Sunday, July 20, 2025

MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

 Senin,21 Juli 2025

Kelas : VA

 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria ini, semoga kita semua kita semua  dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi setelah minggu kemarin kita melakukan kegiatan MPLS

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !

Tujuan pembelajaran :      Siswa dapat membaca menulis dan menentukan nilai tempat

Metode pembelajaran :    PBL(Problem based Learning)

Media Pembelajaran :      LCD                    

 

🌼 MATEMATIKA🌼

Rangkuman Materi Nilai Tempat Kelas V

Nilai tempat adalah konsep dasar dalam matematika yang mengajarkan kita tentang nilai sebuah angka berdasarkan posisinya dalam suatu bilangan. Ini sangat penting untuk memahami cara kerja angka-angka besar dan kecil, serta untuk melakukan operasi hitung seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

1. Nilai Tempat Bilangan Bulat

Pada kelas 5, biasanya kamu akan memperdalam pemahaman tentang nilai tempat hingga jutaan, bahkan miliar. Ingat urutan nilai tempat dari kanan ke kiri:

  • Satuan: Angka paling kanan (contoh: angka 9 pada 123.456.789)

  • Puluhan: Setelah satuan (contoh: angka 8 pada 123.456.789)

  • Ratusan: Setelah puluhan (contoh: angka 7 pada 123.456.789)

  • Ribuan: Setelah ratusan (contoh: angka 6 pada 123.456.789)

  • Puluh Ribuan: Setelah ribuan (contoh: angka 5 pada 123.456.789)

  • Ratus Ribuan: Setelah puluh ribuan (contoh: angka 4 pada 123.456.789)

  • Jutaan: Setelah ratus ribuan (contoh: angka 3 pada 123.456.789)

  • Puluh Jutaan: Setelah jutaan (contoh: angka 2 pada 123.456.789)

  • Ratus Jutaan: Setelah puluh jutaan (contoh: angka 1 pada 123.456.789)

  • Miliaran, Puluh Miliaran, Ratus Miliaran, dan seterusnya.

Contoh: Pada bilangan 5.678.912:

  • Angka 2 berada di tempat satuan, nilainya 2.

  • Angka 1 berada di tempat puluhan, nilainya 10.

  • Angka 9 berada di tempat ratusan, nilainya 900.

  • Angka 8 berada di tempat ribuan, nilainya 8.000.

  • Angka 7 berada di tempat puluh ribuan, nilainya 70.000.

  • Angka 6 berada di tempat ratus ribuan, nilainya 600.000.

  • Angka 5 berada di tempat jutaan, nilainya 5.000.000.

2. Nilai Angka dan Nilai Tempat

Penting untuk membedakan antara nilai angka dan nilai tempat:

  • Nilai Tempat: Posisi suatu angka dalam suatu bilangan (misal: ratusan, puluhan ribu).

  • Nilai Angka: Besar nilai dari angka tersebut berdasarkan posisi nilai tempatnya (misal: jika angka 3 di tempat ratusan, nilai angkanya adalah 300).

3. Nilai Tempat Bilangan Desimal

Di kelas 5, kamu juga akan diperkenalkan dengan nilai tempat pada bilangan desimal. Angka-angka di sebelah kanan koma desimal juga memiliki nilai tempat:

  • Persepuluhan: Angka pertama setelah koma (contoh: angka 3 pada 0,345)

  • Perseratusan: Angka kedua setelah koma (contoh: angka 4 pada 0,345)

  • Perseribuan: Angka ketiga setelah koma (contoh: angka 5 pada 0,345)

  • Dan seterusnya (Persepuluh Ribuan, Perseratus Ribuan, dll.).

Contoh: Pada bilangan 123,456:

  • Angka 4 berada di tempat persepuluhan, nilainya 0,4 atau 4/10.

  • Angka 5 berada di tempat perseratusan, nilainya 0,05 atau 5/100.

  • Angka 6 berada di tempat perseribuan, nilainya 0,006 atau 6/1000.

4. Mengurai Bilangan Berdasarkan Nilai Tempat

Kamu akan belajar menguraikan suatu bilangan menjadi jumlah dari nilai tempat masing-masing angkanya.

Contoh:

Penerapan Nilai Tempat

Memahami nilai tempat sangat membantu dalam:

  • Membaca dan menulis bilangan yang sangat besar atau sangat kecil.

  • Membandingkan dan mengurutkan bilangan.

  • Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan lebih mudah.

  • Pembulatan bilangan.

Materi nilai tempat ini adalah dasar penting untuk topik matematika yang lebih kompleks di kemudian hari. Semoga ringkasan ini membantu!

🌸Bahasa Indonesia🌸 

Tujuan pembelajaran :      Siswa dapat menyimpulkan Teks dengan menggunakan kalimat sendiri

Metode pembelajaran :    PBL(Problem based Learning)

Media Pembelajaran :      LCD                   

Teks narasi adalah jenis tulisan yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian secara berurutan dari waktu ke waktu. Tujuannya adalah untuk menghibur pembaca, memberikan informasi, atau menyampaikan pesan moral melalui cerita.

1. Ciri-ciri Teks Narasi:

  •     Ada tokoh: Dalam cerita narasi selalu ada karakter atau pelaku yang terlibat.
  •     Ada latar: Cerita memiliki latar tempat (di mana kejadian berlangsung), latar waktu (kapan kejadian berlangsung), dan latar suasana (bagaimana suasana dalam cerita, misalnya senang, sedih, tegang).
  •     Ada alur/jalan cerita: Peristiwa-peristiwa dalam narasi disusun secara berurutan, biasanya dimulai dari pengenalan, munculnya masalah, puncak masalah, penyelesaian masalah, hingga akhir cerita.
  •     Ada konflik/masalah: Seringkali, ada masalah atau tantangan yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita.
  •     Ada sudut pandang: Penulis bisa menceritakan dari sudut pandang orang pertama (menggunakan "aku" atau "saya") atau sudut pandang orang ketiga (menggunakan "dia", "mereka", atau nama tokoh).
  •     Bahasa yang digunakan menarik: Menggunakan kata-kata yang membuat pembaca seolah-olah ikut merasakan atau menyaksikan peristiwa dalam cerita.
  • 2. Jenis-jenis Teks Narasi (yang sering ditemui di kelas 5):
  •     Narasi Fiksi: Cerita yang tidak nyata atau khayalan. Contohnya:
  •    Cerpen (Cerita Pendek): Cerita singkat dengan satu fokus masalah.
  •         Dongeng: Cerita rakyat yang sering berisi keajaiban atau pesan moral, seperti fabel (cerita hewan), legenda (asal-usul tempat), atau mite (cerita dewa-dewi).
  •     Narasi Nonfiksi (sekilas): Cerita yang berdasarkan kejadian nyata. Contohnya:
  •         Biografi: Kisah hidup seseorang.
  •         Cerita pengalaman pribadi: Cerita tentang pengalaman diri sendiri yang benar-benar terjadi.

3. Struktur Teks Narasi (Alur Cerita):

  • Meskipun bisa bervariasi, struktur umum teks narasi biasanya meliputi:
  •     Orientasi (Pengenalan): Bagian awal cerita yang memperkenalkan tokoh, latar tempat, latar waktu, dan suasana. Pembaca mulai dikenalkan dengan siapa, di mana, dan kapan cerita akan berlangsung.
  •     Komplikasi (Munculnya Masalah): Bagian di mana masalah atau konflik mulai muncul. Ini adalah inti dari cerita yang membuat pembaca penasaran.
  •     Resolusi (Penyelesaian Masalah): Bagian di mana masalah yang ada mulai menemukan jalan keluar atau penyelesaian.
  •     Koda/Reorientasi (Penutup/Pesan Moral - opsional): Bagian akhir cerita yang berisi kesimpulan, nasib akhir tokoh, atau pesan moral yang bisa diambil dari cerita.

4. Cara Menulis Teks Narasi Sederhana:

  •     Tentukan tema/topik: Apa yang ingin kamu ceritakan? (misalnya tentang persahabatan,         keberanian, atau petualangan).
  •     Tentukan tokoh dan karakternya: Siapa saja yang ada di cerita dan bagaimana sifat mereka?
  •     Tentukan latar: Di mana dan kapan cerita ini terjadi? Bagaimana suasananya
  •     Buat kerangka alur: Susun peristiwa dari awal sampai akhir (orientasi, komplikasi, resolusi).
  •     Kembangkan cerita: Tulis cerita secara detail, gunakan kata-kata yang menarik dan hidup
  •     Periksa dan revisi: Baca kembali ceritamu, perbaiki kata-kata, ejaan, atau bagian yang kurang jelas.

 Memahami teks narasi membantu siswa untuk lebih menikmati membaca cerita dan juga melatih kemampuan mereka dalam bercerita dan menulis secara kreatif

SELAMAT BELAJAR 

Kesimpulan/Refleksi: Alhamdulillah pada pembelajaran hari ini materi menentukan nilai tempat peserta didik semangat dalam mengikuti pembelajaran dan sebagian besar memahami materi yang disampaikan .

Berikut dokumentasi kegiatannya : 


 






0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

KISI-KISI STS BAHASA INDONESIA

 Selasa,14 Oktober 2025  Kelas : VA    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Anak sholih dan sholeha kelas VA,bagaimana kaba...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu