Monday, April 10, 2023

tema 9 sub tema 1 pb 3 dan 4

 Senin,10 APpril 2023

 Kelas : VC

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC ,bagaimana kabarnya di hari yang Senin  yang ceria  ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat Seperti biasa,pastikan ananda sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah,setelah itu menyimak materi Tema 8 Sub 3 PB 3dan 4  yang ada diblog ini,silahkan ananda beri tanggapan di kolom komentar guna melihat respon dan keaktifan siswa

 Tema : 9 sub tema 1

 Pembelajaran 3 dan 4                                                                                                                                Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8),  IPS (KD 3.3 dan KD 4.3), PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)

Tujuan Pembelajaran
1.Dengan membaca materi, siswa dapat membuat peta pikiran (mindmap) tentang poin-poin penting dari teks bacaan dengan benar.

2. Dengan membaca materi, siswa mampu menjelaskan pengaruhkegiatan ekonomi terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat denganbenar.
3. Dengan membaca materi, siswa dapat menceritakan keuntungan darikeragaman sosial akibat adanya berbagai jenis usaha.

Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)

Menyampaikan peristiwa melalui peta pikiran

Peta pikiran merupakan cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah dan menangkap ide dari berbagai sudut pandang. Peta pikiran membantu mengefisienkan penggunaan waktu dalam mempelajari suatu informai.Hal ini disebabkan karena metode ini dapat menyajikan gambaran menyeluruh atas suatu hal, dalam waktu yang lebih singkat. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat peta pikiran :

1.      Buatlah judul atau tema yang berada di pusat peta pikiran.

2.      Dari tema utama, akan muncul tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.

3.      Cari hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna, atau symbol. Penggunaan garis, warna, atau symbol disesuaikan dengan kreativitas masing-masing.

4.      Gunakan huruf besar untuk dapat mendorong kita menuliskan poin-poin penting saja di peta pikiran.

Menjelaskan Peristiwa dari Teks Nonfiksi melalui Diagram Alir

Untuk menjelaskan peristiwa penting dalam teks nonfiksi, dapat menggunakan diagram alir. Isi kolom pada diagram alir berupa ringkasan. Ringkasan adalah inti sari sebuah teks. Saat menjelaskan peristiwa dari teks, hanya perlu meringkas isi teks dengan ara mencatat informasi penting yang kamu temukan. Informasi penting tersebut biasanya disampaikan melalui gagasan pokok pada setiap paragraph.Dalam meringkas, urutan setiap peristiwa pada teks harus sesuai dengan isi teks sebenarnya. Setelah selesai meringkas, masukkan ringkasan tersebut ke dalam kolom-kolom yang sesuai pada diagram alir.

 

IPS (KD 3.3 dan KD 4.3)

Pengaruh Kegiatan Ekonomiterhadap Kesejahteraan Masyarakat
Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari kegiatan ekonomi.Apasajakah kegiatan ekonomi yang dilakukan sehari-hari? Kegiatan ekonomimeliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomiini saling berkaitan satu sama lain. Satu kegiatan ekonomi terhambat, akanmengganggu kegiatan ekonomi lainnya.
1. Produksi
Apakah produksi? Amatilah kegiatan ekonomi seorang petani! Petanimenanam padi di sawah, lalu memberi pupuk, dan menyiangi rumput yangtumbuh di sela-sela tanaman padi.Setelah bulir-bulir padi mulai bernas,petani mengusir burung-burung yang berusaha makan bulir-bulir padi itu.Saat padi menguning, itulah saatnya petani memanen.Hasil panen laludijual.
Dari ilustrasi tersebut, si petani telah melakukan kegiatan produksi.Jadi, produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai gunasuatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaatdalam memenuhi kebutuhan.Orang yang melakukan kegiatan produksidisebut produsen.Berikan contoh kegiatan produksi yang terdapat disekitar tempat tinggalmu.

Kegiatan produksi berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik sumberdaya ekonomi dan produsen.Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasayang dapat memberikan manfaat atau keuntungan.Sumber daya ekonomidapat berasal dari sumber daya alam atau sumber daya manusia.Sumberdaya ekonomi dapat diolah menjadi modal dasar pembangunan. Bagipemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi memungkinkannyamemperoleh balas jasa. Balas jasa ini berupa sewa, bunga modal, ataugaji.Dengan balas jasa ini, pemilik sumber daya ekonomi dapat memenuhikebutuhan hidup.Bagi produsen, adanya proses produksi menyebabkan produsenmemperoleh keuntungan. Selanjutnya, keuntungan tersebut digunakanuntuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup.Inidilakukan dalam upaya mencapai kemakmuran hidup.
2. Distribusi
Setiap hari kamu makan dan mengenakan pakaian.Bahan makanantersebut dihasilkan di suatu tempat tertentu.Pakaian juga diproduksi ditempat tertentu lainnya.Untuk mendatangkan bahan makanan dan pakaiandiperlukan kegiatan penyaluran.Kegiatan inilah yang disebut distribusi.
Jadi, distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsenke konsumen.Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor.Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalanyang memadai.Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepadakonsumen dengan cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segeraterpenuhi.



3. Konsumsi


Perhatikan aktivitas teman sekolah ketika waktu istirahat! Ada yangjajan di kantin, ada pula yang makan bekal dari rumah.Jajan di kantin danmakan bekal termasuk kegiatan konsumsi.

Konsumsi adalah kegiatanmanusia mengurangi ataumenghabiskan nilai guna suatubarang atau jasa untuk memenuhikebutuhan.Orang yang melakukankegiatan konsumsi disebutkonsumen.Untuk mengonsumsibarang atau jasa, masyarakatmengeluarkan pengorbanan tertentu.Pengorbanan dapat berupauang atau waktu.

 

PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)

Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain
Kamu telah memahami kegiatan ekonomi yang berkembang di Indonesia. Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, penjahit, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya. Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain dapat dilihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk  memperlancar kegiatan produksi.Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.Konsumen adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut (produsen, distributor, dan konsumen) akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi. Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran yang saling menguntungkan.Menurut kodratnya, manusia berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial, manusia akan berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. Sebagai makhluk ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun makhluk ekonomi,manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral, manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang lain. Amatilah pakaian yang kamu kenakan! Bagaimana proses produksi pakaian?

Untuk menghasilkan pakaian dibutuhkan waktu yang lama. Pada mulanya, produsen pakaian membutuhkan bahan baku kain dan benang. Kain dapat diperoleh dari perusahaan pemintalan benang. Bahan baku benang berupa kapas yang dihasilkan dari perkebunan tanaman kapas. Untuk menjadi benang, kapas dipintal terlebih dahulu.Benang ditenun di pabrik tenun hingga menjadi kain.Selanjutnya, kain dapat dibuat pakaian oleh penjahit. Itulah proses panjang produksi pakaian. Kamu sudah mengetahui bahwa banyak pihak terlibat dalam proses produksi pakaian. Ada petani tanaman kapas, pekerja pemintalan, penenunkain, penjahit, dan pengusaha garmen. Setiap pelaku dalam proses produksi pakaian itu mempunyai peran penting, begitu pula dalam proses produksi benda lain. Oleh karena itu hendaknya kita perlu menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain.

Bagaimana kita menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain? Caramenghargai kegiatan usaha ekonomi dapat dilakukan sebagai berikut.
1. Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
2. Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri ataskeberhasilannya.
3. Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain.
4. Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut

TUGAS👇

mengumpul gambar kegiatan di pasar bisa mencari dari internet,koran atau menggambar sendiri.Tempelkan dikertasa HVS

SELAMAT BELAJAR




0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

TEMA 9 SUB TEMA 1 PB 5 DAN 6

 Rabu,8 Mei  2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 3 dan4 Hari ini kegiatannya mempelajar...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design