Friday, January 13, 2023

Matematika Materi

  Jum'at,13 Januari 2023

Kelas: VCtulisan bismillah

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC  ,bagaimana kabarnya di Hari  Jum'at yang barokah ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat .Materi kita pada hari mengeniai bangun ruang .Seperti biasa,  pastikan ananda sudah .melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah dan setelah itu silahkan ananda menbaca dan menyimak materi,serta mengerjakan soal latihan

Tujuan Pembelajaran :

1.Peserta didik dapat menyesuaikan         soal yang berkaitan dengan bangun ruang kubus dan balok

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh soal dan pembahsan volume kubus dan balok. Contoh soal dan pembahasan ini juga disertai dengan  contoh soal cerita yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh soal dan pembahasan ini diambil dari kelas 5 SD (untuk Sekolah Dasar kelas 5 SD).

 

 

1.  Yusuf membawa kado ulang tahun untuk  Aisyah. Kado tersebut berbentuk kubus. Panjang rusuk kado tersebut adalah  20 cm. Hitunglah volume kado tersebut !

Jawab

S = 20

V = s x s x s

V = 20x 20x 20

V = 8.000 cm3.

Jadi, volume kado tersebut adalah 8.000 cm3

2. Akuarium dirumah Rafi berbentuk balok. Panjang 6 m, lebar 4 m, dan tinggi 5 m. berapa  liter kapasitas akuarium tersebut ?

Jawab

1 m = 10 dm

p = 6 x 10  = 60  dm

l = 4 x 10 = 40 dm

t = 5 x 10 = 50 dm

V = p x l x t

V = 60 x 40 x 50

V = 120.000 dm3

   =   120.000 liter

 SELAMAT BELAJAR

LATIHAN SOAL

1.       Ali membuat enam potongan kertas berbentuk persegi. Ukuran persegi tersebut adalah 15 cm. Ali merekatkannya menjadi kubus. Volume kubus yang dibuat Ali adalah ....

2.       Pak Rudi memiliki kolam berbentuk balok berukuran panjang 8 m, lebar 6 m, dan tinggi 4 m. Banyak air maksimal yang dapat ditampung adalah .... liter.

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design