Monday, March 04, 2024

MATEMATIKA (DIAGRAM LINGKARAN)

 Senin,4 Maret 2024

Kelas : VC

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Anak sholeh dan sholeha kelas VC ,bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat dalam menjalankan aktifitas.Kemarin kita sudah mempelajari  materi pengolahan data, hari ini kita akan melanjutkan materi Diagran Lingkaran Seperti biasa,  pastikan ananda sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah,setelah itu silahkan ananda menbaca dan menyimak materi 



Materi                       : Diagram Lingkaran
Tujuan Pembelajara  : 1. Dengan menyimak materi peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berhubungan denga n diagram lingkaran

Jenis's diagram lingkaran pada umumnya tergolong dalam macam macam bentuk diagram. Diagram dalam ilmu Matematika memiliki beberapa bentuk seperti diagram garis, diagram batang, diagram batang daun, diagram kotak garis, dan diagram lingkaran itu sendiri. Semua diagram tersebut mempunyai cara menentukan nilai yang hampir sama. Kali ini saya akan membagikan contoh soal bagian diagram lingkaran beserta pembahasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.


Sebuah data disajikan dalam bentuk diagram lingkaran maupun diagram batang. Berdasarkan data tersebut, kita akan diberikan keterangan mengenai seluruh jumlah data maupun salah satu data saja. Data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran dapat diketahui melalui bentuk persen (%) ataupun bentuk derajat.

Jika data dalam bagian diagram lingkaran tersebut berbentuk derajat maka lingkaran tersebut memiliki besar 360 derajat secara utuh. Namun apabila data disajikan dalam bentuk persen maka lingkaran tersebut memiliki ukuran 100%  secara utuh. Dibawah ini terdapat beberapa contoh soal bagian diagram lingkaran beserta pembahasannya yaitu:


Contoh Soal Diagram Lingkaran

Agar anda lebih paham mengenai materi diagram lingkaran tersebut. Maka saya akan membagikan contoh soal terkait materi tersebut. Adapun contoh soal dan pembahasannya yaitu sebagai berikut:

1. Perhatikan diagram lingkaran dibawah ini.

Contoh Soal Bagian Diagram Lingkaran Beserta Pembahasan
Contoh Soal Diagram Lingkaran

Berdasarkan diagram tersebut terdapat data seluruh siswa kelas IX. Dari hasil pengamatan terdapat 40 siswa dalam kelas tersebut. Maka berapakah siswa yang gemar berolahraga lari ?

Pembahasan.
Banyaknya siswa yang menyukai Lari :
Lari = 100% – (Data Badminton + Data Sepak Bola + Data Basket)
= 100% – (20% + 25% + 50% )
= 100% – 95% = 5%
Maka jumlah siswa suka lari 5/100 x 40 = 2 anak
Jadi jumlah siswa yang menyukai olahraga lari sebanyak 2 anak.

2. Disajikan diagram dibawah ini !

Contoh Soal Bagian Diagram Lingkaran Beserta Pembahasan
Contoh Soal Diagram Lingkaran

Berdasarkan data tersebut dapat diperoleh mata pencaharian desa Sukamakmur. Apabila jumlah penduduk yang berprofesi sebagai Polisi sebanyak 300 orang. Berapakah yang berprofesi sebagai buruh?

Pembahasan.
Contoh soal bagian diagram lingkaran tersebut dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:

Contoh Soal Bagian Diagram Lingkaran Beserta Pembahasan

SELAMAT BELAJAR

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

TEMA 8 SUB TEMA 3 PB 5 DAN 6

 Selasa,30 April 2024 Kelas : VC بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه   Anak sholeh dan ...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design