Monday, January 20, 2025

MATEMATIKA,PENDIDIKAN PANCASILA Dan SENI RUPA

 Selasa,21 Januari 2025

 Kelas  : VC

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Selasa  yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat, Alhamdulilah minggu lalu kita sudah belajar  Matematika materi luas dan keliling bangun datar trapesium sebagian besar ananda sudah memahami materi tersebut ,pada hari ini kita akan melanjutkan pelajaran matematika dengan materi luas dn keliling segitiga, pelajaran Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa .

Seperti biasa sebelum belajar kita terlebih dahulu kita  melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus.


🍄 MATEMATIKA 🍄
 
 Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat menyelesaikan soalyang berhubungan dengan keliling dan luas segi tiga
 Media Pebelajaran      : PPT
 Metode Pembelajaran : Demostrasi (Menggunakan kertas)

Luas Segitiga

Pengertian Luas: Luas adalah ukuran daerah yang dibatasi oleh suatu bangun datar. Dalam konteks segitiga, luas adalah ukuran daerah di dalam segitiga.

Rumus Luas Segitiga:

  • Luas = 1/2 x alas x tinggi

Keterangan:

  • Alas: Sisi segitiga yang dijadikan sebagai dasar perhitungan.
  • Tinggi: Garis tegak lurus dari titik sudut yang berhadapan dengan alas ke alas itu sendiri.

Contoh:

Jika sebuah segitiga memiliki alas 10 cm dan tinggi 8 cm, maka luasnya adalah:

Luas = 1/2 x 10 cm x 8 cm = 40 cm²

Gambar:

Gambar luas segitiga

Keliling Segitiga

Pengertian Keliling: Keliling adalah jumlah panjang semua sisi pada suatu bangun datar. Dalam konteks segitiga, keliling adalah jumlah panjang ketiga sisinya.

Rumus Keliling Segitiga:

  • Keliling = sisi a + sisi b + sisi c

Keterangan:

  • sisi a, sisi b, sisi c: Panjang masing-masing sisi segitiga.

Contoh:

1.Jika sebuah segitiga memiliki sisi-sisi dengan panjang 5 cm, 7 cm, dan 9 cm, maka kelilingnya adalah:

Pembahasan :

Runus Keliling segitiga = a+b+ c =

                                       = 5 cm + 7 cm + 9 cm = 21 cm

2. Luas sebuah segitiga adalah 20 cm². Jika alasnya 10 cm, berapakah tinggi segitiga tersebut?

Pembahasan :  

Rumus: Tinggi = (2 x Luas) / Alas

                         =  (2x 20 ) / 10

                         = 40/10

                         = 4 cm

Gambar:

Gambar keliling segitiga

Jenis-Jenis Segitiga Berdasarkan Sisi

  • Segitiga Sama Sisi: Ketiga sisinya sama panjang.
  • Segitiga Sama Kaki: Dua sisinya sama panjang.
  • Segitiga Sembarang: Ketiga sisinya berbeda panjang.

Jenis-Jenis Segitiga Berdasarkan Sudut

  • Segitiga Siku-Siku: Memiliki satu sudut siku-siku (90°).
  • Segitiga Lancip: Ketiga sudutnya lancip (kurang dari 90°).
  • Segitiga Tumpul: Memiliki satu sudut tumpul (lebih dari 90°).

Catatan:

  • Rumus luas segitiga berlaku untuk semua jenis segitiga.
  • Untuk menghitung luas segitiga, pastikan kamu mengetahui panjang alas dan tingginya.
  • Untuk menghitung keliling segitiga, jumlahkan panjang semua sisinya.

Semoga rangkuman ini bermanfaat

Latihan Soal

 Soal 

  1. Sebuah segitiga memiliki alas sepanjang 12 cm dan tinggi 8 cm. Hitunglah luas segitiga tersebut
  2. Diketahui segitiga sama sisi dengan panjang sisi 6 cm. Berapa keliling segitiga tersebut? 
  3. Sebuah segitiga sama kaki memiliki panjang alas 10 cm dan panjang kaki 13 cm. Hitunglah luas dan keliling segitiga tersebut!
  4. Luas sebuah segitiga adalah 30 cm². Jika alasnya 10 cm, berapakah tinggi segitiga tersebut?
  5. Sebuah  segitiga memiliki panjang sisi-sisinya adalah 30 cm, 40 cm, dan 50 cm. Berapakah kelilingnya ?

🌼Pendidika Pancasila

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik bersyukur  kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai dan semangat gotong royong dan persatuan yang berkembang di Indonesia

Keragaman Budaya Indonesia: Kekayaan dalam Persatuan

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman budaya. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas budaya yang berbeda-beda, seperti bahasa, pakaian tradisional, rumah adat, tarian, makanan, dan seni.

Mengapa Indonesia begitu beragam?

  • Letak geografis: Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau. Setiap pulau memiliki kondisi alam dan sejarah yang berbeda, sehingga mempengaruhi perkembangan budaya masyarakatnya.
  • Sejarah: Indonesia memiliki sejarah yang panjang dan kompleks, dengan pengaruh berbagai budaya asing seperti India, Cina, dan Arab.
  • Suku bangsa: Indonesia memiliki ratusan suku bangsa, masing-masing dengan adat istiadat dan kepercayaan yang berbeda.

Contoh Keragaman Budaya Indonesia:

Mengapa kita harus menghargai keragaman budaya?

  • Menghormati perbedaan: Setiap orang berhak memiliki identitas budaya sendiri.
  • Memperkuat persatuan: Keragaman budaya justru memperkaya bangsa Indonesia.
  • Melestarikan warisan budaya: Budaya adalah kekayaan bangsa yang harus dilestarikan.
  • Mengenal lebih dalam tentang Indonesia: Dengan mempelajari keragaman budaya, kita akan lebih mencintai negara kita.

Bagaimana cara menghargai keragaman budaya?

  • Terbuka terhadap perbedaan: Jangan menghakimi budaya lain.
  • Belajar tentang budaya lain: Baca buku, tonton film, atau kunjungi tempat-tempat yang memiliki budaya yang berbeda.
  • Menjaga kerukunan: Hidup berdampingan secara damai dengan orang yang berbeda budaya.
  • Melestarikan budaya sendiri: Ajarkan budaya kepada generasi muda.

Kesimpulan

Keragaman budaya adalah kekayaan bangsa Indonesia yang harus kita syukuri dan lestarikan. Dengan saling menghargai dan menghormati perbedaan, kita dapat membangun bangsa yang kuat dan bersatu.

Gambar Anakanak dari berbagai suku bangsa bermain bersama

Pertanyaan:

  • Apa yang dimaksud dengan keragaman budaya?
  • Sebutkan contoh keragaman budaya di Indonesia!
  • Mengapa kita harus menghargai keragaman budaya?

Semoga rangkuman ini bermanfaat

 🍓Seni Rupa

  • Tujuan Pembelajaran :
  • Media.                               : Video (cara menggambar ekspresif)
  • Metode Pembelajaran  : Praktek membuat gambar ekspresif

Menggambar Ekspresif dengan Prinsip Keseimbanga 

Menggambar ekspresi disebut juga dengan menggambar bebas bebas di sini dapat diartikan bebas berimajinasi dan bebas bereksperimen dalam rangka membuat sebuah gambar yang memiliki keindahan dalam menggambar ekspresif dapat menggunakan berbagai macam media dan teknik. 

1. Teknik menggambar ekspresif
Ada beberapa cara dalam menggambar ekspresif berikut beberapa teknik yang dapat digunakan dalam menggambar ekspresif
A. Penggambaran objek dalam menggambar ekspresif kita tidak harus menggambarkan objek yang kamu gambar secara tepat dan apa adanya karena menggambar ekspresif tergantung kepada sudut pandang masing-masing orang dalam menggambar objek yang dilihatnya contohnya adalah menggambar ekspresif dengan objek pohon dalam menggambarnya tidak harus dengan daun yang berwarna hijau demikian pula dalam menggambar gunung tidak harus berwarna biru atau saat menggambar wajah manusia tidak harus mirip seperti potret atau foto .
contoh gambar ekspresi pohon

B. Menekankan unsur spontanitas menggambar ekspresif memerlukan unsur spontanitas Hal ini karena dalam menggambar ekspresif kita bebas berekspresi dengan bentuk dan warna yang digunakan pada tahapan tertentu dalam menggambar ekspresif kita juga dapat menangkap suasana objek secara spontan.
 
C. Berekspresi dengan garis dan warna garis dan warna menjadi salah satu unsur penting dalam menggambar ekspresif kita dapat menggambar secara spontan dengan menggoreskan garis dan warna berdasar suasana dan ungkapan ekspresif berekspresi dengan warna dan garis secara bebas tanpa harus sesuai dengan warna dan bentuk benda aslinya. 

D. Media menggambar atau melukis media menggambar ekspresif
 terdiri dari alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar media menggambar ekspresif tidak terbatas tanpa tanpa saja media lain seperti sepatu kanvas tas kanvas karton kertas Diamond kertas linen kertas khusus cat air kertas duplex kertas dalam triplek harbot dan bidang datar lainnya pun dapat digunakan sementara alat yang digunakan diantara seperti beragam jenis pensil pensil warna spidol cat air cat akrilik dan lain-lain
 contoh gambar 5 14 media menggambar

2. Media menggambar ekspresif
 proses menggambar ekspresif seperti halnya melukis yang lainnya sedangkan objek menggambarnya sangat tidak terbatas mulai dari fenomena alam lingkungan sekitar peristiwa penting ataupun dari khayalan imajinasi gambar ekspresif dapat digunakan untuk menggambarkan suatu kejadian menarik imajinasi tertentu atau juga dengan melihat objek secara langsung

a  membuat sketsa
Menggambar sketsa ekspresif diawali dengan membuat sketsa apabila mengamati objek secara langsung sebaiknya cermati secara seksama objek tersebut dan mencari sudut pandang yang dianggap menarik dalam pembuatan sketsa dapat menambahkan objek tertentu yang dianggap perlu atau bahkan menghilangkan objek yang tidak dianggap penting terapkan pula prinsip keseimbangan pada gambarmu agar hasilnya bagus dan enak dilihat gunakan pensil untuk membuat sketsa
b. Membuat warna pada objek proses mewarnai pada menggambar ekspresif dapat dilakukan secara bebas warna yang digunakan tidak harus sesuai dengan warna objek dalam mewarnai lebih ditekankan pada keinginan orang yang menggambar karena warna-warna tertentu dapat memberi arti khusus pemberian warna sebaiknya diawali pada objek-objek yang tampak menonjol terlebih dahulu dilanjutkan mewarnai pada objek-objek pendukungnya Kemudian pada latar belakangnya. 
c. Memberi warna pada latar belakang pemberian warna pada latar belakang dapat dipilih dari sebagian warna-warna objek dan juga dapat ditambah dengan warna-warna yang selaras Atau sejenis dengan warna objeknya Namun demikian juga perlu adanya penekanan warna pada bagian-bagian tertentu
d. Penyelesaian akhir penyelesaian akhir pada gambar ekspresif dapat dilakukan dengan memberikan bingkai pada gambar ekspresif yang telah jadi pigura ini dapat berupa pigura kertas atau pigura kaca sesuai kebutuhan
Gambar 5.15 langkah menggambar

 ekspresif dengan prinsip keseimbangan
menggambar
 ekspresif dengan prinsip keseimbangan

 
Refleksi/Kesimpulan : Alhamdulillah pada pembelajaran Matematika materi Bangun datar segi tiga sebagian besar peserta didik dapat memahami materi dengan praktek membuat bangun segi tiga serta mengerjakan soal latihan.
 Berikut Dokumentasi kegiatannya :










5 comments:

Shenta Cahya Anggraini said...

Terima kasih bu Santi atas pembelajaran nya

Tusriyah said...

Terima kasih bu atas pembelajarannya

Aprillia said...

Terima kasih busanti atas pembelajarannya

Meysha andini L. said...

Terimakasih Bu Santi atas materinyaa🙏☺️

Rio Katmasanti said...

sama sama nak trimkasig juga atas responnya

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

Jum'at,21Februari 2025 Kelas : VC   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Bagaimana kabar ananda sholeh  Jum'at  baro...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu