Monday, October 30, 2023

MATERI PERBANDINGAN

 Senin,30 Oktober 2023

Kelas : VC


Detail Animasi Bismillah Bergerak Nomer 3

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ                                        Anak sholeh sholeha VC bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria  ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat  serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu,simak tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Berikut materi Perbandingan .Setelah membaca silahkan  ananda beri tanggapan dikolom komentar.Terima kasih

 Tujuan Pembelajaran : Dengan menyimak materi peserta didik dapat menunjukkan bahwa jika salah satu nilai variabel diperbesar, maka nilai variabel lain akan menjadi kecil

1. Perbandingan senilai

Perbandingan senilai adalah perbandingan yang menunjukkan bahwa jika salah satu nilai variabel diperbesar, maka nilai variabel lain menjadi semakin besar. Contoh perbandingan senilai bisa kamu lihat di awal pertemuan materi ini, yaitu apakah bensin Andi mencukupi sampai rumah Virgo? Yuk, kita bantu Andi!

Problem solving!

  • 2 liter bensin bisa digunakan untuk menempuh jarak 50 km.
  • 0,5 liter bensin?

Jika saat ini bensin Andi hanya bersisa 0,5 liter, jelas jarak tempuh bensinnya menjadi lebih pendek, yaitu sebagai berikut.

Jadi, sisa bensin Andi masih cukup digunakan untuk menempuh jarak 12,5 km. Oleh karena rumah Virgo berjarak 10 km, maka dengan sisa bensin 0,5 liter Andi masih bisa sampai ke rumah Virgo. Mudah kan Quipperian?

2. Perbandingan berbalik nilai

Perbandingan berbalik nilai adalah perbandingan yang menunjukkan bahwa jika salah satu nilai variabel diperbesar, maka nilai variabel lain akan menjadi kecil. Misalnya, pembangunan suatu gedung memerlukan waktu 1 bulan dengan 20 pekerja. Jika pekerja ditambah, kira-kira pembangunan gedung menjadi semakin lama atau semakin cepat? Pasti semakin cepat, kan? Nah, itulah contoh penerapan perbandingan berbalik nilai.

Perbandingan Terkait Jumlah dan Selisih

Perbandingan terkait jumlah dan selisih biasanya digunakan untuk menentukan perbandingan umur, jumlah uang, dan tinggi badan. Contohnya sebagai berikut.

Contoh Soal

Ibu Budi baru saja melahirkan seorang bayi dengan tinggi badan 48 cm. Jika tinggi badan Budi 72 cm lebihnya dari tinggi badan adiknya, tentukan perbandingan tinggi badan Budi dan adiknya!

Pembahasan:

Dari soal diketahui informasi berikut.

Tinggi badan bayi = 48 cm

Tinggi badan Budi = 48 + 72 = 120 cm

Dengan mencari hasil bagi diperoleh:

Tinggi badan Budi : tinggi badan adik Budi = 120 : 48

Tinggi badan Budi : tinggi badan adik Budi = 5 : 2

Jadi, tinggi badan Budi dan adiknya adalah 5 : 2.

Untuk mengasah kemampuanmu, simak contoh soal berikut.

Contoh Soal 1

Jarak kota A dan kota J pada peta adalah 1,5 cm. Peta tersebut dibuat dengan skala 1 : 1.500.000. Tentukan jarak sebenarnya antara kota A dan J!

Pembahasan:

Dari soal diperoleh informasi berikut.

  • Skala = 1 : 1.500.000
  • Jarak pada peta = 1,5 cm

Berdasarkan rumus skala, diperoleh:

Jadi, jarak antara kota A dan J sebenarnya adalah 22,5 km.

Contoh Soal 2

Sebuah vas bunga setinggi 15 cm diletakkan di depan sebuah lampu. Vas tersebut membentuk bayangan di layar. Jika tinggi bayangan vas bunga 30 cm, tentukan faktor perbesarannya!

Pembasahan:

Dari soal diperoleh informasi berikut.

Tinggi awal = 15 cm

Tinggi hasil perbesaran = 30 cm

Berdasarkan rumus faktor perbesaran, diperoleh:

Jadi, faktor perbesarannya adalah 2.

 

SELAMAT BELAJAR

 

 

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design