Sunday, January 19, 2025

MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

Senin,20 Januari 2025

Kelas : VC

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat dalam menjalankan kegiatan pada hari ini aamiin.Hari ini  kita akan belajar  Matematika dan  mengulang kembali materi bangun datar Trapesium,jika kemarin kita sudah belajar keliling dan luas Trapesium sekarang kita akan melajutkan materi  mencari tinggib.trapesium  dan juga pelajaran   Bahasa Indonesia matetinTekzs Eksplanasi

Seperti biasa sebelum melkukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus


Silahkan simak materi kita pada hari ini


🌼 MATEMATIKA🌼

Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan bangun ruang trapesium 
Media Pembelajaran :PPT dan Gambar Bangun Ruang trapesium(Karton)
Metode :Demonstrasi

Apa itu Tinggi Trapesium?


 * Garis lurus yang menghubungkan sisi sejajar trapesium secara tegak lurus.

 * Menunjukkan jarak antara kedua sisi sejajar tersebut.

Rumus Mencari Tinggi Trapesium:

 * Luas Trapesium = 1/2 x (jumlah sisi sejajar) x tinggi

   * Tinggi = (2 x Luas) / (jumlah sisi sejajar)

Cara Mencari Tinggi:

 * Diketahui Luas dan Panjang Sisi Sejajar:

   * Langsung gunakan rumus di atas.

   * Contoh: Luas = 30 cm², sisi sejajar 5 cm dan 10 cm. Tinggi = (2 x 30) / (5 + 10) = 4 cm.

 * Diketahui Luas, Panjang Sisi Sejajar, dan Informasi Lain:

   * Gunakan informasi tambahan untuk mencari panjang sisi yang belum diketahui, lalu hitung luas.

   * Setelah itu, gunakan rumus tinggi.

Contoh Soal:

Sebuah trapesium siku-siku memiliki sisi sejajar 8 cm dan 12 cm. Jika luasnya 80 cm², berapa tinggi trapesium tersebut?

 * Penyelesaian:

   * Tinggi = (2 x 80) / (8 + 12) = 8 cm

Tips:

 * Gambar trapesiumnya untuk mempermudah visualisasi.

 * Pastikan satuan panjang yang digunakan sama.

 * Latihan soal sebanyak-banyaknya.

Ingat:

 * Tinggi trapesium selalu tegak lurus dengan sisi sejajar.

 * Rumus ini berlaku untuk semua jenis trapesium.

Butuh bantuan lebih lanjut?

Jangan ragu untuk bertanya jika ada bagian yang belum jelas. Kamu bisa memberikan contoh soal yang ingin kamu kerjakan.

Materi Terkait:

 * Luas trapesium

 * Keliling trapesium

 * Jenis-jenis trapesium


Rumus Luas Trapesium

Untuk menghitung luas trapesium, kita menggunakan rumus:

  • Luas = 1/2 x (jumlah sisi sejajar) x tinggi

Dalam bentuk matematika

  • L = 1/2 x (a + b) x t

Dimana:

  • L = Luas trapesium
  • a = Panjang sisi sejajar pertama
  • b = Panjang sisi sejajar kedua
  • t = Tinggi trapesium

Contoh Soal

Soal 1: Sebuah trapesium memiliki panjang sisi sejajar masing-masing 10 cm dan 14 cm. Jika luas trapesium tersebut adalah 96 cm², tentukan tinggi trapesium!

Penyelesaian: Diketahui:

  • a = 10 cm
  • b = 14 cm
  • L = 96 cm²

Ditanya: t = ...?

Kita gunakan rumus luas trapesium: 96 = 1/2 x (10 + 14) x t 96 = 1/2 x 24 x t 96 = 12t t = 96 / 12 t = 8 cm

Jadi, tinggi trapesium tersebut adalah 8 cm.

Soal 2: Perhatikan gambar trapesium berikut:

Jika panjang AB = 12 cm, DC = 8 cm, dan luas trapesium ABCD adalah 80 cm², tentukan panjang DE (tinggi trapesium)!

Penyelesaian: Diketahui:

  • a = AB = 12 cm
  • b = DC = 8 cm
  • L = 80 cm² Ditanya: DE = ...?

Kita gunakan rumus luas trapesium: 80 = 1/2 x (12 + 8) x DE 80 = 1/2 x 20 x DE 80 = 10 DE 

DE = 80 / 10

  DE = 8 cm

Jadi, panjang DE (tinggi trapesium) adalah 8 cm.

Ingin mencoba soal lain? Atau ada bagian lain tentang trapesium yang ingin kamu tanyakan? Jangan ragu untuk bertanya!

Tips:

  • Untuk soal-soal yang lebih kompleks, gambar trapesium dan beri label pada semua sisi dan tinggi dapat sangat membantu dalam visualisasi.
  • Pastikan satuan panjang yang digunakan selalu sama (cm, m, dll.) agar perhitungan menjadi lebih mudah.

Konsep tinggi trapesium ini sangat penting dalam berbagai bidang, mulai dari matematika dasar hingga aplikasi di bidang teknik dan arsitektur. Dengan memahami konsep ini, kamu akan lebih mudah menyelesaikan soal

Semoga rangkuman ini bermanfaat!


🌺Bahasa Indonesia

Tujuan Pembelajaran :Peserta didik mempersentasika informasi dari tulisan hasil meringkat bteks Eksplorasi

Media pembelajaran : Ppt, buku cetak bahasa Indonesia, cerita teks eksplorasi 
Metode pembelajaran : Diskusi kelompok dan mengerjakan latihan soal mandiri. 

C. berbicara atau mempresentasikan ringkasan teks eksplanasi 
fenomena dalam teks eksplanasi beragam jenisnya selain fenomena alam dan sosial ada juga fenomena Budaya .apa budaya itu budaya merupakan suatu tindakan atau kebiasaan masyarakat di suatu daerah Oleh sebab itu fenomena budaya dapat dijelaskan menggunakan teks eksplanasi. 

1. Contoh teks eksplanasi tentang fenomena budaya teks eksplanasi tentang fenomena budaya biasanya membahas tentang asal mula budaya proses pelaksanaan budaya dan makna budaya untuk lebih memahaminya bacalah teks eksplanasi berikut dengan sungguh-sungguh. 
        
         Tradisi Lompat Batu dari Nias 

Tradisi Lompat Batu merupakan tradisi yang berasal dari daerah Nias tepatnya tepatnya di Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatra Utara. Bowomataluo ini sendiri memiliki arti yaitu Bukit Matahari yang diterjemahkan dari Bahasa Nias. Desa ini memiliki banyak keindahan alam dan juga dikenal dengan Desa yang memiliki Tradisi Budaya yang unik yaitu Tradisi Lompat Batu. Tradisi lompat batu Nias telah menjadi ikon budaya Indonesia yang mendunia. Lebih dari sekadar pertunjukan akrobatik, tradisi ini menyimpan segudang makna filosofis yang telah diwariskan turun-temurun oleh masyarakat Nias. Melalui aksi melompati tumpukan batu setinggi dua meter, para pemuda Nias tidak hanya menunjukkan kekuatan fisik, tetapi juga simbolisasi spiritual dan sosial yang mendalam.

Asal usul dari tradisi ini adalah dikarenakan dahulu masyarakat nias akan membangun sebuah benteng yang disusun dari kumpulan batu-batu yang dibuat setinggi 2 meter. Selain itu, masyarakat nias menjadikan benteng tersebut sebagai Indikator mereka dalam mengukur Keberanian dari setiap anggota masyarakatnya. Pada tingkat paling dasar, lompat batu adalah ujian fisik. Kemampuan untuk melompati batu setinggi itu menuntut kekuatan otot, kelincahan, dan keberanian yang luar biasa. Namun, makna tradisi ini jauh melampaui aspek fisik semata. Batu yang dilompati bukan sekadar objek mati, melainkan simbolisasi dari berbagai rintangan dan tantangan hidup yang harus diatasi. Dimana seorang prajurit atau pemuda laki-laki itu harus melewati benteng tersebut dengan cara melompatinya. Dengan berhasil melompati batu, seorang pemuda Nias membuktikan bahwa ia memiliki kemampuan untuk mengatasi segala rintangan yang menghadang. Ini adalah simbolisasi dari semangat pantang menyerah dan tekad yang kuat untuk mencapai tujuan.

Makna Simbolisme Lompat Batu:

  • Batu: Mewakili tantangan hidup, kekuatan alam, dan rintangan yang harus diatasi.

  • Ketinggian: Menunjukkan tingkat kesulitan yang harus dihadapi dan keberanian yang dibutuhkan.

  • Lompat: Melambangkan kemampuan untuk mengatasi rintangan, mencapai tujuan, dan meraih kesuksesan.

Kesimpulan

Tradisi lompat batu Nias adalah warisan budaya yang sarat makna. Melalui aksi melompati batu, masyarakat Nias tidak hanya merayakan kekuatan fisik, tetapi juga merayakan nilai-nilai luhur seperti keberanian, ketekunan, solidaritas, dan spiritualitas. Tradisi ini adalah bukti nyata bahwa budaya lokal dapat menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi generasi mendatang.

Hal. 129

2. Langkah - langkah meringkas teks Ekplanasi 

Meringkas teks eksplanasi artinya menyajikan secara singkat teks tersebut hasil meringkas teks tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang penulisnya ada beberapa langkah meringkas teks eksplanasi berikut ini langkah-langkahnya 

A.bacalah seluruh paragraf dalam teks eksplanasi 

B.tentukanlah kata kunci dari setiap paragraf kata kunci artinya kata yang menerangkan inti dari suatu bacaan

 C. tentukanlah kalimat-kalimat penting di setiap paragraf 

D.rangkaian kalimat-kalimat penting tersebut dalam bentuk paragraf

Literasiku diskusikan bersama kelompokmu 


Refleksi/Kesimpulan : Alhamdulillah pada pembelajaran Bahasa Indonesia Matematika Eksplanasi peserta didik sebagian besar dapatemahami materi dengan kegiatan diskusi kelompok.

Berikut Dokumentasi kegiatannya :






0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

Jum'at,21Februari 2025 Kelas : VC   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Bagaimana kabar ananda sholeh  Jum'at  baro...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu