Tuesday, April 11, 2023

TEMA 8 SUB TEMA 3

 Selasa,11 April 2023

 Kelas : VC

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC ,bagaimana kabarnya di hari yang Selasa yang ceria  ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat Seperti biasa,pastikan ananda sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah,setelah itu menyimak dan mempelajari Tema  8 Sub Tema 3 yang ada diblog ini,silahkan ananda beri tanggapan di kolom komentar guna melihat respon dan keaktifan siswa

 

Pembelajaran 5 dan 6

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8), SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1), IPA(KD 3.8 dan KD 4.8), PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca materi, siswa mampu menyebutkan langkah-langkah membuat gambar cerita dengan benar.
2. Dengan membaca materi, siswa dapat menjelaskan cara-cara memelihara ketersediaan air bersih dengan baik.

4.Dengan membaca materi, siswa mampu menyebutkan contoh cerita tentang arti pentingnya memahami keragaman social budaya masyarakat.

Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)

Menuliskan Peristiwa dari teks Nonfiksi dalam bentuk Peta pikiran

Informasi-informasi yang berkaitan dengan peristiwa dalam teks sebaiknya ditulis secara ringkas dan jelas agar pembaca dapat memahaminya.Kita dapat menyampaikan peristiwa dalam teks melalui sebuah peta pikiran.Dengan peta pikiran , kamu dapat menyajikan gambaran menyeluruh atau suatu hal, dalam waktu yang lebih singkat. Dengan kata lain, peta pikiran mampu memangkas waktu sehingga lebih efektif. Selain itu, peta pikiran juga dapat membantu kita untuk banyak hal seperti merencanakan, berkomunikaasi, menjadi lebih kreatif, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun, dan menjelaskan pikiran-pikiran, mengingat dengan lebih baik, belajar lebih cepat dan efisien, serta melatih mengingat gambaran teks keseluruhan. Pada peta pikiran, informasi yang kamu dapat pada sebuah teks ditulis dalam bentuk kotak-kotak dan saling berkaitan.Informasi dalam peta pikiran ditulis dengan ringkas dan jelas.

 

Menuliskan Peristiwa dalam Teks Nonfiksi

Peristiwa dapat ditemukan dengan membaca keseluruhan isi teks. Saat membaca, kita tentu akan menemukan gagasan pokok deri setiap paragraph. Gagasan pokok adalah inti dari pembahasan pada sebuah paragraph.Kita dapat mengetahui peristiwa berdasarkan gagasan pokok tersebut. Dengan memahami gagasan pokok setiap paragraf dalam teks, maka kamu akan dapat memahami isi teks secara keseluruhan. Gagasanpokok terletak pada kalimat utama.Biasanya, kalimat utama sebuah paragraph terletak pada awal atau akhir sebuah paragraf.

 

SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1)

Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita
1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.

 


2. Menentukan Tema
Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain.
3. Pembuatan Sketsa
Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa.Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.


4. Penyelesaian Gambar
Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik.Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup.Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi.Kamu dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering.Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta.Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.

 

Tahap Mewarnai Gambar dalam Membuat Gambar Cerita
Setelah menentukan tema dan membuat sketsa sesuai tema, tahap berikutnya ialah mewarnai gambar.Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu pewarnaan basah dan pewarnaan kering.Teknik pewarnaan basah ialah pewarnaan menggunakan media yang memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat minyak.Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan
menggunakan media yang tidak memerlukan bahan pengencer, misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel. Gambar berikut merupakan gambar dari sebuah cerita tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama dengan temannya dalam menyelesaikan tugas mewarnai. Saat melihat teman-teman lain telah menyelesaikan tugas, si anak mau bekerja sama untuk segera menyelesaikan tugas. Perhatikan gambar sebelum diwarnai dan setelah diwarnai.

Perhatikan gambar-gambar tersebut.Gambar pertama merupakan gambar sketsa yang telah disempurnakan.Gambar berikutnya merupakan gambar yang telah diwarnai.

IPA (KD 3.8 dan KD 4.8)

Penghematan Air
Amatilah penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, memasak, dan mencuci piring.Berapa banyak air yang digunakan di rumahmu setiap hari?
Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetapi kita harus menggunakan air secara bijaksana.Menghemat penggunaan air sangat bermanfaat, terutama jika air diperoleh melalui pompa air listrik atau PDAM. Semakin sering kita menghidupkan pompa tersebut, semakin besar
tagihan listrik yang harus kita bayar. Demikian juga jika kita menggunakan air dari PDAM.Semakin banyak air yang kita pakai, tagihan air per bulannya juga semakin besar.Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang pemborosan penggunaan air.

 

PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)

Uniknya Keragaman Budaya Indonesiadalam Festival Kuwung 2016
Festival Kuwung merupakan acara seni dan budaya sekaligus pestarakyat yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya setiap tahun.Festivalyang digelar dalam rangka hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke 245 inimenyuguhkan beragam tradisi daerah yang dikemas dalam sebuahpertunjukan yang megah.Rakyat Banyuwangi berpesta, penampilan seluruh peserta mampu
mengundang decak kagum.Berbagai seni daerah tampil dengan sangatmenarik dan menghibur.Tidak hanya para penari dan aksi teatrikalyang tampil dengan memikat, pawai mobil dengan aneka lampu yangmenampilkan miniatur budaya daerah juga mampu mencuri perhatian.
Ratusan pendukung acara pun tampil dalam balutan kostum yang atraktif.Ditambah iringan musik tradisional sepanjang acara membuat suasanamalam Banyuwangi begitu meriah.Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan danPariwisata M.Y. Bramuda, Festival Kuwung 2016 mengangkat temaKembang Setaman Bumi Blambangan. Tema ini sebagai perlambangkeharmonisan hidup masyarakat Banyuwangi yang terdiri dari berbagai
etnis dan latar belakang budaya.“Di Banyuwangi sendiri beragam etnis seperti suku Jawa, suku Using,suku Bali, Etnis Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab menjadi penduduk
daerah yang telah berpuluh tahun hidup berdampingan dalam kerukunan,”katanya.

Festival Kuwung pun membingkai keragaman budaya beragam etnisdan suku tersebut dalam rangkaian fragmen yang menarik.PembukaanKuwung menyuguhkan Tradisi Saulak, Suku Mandar.Tradisi Saulakmerupakan tradisi pernikahan khas warga Mandar yang merupakan wargapesisir pantai.Berikutnya pawai menampilkan etnis Jawa Mataramanmembawakan fragmen berjudul Cungkup Tapanrejo yang mengisahkanbabat alas warga Jawa dalam memulai kehidupan baru.Selain itu, juga ada penampilan suku Using yang menampilkan SarineKembang Bakung. Cerita ini mengisahkan kegigihan dan semangatmasyarakat desa dalam melestarikan budaya adat Using.Sementaraitu pawai Etnis Madura tampil dengan pakaian khas daerahnya.Parapenampil membawakan Tari Topeng dan fragmen yang mengisahkanmata pencaharian mereka sebagai petani kakao.Etnis Bali menampilkantradisi Melasti Bali Banyuwangen.Juga tidak ketinggalan atraksi OgohOgoh yang menjadi ciri khas perayaan Nyepi umat Hindu.Etnis Tionghoa juga memeriahkan acara dengan menampilkanfragmen bertema Liong Harmoni Tionghoa.Mereka menampilkanberbagai tarian dengan kostum khasnya.Suasana semakin meriahdengan penampilan Barongsai. Sebelumnya Festival Kuwung jugadimeriahkan oleh penampilan defile perwakilan dari beberapa daerah,seperti kota Bogor, Kediri, Sleman, Probolinggo hingga Sumbawa Baratyang menampilkan tari Kipas.

Pembelajaran 5 dan 6

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8), SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1), IPA(KD 3.8 dan KD 4.8), PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca materi, siswa dapat menjelaskan cara memelihara ketersediaan air bersih dengan benar., siswa dapat mengidentifikasi peristiwa dalam teks nonfiksi.
2. Dengan membaca materi, siswa mampu menyebutkan langkah-langkah membuat gambar cerita dengan benar.
3. Dengan membaca materi, siswa dapat menjelaskan cara-cara memelihara ketersediaan air bersih dengan baik.

4.Dengan membaca materi, siswa mampu menyebutkan contoh cerita tentang arti pentingnya memahami keragaman social budaya masyarakat.

Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)

Menuliskan Peristiwa dari teks Nonfiksi dalam bentuk Peta pikiran

Informasi-informasi yang berkaitan dengan peristiwa dalam teks sebaiknya ditulis secara ringkas dan jelas agar pembaca dapat memahaminya.Kita dapat menyampaikan peristiwa dalam teks melalui sebuah peta pikiran.Dengan peta pikiran , kamu dapat menyajikan gambaran menyeluruh atau suatu hal, dalam waktu yang lebih singkat. Dengan kata lain, peta pikiran mampu memangkas waktu sehingga lebih efektif. Selain itu, peta pikiran juga dapat membantu kita untuk banyak hal seperti merencanakan, berkomunikaasi, menjadi lebih kreatif, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun, dan menjelaskan pikiran-pikiran, mengingat dengan lebih baik, belajar lebih cepat dan efisien, serta melatih mengingat gambaran teks keseluruhan. Pada peta pikiran, informasi yang kamu dapat pada sebuah teks ditulis dalam bentuk kotak-kotak dan saling berkaitan.Informasi dalam peta pikiran ditulis dengan ringkas dan jelas.

 

Menuliskan Peristiwa dalam Teks Nonfiksi

Peristiwa dapat ditemukan dengan membaca keseluruhan isi teks. Saat membaca, kita tentu akan menemukan gagasan pokok deri setiap paragraph. Gagasan pokok adalah inti dari pembahasan pada sebuah paragraph.Kita dapat mengetahui peristiwa berdasarkan gagasan pokok tersebut. Dengan memahami gagasan pokok setiap paragraf dalam teks, maka kamu akan dapat memahami isi teks secara keseluruhan. Gagasanpokok terletak pada kalimat utama.Biasanya, kalimat utama sebuah paragraph terletak pada awal atau akhir sebuah paragraf.

 

SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1)

Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita
1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.


2. Menentukan Tema
Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain.
3. Pembuatan Sketsa
Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa.Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.


4. Penyelesaian Gambar
Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik.Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup.Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi.Kamu dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering.Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta.Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.

Tahap Mewarnai Gambar dalam Membuat Gambar Cerita
Setelah menentukan tema dan membuat sketsa sesuai tema, tahap berikutnya ialah mewarnai gambar.Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu pewarnaan basah dan pewarnaan kering.Teknik pewarnaan basah ialah pewarnaan menggunakan media yang memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat minyak.Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan
menggunakan media yang tidak memerlukan bahan pengencer, misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel. Gambar berikut merupakan gambar dari sebuah cerita tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama dengan temannya dalam menyelesaikan tugas mewarnai. Saat melihat teman-teman lain telah menyelesaikan tugas, si anak mau bekerja sama untuk segera menyelesaikan tugas. Perhatikan gambar sebelum diwarnai dan setelah diwarnai.

Perhatikan gambar-gambar tersebut.Gambar pertama merupakan gambar sketsa yang telah disempurnakan.Gambar berikutnya merupakan gambar yang telah diwarnai.



IPA (KD 3.8 dan KD 4.8)

Penghematan Air
Amatilah penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, memasak, dan mencuci piring.Berapa banyak air yang digunakan di rumahmu setiap hari?
Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetapi kita harus menggunakan air secara bijaksana.Menghemat penggunaan air sangat bermanfaat, terutama jika air diperoleh melalui pompa air listrik atau PDAM. Semakin sering kita menghidupkan pompa tersebut, semakin besar
tagihan listrik yang harus kita bayar. Demikian juga jika kita menggunakan air dari PDAM.Semakin banyak air yang kita pakai, tagihan air per bulannya juga semakin besar.Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang pemborosan penggunaan air.

 

PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)

Uniknya Keragaman Budaya Indonesiadalam Festival Kuwung 2016
Festival Kuwung merupakan acara seni dan budaya sekaligus pestarakyat yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya setiap tahun.Festivalyang digelar dalam rangka hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke 245 inimenyuguhkan beragam tradisi daerah yang dikemas dalam sebuahpertunjukan yang megah.Rakyat Banyuwangi berpesta, penampilan seluruh peserta mampu
mengundang decak kagum.Berbagai seni daerah tampil dengan sangatmenarik dan menghibur.Tidak hanya para penari dan aksi teatrikalyang tampil dengan memikat, pawai mobil dengan aneka lampu yangmenampilkan miniatur budaya daerah juga mampu mencuri perhatian.
Ratusan pendukung acara pun tampil dalam balutan kostum yang atraktif.Ditambah iringan musik tradisional sepanjang acara membuat suasanamalam Banyuwangi begitu meriah.Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan danPariwisata M.Y. Bramuda, Festival Kuwung 2016 mengangkat temaKembang Setaman Bumi Blambangan. Tema ini sebagai perlambangkeharmonisan hidup masyarakat Banyuwangi yang terdiri dari berbagai
etnis dan latar belakang budaya.“Di Banyuwangi sendiri beragam etnis seperti suku Jawa, suku Using,suku Bali, Etnis Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab menjadi penduduk
daerah yang telah berpuluh tahun hidup berdampingan dalam kerukunan,”katanya.


Festival Kuwung pun membingkai keragaman budaya beragam etnisdan suku tersebut dalam rangkaian fragmen yang menarik.PembukaanKuwung menyuguhkan Tradisi Saulak, Suku Mandar.Tradisi Saulakmerupakan tradisi pernikahan khas warga Mandar yang merupakan wargapesisir pantai.Berikutnya pawai menampilkan etnis Jawa Mataramanmembawakan fragmen berjudul Cungkup Tapanrejo yang mengisahkanbabat alas warga Jawa dalam memulai kehidupan baru.Selain itu, juga ada penampilan suku Using yang menampilkan SarineKembang Bakung. Cerita ini mengisahkan kegigihan dan semangatmasyarakat desa dalam melestarikan budaya adat Using.Sementaraitu pawai Etnis Madura tampil dengan pakaian khas daerahnya.Parapenampil membawakan Tari Topeng dan fragmen yang mengisahkanmata pencaharian mereka sebagai petani kakao.Etnis Bali menampilkantradisi Melasti Bali Banyuwangen.Juga tidak ketinggalan atraksi OgohOgoh yang menjadi ciri khas perayaan Nyepi umat Hindu.Etnis Tionghoa juga memeriahkan acara dengan menampilkanfragmen bertema Liong Harmoni Tionghoa.Mereka menampilkanberbagai tarian dengan kostum khasnya.Suasana semakin meriahdengan penampilan Barongsai. Sebelumnya Festival Kuwung jugadimeriahkan oleh penampilan defile perwakilan dari beberapa daerah,seperti kota Bogor, Kediri, Sleman, Probolinggo hingga Sumbawa Baratyang menampilkan tari Kipas.

Latihan Soal

Soal Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3

1.Segala sesuatu yang berhubungan dengan perbedaan yang ada di masyarakat sering disebut…
a. perbedaan ras
b. perbedaan suku
c. keanekaragaman nusantara
d. keragaman sosial

2. Keragaman sosial dan budaya di negeri ini seharusnya dijadikan…
a. perbedaan yang mencolok
b. alat untuk pemecah belah
c. kekayaan bangsa
d. penghalang persatuan bangsa
Jawaban: kekayaan bangsa.

3. Keragaman budaya yang ada di Indonesia merupakan suatu anugrah dari…
a. pemerintah
b. orang tua
c. Tuhan Yang Maha Esa
d. leluhur
Jawaban: Tuhan Yang Maha Esa.

4. Bahasa yang menjadi pemersatu bangsa Indonesia adalah bahasa ….
a. daerah
b. Jawa
c. Melayu
d. Indonesia
Jawaban: Indonesia.

5. Berikut ini yang bukan termasuk contoh menghormati keragaman sosial budaya di Indonesia adalah…
a. suka memakai produk dalam negeri
b. lebih suka memakai barang impor
c. bangga menjadi bangsa Indonesia
d. senang mempelajari budaya Indonesia
Jawaban: lebih suka memakai barang impor.

Soal Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Bahasa Indonesia

6. Agar kita mendapatkan informasi yang cepat dari sebuah teks, maka kita bisa melakukan…
a. membaca nyaring
b. membaca seksama
c. membaca memindai
d. menulis ulang

7. Tempat dan waktu terjadinya suatu peristiwa di dalam cerita sering disebut…
a. tema
b. latar atau setting
c. alur
d. penokohan

8. Nama lain dari poin of view dalam sebuah cerita adalah…
a. tema
b. penokohan
c. alur
d. sudut pandang

9. Informasi yang terkandung dalam suatu bacaan nonfiksi berupa…
a. imajinasi pengarang
b. mitologi
c. fakta
d. khayalan pengarang

10. Berikut ini contoh judul cerita nonfiksi adalah…
a. Bertanam Cabai Rawit
b. Dongeng Kancil dan Buaya
c. Cerita Asal Mula Rawa Pening
d. Tikus Yang Serakah

Soal IPA Kelas 5 Tema 8 Subtema 3

11. Berikut ini yang bukan ciri ciri air yang sehat adalah…
a. bersih dan tidak keruh
b. berasa manis
c. tidak berbau
d. tidak meninggalkan endapan

12. Apabila air tercemar dengan bakteri E Colli dapat menyebabkan penyakit…
a. diare
b. diabetes
c. sakit jantung
d. patah tulang

13. Air cucian beras bisa kita gunakan untuk…
a. mencuci pakaian
b. menyirami tanaman
c. air minum
d. mencuci motor

14. Apabila kita mandi menggunakan air yang tercemar limbah…
a. kulit kita menjadi putih
b. menyebabkan sakit kulit
c. menyebabkan sakit perut
d. bisa menyembuhkan penyakit kulit

15. Tindakan berikut ini merupakan contoh menghemat air bersih adalah…
a. menutup kran air jika tidak digunakan
b. mencuci motor setiap hari
c. menyirami halaman rumah dengan air PDAM
d. mandi dengan berendam di bak mandi

16. Kegiatan membuat barang atau pun jasa sering disebut kegiatan…
a. ekonomi
b. distribusi
c. produksi
d. konsumsi

17. Orang atau pihak yang menyalurkan barang dan jasa sering disebut…
a. distribusi
b. distributor
c. konsumen
d. produsen

18. Kakak menikmati sepotong roti. Berarti kakak telah melakukan kegiatan ekonomi berupa ….
a. konsumsi
b. produksi
c. distribusi
d. inspirasi

19. Berikut ini yang termasuk kegiatan produksi adalah…
a. membeli baju di supermarket
b. menjual barang secara online
c. membuat keripik untuk dijual
d. menikmati secangkir kopi di warung

20. Berikut ini yang termasuk kegiatan di bidang jasa kecuali…
a. biro perjalanan
b. dokter
c. pabrik tahu
d. tukang cukur

Soal sbdp kelas 5 tema 8 subtema 3

21. Gambar yang menunjukan suatu kegiatan manusia atau pun hewan dalam sebuah peristiwa disebut gambar…
a. karikartur
b. sketsa
c. cerita
d. dongeng

22. Sebuah gambaran kasar dari sebuah karya lukis yang merupakan kerangka dan awal dari sebuah lukisan disebut…
a. sketsa
b. denah
c. gambaran
d. model


23. Berikut ini yang bukan termasuk pewarna dengan teknik kering adalah…
a. pensil
b. krayon
c. cat air
d. pastel

24. Fungsi pensil pada menggambar dengan teknik kering yaitu untuk…
a. menghias gambar
b. mempertegas karakter
c. memberikan karakter yang lebih penuh
d. menggambarkan sebuah cerita

25. Berikut ini yang bukan termasuk ciri ciri gambar cerita adalah…
a. bersifat proposional
b. mengunakan bahasa baku
c. menggunakan bahasa percakapan
d. bersifat kepahlawanan


 

 

2 comments:

  1. Assalamu'alaikum bu santi Terima kasih banyak ilmunya bu santi

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum Bu,,terima kasih atas materi dan ilmu yang diberikan🙏 Ridho Bintang.

    ReplyDelete

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design