Kamis,3 Oktober 2024
Kelas : VC
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Rabu yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat dalam menjalankan kegiatan pada hari ini .Hari kita akan belajar Materi IPAS ,minggu yang lalu kita sudah emnyelesaikan materi,Energi bunyi,energi cahaya dan Harmoni Ekistem,hari ini kita akan melanjutkan dengan pembahasan soal-soal pesiapan STS ,seperti biasa sebelum belajar ,kita akan melaksanakan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
🌷Pembahasan soal Soal Pesrsiapan STS🌺
👉Tujuan Pembelajaran :
Pembahasan soal secara rutin dapat membantu peserta didik mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian
👉 Metode :
Tanya Jawab
👉Alat Peraga /Sumder belajar :
Referensikan buku pelajaran, internet, dan sumber belajar lainnya untuk mendapatkan ide soal.
SOAL-SOAL BESERTA PEMBAHASANNYA
1.Sifat bayangan yang terbentuk pada cermin cembung adalah ....
a. maya, tegak, diperkecil
b. nyata, tegak, diperkecil
c. maya, terbalik, diperbesar
d. nyata, terbalik, sama besar
2. Bayangan benda yang dapat ditangkap oleh layar disebut ....
a. bayangan difus
b. bayangan semu
c. bayangan nyata
d. bayangan teratur
3. Uang logam yang ada di dalam air jernih terlihat lebih dekat ke permukaan merupakan salah satu peristiwa ....
a. pembiasan cahaya
b. pemantulan cahaya
c. perambatan cahaya
d. pembentukan bayangan
4. Cahaya akan dibiaskan, jika melewati dua medium yang kerapatannya ....
a. sama
b. berbeda
c. seimbang
d. besar
5. Cahaya pantul adalah ....
a. berkas cahaya yang diserap
b. berkas cahaya yang dibalikkan
c. berkas cahaya yang dibiaskan
d. berkas cahaya yang dihilangkan
6. Jika bayangan benda jatuh di depan retina, harus dibantu dengan kacamata berlensa ....
a. cekung
b. cembung
c. silinder
d. rangkap
7. Perhatikan gambar berikut !.
Hal tersebut disebabkan adanya ….
a. pemantulan cahaya
b. penguraian cahaya
c. penyerapan cahaya
d. pembiasan cahaya
8. Perhatikan tabel berikut !
Pasangan alat optik dengan fungsinya yang benar ditunjukkan nomor ….
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
9. Bila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis ....
a. normal
b. horizontal
c. vertikal
d. lurus
10. Jika cahaya datang dari zat yang lebih rapat menuju zat yang kurang rapat, cahaya akan ….
a. dibiaskan mendekati garis normal
b. dibiaskan menjauhi garis normal
c. dipantulkan kembali
d. merambat lurus
11. Berikut benda-benda di sekitar kita.
(1) Bola
(2) Kayu
(3) Kertas HVS
(4) Kaca
Benda-benda yang dapat tembus cahaya ditunjukkan nomor ....
a. (1) dan (4)
b. (2) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
12. Jarak bayangan benda dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar adalah ....
a. sama
b. lebih jauh
c. lebih dekat
d. berbeda
13. Adanya pemantulan baur dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu pada ....
a. kacamata
b. lampu penerang kendaraan bermotor
c. lampu senter
d. fatamorgana
14. Peristiwa yang membuktikan bahwa cahaya merambat lurus yaitu ….
a. rambatan cahaya matahari lurus ketika melewati genting kaca
b. terbentuknya pelangi pada saat hujan
c. memantulnya cahaya pada cermin
d. cahaya menembus benda bening
15. Berikut ini yang tidak benar tentang bunyi, yaitu ....
a. bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas
b. bunyi merambat melalui ruang hampa
c. bunyi dihasilkan benda yang bergetar
d. benda yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi
16. Bunyi dapat terdengar oleh telinga kita karena sumber bunyi mengalami ....
a. getaran
b. pemuaian
c. pendinginan
d. perambatan
17. Bunyi dapat merambat melalui ....
a. air dan ruang hampa
b. benda padat dan air
c. udara dan ruang hampa
d. ruang hampa dan benda padat
18. Suara bel sekolah terdengar dari jarak yang agak jauh karena suara bel merambat melalui ....
a. udara
b. air
c. tanah
d. ruang hampa
19. Bunyi yang frekuensinya teratur dinamakan ….
a. suara
b. irama
c. nada
d. frekuensi
20. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya disebut ....
a. gema
b. gaung
c. nada
d. pantulan
21. Hewan yang memakan produsen atau tumbuhan disebut konsumen tingkat ....
a. I
b. ll
c. III
d. IV
22. Tumbuhan dikatakan sebagai produsen karena ....
a. makan tumbuhan lain
b. dapat mengolah makanannya sendiri
c. menjadi parasit bagi tumbuhan lain
d. hidup di hutan
23. Hubungan makan dan dimakan antar-makhluk hidup disebut ....
a. rantai makanan
b. metamorfosis
c. daur hidup
d. simbiosis
24. Dalam rantai makanan, yang bertindak sebagai produsen adalah ....
a. tumbuhan
b. manusia
c. herbivora
d. karnivora
25. Dalam ekosistem, bakteri atau jamur berperan sebagai ....
a. konsumen tingkat I
b. konsumen tingkat II
c. produsen
d. pengurai
26. Perhatikan gambar berikut ini !
Organisme yang berperan sebagai konsumen tingkat II adalah ....
a. padi
b. belalang
c. katak
d. ular
27. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan membentuk ....
a. rantai makanan baru
b. jaring-jaring makanan
c. ekosistem
d. komunitas
28. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ….
a. botani
b. zoology
c. ekologi
d. taksonomi
29. Contoh urutan rantai makanan yang benar adalah ….
a. padi → belalang → katak → elang → ular
b. padi → katak→ belalang → elang → ular
c. padi → belalang → katak→ ular → elang
d. padi → belalang → ular →katak
30. Contoh makhluk hidup pengurai adalah ....
a. lumut
b. ganggang
c. tumbuhan hijau
d. bakteri dan jamur
31. Organisme pemakan hewan disebut ....
a. herbivora
b. karnivora
c. omnivora
d. autotrof
32. Contoh dari organisme karnivora adalah....
a. ayam, katak, elang
b. ayam, belalang, tikus
c. anjing, kucing, harimau
d. anjing, kelinci, sapi
33. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri disebut ....
a. heterotrof
b. autotrof
c. dekomposer
d. herbivora
34. Tempat tinggal makhluk hidup untuk melangsungkan hidupnya secara normal disebut ....
a. habitat
b. komunitas
c. populasi
d. ekosistem
35. Supaya tidak terjadi banjir, kita dapat ….
a. menggunduli hutan
b. membakar hutan
c. menanam pohon penghijauan
d. menebang pohon
36. Berikut bukan merupakan akibat membuang sampah ke sungai adalah ….
a. bencana banjir
b. aliran sungai tidak lancar
c. sarang penyakit
d. air bersih
37. Berikut ini yang termasuk dalam komponen biotik adalah ….
a. air
b. pasir
c. manusia
d. udara
38. Ekosistem alam di darat dengan anggota terbanyak adalah ….
a. kebun
b. sawah
c. hutan
d. danau
39. Berikut yang termasuk ke dalam ekosistem buatan adalah ....
a. danau
b. laut
c. sungai
d. kebun
40. Asap kendaraan bermotor dan cerobong asap pabrik dapat mencemari ....
a. laut
b. udara
c. air
d. darat
II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Pemantulan teratur terjadi apabila cahaya mengenai benda yang permukaannya …………………….
2. Cermin yang permukaan mengilapnya melengkung ke dalam atau konkaf dinamakan ……………….
3. Gangguan mata yang umumnya terjadi pada orang berusia lanjut adalah ……………………………..
4. Bagian telinga yang berfungsi untuk menerima dan menyampaikan getaran adalah ………………….
5.
Bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 Hz yang dapat ditangkap oleh
kelelawar dan lumba-lumba dinamakan bunyi
5. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan dalam suatu ekosistem dinamakan …………
6.
Pola interaksi yang tidak saling mengganggu, tidak saling merugikan,
maupun tidak saling menguntungkan dinamakan
7. Tali putri yang menempel pada tumbuhan inang merupakan contoh simbiosis ………………………..
8. Hubungan antarmakhluk hidup yang saling menguntungkan disebut
9. Sumber energi utama di bumi ini adalah
10. Lingkungan yang terdiri atas benda-benda tidak hidup, misalnya air, batu, pasir, udara, cahaya
matahari, dan tanah dinamakan
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Jelaskan pengelompokan benda berdasarkan kemampuan cahaya dalam menembus benda!
Jawab :
2. Bagaimanakah tahapan proses sehingga suatu benda dapat dilihat oleh mata?
Jawab :
3. Cermin datar sering dimanfaatkan sebagai cermin. Coba jelaskan mengapa cermin tidak menggunakan cermin cembung atau cekung !
Jawab : …………….
4. Jelaskan yang dimaksud dengan individu dan berikan contohnya !
Jawab :
5. Jelaskan pengertian jaring jaring makanan dan berikan contohnya !
Jawab :
Kunci Jawaban Romawi I
1. a. maya, tegak, diperkecil
2. c. bayangan nyata
3. a. pembiasan cahaya
4. b. berbeda
5. b. berkas cahaya yang dibalikkan
6. a. cekung
7. d. pembiasan cahaya
6. c. (2) dan (3)
9. a. normal
10. b. dibiaskan menjauhi garis normal
11. d. (3) dan (4)
12. a. sama
13. b. lampu penerang kendaraan bermotor
14. a. rambatan cahaya matahari lurus ketika melewati genting kaca
15. b. bunyi merambat melalui ruang hampa
16. d. perambatan
17. b. benda padat dan air
18. a. udara
19. c. nada
20. b. gaung
21. a. I
22. b. dapat mengolah makanannya sendiri
23. a. rantai makanan
24. a. tumbuhan
25. d. pengurai
26. c. katak
27. b. jaring-jaring makanan
28. c. ekologi
29. c. padi → belalang → katak→ ular → elang
30. d. bakteri dan jamur
31. b. karnivora
32. c. anjing, kucing, harimau
33. b. autotrof
34. a. habitat
35. c. menanam pohon penghijauan
36. d. air bersih
37. c. manusia
38. c. hutan
39. d. kebun
40. b. udara
Kunci Jawaban Romawi II
1. halus dan rata
2. cermin cekung
3. presbiopi
4. gendang telinga
5. ultrasonik
5. jaring-jaring makanan
6. simbiosis netralisme
7. parasitisme
8. simbiosis mutualisme
9. Matahari
10. abiotik
Kunci Jawaban Romawi III
1.
Pengelompokan benda berdasarkan kemampuan cahaya menembus benda dapat
dilakukan dalam tiga kelompok utama, yaitu benda transparan, benda semi
transparan (translusen), dan benda tidak tembus cahaya (opak)
2.
Tahapan proses sehingga benda dapat dilihat oleh mata dimulai ketika
objek atau benda memantulkan cahaya yang masuk ke mata dan diterima oleh
kornea, pupil, lensa, lalu dipusatkan pada retina.
3. Karena sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah maya, tegak, sama besar.
4. Individu adalah satuan makhluk hidup tunggal contohnya manusia
5.
Jaring jaring makanan adalah sekumpulan rantai makanan yang saling
berhubungan dalam suatu ekosistem. Contoh jaring-Jaring makanan di
darat, laut, sawah, dan hutan
SELAMAT BELAJAR
Refleksi/Kesimpulan : Alhamdulillah peserta didik sebagian besar antuasias mengikuti kegiatan pembelajaran pembahasan soal IPAS
Berikut dokumentasi kegiatannya :
2 comments:
Terimakasih ibu Santi 🙏🏻
Terima kasih bu santi atas pembelajarannya ya
Post a Comment