Selasa,3 September 2024
Kelas : VC
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak
sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria
ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat dalam
menjalankan kegiatan pada hari ini kita akan belajar Materi P.Pancasila dan Matematika,dan Seni Rupa
Seperti biasa,kita akan melaksanakan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
FPB atau faktor persekutuan terbesar merupakan faktor yang sama dari dua bilangan atau lebih dan merupakan bilangan terbesar di antara faktor – faktor persekutuannya. Nah disini akan dibahas 2 cara untuk mencari nilai FPB, cara yang pertama yaitu dengan faktorisasi prima dan cara yang kedua yaitu mengambil angka yang sama dan terbesar dari faktor – faktornya.
Faktorisasi Prima
Langkah – langkah :
- Menentukan faktorisasi prima dari masing – masing bilangan.
- Mengalikan faktor yang sama dari bilangan – bilangan tersebut.
- Jika pada faktor yang sama pangkatnya berbeda, maka ambilah faktor yang terkecil.
Contoh Soal :
Tentukanlah FPB dari 20 dan 30 !
Pembahasan:
Langkah pertama, membuat pohon faktor untuk menentukan faktorisasi prima
dari kedua bilangan tersebut. Nah caranya itu sobat, kalian bisa
membagi kedua bilangan tersebut dengan bilangan prima sampai diperoleh
hasil akhir yang tersisa dan tidak dapat dibagi lagi.
Dari gambar diatas, kita memperoleh faktorisasi prima sebagai berikut :
20 = 2 x 2 x 5 = 22 x 5
30 = 2 x 3 x 5
Nah sobat untuk mencari nilai FPB yaitu dengan cara mengalikan faktor
yang sama dari bilangan 20 dan 30. Jika kalian menemukan faktor bilangan
tersebut terdapat bilangan yang sama dan memiliki pangkat yang berbeda,
ambilah bilangan yang memiliki pangkat yang terkecil. Dari hasil
faktorisasi prima kita tadi terdapat bilangan yang sama dan berpangkat
terkecil yaitu 2 dan 5. Jadi sobat, nilai FPB dari 20 dan 30 adalah :
FPB dari 20 dan 30 = 2 x 5 = 10
Dengan Mengambil Angka Yang Sama Dan Terbesar Faktor – Faktor Persekutuannya
Nah sobat, untuk mencari nilai FPB dengan mengambil angka yang sama dan
terbesar, maka kita terlebih dahulu harus membuat faktor – faktor
persekutuan dari masing – masing bilangan.
Contoh soal:
Carilah FPB dari 20 dan 30 !
Faktor – faktor 20 = 1, 2, 4, 5, 10, 20
Faktor – faktor 30 = 1, 2, 3, 5, 6, 10, 15, 30
Faktor persekutuan 20 dan 30 = 1, 2, 5, 10
Nah sobat, dari faktor – faktor persekutuan 20 dan 30 dapat kita ambil
satu angka yang sama dan terbesar. Dari hasil diatas diperoleh 10
sebagai angka yang sama dan terbesar dari faktor persekutuan antara
bilangan 20 dan 30. Jadi FPB dari 20 dan 30 adalah 10
COMTOH SOAL DAN PEMBAHASANNYA
1.Ibu membeli 60 butir telur ayam dan 80 butir telur itik. Telur-telur tersebut akan dimasukkan ke dalam plastik-plastik dengan isi yang sama dan perbandingannya pun juga sama. Berapa butir telur ayam dan telur itik secara berurut?
Kunci Jawaban:
Faktorisasi prima dari telur ayam 60 = 2 x2 x 3 x 5
Faktorisasi prima dari telur itik 80 = 2 x 2 x 2 x 2 x 5
FPB = 2 x 2 x 5 = 20
Banyak telur ayam dalam plastik = 60 : 20 = 3 butir
Banyak telur itik dalam plastik = 80 : 20 = 4 butir
2.Pak Ali menanam 120 bibit jagung dan 144 bibit semangka. Bibit-bibit tersebut ditanam menjadi barisan yang sama banyak. Berapa jumlah bibit jagung dan bibit semangka tiap baris secara berurut?
Kunci Jawaban:
Faktorisasi prima dari 120 = 2 x 2 x 2 x 3 x 5
Bibit melon 144 = 2 x 2 x 2 x 2 x 3 x 3
FPB = 2 x 2 x 2 x 3 = 24
Jumlah bibit jagung tiap baris = 120 : 24 = 5 biji
Jumlah bibit semangka tiap baris = 144 : 24 = 6 biji
3. SD Al-Azhar 2 akan mengadakan kegiatan kunjungan ke Musiun Lampung
Terdapat tiga kelas yang akan mengikuti kegiatan tersebut, dengan rincian kelas pertama (50 siswa), kelas kedua (45 siswa), dan kelas ketiga (80 siswa).
Wali murid bermaksud membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan jumlah sama banyak. Ada berapa maksimal siswa pada setiap kelompok? Ada berapa jumlah kelompok yang terbentuk di masing-masing kelas?
Kunci Jawaban:
Kelas pertama 50 siswa = 2 x 52
Kelas kedua 45 siswa = 32 x 5
Kelas ketiga 80 siswa = 24 x 5
FPB = 5
Jadi, jumlah siswa paling banyak pada setiap kelompok adalah 5 anak
Jumlah kelompok di kelas pertama = 50 : 5 = 10 kelompok
Jumlah kelompok di kelas kedua = 45 : 5 = 9 kelompok
Jumlah kelompok di kelas ketiga = 80 : 5 = 16 kelompok
🌷 Pendidikan Pancasila 🌷
Materi Norma
Norma merupakan aturan yang haarus dipatuhi oleh setiap manusia dalam menjalankan berbagai aktivitas kehidupan dalam keluarga, masyarakat ataupun kehidupan berbangsa dan bernegara.
Norma disebut juga dengan peraturan yang tidak tertulis.
Misalnya, kewajiban menghormati orang tua
Norma itu disesuaikan dengan adat istiadat masyarakat setempat.
Norma juga dipengaruhi oleh keyakinan agama yang dianut oleh warga setempat.
Lalu apa saja,sih, macam-macam norma itu?
Macam-macam Norma dalam Kehidupanku
a. Norma Agama yaitu seperangkat aturan yang bersumber dari kitab suci yang berisi perintah, larangan, dan anjuran Tuhan Yang Maha Esa.
Contoh norma agama antara lain kewajiban beribadah bagi umatnya. Jika umatnya tidak mau beribadah kepada-Nya, maka mereka akan mendapat sanksi di akhirat.
b. Norma kesusilaan yaitu norma yag bersumber dari hati nurani manusia.
Atau dengan kata lain normakesusilaan adalah ketentuan dalam pergaulan manusia yang bersumber dari hati nuraninya.
Seperti, kewajiban untuk berkata jujur setiap berbicara. Jika orang berkata bohong maka ia akan mendapat sanksi berupa perasaan bersalah pada dalam hatinya.
Dia akan menyesal telah berbohong.
c. Norma Kesantunan, yaitu norma yang bersumber dari kebiasaan dan cara hidup masyarakat.
Ketentuan dalam hidup manusia yang timbuk dari hasil kesepakatan di dalam masyarakat.
Sansi dari norma kesopaan biasanya adalah sanksi social seprti dicemooh, dikucilkan dan lain sebagainya.
Contoh dari norma ini, kewajiban untuk menghormati orang tua, anak yang tidak hormat makai a akan dikucilkan oleh orang sekitar ataupun saudara dan keluarganya.
d. Norma hokum, yaitu seperangkat atauran yang mengikat seluruh warga negara yang bersumber dari peraturan perundang-undangan yang berlaku dan memiliki sanksi yang tegas.
Contohnya, mencuri, seseorang yang ertangkap tindkan mencuri mkan akan dikenai hukuman atau sanksi berupa dipenjara.
Penerapan Norma dalam Kehidupanku
Melaksanakan Norma-norma di Sekolah
a. Mematuhi tata tertib sekolah
b. Masauk sekolah 5 menit sebelum bel masuk berbunyi.
c. Mengenakan pakaian seragam yang sesuai dengan ketentuan sekolah.
d. Mengerjakan tugas dari guru
e. Sopan terhadap guru
Melaksanakan Norma-norma di Keluarga
a. Patuhi aturan yang berlaku di keluarga dan masyarakat tempat Anda tinggal.
b. Menghormati serta menghargai sesame anggota keluarga
c. Bergaul dengan tetangga secara baik
d. Membantu warga yang membutuhkan
Perbedaan Norma, Hak dan Kewajiban
Setiap manusia akan memiliki hak dan kewajiban.
Lalu apa perbedaan antar ketiganya?
Jika norma tadi adalah aturan.
Hak adalah sesuatu yang dimiliki seseorang atau sesuatu yang diperolehnya sejak ia dilahirkan.
Sedangkan kewajiban adalah segala sesuatu yang harus ia kerjakan.
Hak dan kewajiban saling melengkapi satu sama lain. Keduanya ini berpotensi untuk memberikan suatu keseimbangan dan kekuatan pada masyarakat.
Contoh Hak Anak di Rumah
a. Hak untuk bermain.
b. Hak untuk didengar pendapatnya
c. Hak untuk mendapatkan uang jajan
d. Hak mendapatkan kasih saying dari orang tua.
Contoh Hak Anak di Sekolah
a. Hak mendapatkan pelajaran.
b. Hak untuk bertanya kepada guru.
c. Hak mendapatkan nilai
d. Hak meminjam uku perpustakaan.
Kewajiban di Rumah
a. Mempelajari
b. Membantu orang tua
c. Menghormati orang tua
Kewajiban di Sekolah
a. Memakai seragam yang tertib.
b. Datang tidak terlambat.
c. Mengikuti semua pelajaran
Arti Penting Musyawarah dalam Kehidupanku
Musyawarah sangat penting untuk dilakukan.
Sebagai bentuk diskusi dalam mengambil keputusan daripendapat-pendpat yang ada.
Keputusan bersama tidak akan tercapai bila setiap orang saling memaksakan kehendaknya.
Keputusan Bersama bukan hanya keinginan satu orang atau satu golongan saja.
Namun merupakan hasil pertimbangan atas seluruh pandangan atau pendapat yang disampaikan oleh seluruh peserta konsultasi.
Oleh karena itu kebijaksanaan sangat diperlukan untuk mengambil keputusan .
Apakah tribunners sudah mematuhi norma-norma kehidupan yang ada?
Jalankan hak dan kewajibanmu sebagai warga negara yang baik, dan teap taati norma-norma yang telah di tetapkan.
🌼SENI RUPA🌼
1. Berikut termasuk unsur seni rupa adalah ...
A. Ritme
B. Keseimbangan
C. Garis
D. Kesatuan
Jawaban : C
2. Setiap wujud dalam seni rupa diawali oleh ...
A. Titik
B. Garis
C. Bidang
D. Warna
Jawaban : A
3. Berikut merupakan jenis-jenis garis, kecuali ...
A. Melengkung
B. Vertikal
C. Horizontal
D. Simetris
Jawaban : D
4. Sebuah bentuk terbentuk atas beberapa ...
A. Bidang
B. Garis
C. Titik
D. Warna
Jawaban : B
5. Garis melengkung memberikan kesan ...
A. Tegak
B. Kuat
C. Lemah
D. Dinamis
Jawaban : C
A. Kubus
B. Bola
C. Balok
D. Prisma
Jawaban : B
7. Berikut kumpulan warna primer yang benar adalah ..
A. Hijau, merah, ungu
B. Merah, kuning, biru
C. Oranye, merah, kuning
D. Merah, hijau, biru
Jawaban : B
8. Tekstur yang dimiliki batang pohon adalah ...
A. Kasar
B. Halus
C. Licin
D. Lunak
Jawaban : A
9. Keterpaduan berbagai unsur seni dengan karakter yang berbeda dalam sebuah karya disebut ...
A. Keserasian
B. Keutuhan
C. Kesatuan
D. Keseimbangan
Jawaban : C
10. Unsur gelap terang dapat menciptakan kesan ...
A. Ramai
B. Datar
C. Keruangan
D. Seimbang
Jawaban : C
SELAMAT BELAJAR
Refleksi/Kesimpulan :
Alhamdulillah peserta didik sebagian besar beseta didik bisa membmahami materi FPB dengan praktek pembuatan alat peraga berupa Dakon Matematika.
Berikut Dokumentasi Kegiatannya :
0 comments:
Post a Comment