan jawaban yang dibuat baru membuat diagram.
MUATAN IPS (KD 3.2 dan 4.2)
AKTIVITAS MASYARAKAT DALAM LINGKUNGAN SOSIAL
Manusiamerupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia harus menjalin interaksi dengan lingkungan sekitar, baik lingkungan alam maupun sosial.Interaksi antara manusia dengan lingkungan merupakan suatu hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi..
Contohnya masyarakat Bali memiliki ciri khas dalam pengolahanlahan pertanian disebut dengan subak.Suba kmerupakan sebuah organisas imasyarakat Bali yang mengatur pengairan sawah.Subak merupakan sarana pemersatu masyaraakat Bali.
Contoh interaksi pembangunan ekonomi adalah kegiatan jualbeli di pasar.Bahan makanan seperti beras, jagung, dan sayur-sayuran diproduksi oleh para petani.Pedagang berperan sebagai penyalur barang produksi yang dibutuhkan oleh pembeli. Di pasar akan terjadi interansaksi jual beli antara pedagang dan pembeli.
MUATAN PPkN (KD 3.2 dan 4.2)
KEWAJIBAN, TANGGUNG JAWAB, DAN HAK WARGA MASYARAKAT
1. Kewajiban adalah : sesuatu yang harus dilakukanolehsesorang. Contohnya kewajiban belajar bagi siswa, menjaga kelestraian laut bagin nelayan dan wisatawan.
2. Tanggungjawab adalah : sikap menyadari dan siap melaksanakan tugas dankewajiban yang dimilik. Contohnya mengerjakan tugas darisekolah ,mengatur waktu menangkap ikan bagi nelayan.
3. Hak adalah : Segala sesuatu yang diperoleh manusia sejak lahir dan penggunaannya tergantung pada peran yang dimilik. Contonya hak mendapatkan pelajaran bagi siswa, hak menangkap ikan bagi nelayan.
Berikut contoh pelaksanaan kewajiban, tanggung jawab dan hak dalam kehidupan sehari-hari :
1. a. Pelaksanaan kewajiban :menjaga kebersihan lingkungan sekitar, mematuhi aturan lalu lintas di jalan, mematuhi tata tertib di sekolah.
2. b. Pelaksanaan tanggung jawab : merapikan mainan setelah digunakan, mencuci kaki setelah bermain, mengumpulkan tugas sekolah tepat waktu
3. c. Pelaksanaan hak : beribadah sesuai agama dengan tenang, belajaar di sekolah saat jam pelajaran, menghirup udara segar setiap pagi.
2 comments:
Waallikumussalam
Terima kasih ibu
Ats materi nya🥰🥰
Assalamualaikum bu
Kanaya Putri Zahwa
5B
Hadir bu terimakasih atas materi nya🥰
Post a Comment