Senin,28 Juli 2025
Kelas : VC
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria ini, semoga kita semua kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagI,Gari inikita akan belajar Mtematika Dan Bahasa Insonesia
Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
Yuk kita mulai belajar !
Tujuan pembelajaran : Murid dapat menentukan bilangan lebih besar/kecil
Metode pembelajaran : PBL(Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD
🌼 MATEMATIKA🌼
Rangkuman Materi: Menentukan Bilangan Lebih Besar/Lebih Kecil
Konsep Dasar
Menentukan bilangan lebih besar atau lebih kecil berarti membandingkan dua atau lebih bilangan untuk melihat mana yang memiliki nilai lebih tinggi atau lebih rendah. Kita menggunakan simbol-simbol khusus untuk ini:
> (lebih dari): Menunjukkan bahwa bilangan di sebelah kiri lebih besar dari bilangan di sebelah kanan. Contoh: (5 lebih dari 3).
< (kurang dari): Menunjukkan bahwa bilangan di sebelah kiri lebih kecil dari bilangan di sebelah kanan. Contoh: (3 kurang dari 5).
= (sama dengan): Menunjukkan bahwa kedua bilangan memiliki nilai yang sama. Contoh: (7 sama dengan 7).
Cara Membandingkan Bilangan
Ada beberapa langkah dan aturan yang bisa kita gunakan, tergantung jenis bilangannya:
Untuk Bilangan Cacah/Positif (Contoh: 1, 2, 10, 100):
Jumlah Digit: Bilangan dengan jumlah digit lebih banyak biasanya lebih besar.
Contoh: (3 digit) > (2 digit)
Membandingkan Digit dari Kiri: Jika jumlah digitnya sama, bandingkan digit-digit dari posisi paling kiri (nilai tempat terbesar) ke kanan.
Contoh: Membandingkan dan
Digit ratusan: (sama)
Digit puluhan: . Jadi, > .
Contoh lain: Membandingkan dan
Digit ribuan, ratusan, puluhan: , , (sama)
Digit satuan: . Jadi, < .
Untuk Bilangan Negatif (Contoh: -1, -5, -100):
Pada garis bilangan, semakin ke kiri letak bilangan, nilainya semakin kecil. Semakin ke kanan, semakin besar.
Angka tanpa tanda negatif yang lebih kecil, nilainya akan lebih besar ketika diberi tanda negatif.
Contoh: > (karena 2 lebih kecil dari 5, maka -2 lebih besar dari -5).
Contoh: < (karena 10 lebih besar dari 3, maka -10 lebih kecil dari -3).
Membandingkan Bilangan Positif dan Negatif:
Bilangan positif selalu lebih besar dari bilangan negatif.
Contoh: >
Contoh: <
Untuk Pecahan (Contoh: 1/2, 3/4):
Penyebut Sama: Jika penyebutnya sama, bandingkan pembilangnya. Pembilang yang lebih besar, pecahan itu lebih besar.
Contoh: >
Penyebut Berbeda: Samakan dulu penyebutnya (cari KPK), lalu bandingkan pembilangnya.
Contoh: Membandingkan dan . KPK dari 2 dan 4 adalah 4.
Sekarang bandingkan dan . Karena , maka < . Jadi, < .
Mengubah ke Desimal: Ubah pecahan menjadi desimal, lalu bandingkan angka desimalnya.
Contoh: . . Karena , maka < .
Untuk Desimal (Contoh: 0,5; 1,25):
Bandingkan Bagian Bulat: Bandingkan angka di depan koma terlebih dahulu.
Contoh: > (karena )
Bandingkan Angka Setelah Koma: Jika bagian bulatnya sama, bandingkan angka setelah koma dari kiri ke kanan.
Contoh: Membandingkan dan
Bagian bulat:
Digit persepuluhan:
Digit perseratusan: . Jadi, > .
Bisa juga menambahkan nol di belakang desimal agar jumlah digit di belakang koma sama untuk memudahkan perbandingan.
Contoh: dan . Ubah menjadi . Sekarang bandingkan dan . Karena , maka > .
Memahami cara membandingkan bilangan ini adalah fondasi untuk materi matematika yang lebih kompleks, seperti mengurutkan bilangan, operasi hitung, hingga pemecahan masalah.
Latihan soal
Tentu, mari kita berlatih dengan 5 soal perbandingan bilangan lebih besar atau lebih kecil! Ingat, gunakan simbol < (kurang dari), > (lebih dari), atau = (sama dengan
Latihan Soal Perbandingan BilanganSilakan isi titik-titik dengan simbol yang tepat (<, >, atau =)!
🌼 BAHASA INDONESIA🌼
Tujuan pembelajaran : Murid dapat mengidentifikasi gagasan pokok dari teks tulis (teks narasi atau deskripsi).
Metode pembelajaran : PBL(Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD
- Cara Mengidentifikasi Gagasan Pokok:
- Temukan tokoh utama, kejadian penting, dan alur cerita
- Perhatikan bagian awal dan akhir paragraf — biasanya mengandung informasi penting.
- Tanyakan: "Apa inti cerita ini?" atau "Peristiwa apa yang paling penting terjadi?
🌄 2. Teks Deskripsi
Pengertian:
Teks deskripsi menggambarkan objek, tempat, atau peristiwa secara rinci sehingga pembaca dapat membayangkannya.
Cara Mengidentifikasi Gagasan Pokok:
-
Amati apa atau siapa yang sedang digambarkan.
-
Perhatikan kalimat utama — sering berada di awal atau akhir paragraf.
-
Tanyakan: "Apa yang sedang dideskripsikan?"
Contoh Gagasan Pokok Teks Deskripsi:
Pantai Parangtritis memiliki keindahan alam yang memukau dengan ombak besar dan pasir hitamnya
🔍 Tips Umum:
-
Gagasan pokok = ide utama yang menjadi inti paragraf/teks.
-
Dukungannya = kalimat-kalimat penjelas atau rincian.
Gunakan pertanyaan: “Apa yang dibahas dalam paragraf ini?”
Contoh Soal Teks Deskripsi
Bacalah teks deskripsi di bawah ini, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan yang mengikutinya!
Teks Deskripsi: Senja di Pantai Mutun
Pantai Mutun adalah permata tersembunyi yang menawarkan ketenangan. Pasir putihnya yang lembut membentang luas, memeluk birunya air laut yang jernih. Di kejauhan, pulau-pulau kecil berjejer rapi, menambah keindahan panorama. Pohon kelapa melambai-lambai pelan ditiup angin sore, menciptakan irama alami yang menenangkan.
Saat senja tiba, Pantai Mutun berubah menjadi kanvas raksasa. Langit yang tadinya biru perlahan memudar, berganti dengan sapuan warna jingga, merah muda, dan ungu. Garis cakrawala seolah terbakar, memantulkan cahaya keemasan di permukaan laut yang tenang. Perahu-perahu nelayan tampak seperti siluet hitam, menambah kesan dramatis pada lukisan alam ini. Suara debur ombak yang pelan berpadu dengan kicauan burung camar yang pulang, menciptakan simfoni perpisahan hari yang syahdu. Udara terasa hangat namun sejuk, membawa aroma garam laut yang khas. Setiap sudut pantai ini memancarkan kedamaian, mengundang siapa saja untuk hanyut dalam pesona keindahannya.
Pertanyaan:
- Apa objek utama yang dideskripsikan dalam teks di atas
- Sebutkan tiga detail visual (yang bisa dilihat) yang disebutkan dalam paragraf pertama!
- Bagaimana penulis menggambarkan perubahan warna langit saat senja?
- Selain visual, indra apa lagi yang digunakan penulis untuk menggambarkan suasana di Pantai Mutun saat senja? Berikan contohnya!
- Apa tujuan utama penulis membuat teks deskripsi ini?
- SELAMAT BELAJARRefleksi/Kesimpulan : Alhamdulillah pada pembelajaran menbansingan bilangan sebagian besar peserta didik dapat mengimuti pembelajaran dengan baikdan memahami materi yang disampaikan dengan cara tes majuke depan kelas mengerjakan tugas dari guru.Berikut dokumentasi kegiatannya :
0 comments:
Post a Comment