Monday, October 07, 2024

MATEMATIKA ,PENDIDIKAN PANCASILA DAN SENI RUPA

 Selasa,8 Oktober 2024

Kelas : VC

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat dalam menjalankan kegiatan  pada hari ini ,kemarin kita akan belajar Materi persiapan PTS sekarang kita akan membah soal soal persiapan STS pelajaran Matematiak,Pendidikan Pancasila ,dan Seni rupa.

Sebelum belajar seperti biasa,kita akan melaksanakan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Tujuan Pembelajaran :Dengan  pembahasan soal - soal persiapan STS menambah wawasan dan pengetahuan peserta didik

Model Belajar                        : Tanya Jawab

 Alat Perga /Sumber Belajar : LCD dan Modul LKS Cerdas


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Bilangan delapan puluh tiga ribu delapan ratus empat puluh tujuh dapat ditulis ....
a. 83.487
b. 83.847
c. 83.747
d. 83.884

2. Harga kue cokelat Diandra 32.500 rupiah. Lambang bilangan tersebut dapat dibaca....
a. tiga puluh dua ribu
b. tiga ribu dua lima ratus
c. tiga puluh lima ribu dua ratus
d. tiga puluh dua ribu lima ratus

3. Nilai angka 8 pada bilangan 56.817 adalah ....
a. 800.000
b. 80.000
c. 8.000
d. 800

4. Pertidaksamaan berikut ini yang benar adalah ....
a. 21.953 < 21.950
b. 24.597 < 24.679
c. 27.890 > 27.908
d. 29.890 > 29.908

5. 96.781 – 58.345 = n. Nilai n adalah .... 
a. 38.386
b. 38.406
c. 38.416
d. 38.436

6. 350 x 66 = m. Nilai m adalah ....
a. 22.800
b. 23.100
c. 23.300
d. 23.400
 
7. Hasil dari 65.780 : 26 adalah ….
a. 2.480
b. 2.510
c. 2.515
d. 2.530

8. Lima keranjang memuat 11.450 buah jeruk. Jeruk yang ada di setiap keranjang adalah …. buah.
a. 2.270
b. 2.280
c. 2.290
d. 2.292

9. Bilangan kelipatan 8 tetapi dapat dibagi 4 dan 6  adalah ....
a. 16
b. 18
c. 24
d. 30

10. Bilangan kelipatan persekutuan dari 3 dan 8 yang kurang dari 50 adalah ....
a. 24 dan 48
b. 24 dan 32
c. 36 dan 48
d. 32 dan 48

11. Faktor dari bilangan 12 adalah ….
a. 1, 2, 3, 4, 6, 12
b. 1, 2, 3, 5, 6, 12
c. 1, 3, 4, 6, 8, 12
d. 1, 2, 3, 4, 8, 12

12. Pasangan berikut yang tidak memiliki FPB 5 adalah ….
a. 10 dan 15
b. 10 dan 20
c. 15 dan 20
d. 20 dan 45

13. Faktor prima dari 64 adalah ….
a. 2
b. 2, 3
c. 2, 3, 5
d. 3, 5

14. Faktor persekutuan dari 27 dan 45 adalah ….
a. 1, 3
b. 1, 3, 5
c. 1, 3, 9
d. 1, 3, 5, 9

15. Faktorisasi prima dari 56 adalah  ....
a. 23 x 7
b. 2 dan 7
c. 1, 2, 4, 7, 8, 14, 28, 56
d. 1, 2, dan 7

16. Faktorisasi prima dari 24 adalah ....
a. 2 x 3 x 5
b. 33
c. 23 x 3
d. 32 x 5

17. FPB dari 54 dan 72 adalah ....
a. 12
b. 18
c. 24
d. 36

18. Faktorisasi prima dari 81 adalah ….
a. 2 × 3 × 5
b. 34
c. 23 × 3
d. 32× 5

19. KPK dari 12, 30, dan 36 adalah ....
a. 90
b. 120
c. 150
d. 180

20. Paman akan menanam 3 jenis tanaman dalam 1 lahan. Namun supaya merata lahan itu akan dibuat petak-petak. Setiap petak terdapat 4 jenis tanaman. Bibit jenis A ada 15 batang, bibit jenis B ada 18 batang, bibit jenis C ada 24 batang. bibit jenis D ada 30 batang. Agar setiap petak mendapat bibit yang sama, maka tanah yang harus disiapkan paman adalah .... petak.
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Angka 1 pada lambang bilangan 61.875 mempunyai nilai tempat ……………….……
2. Hasil penjumlahan dari 53.128 dengan 26.252 adalah …………………………
3. Hasil dari 10.857 : 47 adalah ……………………………………
4. Faktor persekutuan dari 36 dan 48 adalah …………………………………
5. Faktorisasi prima dari 56 adalah ……………………………………………………
6. Lampu A menyala setiap 6 detik. Lampu B menyala setiap 8 detik.
Kedua lampu akan menyala bersama-sama pada detik ……………………………………………
7. Selin membeli 20 buah jeruk dan 25 buah apel. Keduanya akan dimasukkan ke dalam keranjang buah sama banyak. Keranjang buah yang diperlukan sebanyak ………………………. buah. 

8..Tulislah lambang bilangan dari delapan puluh tujuh ribu empat ratus empat puluh tiga!

9. Harga pensil warna dengan merek sama dari 3 toko diperoleh harga sebagai berikut:
Rp15.850,00; Rp13.900,00; dan Rp15.950,00. Berapakah harga yang paling mahal?
Berapakah selisih harga yang paling mahal dengan harga paling murah?
Jawab : 

10. Tentukan KPK dan FPB dari 40 dan 60!
Jawab : 

11. Ibu mencampur 15 kg tepung beras dengan 20 kg tepung terigu. Hasil campuran akan dibungkus
plastik isinya sama banyak. Berapa kantong plastik yang diperlukan?
Jawab : ……………………………………………………………………………………..................................

Kunci Jawaban Romawi I

1. b. 83.847
2. d. tiga puluh dua ribu lima ratus
3. d. 800
4. b. 24.597 < 24.679
5. d. 38.436
6. b. 23.100
7. d. 2.530
8. c. 2.290
9. c. 24
10. a. 24 dan 48
11. a. 1, 2, 3, 4, 6, 12
12. b. 10 dan 20
13. a. 2
14. c. 1, 3, 9
15. a. 23 x 7
16. c. 23 x 3
17. b. 18
18. b. 34
19. d. 180
20. b. 3

6
712

Kunci Jawaban Romawi II

1. ribuan
2. 79.380
3. 231
4. 1, 2, 3, 4, 6, 12
5. 22 × 33
6. 24
7. 51
8. 87.443
9. Harga yang paling mahal = Rp15.950,00
Selisih harga yang paling mahal dengan harga paling murah = Rp15.950,00 - Rp13.900,00 = Rp2.050,00

10. KPK dan FPB dari 40 dan 60
40 = 23 × 5
60 = 22 × 3 × 5
KPK = 23 × 3 × 5 = 120
FPB = 22 × 5 = 20

11. FPB dari 15 dan 20 adalah 5
Jadi, kantong plastik yang diperlukan 5 kantong

🍄PENDIDIDKAN PANCASILA🍄

78
1. Tanggal 1 Juni 1945 diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, Penetapan ini didasarkan pada sejarah ketika Presiden Soekarno melakukan pidato yang menyampaikan konsep dasar Pancasila
dalam sidang ....
a. PPKI
b. BPUPKI
c. Piagam Jakarta
d. Kemerdekaan

2. Bunyi Pancasila yang disebutkan oleh Ir. Soekarno dalam pidato tanggal 1 Juni 1945 adalah ….
a. Perikebangsaan, Perikemanusiaan, Periketuhanan, Perikerakyatan, Kesejahteraan rakyat
b. Perikebangsaan, Perikemanusiaan, Periketuhanan, Internasionalisme atau perikemanusiaan
Demokrasi, Keadilan
c. Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Perikerakyatan, Kesejahteraan
rakyat, Perikebangsaan
d. Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Demokrasi, Keadilan sosial, Ketuhanan
Yang Maha Esa

3. Pancasila disahkah dalam sidang PPKI pada tanggal ....
a. 15 Agustus 1945
b. 16 Agustus 1945
c. 17 Agustus 1945
d. 18 Agustus 1945

4. Perhatikan nama-nama tokoh berikut ini!
(1) Soekarno
(2) Mohammad Hatta
(3) Mr. A.A. Maramis
(4) Bung Tomo
(5) Abikoesno Tjokrosoejoso
(6) Abdul Kahar Muzakir
(7) Agus Salim
(8) Achmad Soebardjo
(9) Wahid Hasjim
(10) Mohammad Yamin.
Tokoh yang termasuk dalam Panitia Sembilan ditandai dengan nomor ….
a. (1), (2), (3), (4)
b. (3), (4), (5), (6)
c. (4), (5), (7), (8)
d. (7), (8), (9), (10)

5. Bunyi sila yang dilambangkan oleh gambar di bawah ini adalah ....

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 1

a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

6. Pengambilan keputusan harus dilakukan secara bersama-sama dengan tujuan yang sama demi kebaikan bersama. Pernyataan tersebut merupakan perwujudan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar dari pengambilan keputusan, yaitu nilai ....
a. lapang dada
b. berjiwa besar
c. kebersamaan
d. kebebasan mengemukakan pendapat

7. Indonesia memiliki kekayaan berupa keberagaman. Namun, Indonesia tetap memiliki semangat persatuan yang tercermin dalam semboyan negara kita, yaitu ....
a. Pancasila
b. Persatuan Indonesia
c. UUD 1945
d. Bhinneka Tunggal Ika

8. Nilai-nilai keadilan tercermin dalam Pancasila sila ....
a. kedua
b. ketiga
c. keempat
d. kelima

9. Perhatikan gambar berikut ini !

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 2

Kegiatan anak pada gambar merupakan penerapan nilai-nilai Pancasila di lingkungan ....
a. rumah
b. sekolah
c. kelas
d. masyarakat

10. Indonesia memiliki keberagaman dalam berbagai aspek. Berikut ini yang tidak termasuk bentuk-bentuk keberagaman yang ada di Indonesia adalah ....
a. bahasa nasional
b. agama
c. suku
d. rumah adat

11. Pancasila berperan sebagai pembina persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Pernyataan tersebut mengandung pengertian bahwa ....
a. Pancasila hanya ada di Indonesia
b. dengan Pancasila, bangsa Indonesia dapat bersatu
c. keberadaan Pancasila telah ada sejak dulu
d. sila-sila dalam Pancasila merupakan kesatuan yang tidak dapat terpisahkan

12. Sikap berikut ini yang mencerminkan penerapan sila keempat Pancasila di lingkungan sekolah adalah ….
a. melaksanakan doa
b. menjenguk teman yang sakit
c. memberi alat tulis kepada anak
d. memilih ketua kelas

13. Mengutamakan kepentingan dan keselamatan negara daripada kepentingan golongan pribadi atau kelompok, seperti ras, agama, golongan, dan partai merupakan nilai yang terkandung pada sila ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

14. Sikap yang termasuk pengamalan nilai-nilai sila Pancasila yang dilambangkan seperti gambar berikut ini adalah ….

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 3

a. tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil rapat
b. sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa jika diperlukan
c. tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain
d. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan

15. Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan merupakan perwujudan pengamalan sila ....
a. Ketuhanan yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

16. Tidak merugikan kepentingan umum mencerminkan pengamalan nilai Pancasila, yakni sila ....
a. Persatuan Indonesia
b. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
c. Ketuhanan yang Maha Esa
d. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

17. Dalam memenuhi semua kebutuhan, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia senantiasa membutuhkan bantuan orang lain. Karena itu, manusia disebut sebagai ....
a. makhluk individu
b. makhluk mandiri
c. makhluk sosial
d. makhluk ciptaan Tuhan

18. Pernyataan berikut ini yang tidak menunjukkan tujuan kegiatan gotong royong adalah ….
a. meningkatkan kekompakan sosial.
b. memperkuat dan menjalin persaudaraan
c. meringankan beban pekerjaan.
d. tercipta keadilan sosial

19. Gotong royong memberikan banyak manfaat bagi kita semua. Berikut ini kegiatan yang tidak dapat dilakukan dengan cara gotong royong adalah ....
a. piket kelas
b. ujian sekolah
c. kerja bakti
d. membantu korban bencana alam

20. Perilaku saling menolong atau memberi bantuan untuk meringankan beban disebut ....
a. tolong menolong
b. kerja bakti
c. gotong royong
d. persatuan

21. Bentuk tolong-menolong di lingkungan masyarakat adalah ....
a. menjaga kebersihan rumah
b. tidak gaduh ketika pembelajaran berlangsung
c. menolong tetangga yang sedang kesusahan
d. melaksanakan piket kelas

22. Menyayangi dan memperhatikan semua anggota keluarga merupakan bentuk keluarga yang menggambarkan fungsi ....
a. pendidikan
b. cinta kasih
c. perlindungan
d. ekonomi

23. Setiap orang dapat memiliki pendapat yang berbeda mengenal suatu masalah. Jika setiap orang bertekad mempertahankan pendapatnya dan tidak mau menghargai pendapat orang lain, tentu akan terjadi ....
a. persatuan
b. kesatuan
c. perpecahan
d. hidup rukun

24. Istilah "Bhinneka Tunggal Ika' dipetik dari Kitab Sutasoma karya ....
a. Mpu Gandring
b. Mpu Prapanca
c. Mpu Tantular
d. Gajah Mada

25. Ketika pembelajaran di kelas sedang berlangsung, kewajiban murid adalah ....
a. membantu membersihkan papan tulis
b. mendengarkan penjelasan dari guru
c. bermain dengan teman sebangku
d. mengerjakan tugas mata pelajaran lain

26. Aktivitas bekerja sama, tolong-menolong, dan bantu-membantu disebut ....
a. persatuan
b. kesatuan
c. gotong royong
d. interaksi

27. Rumah gadang merupakan rumah adat yang berasal dari ....
a. Sumatra Utara
b. Sumatra Barat
c. Jawa Barat
d. Jawa Timur

28. Perilaku tolong-menolong di lingkungan masyarakat ialah ….
a. membantu merapikan kamar tidur
b. menjaga kebersihan kelas
c. meminjamkan peralatan sekolah kepada teman
d. membantu orang tua menyeberang jalan

29. Satu di antara fungsi keluarga adalah menyiapkan anak agar menjadi anggota masyarakat yang baik. Hal ini disebut fungsi ....
a. pendidikan
b. sosialisasi
c. perlindungan
d. ekonomi

30. Sikap berikut ini yang tidak menunjukkan perilaku menghormati orang yang lebih tua adalah ….
a. mendengarkan nasihat
b. tidak membantah
c. berbicara dengan sopan
d. rekreasi bersama keluarga

31. Suku berikut ini yang mendiami Pulau Kalimantan adalah ....
a. Jawa
b. Batak
c. Dayak
d. Asmat

32. Perhatikan gambar berikut ini!

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 4

Senjata pada gambar di samping berasal dari ....
a. Jawa Tengah
b. Madura
c. Sumatra Utara
d. Papua

33. Bentuk interaksi berikut ini yang tidak dilakukan di sekolah adalah ....
a. membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama
b. mengerjakan tugas dan berdiskusi secara berkelompok
c. membantu teman yang kesulitan memahami materi pelajaran
d. membersihkan halaman bersama kakak

34. Pada akhir semester nanti, kelas akan mengadakan rekreasi bersama. Ada beberapa teman yang ingin pergi ke kebun binatang. Beberapa teman lain ingin ke pantai. Sebagian lainnya ingin pergi mengunjungi museum. Untuk menentukan tujuan yang akan didatangi sebaiknya mereka melakukan ....
a. tolong-menolong
b. musyawarah
c. hidup rukun
d. toleransi

35. Keragaman alat musik daerah tersebar di berbagai wilayah. 

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 5

Alat musik seperti pada gambar berasal dari ….
a. Sumatra Barat
b. Sumatra Selatan
c. Kalimantan Barat
d. Sulawesi Utara

Kunci Jawaban

1. b. BPUPKI
2. d. Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Demokrasi, Keadilan sosial, Ketuhanan
Yang Maha Esa
3. d. 18 Agustus 1945
4. d. (7), (8), (9), (10)
5. d. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
6. c. kebersamaan
7. d. Bhinneka Tunggal Ika
8. d. kelima
9. d. masyarakat
10. a. bahasa nasional
11. b. dengan Pancasila, bangsa Indonesia dapat bersatu
12. d. memilih ketua kelas
13. c. ketiga
14. c. tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain
15. a. Ketuhanan yang Maha Esa
16. b. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
17. c. makhluk sosial
18. d. tercipta keadilan sosial
19. b. ujian sekolah
20. a. tolong menolong
21. menolong tetangga yang sedang kesusahan
22. b. cinta kasih
23. c. perpecahan
24. c. Mpu Tantular
25. b. mendengarkan penjelasan dari guru
26. c. gotong royong
27. b. Sumatra Barat
28. d. membantu orang tua menyeberang jalan
29. a. pendidikan
30. d. rekreasi bersama keluarga
31. c. Dayak
32. a. Jawa Tengah
33. d. membersihkan halaman bersama kakak
34. b. musyawarah
35. b. Sumatra Selatan

Romawi II

1.norma kesusilaan berasal dari hati nurani, hati nurani kita dapat membedakan antara perbuataan buruk dan..................

2.Tuliskan Contoh perilaku yang mencerminkan norma kesopanan adalah...

3. apa yang kamu ketahui tentang hak dan kewajiban ?

4.. Berasal dari bahasa apa nama pancasila ............

5.   Tuliskan nama tokoh-tokoh panitia 9 ?

1.    KUNCI

1.      1.Baik

2.    2. Mengucapkan salam ketika bertemu  dengan guru, orang yang lebih tua ataupun teman    serta berbicara dengan bahasa yang sopan

3.    3.  Hak : sesuatu yang secara sah atau moral dapat diterima atau miliki oleh individu                        Kewajiban : tanggung jawab atau tuntunan yang harus dipenuhi

4.    4. Sangsekerta.

1.    5.  Ir. Soekarno

-          Moh. Hatta

-          Moh. Yamin

-          Ahmad soebarjo

-          Kyai Hi. Wahid Hasim

-          Mr. AA .Maramis

-          Abi kusno cokrco Sujoso

-          HI.Agus Salim

-          Abdul Kahar Muzakir

 

 

🌷SENI RUPA🌸

Contoh Soal dan Pembahasan:

    1. Unsur seni rupa yang memberikan kesan gerakan pada suatu karya adalah...

    • Jawaban: Irama
    • Pembahasan: Irama terbentuk dari pengulangan garis, bentuk, atau warna yang menciptakan kesan gerakan atau ritme.
  1. Teknik menggambar yang menggunakan goresan-goresan pendek dan rapat untuk menghasilkan gradasi warna adalah...

    • Jawaban: Arsir
    • Pembahasan: Arsir adalah teknik menggambar dengan cara memberikan goresan-goresan pendek dan rapat untuk menghasilkan gradasi warna atau kesan gelap terang.
  2. Perhatikan gambar berikut! [Gambar sebuah lukisan dengan warna-warna cerah dan bentuk-bentuk yang dinamis] Karya seni ini memberikan kesan...

    • Jawaban: Ceria dan menyenangkan
    • Pembahasan: Penggunaan warna-warna cerah dan bentuk-bentuk yang dinamis pada umumnya memberikan kesan ceria dan menyenangkan.
  3. Sebutkan 3 prinsip desain yang dapat kamu temukan pada karya batik!

    • Jawaban: Irama, keseimbangan, dan kesatuan
    • Pembahasan: Pada karya batik, kita dapat menemukan irama dari pola yang berulang, keseimbangan dari komposisi warna dan bentuk, serta kesatuan dari keseluruhan motif yang menyatu.

 

Selamat belajar semoga bermanfaat aamiin



Refleksi/Kesimpulan : Alhamdulillah pada pembelajaran hari ini pembahasan materi Matematika dan PKN peserta didik mengikuti kegiatan belajar dengan tekun dan antusias.

Berikut Dokumentasi kegiatan hari ini:






          

 

 

 



5.

5




5.





S







5 comments:

Hafiza said...

Terimakasih ibu Santi 🙏🏻

Mama aisha said...

Terimakasih pembelajarannya bu santi🙏

Tusriyah said...

Terima kasih bu atas pembelajarannya🙏

Shenta Cahya Anggraini said...

Terima kasih bu santi atas pembelajaran nya

Haikal said...

Makasih Bu santi

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

IPAS

Thursday,13 November 2024 Grade   : VC     السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana ...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu