Thursday, October 26, 2023

Pendidikan Anti Korupsi (PAK)

 Kamis,26 Oktober 2023

 Kelas : VC


Detail Animasi Bismillah Bergerak Nomer 3

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ                                   Anak sholeh sholeha VC bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria  ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat  serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu,simak tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Berikut materi PAK .Setelah membaca silahkan  ananda beri  tanggapan dan kolom komentar,trimakasih

Pendidikan Anti Korupsi

Pendidikan antikorupsi merupakan salah satu bentuk pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dilaksanakan melalui pendidikan, baik formal maupun nonformal. Menurut Komisi Pemberantasan Korupsi (2018), pendidikan anti korupsi adalah proses yang bertujuan untuk memperkuat sikap anti korupsi pada mahasiswa, baik sarjana maupun mahasiswa.

Fungsi Pendidikan Anti Korupsi

Pendidikan anti korupsi merupakan salah satu bentuk pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dilaksanakan melalui pendidikan, baik formal maupun nonformal. Oleh karena itu, pendidikan antikorupsi memiliki fungsi sebagai berikut.

  • Fungsi kognitifnya adalah untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang korupsi dan dampaknya yang sangat besar
  • Fungsi afektif adalah membentuk karakter moral dan anti korupsi peserta didik, menanamkan nilai-nilai anti korupsi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Fungsi psikomotor adalah kesadaran moral untuk memerangi berbagai bentuk praktik korupsi yang ada di lingkungan sekitar

Tujuan dilaksanakannya pendidikan antikorupsi di lembaga pendidikan

Pendidikan karakter anti korupsi di lembaga pendidikan berlangsung dalam dua tahap awal, yaitu dengan menentukan ruang dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, kemudian membuat kurikulum yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut.

Berikut ini adalah tujuan dilaksanakannya pendidikan anti korupsi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan:

Pembentukan karakter anti korupsi berdasarkan tahap perkembangan anak

Pembentukan karakter anti korupsi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan mengikuti perkembangan usia anak mulai dari PAUD, dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Pelaksanaan kurikulum yang dilaksanakan sudah sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai pada setiap jenjang pendidikan.

Template kurikulum yang diajarkan disesuaikan dengan tahap perkembangan anak sehingga lebih mudah diterima dan diterapkan.

Menanamkan nilai-nilai anti korupsi pada generasi muda

Ada 9 nilai penting anti korupsi yang diajarkan kepada siswa untuk membantu membentengi diri dari sikap koruptif. Sikap tersebut meliputi kejujuran, tanggung jawab, kesederhanaan, kepedulian, kemandirian, disiplin, keadilan, kerja keras dan keberanian.

Bagi lembaga pendidikan, dapat mengajukan permohonan dana untuk melaksanakan program pendidikan anti korupsi di sekolahnya.

Tanamkan pendidikan anti korupsi jangka panjang

Salah satu model pengajaran pendidikan antikorupsi yang dilakukan adalah jangka panjang. Sudah sangat parah kondisi tidak bisa diatasi dalam sehari, dua hari atau setahun, tapi harus dilakukan bertahun-tahun, bahkan bisa seumuran dengan seseorang. Tradisi yang telah mengakar kuat di masyarakat perlu dipahami sejak dini.

Lembaga pendidikan mengawal pendidikan sejak usia dini sampai dengan tingkat doktoral profesor. Maka sangat tepat pendidikan antikorupsi di lembaga pendidikan diajarkan sebagai pembelajaran sepanjang hayat yang harus ditanamkan kepada generasi Indonesia. Tidak hanya anak-anak, tetapi orang tua juga penting untuk mencapai pembelajaran ini.

Contoh pendidikan anti korupsi

Contoh pendidikan anti korupsi adalah sebagai berikut.

  • Jangan menyontek saat ujian
  • Tidak melakukan plagiarisme
  • Jangan tinggalkan tanda tangan kehadiran kuliah
  • Selalu tepat waktu
  • Patuhi semua peraturan yang berlaku
  • melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab
  • Belajar dengan rajin
  • Melihat dan menilai sesuatu secara objektif
  • Jujurlah pada dirimu sendiri
  • Mengakui kesalahan dan bertanggung jawab untuk memperbaikinya
  • Membantu orang yang membutuhkan
  • Jangan minum obat
  • Rendah hati
  • Tidak terlalu bergantung pada orang lain

 SELAMAT BELAJAR

 

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design