Rabu,30 Agustus 2025
Kelas : VA
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Rabu yang ceria ini,semoga kita semuadalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi untuk belajar Bagasa Indonesia dan IPAS
Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
Yuk kita mulai belajar !
🌼 BAHASA INDONESIA🌼
Tujuan pembelajaran : Murid dapat menentukan informasi penting dari teks yang didengarkan dan Menyimpulkan isi teks secara lisan dengan bahasa sendiri secara runtut dan jelas
Metode pembelajaran : PBL (Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD
Materi Ajar: Strategi Menyimpulkan Teks Secara Lisan
Rangkuman materi : Menyimpulkan teks secara lisan adalah
kegiatan menyampaikan inti atau pokok isi dari suatu teks yang didengarkan
dengan menggunakan kata-kata sendiri secara singkat dan jelas.
Strategi Menyimpulkan Teks Secara
Lisan
1. Dengarkan dengan Sungguh-sungguh
- Fokuskan perhatian saat mendengarkan teks.
- Hindari hal-hal yang mengganggu konsentrasi.
2. Catat Informasi Penting
- Tuliskan kata kunci, tokoh, waktu, tempat, dan kejadian
penting.
- Tandai bagian yang menunjukkan inti dari teks.
3. Tentukan Gagasan Utama
- Gagasan utama adalah ide pokok dari setiap paragraf
atau bagian teks.
- Biasanya terdapat di awal atau akhir paragraf.
4. Gabungkan Informasi Penting
- Susun informasi penting menjadi satu kesatuan isi yang
utuh.
- Gunakan kata penghubung seperti: "kemudian",
"selanjutnya", "akhirnya".
5. Sampaikan Simpulan Secara Lisan
- Gunakan kalimat yang jelas, singkat, dan mudah
dipahami.
- Sampaikan dengan percaya diri dan intonasi yang tepat. Contoh Teks dan Penyimpulan
Teks Lisan (Ringkasan Isi Dongeng):
Suatu hari, seekor semut sedang berjalan mencari makanan. Ia hampir tenggelam di sungai, tetapi seekor burung pipit menolongnya dengan menjatuhkan daun. Beberapa hari kemudian, burung pipit hampir tertangkap pemburu, tetapi semut menggigit kaki pemburu itu hingga tembakannya meleset. Mereka pun menjadi sahabat.
• Simpulan Lisan:
Kisah ini menceritakan tentang tolong-menolong antara semut dan burung pipit. Mereka saling membantu saat dalam kesulitan
• SOAL LATIHAN
Teks 1
• Di sebuah desa, tinggal seorang petani bernama Pak Rudi. Setiap hari ia bekerja keras di sawah. Meski hidupnya sederhana, Pak Rudi selalu bersyukur. Ia juga sering membantu tetangganya tanpa mengharapkan imbalan. Karena kebaikannya, banyak orang menghormati Pak Rudi.
Soal Pilihan Ganda
1. Apakah pekerjaan Pak Rudi?
A. Guru
B. Pedagang
C. Petani
D. Nelayan
2. Bagaimana sikap Pak Rudi terhadap kehidupannya?
A. Iri terhadap tetangganya
B. Selalu bersyukur
C. Malas bekerja
D. Suka mengeluh
3. Mengapa Pak Rudi dihormati oleh banyak orang?
A. Karena ia kaya raya
B. Karena ia suka memamerkan hasil panen
C. Karena ia sering marah-marah
D. Karena ia suka membantu orang lain
4. Simpulan yang tepat dari teks di atas adalah...
A. Pak Rudi petani yang malas
B. Pak Rudi dihormati karena suka menolong dan bersyukur
C. Pak Rudi tinggal di kota besar dan tidak suka membantu
D. Pak Rudi kaya karena tidak membantu orang lain
Teks 2
Lani suka merawat tanaman di pekarangan rumahnya. Ia menyiram tanaman setiap pagi dan sore. Ia juga membersihkan gulma yang tumbuh. Karena dirawat dengan baik, tanaman Lani tumbuh subur dan berbunga indah.
Soal Isian
5. Siapa tokoh dalam teks di atas?
Jawaban: ...................................................
6. Apa yang dilakukan Lani terhadap tanamannya?
Jawaban: ...................................................
7. Simpulan isi teks tersebut adalah:
Jawaban: ...................................................
🍊MATERI IPAS🍊
Tujuan pembelajaran : Peserta didik dapat
mengidentifikasi organ dan fungsi utama sistem pencernaan manusia.
Metode pembelajaran : PBL(Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD dan Manekin Torso
Rangkuman Sistem Pencernaan Manusia
Sistem pencernaan manusia adalah serangkaian organ yang bekerja sama untuk mengubah makanan menjadi nutrisi yang dapat diserap tubuh, serta membuang sisa-sisa yang tidak terpakai. Proses ini melibatkan dua jenis pencernaan: mekanis (pemecahan fisik makanan) dan kimiawi (pemecahan makanan dengan bantuan enzim).
Berikut adalah organ-organ utama sistem pencernaan beserta fungsinya:
1. Mulut
Fungsi: Tempat awal pencernaan.
Gigi: Melakukan pencernaan mekanis dengan mengunyah makanan menjadi potongan-potongan kecil.
Lidah: Membantu mengaduk makanan, mendorong makanan ke kerongkongan, dan merasakan rasa.
Kelenjar Ludah: Menghasilkan air liur (saliva) yang mengandung enzim amilase (ptialin) untuk memulai pencernaan kimiawi karbohidrat.
2. Kerongkongan (Esofagus)
Fungsi: Saluran penghubung antara mulut dan lambung.
Makanan didorong ke lambung melalui gerakan peristaltik, yaitu gerakan meremas dan mendorong oleh otot dinding kerongkongan.
3. Lambung
Fungsi: Tempat menyimpan makanan sementara dan melanjutkan pencernaan.
Pencernaan Mekanis: Otot-otot lambung berkontraksi untuk mengaduk dan mencampur makanan dengan getah lambung.
Pencernaan Kimiawi: Dinding lambung menghasilkan:
Asam Lambung (HCl): Membunuh kuman dan mengaktifkan enzim.
Enzim Pepsin: Memecah protein menjadi pepton.
Enzim Renin: Menggumpalkan protein susu (penting pada bayi).
4. Usus Halus
Fungsi: Tempat utama pencernaan kimiawi dan penyerapan nutrisi. Terdiri dari tiga bagian:
Usus Dua Belas Jari (Duodenum): Makanan dicampur dengan cairan empedu dari hati (membantu emulsi lemak) dan getah pankreas (mengandung enzim amilase untuk karbohidrat, tripsin untuk protein, dan lipase untuk lemak).
Usus Kosong (Jejunum): Melanjutkan pencernaan dan penyerapan nutrisi.
Usus Penyerapan (Ileum): Penyerapan nutrisi yang tersisa, terutama vitamin B12 dan garam empedu. Dinding usus halus memiliki lipatan-lipatan kecil (vili) untuk memperluas area penyerapan.
5. Usus Besar (Kolon)
Fungsi: Menyerap kembali air dan elektrolit dari sisa makanan, serta membentuk dan menyimpan feses (tinja).
Di usus besar terdapat bakteri baik (misalnya E. coli) yang membantu memecah sisa makanan dan menghasilkan vitamin K.
6. Rektum dan Anus
Rektum: Bagian akhir usus besar yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara feses sebelum dikeluarkan.
Anus: Lubang di ujung saluran pencernaan tempat feses dikeluarkan dari tubuh. Proses pengeluaran feses disebut defeka
Itulah rangkuman singkat mengenai organ dan fungsi utama sistem pencernaan manusia. Memahami proses ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, karena pencernaan yang baik memastikan tubuh mendapatkan energi dan nutrisi yang dibutuhkan. SELAMAT BELAJAR Refleksi/kesimpulam :Alhamdulillah pada kegiatan pembelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia sebagian besar murid dapat memahami materi dengan baik melalui tanyangan video dan alat peraga manikin torso.Berikut dokumentasi kegiatannya :
- Fokuskan perhatian saat mendengarkan teks.
- Hindari hal-hal yang mengganggu konsentrasi.
- Tuliskan kata kunci, tokoh, waktu, tempat, dan kejadian penting.
- Tandai bagian yang menunjukkan inti dari teks.
- Gagasan utama adalah ide pokok dari setiap paragraf atau bagian teks.
- Biasanya terdapat di awal atau akhir paragraf.
- Susun informasi penting menjadi satu kesatuan isi yang utuh.
- Gunakan kata penghubung seperti: "kemudian", "selanjutnya", "akhirnya".
- Gunakan kalimat yang jelas, singkat, dan mudah dipahami.
- Sampaikan dengan percaya diri dan intonasi yang tepat. Contoh Teks dan Penyimpulan
Teks Lisan (Ringkasan Isi Dongeng):
Suatu hari, seekor semut sedang berjalan mencari makanan. Ia hampir tenggelam di sungai, tetapi seekor burung pipit menolongnya dengan menjatuhkan daun. Beberapa hari kemudian, burung pipit hampir tertangkap pemburu, tetapi semut menggigit kaki pemburu itu hingga tembakannya meleset. Mereka pun menjadi sahabat.
• Simpulan Lisan:
Kisah ini menceritakan tentang tolong-menolong antara semut dan burung pipit. Mereka saling membantu saat dalam kesulitan
• SOAL LATIHAN
Teks 1
• Di sebuah desa, tinggal seorang petani bernama Pak Rudi. Setiap hari ia bekerja keras di sawah. Meski hidupnya sederhana, Pak Rudi selalu bersyukur. Ia juga sering membantu tetangganya tanpa mengharapkan imbalan. Karena kebaikannya, banyak orang menghormati Pak Rudi.
Soal Pilihan Ganda
1. Apakah pekerjaan Pak Rudi?
A. Guru
B. Pedagang
C. Petani
D. Nelayan
2. Bagaimana sikap Pak Rudi terhadap kehidupannya?
A. Iri terhadap tetangganya
B. Selalu bersyukur
C. Malas bekerja
D. Suka mengeluh
3. Mengapa Pak Rudi dihormati oleh banyak orang?
A. Karena ia kaya raya
B. Karena ia suka memamerkan hasil panen
C. Karena ia sering marah-marah
D. Karena ia suka membantu orang lain
4. Simpulan yang tepat dari teks di atas adalah...
A. Pak Rudi petani yang malas
B. Pak Rudi dihormati karena suka menolong dan bersyukur
C. Pak Rudi tinggal di kota besar dan tidak suka membantu
D. Pak Rudi kaya karena tidak membantu orang lain
Teks 2
Lani suka merawat tanaman di pekarangan rumahnya. Ia menyiram tanaman setiap pagi dan sore. Ia juga membersihkan gulma yang tumbuh. Karena dirawat dengan baik, tanaman Lani tumbuh subur dan berbunga indah.
Soal Isian
5. Siapa tokoh dalam teks di atas?
Jawaban: ...................................................
6. Apa yang dilakukan Lani terhadap tanamannya?
Jawaban: ...................................................
7. Simpulan isi teks tersebut adalah:
Jawaban: ...................................................🍊MATERI IPAS🍊
Tujuan pembelajaran : Peserta didik dapat mengidentifikasi organ dan fungsi utama sistem pencernaan manusia.Metode pembelajaran : PBL(Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD dan Manekin Torso
Rangkuman Sistem Pencernaan Manusia
Sistem pencernaan manusia adalah serangkaian organ yang bekerja sama untuk mengubah makanan menjadi nutrisi yang dapat diserap tubuh, serta membuang sisa-sisa yang tidak terpakai. Proses ini melibatkan dua jenis pencernaan: mekanis (pemecahan fisik makanan) dan kimiawi (pemecahan makanan dengan bantuan enzim).
Berikut adalah organ-organ utama sistem pencernaan beserta fungsinya:
1. Mulut
Fungsi: Tempat awal pencernaan.
Gigi: Melakukan pencernaan mekanis dengan mengunyah makanan menjadi potongan-potongan kecil.
Lidah: Membantu mengaduk makanan, mendorong makanan ke kerongkongan, dan merasakan rasa.
Kelenjar Ludah: Menghasilkan air liur (saliva) yang mengandung enzim amilase (ptialin) untuk memulai pencernaan kimiawi karbohidrat.
2. Kerongkongan (Esofagus)
Fungsi: Saluran penghubung antara mulut dan lambung.
Makanan didorong ke lambung melalui gerakan peristaltik, yaitu gerakan meremas dan mendorong oleh otot dinding kerongkongan.
3. Lambung
Fungsi: Tempat menyimpan makanan sementara dan melanjutkan pencernaan.
Pencernaan Mekanis: Otot-otot lambung berkontraksi untuk mengaduk dan mencampur makanan dengan getah lambung.
Pencernaan Kimiawi: Dinding lambung menghasilkan:
Asam Lambung (HCl): Membunuh kuman dan mengaktifkan enzim.
Enzim Pepsin: Memecah protein menjadi pepton.
Enzim Renin: Menggumpalkan protein susu (penting pada bayi).
4. Usus Halus
Fungsi: Tempat utama pencernaan kimiawi dan penyerapan nutrisi. Terdiri dari tiga bagian:
Usus Dua Belas Jari (Duodenum): Makanan dicampur dengan cairan empedu dari hati (membantu emulsi lemak) dan getah pankreas (mengandung enzim amilase untuk karbohidrat, tripsin untuk protein, dan lipase untuk lemak).
Usus Kosong (Jejunum): Melanjutkan pencernaan dan penyerapan nutrisi.
Usus Penyerapan (Ileum): Penyerapan nutrisi yang tersisa, terutama vitamin B12 dan garam empedu. Dinding usus halus memiliki lipatan-lipatan kecil (vili) untuk memperluas area penyerapan.
5. Usus Besar (Kolon)
Fungsi: Menyerap kembali air dan elektrolit dari sisa makanan, serta membentuk dan menyimpan feses (tinja).
Di usus besar terdapat bakteri baik (misalnya E. coli) yang membantu memecah sisa makanan dan menghasilkan vitamin K.
6. Rektum dan Anus
Rektum: Bagian akhir usus besar yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara feses sebelum dikeluarkan.
Anus: Lubang di ujung saluran pencernaan tempat feses dikeluarkan dari tubuh. Proses pengeluaran feses disebut defeka
SELAMAT BELAJARRefleksi/kesimpulam :Alhamdulillah pada kegiatan pembelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia sebagian besar murid dapat memahami materi dengan baik melalui tanyangan video dan alat peraga manikin torso.Berikut dokumentasi kegiatannya :
0 comments:
Post a Comment