Tuesday, October 22, 2024

IPAS DAN P5

  Rabu,23 Oktober 2024

Kelas : VC


Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Selasa  yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat ,kemarin kita sudah belajar materi penjumlahan pecahan desimal pada hari ini kita akan alhamdulillah ananda semua bersemangat dalam proses pembelajarannya hari ini kita akan melanjutkan materi IPAS 

Seperti biasa sebelum belajar kita  melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus 


🌼 EKOSISTEM 🌼
 

Keseimbangan ekosistem 

 Tujuan Pembelajaran: Keseimbangan Ekosistem

1. Pengetahuan: Siswa dapat menjelaskan pengertian ekosistem dan faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangannya.

2. Keterampilan: Siswa dapat mengidentifikasi komponen ekosistem dan menggambarkan hubungan antar komponen tersebut.

3. Sikap: Siswa dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan dan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem.

Metode Pembelajaran

1. Ceramah: Menjelaskan konsep ekosistem dan keseimbangannya.

2. Diskusi: Mengajak siswa berdiskusi tentang contoh keseimbangan ekosistem di sekitar mereka.

3. Praktik Lapangan: Mengobservasi ekosistem di lingkungan sekitar, seperti taman atau kebun.

4. Presentasi: Siswa mempresentasikan hasil observasi atau penelitian tentang ekosistem.

Media Pembelajaran

1. Presentasi PowerPoint: Menampilkan informasi dan gambar mengenai ekosistem.

2. Video Edukasi: Menampilkan dokumentasi tentang keseimbangan ekosistem dan dampak kerusakan lingkungan.

3. Poster: Membuat poster tentang komponen ekosistem dan interaksinya.

4. Model: Menggunakan model ekosistem (misalnya, diorama) untuk menggambarkan keseimbangan antar komponen.

Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa dapat memahami pentingnya keseimbangan ekosistem dan bagaimana menjaga lingkungan.

Materi ekosistem 

Materi: Keseimbangan Ekosistem

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk oleh interaksi antara makhluk hidup (biotik) dan komponen tidak hidup (abiotik) di lingkungan tertentu. Contoh ekosistem meliputi hutan, danau, laut, dan padang rumput.

Komponen Ekosistem

1. Komponen Biotik**: Semua makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme.

2. Komponen Abiotik**: Elemen non-hidup yang mempengaruhi kehidupan, seperti air, tanah, udara, dan cahaya matahari.

 Keseimbangan Ekosistem

Keseimbangan ekosistem terjadi ketika semua komponen biotik dan abiotik berfungsi dengan baik dan saling mendukung. Keseimbangan ini penting untuk menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup dan keberlangsungan fungsi ekosistem.

 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keseimbangan Ekosistem

1. **Suhu**: Suhu yang ekstrem dapat mempengaruhi aktivitas kehidupan dan distribusi spesies.

2. Air: Ketersediaan air yang cukup mendukung pertumbuhan tumbuhan dan kehidupan hewan.

3. Cahaya Matahari**: Cahaya matahari penting untuk fotosintesis dan keberlangsungan hidup tumbuhan.

4. Interaksi antar Spesies**: Hubungan antara predator dan mangsa, serta simbiosis antara spesies, mempengaruhi keseimbangan.

 Dampak Gangguan terhadap Keseimbangan

1. **Penebangan Hutan**: Mengurangi habitat dan mengganggu rantai makanan.

2. **Pencemaran**: Merusak kualitas air dan udara, mempengaruhi kesehatan makhluk hidup.

3. Perubahan Iklim: Mengubah kondisi lingkungan dan mempengaruhi pola hidup spesies.

 Upaya Menjaga Keseimbangan Ekosistem

1. **Konservasi**: Melestarikan habitat alami dan melindungi spesies terancam punah.

2. Reboisasi: Menanam kembali pohon di area yang telah ditebang.

3. Pengelolaan Sumber Daya Alam**: Menggunakan sumber daya alam secara berkelanjutan.

4. Edukasi Lingkungan: Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem.

Kesimpulan

Keseimbangan ekosistem sangat penting untuk kelangsungan hidup semua makhluk hidup di Bumi. Dengan memahami komponen dan faktor yang mempengaruhi keseimbangan ini, kita dapat berkontribusi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan kita.

Poster 


🌷P5 🌷

Aktivitas P5  

Kegiatan P5 pada hari ini Penilaian Formatif P5 

 

 

 

                                                

 

 

 

                                                SELAMAT BELAJAR

 Refleksi /Kesimpulan : Alhamdulillah pada kegiatan Assasmen Formatif P5 sebagian besar peserta didik bisa mengerjakan soal yang diberikan .

Berikut Dokumentasi kegiatanya :












4 comments:

Aprillia said...

Terimakasih bu santhi atas pembelajarannya

Shenta Cahya Anggraini said...

Terima kasih bu santi atas pembelajaran nya

Hafiza said...

Terima kasih atas pembelajarannya ibu Santi 🙏🏻

Tusriyah said...

Terima kasih bu atas pembelajarannya🙏

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

 Friday,15 November 2024 Kelas : VC   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholih dan sholiha kelas VC,bagaimana kaba...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu