Thursday, October 31, 2024

Rio Katmasanti_ UKG 2024

 Kamis ,31 Oktober 2024

Kelas : VC

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Ananda sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya hari semoga ananda semua selalu sehat dan tetap bersemangat  aamiin,o iya anada Siapa yang tidak hari ini sayang ,alhamdulillah kalian semua hadir .Pertemuan kemarin kita sudah membahas materi simbiosis dan alhamdulillah sebagian besar anand abisa memahami materi yang ibu sampaikan,hari ini kita akan melanjutkan materi Ekosistem mengenai rantai makanan.Sebelum belajar terlebih dahulu kita mendengarkan tauziah ,sholat dhuha dan juga murojaah.

Berikut materi IPAS pada hari ini

 

 

🌼 IPAS 🌼

Keseimbangan Ekosistem

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat  memahami bahwa setiap komponen dalam rantai makanan memiliki peran dalam menjaga keseimbangan ekosistem

Alat Peraga : PTT dan Diorama Rantai Makanan 

Model Pembelajaran   : Persentasi 

Apa itu Ekosistem?

Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Di dalam ekosistem, semua komponen saling bergantung satu sama lain.  

Komponen Ekosistem:

  • Komponen Biotik: Makhluk hidup yang ada di dalam ekosistem, seperti tumbuhan, hewan, dan manusia.
  • Komponen Abiotik: Faktor tak hidup yang mempengaruhi makhluk hidup, seperti air, udara, tanah, cahaya matahari, dan suhu.

Hubungan Antar Makhluk Hidup:

  • Rantai Makanan: Urutan makan dan dimakan antar makhluk hidup. Contoh: Padi → Tikus→ Ular  → Elang→ Bakteri Pengurai.


 Tingkatan Rantai Makanan pada ekosistem sawah 

Prudusen                   : Penghasil 
Konsumen 1              : Tikus
Konsumen tingkat 2  :Ular
Konsumen Tingkat 3 :Ular
Pengurai                     : Jamur /bakteri
 
 
 
LATIHAN SOAL
 

1.Produsen dalam sebuah rantai makanan berperan sebagai...

a. Pemakan tumbuhan                                 c. Pembuat makanan sendiri

b. Pengurai sisa-sisa organisme               d. Pemakan hewan

2. Perhatikan rantai makanan berikut: Rumput → Belalang → Katak → Ular.

Hewan mana yang merupakan konsumen tingkat II?

a. Rumput                                                           c. Katak

b. Belalang                                                          d. Ular

3. Jika populasi serangga di suatu ekosistem menurun drastis, maka yang akan terjadi adalah...

a. Populasi burung pemakan serangga akan meningkat

b. Populasi tumbuhan akan menurun drastis

c. Populasi hewan predator tingkat atas akan meningkat

d. Tidak akan ada pengaruh pada ekosistem

4. Apa yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan?

a. Kumpulan rantai makanan yang saling berhubungan

b. Urutan makan dan dimakan dalam suatu ekosistem

c. Proses penguraian sisa-sisa organisme

d. Hewan yang memakan tumbuhan

5. Peranan pengurai dalam ekosistem adalah...

a. Menghasilkan makanan sendiri     

 b. Memangsa hewan lain        

 c. Mengubah sisa-sisa organisme menjadi zat hara               

  d. Dimakan oleh konsumen tingkat I

 

                               

SELAMAT BELAJAR

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

IPAS

Thursday,13 November 2024 Grade   : VC     السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana ...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu