Wednesday, February 28, 2024

TEMA 7 SUB TEMA 3 PB 3 DAN 4

 Rabu,28 Februari 

Kelas : VC

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Rabu yang ceria ini ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat dalam menjalankan .Kemarin kita sudah mempelajari  Tema 7 sub 3 pb 1dan 2,hari ini kita akan melanjutkan materi Tema 7 Sub Tema 3 PB 3 dan 4  Seperti biasa,  pastikan ananda sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah,setelah itu silahkan ananda menbaca dan menyimak materi 

 

 

Pembelajaran ke-      : 3 dan 4

Muatan Terpadu       : PPKn ( KD 3. 3, 4.3), Bahasa Indonesia (KD 3.9, 4. 9), IPS (KD 3. 4, 4.4)

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     1.  Setelah membaca materi ada di blog guru, peserta didik dapat mengetahui peristiwa lahirnya Pancasila dengan penuh tanggung jawab.

2.   2. membaca materi ada di blog guru, peserta didik dapat mengenal nilai-nilai luhur Pancasila     yang berkembang di masyarakat dengan penuh kepedulian.

 

IPS (KD 3. 4, 4. 4)

Sejarah Lahirnya Pancasila

Sejarah Singkat Lahirnya Hari Pancasila Sampai Ditetapkan Menjadi Dasar Negara

 

Lambang negara pemersatu bangsa!

Hari Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni di setiap tahunnya.Pancasila merupakan dasar ideologi-ideologi negara Indonesia.Pancasila sangat penting bagi bangsa Indonesia karena berperan sebagai pemersatu bangsa.Pancasila juga membimbing para pejuang mencapai Indonesia berdaulat.

Oleh karena itu sebagai warga negara yang baik, sebaiknya kita memahami latar belakang terbentuknya Pancasila.Berikut ini Jakmall.com telah merangkum sejarah singkat lahirnya Pancasila.

1. Bermula dari Pidato Ir. Soekarno yang menyampaikan gagasan mengenai dasar negara

 

 

Pada tanggal 29 Mei Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mengadakan rapat dengan tema dasar negara.Sayangnya, hingga beberapa hari rapat berlangsung belum bisa menemukan titik terang mengenai dasar negara.

 

Ir. Soekarno diberikan kesempatan memberikan pidato pada tanggal 1 Juni 1945.Dalam pidatonya tersebut beliau menyampaikan gagasan mengenai dasar negara Indonesia dengan sebutan Pancasila.Mendengar pidato yang disampaikan, BPUPKI memutuskan untuk membentuk panitia kecil guna menyusun dasar negara dengan pedoman pidato yang disampaikan oleh Ir. Soekarno.

 

2. Terbentuknya Panitia 9 diketuai oleh Ir. Soekarno

 

Melalui diskusi antara panitia kecil dan BPUPKI, terbentuklah panitia 9 yang terdiri dari Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokrosoejoso, Abdul Kahar Muzakir, Agus Salim, Achmad Soebardjo, Mr. AA Maramis, Wahid Hasjim, dan Mohammad Yamin. Panitia 9 merumuskan naskah Rancangan Pembukaan UUD dan menjadikannya teks untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.Pada 18 Agustus 1945 (sidang PPKI 1) rumusan Pancasila tersebut dinyatakan sah sebagai dasar negara Indonesia.

 

3. Hari Pancasila ditetapkan sebagai hari libur nasional

 

Pada kata pengantar teks yang telah dibukukan, Dr. Radjiman Wedyodiningrat menyebutkan jika momen pidato Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni berisi lahirnya Pancasila.Pada tahun 1970, pemerintah orde baru melalui kopkamtib melarang peringatan Hari Lahir Pancasila.Aturan ini terbentuk disebut-sebut adalah upaya pemerintah untuk menyingkirkan Bung Karno dari ingatan rakyat dan sejarah Indonesia.Kemudian pada Mei 1978 tepatnya 1 Juni, Hari Pancasila kembali diperbolehkan untuk diperingati. 

Hingga akhirnya terdapat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo (Jokowi).Sehingga Hari Lahir Pancasila ditetapkan sebagai hari libur nasional mulai tahun 2017.

 

PPKn (KD 3. 4, 4. 4)

 

Nilai Nilai Luhur Pancasila yang Berkembang di Masyarakat

Nilai-nilai yang terkadung dalam Pancasila sangat penting dalam membangun persatuan dan kesatuan sebagai satu bangsa.Pancasilah sebagai pandangan hidup mengandung nilai luhur yang ada, tumbuh, dan berkembang bersama bangsa Indonesai sejak sedia kala.

Nilai-nilai pancasila sebagai pandangan hidup merupakan ukuran bagi baik buruknya, benar salahnya sikap warga negara Indonesia secara nasional.Pancasila merupakan tolok ukur, penyaring atau alat penimbang bagi semua nilai yang ada. Pancasila mempunyai kedudukan dan kebenaran tertinggi dibanding nilai-nilai yang lain.

Pancasila adalah pedoman hidup sehari-hari, dimana hidup itu dilaksanakan dengan dan dalam aneka perbuatan.Maka sesuatu yang menjadi pedoman hidup harus merupakan pedoman perbuatan sehari-hari.Hidup manusia itu kesatuan, tetapi dilakukan dalam dan banyak perbuatan.Hidup itu perse kesatuan atau integrasi.

Pancasila sebagai way of life bangsa Indonesia di dalamnya terkadung nilai humanisme yang religious dan sosialistis. Humanisme berarti melihat manusia sebagai mahkluk yang mempunyai struktur sendiri dalam dunia ini makanya harus menuju ke situ dan cara hidup yang sesuai dengan struktur tersebut. Bertindak di luar itu disebut inhuman.

Humanisme menuntut penyempurnaan manusia dalam hidup agar berkembang, berkebudayaan, dan bisa menikmati kehidupan secara layak.Humanisme pun bisa bersifat a-religius, tanpa keagamaan.Dalam hal ini memungkiri soal ketuhanan.Maka perlu menginternalisasi kembali makna sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa.Kita semua percaya, Tuhan adalah asal dan tujuan semua umat manusia.Segala sesuatu tertuju kepadaNya.

Perikemanusiaan merupakan persaudaraan dari seluruh bangsa manusia di seluruh dunia berdasarkan human nature.Maka silah kedua Pancasila, perikemanusiaan sering disebut internasionalisme, cita-cita keluarga besar yang meliputi seluruh bangsa manusia.

Perikemanusiaan juga berarti membangun kebudayaan bersama, membangun “rumah” bersama untuk seluruh keluarga di dunia.Perikemanusiaan adalah cinta kasih kepada sesama berdasarkan kesatuan keluarga itu. Ketiga arti perikemanusiaan ini berkaiatan satu sama lain, tak terpisahkan 

Tetapi bagi Negara Pancasila, yang pandangannya begitu luas dan mendalam harus ada perhitungan lain. Pandangan Pancasila adalah berdasarkan human nature yang menuntut kesatuan itu.Kewajiban kita adalah ikut serta menyempurnakan kesatuan itu dari dalam.Inilah tugas berat kita sebagai warga Negara, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Dengan berani mencantumkan nilai Kemanusiaan ini sebagai sila kedua Pancasila berarti kita sebagai bangsa Indonesia sanggup melakukan tugas mulia itu.Itu berarti Negara kita bersikap terbuka.Negara kita pun sanggup menerima berbagai perbedaan dan berbagai identitas bangsa. Yang ada pada level nasional kita alihkan ke level internasional. Jadi demi sila Perikemanusiaan kita harus mempunyai orientasi mondial dalam penegakan human dignity.

 

👉Sila ketiga Pancasila mengharapkan kita untuk selalu bersatu sebagai satu bangsa dan tanah air.Negara ini dibangun di atas aneka perbedaan, suku, agama, ras, dan golongan. Maka sebagai warga Negara yang baik, kita harus saling menghargai, membangun solidaritas dan soliditas satu sama lain.

👉Sila keempat, ingin menunjukkan bahwa untuk mencapai suatu kesepakatan, perlu berdiskusi, berdialog bersama secara bijaksana, saling mendengarkan dan menghargai perbedaan pendapat menuju suatu kesepakatan bersama.

👉Sila kelima mengandung tujuan bangsa Indonesia adalah terciptanya keadilan social bagi seluruh warga Indonesia.Itu mengandaikan tidak ada yang dominan, otoriter dalam aneka bidang kehidupan.

Karena setiap orang punya harkat dan martabat yang sama, tidak ada yang lebih juga tidak ada yang kurang. Jadi sekali lagi, saling menghargai dan menghormati itu suatu keharusan.

Sejatinya nilai paling mendasar yang terkandung dalam Pancasila adalah keluhuran martabat manusia, yakni kemanusiaan yang adil dan beradab.Karena selama ini kemanusiaan kita belum mendapat perlakuan yang semestinya secara adil dan beradab.

Secara singkat nilai-nilai luhur yang diperjuangkan dalam Pancasila yakni nilai religiositas, kemanusiaan, demokrasi dan keadilan sosial yang menyangkut hidup bangsa 

Nilai-nilai tersebut memotivasi setiap kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan pemerintah, tanpa menyisipkan kepentingan sekretarian apa pun yang bertentangan dengan cita-cita luhur pendiri NKRI. Pancasila dulu kini dan nanti. Merdeka!

💥Bahasa Indonesia (KD 3.9, 4.9)

 *Pengertian Surat Pribadi & Surat Dinas*

💧Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tertulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain.

 💧Surat dinas adalah surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal. Ditulis oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga.

*Fungsi Surat Pribadi & Surat Dinas*

 Berikut ini merupakan fungsi dari surat dinas dan surat pribadi: 

1. Sebagai pedoman pekerjaan, seperti surat instruksi, surat pemberian izin atau pun surat pengambilan keputusan

2. Alat pengingat, karena surat ini dapat dijadikan arsip bagi instansi

3. Bukti perkembangan suatu instansi atau lemb

4. Sebagai alat bukti, terutama surat perjanjian


Jenis Surat dinas

1. Surat Panggilan Kerja: Surat resmi yang bertujuan untuk memanggil seorang calon pegawai untuk melakukan wawancara, pengujian, dan keperluan lainnya terkait panggilan kerja.

2. Surat Perintah Perjalanan Dinas: Surat resmi yang dikeluarkan oleh suatu instansi/ lembaga kepada pejabat tertentu untuk melakukan perjalanan dinas. Umumnya perjalanan dinas dilengkapi dengan fasilitas pembiayaan perjalanan dan fasilitas lainnya.

3. Surat Perjanjian Kerja: Surat resmi yang berisi kesepakatan untuk bekerja pada suatu perusahaan yang dilakukan dan ditandatangani oleh calon pekerja dan pihak perusahaan. Surat ini umumnya dilengkapi dengan ketentuan yang mengatur hubungan kerja antara perusahaan dan karyawan. 

Ciri-ciri Surat Pribadi dan Dinas 

Adapun ciri dari surat dinas, yang diantaranya sebagai berikut: 

  1.  Kop surat dan nama instansi atau pun lembaga

 2. Nomer surat dan lampiran.

 3. Salam pembuka maupun salam penutup.

 4. Menggunakan bahasa resmi, karena surat dinas merupakan surat resmi.

 5. Stempel instansi atau lembaga pada surat

Ciri Penggunaan Bahasa pada Surat Pribadi

  1.  Pilihan kata sapaan bersifat pribadi (kata emosi dan ekspresif)

  2.   Bahasa surat pribadi tidak formal tetapi santun

  3.   Pilihan ragam bahasa tergantung siapa penerima surat

  4. Menggunakan sapaan (seperti orang bercakap)

  5.  Menggunakan kata ganti orang pertama (untuk pengirim) dan kata ganti orang kedua untuk  penerima

 

 

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

TEMA 8 SUB TEMA 3 PB 5 DAN 6

 Selasa,30 April 2024 Kelas : VC بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه   Anak sholeh dan ...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design