Tuesday, March 05, 2024

TEMA 8 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

 Selasa,5 Maret 2024

Kelas : VC

DOA, AMALAN, & WIRID KHUSUS UNTUK YANG MEMBUTUHKAN PERTOLONGAN ALLAH |  KASKUS

gambar tulisan arab assalamualaikum warohmatullohi

Anak sholeh sholeha VC bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat  serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu.,sima tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Setelah membaca materi Tema 8 Sub Tema 1 PB 1  dan 2 , silahkan ananda kerjakan latihan soal serta beri tanggapan dikolom  komentar  untuk melihat   keaktifan dan pemahaman siswa pada materi yang disajikan

 

Tujuan Pembelajaran :

1.      Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menyebutkan peristiwa – peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi dengan benar.

2.      Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menyebutkan pentingnya air bagi manusia serta menjelaskan terjadinya siklus air.

3.      Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan tangga nada diatonis mayor.

 

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.8, 4.8)

Teks Nonfiksi

Teks nonfiksi adalah teks yang dibuat berdasarkan fakta, realita atau hal – hal yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari. Contoh teks nonfiksi yaitu: biografi, karya ilmiah, laporan berita, tulisan sejarah.

Salah satu cara mengidentifikasi teks adalah dengan membaca kemudian mencatat gagasan pokoknya. Isi teks akan mudah diingat apabila ditulis dalam bentuk peta pikiran. Peta Pikiranadalah suatu bagan yang digunakan untuk menggambarkan berbagai gagasan suatu teks.Peristiwa dalam teks nonfiksi dapat ditemukan dengan membaca teks secara seksama.

Berikut ini contoh membuat atau menulis Peta Pikiran :


 

 

Muatan IPA ( KD 3.8, 4.8)

1.        Manfaat air bagi kehidupan

Ø Manfaat air bagi manusia

Zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 73% adalah air. Adapun manfaat air bagi manusia adalah :

·          Keperluan rumah tangga, misalnya air digunakan untuk minum, masak, mandi, mencuci dan mengepel lantai.

·          Keperluan industri, misalnya air digunakan sebagai bahan baku minuman kemasan, selain itu air juga digunakan untuk pembangkit tenaga listrik yang sangat dibutuhkan oleh sektor industri.

·          Keperluan rekreasi dan olah raga, ada beberapa cabang olah raga yang memanfaatkan air sebagai sarananya. Misalnya olahraga renang, selancar, dayung, dan arung jeram.

·          Keperluan pertanian dan peternakan, para petani sangat membutuhkan air dalam jumlah yang banyak untuk mengairi sawah dan lahan pertaniannya. Para peternak juga sangat membutuhkan air untuk memelihara ternak mereka.

·          Keperluan transportasi, misalnya dalam pelayaran sangat membutuhkan air sebagai sarana transportasi. Demikian juga di daerah kalimantan air sungai dimanfaatkan sebagai sarana transportasi penduduk setempat.

 

Ø Manfaat air bagi hewan

·     Untuk minum, hewan memerlukan air untuk metabolisme dalam tubuh hewan.

·     Untuk produksi susu, bagi hewan yang menyusui air sangat berperan dalam proses produksi susu.

·     Sebagai tempat hidup, ada beberapa hewan yang hidup dia air, misalnya berbagai jenis ikan , udang, lumba-lumba, dan ikan paus.

·     Hewan juga membutuhkan air untuk membersihkan tubuhnya, misalnya saja kerbau biasanya membersihkan tubuhnya dengan cara masuk ke dalam air.

·     Sebagai alat perlindungan, Kuda nil menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air adalah agar kuda nil bisa menghindari panas terik di siang hari.

·     Sebagai senjata, ikan pemanah adalah penembak jitu di dalam sungai, dan sebuah jet air adalah senjatanya. Dengan bidikan yang tepat, ikan ini mampu mengambil serangga apapun dalam beberapa meter tanpa menggunakan apa-apa selain air yang disemprotkan dari mulutnya.

 

Ø Manfaat air bagi tumbuhan

·        Sebagai tempat hidup, ada beberapa jenis tumbuhan yang hidup dia air, misalnya eceng gondok, teratai, dan pandan air.

·        Menjadi pelarut bagi zat hara yang diperlukan tumbuhan. Zat hara yang ada dalam tumbuhan dilarutkan oleh air dan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan.

·        Menjadi alat transportasi untuk memindahkan zat hara. Bahan yang diangkut dapat berupa bahan mineral dari dalam tanah, bahan - bahan organik hasil fotosintesa, dan olahan sel lainya.

·        Menjadi bahan dasar pada fotosintesis, tanpa adanya air fotosintesis tidak dapat berlangsung.

 

2.        Kegiatan yang membutuhkan air di rumah :

a.    mandi

b.    memasak

c.    mencuci baju,  piring dan mobil

d.   mengepel dan mengelap kaca

e.    menyiram tanaman 

3.        Perhatikan gambar di bawah ini!


Air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara (transpirasi). Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika suhu udara  turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan). Titik-titik air di awan selanjutnya akan turun menjadi hujan (presipitasi). Air hujan akan turun di darat maupun di laut. Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah (infiltarasi). Selanjutnya, air tanah akan keluar melalui sumur. Air tanah juga akan merembes ke danau atau sungai. Air hujan yang jatuh ke  perairan, misalnya sungai atau danau, akan menambah jumlah air di tempat tersebut. Selanjutnya air sungai akan mengalir ke laut. Namun, sebagian air di sungai dapat menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air laut dan tumbuhan. Proses siklus air pun terulang lagi.

 

Muatan SBdP (KD 3.2, 4.2)

Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang memiliki rangkaian tujuh nada yang susunan nada – nadanya berjarak (interval) 1 – 1 – ½ - 1 – 1 – 1 – ½. Tangga nada diatonis mayor juga memiliki ciri lain, yaitu lagu bersifat riang gembira dan bersemangat, serta biasanya diawali dan diakhiri dengan nada do.

Perhatikan susunan tangga nada C mayor dan G mayor berikut!


Tangga nada C mayor merupakan tangga nada natural. Tangga nada natural adalah tangga nada yang tidak menaikkan atau menurunkan jarak antarnadanya.

Tangga nada G mayor atau G = do, tersusun atas nada G – A – B – C – D – E – Fis – G’. Nada F menjadi fis yang artinya dinaikkan ½ nada. Nada F perlu dinaikkan karena jarak nada E ke F hanya berjarak ½ yang seharusnya dalam susunan tangga nada mayor berjarak 1. 

TUGAS 

👇

Buatlah gambar tentang penjelasan proses terjadinya siklus air dibuku gambar diberi warna agar lebih menarik

SELAMAT BELAJAR

Terimakasih ananda sole dan soleha VC sudah mengerjakan tugas dengan baik tetap semangat dan semoga kita semua selalu sehat aamiin



0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

TEMA 8 SUB TEMA 3 PB 5 DAN 6

 Selasa,30 April 2024 Kelas : VC بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه   Anak sholeh dan ...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design