Tuesday, August 22, 2023

TEMA 2 SUB TEMA 2 PB 1 DAN 2

 Selasa,22 Agustus 2023

Kelas  :VC 

Detail Animasi Bismillah Bergerak Nomer 3

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ                                        Anak sholeh sholeha VC bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat  serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu,simak tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Hari ini kita akan belajar materi Tema 2 Sub Tema  2 PB 1 dan 2 .Setelah membaca silahkan anada beri komentar,trimkasih

Tema 2              : Udara Bersih Bagi Kesehatan

Sub tema 2        : Pentingnya Udara Bersih bagi Pernafasan

Pembelajaran   : 1

Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mencari informasi dari teks bacaan, siswa mampu membuat bagan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia.
  2. Dengan membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi terkait dengan pertanyaan apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa.

Materi IPA

Gangguan Respirasi (Pernafasan) yang SeringTerjadi

Jika salah satu bagian dari organ respirasibermasalah, secaraotomatissistemrespirasi pun akan terganggu. Berikut beberapa gangguan respirasi(Pernafasan):

  • Flu (influenza)
    Penyakit influenza disebabkan oleh virus dan muda hsekali menular. Penularan bisa  melalui kontak langsung  kecairan atau melalui cairan yang keluar dari penderita saat batuk atau bersin. Saat flu, hidung dipenuhi lendi rsehingga mengganggu pernapasan.
  • Faringitis
    Keluhan  utama pada penyakit ini adalah nyeri tenggorokan. Faringitis seringkali disebabkan olehi nfeksi virus, namun dapat juga disebabkan oleh bakteri, sehingga untuk penangananny adibutuhkan antibiotik. Beberapa kasus faringitis disebabkan oleh alergi  ataui ritasi pada tenggorokan.
  • Laringitis
    Laringitis adalah gangguan pernapasan yang menyerang laringa  tau pita suara. Peradangan yang terjadi biasanya disebabkan oleh penggunaan pita suaraberlebihan, iritasi, atau  infeksi pada laring. Suara serak atau parau bahkan hilang sama sekali adalah gejala umum yang muncul jika seseorang  mengalami 
    laringitis.
  • Asma
    Asma disebabkan oleh  penyempitan saluran napas. Sesak napas menjadi tanda umum dari penyakit ini. Biasanya  sesaknapas dibarengi oleh mengi (wheezing) yang merupakan suara khas bernada tinggi saat pasien mengeluarkan napas.
  • Bronkitis
    Bronkitis adalah peradangan pada bronkus, yang merupakan saluran udarad aridankeparu-paru. 
    Bronkitis umumnya dicirikan dengan batuk berdahak yang kadang dahaknya bisa berubah warna.
  • Emfisema
    Emfisema menyerang kantung udara alias alveoli. Seseorang yang terkena emfisema tidak selalu menunjukka ngejala yang khas. Namun seiring perjalanan penyakitnya, biasan  ya penderita kondisi in ilambat  laun  akanmengalami sesak saat bernapas. Gangguan ini adalah salah sat ukondisi yang digolongkan sebagai penyakit paru  obstruktif kronik (PPOK).
  • Pneumonia
    Pneumonia, atau yang biasa disebut dengan radang paru-paru, merupakan peradangan akibat infeksi. Batuk berdahak, demam, dan sesak napas adalah gejala umum dari pneumonia. Cirilain dari penyakit ini adalah dahak kental yang dapat berwarna  kuning, hijau, cokelat, atau bernoda darah.
  • Kanker paru-paru
    Merupakan salah satu jenis kanker paling berbahaya dengan angka kematian yang tinggi. Terjadinya kanker paru-paru pada seseorang berkaitan erat dengan merokok baik aktif maupun  pasif, riwayat  kankerparu-paru di keluarga, riwayat paparan zat kimia dan gas beracuns eperti asbestos dan radon, atau menghirup udara berpolusi dalam jangkap anjang.
  • Materi Bahasa Indonesia

MengelompokkanInformasi berdasarkanTeks

Informasi adalah penjelasan dan pemberitahuan mengenai suatu hal

Kata Tanya beserta informasi yang ingin diketahui

·         Apa                        = menunjukkan penjelasan mengenai suatu hal atau benda

·         Di mana                = menunjukkan penyebutan atau penjelasantempat

·         Kapan                   = menunjukkan  penyebutanatau penjelasan waktu

·         Siapa                     = menunjukkan penyebutan nama orang, jabatan, ata upekerjaan.

·         Mengapa             = menunjukkan penyebutan alas an atau sebabdalamsuatucerita

·         Bagaimana          = menunjukka nketerangan cara atau proses, penjelasanciri- ciri, atau penjelasan  karakter tokoh

·         Berapa                  = menunjukkan jumlah atau banyak benda 

Pembelajaran   : 2

Muatan pelajaran

Dalam kehidupan sehari hari kita  harus menjaga kebersihan  lingkungan dan juga menjaga kebersihan badan kita .Manfaat menjaga kebersihan salah satunya yaitu agar tubuh  kita sehat.

Organ pernapasan kita harus kita jaga dengan cara menghindari asap rokok,kendaraan bermotor, dan debu serta selalu menjaga kebersihan tubuh dan pakaian kita dengan cara sering mencuci tangan dan mandi minimal 2 kali dalam 1 hari.Pencemaran udara sangat berbahaya untuk kesehatan organ pernapasan kita

Penghijauan merupakan  upaya untuk melestarikan  linkungan dan berguna bagi kebersihan dan kesejukan udara d isekitarnya.

Gambar di atas adalah contoh poster penghijauan. Sebagai penerus bangsa mari kita sama- sama melestarikan penghijauan dimulai  dari  lingkungan rumah kita.

 

Materi SBdP

Properti dalam tari

Properti tari adalah segala kelengkapan  dan peralatan yang digunakan ketika pertunjukan tari.Properti tari merupakan salah satu unsur pelengkap dalsam sebuah tarian.Dengan menggunakan properti penari dapat menyampaikan ide dan makna gerakan dalam tariannya agar mudah dipahami oleh penonton.

Properti tari juga berfungsi sebagai pelengkap busana tari,membantu menghidupkan karakter tokoh yang dibawakan,dan dapat memberi nilai tambahkeindahan dalam tarian.

Hampir semua tarian nusantara menggunakan properti tari,contohnya selendang yang sering digunakan pada tari dari Betawi dan tari dari Minangkabau.Properti tari dapat bermacam-macam jenisnya,ada yang dalam bentuk senjata,topeng,piring,topi,tongkat,lilin,payung dll.

TUGAS

👉 

1. Tempat pertukanan oksigen dan karbondioksida adalah … .

2. Influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh … .

3. Kata Tanya kapan menanyakan … .

4. Buatlah satu kalimat menggunakan kata Tanya “ bagaimana” yang berhubungan dengan pernafasan mahluk hidup!

5. Busana tari yang dipakai penari harus sesuai dengan… .

SELAMAT BELAJAR


0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design