Kamis,12 Oktober 2023
Kelas : VC
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Anak
sholeh sholeha VC bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria ini
semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat serta
senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali
dengan berdoa dahulu,simak tauziah,sholat dhuha dan membaca
alquran.Hari ini kita akan belajar mater Pembahsan Tema 4 Sub Tema 2 PB 1
dan 2.Setelah membaca silahkan ananda beri tanggapan dikolom
komentar.Terima
kasih
Pembelajaran 3 dan 4
MuatanPelajaran :PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3. 2, 4.2)
PPkN ( KD : 3.2, 4.2 )
Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan
Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat.
Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:
1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.
Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.
2. Saling mengasihi dan membina antarindividu.
Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.
3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakantujuan dan budaya antarwarga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga sebaiknya memperkuat hubungan antarwarga dengan mengesampingkan perbedaan yang ada.
4. Sikap solidaritas
Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk menciptakan solidaritas antarwarga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.
IPS ( KD : 3.2 dan 4.2
Interaksi dalam Bidang Pendidikan
4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :
1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya Ani dan Joni berdiskusi materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru
2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
3. interak siiswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sum berpelajar dapat bermacam-macam
4. interaksi siswa denga nlingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karya wisata kepantai, dan lain-lain
Contoh interaksi dalam bidang pendidikan
upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan, baikpendidikan formal maupun informal.
Melaluipendidikan,makaakantercapaikesejahteraanmasyarakat.
Berikutcontohaktivitasmasyarakatdalamupayapembangunansosialbudaya :
1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
2) Mengikut ipelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.
3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.
Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosiial budaya melalui pendidikan.
1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telahdicanangkanolehpemerintah.
2) Mengikutipelatihanketerampilan, sepertimenjahit, membatik, danmembuatkaryakerajinanlainnya.
Bahasa Indonesia ( KD : 3.6 dan 4.6 )
Isi (makna) danamanatpantunberdasarkanusia
Berdasarkanusia, pantun dibedakanmenjadi pantun anak -anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.
Contohpantunanakanak :
Pergikewarungmembeli Koran
Sekalianmembelibenang
Ayo bermainkejarkejaran
Badansehathatisenang
Isi (makna) pantun :bermainkejarkejaranmembuatbadansehatdanhatisenang.
Amanatpantun :Anakanaksebaiknyabermain agar hatisenang.
ContohPantun Orang Muda :
Mengangkat batu setinggi bahu
Batu diangkat berat rasanya
Jikalah boleh aku tahu
Baju biru siapa namanya ?
Isi (makna) pantun :Keinginan seseorang untuk berkenalan.
Amanatpantun :Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun
Pantun di atas memiliki ciri-ciri :
1. Bersajak a-b-a-b
2. Satu bait terdiri dari atas empat baris
3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
4. Terdiri atas sampiran dan isi
SELAMAT BELAJAR
0 comments:
Post a Comment