Sunday, October 06, 2024

MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

 Senin,7 Oktober 2024

Kelas : VC

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat dalam menjalankan kegiatan pada hari ini  kita akan belajar Materi Matematika dan Pembahasa soal-soal  Bahasa Indonesia

Seperti biasa,kita akan melaksanakan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus


🌼 MATEMATIKA🌼

 

 Pecahan Campuran 

Tujuan Pembelajaran :Peserta didik melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran


Model belajar :Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL)

 

Alat Peraga /Sumber belajarr :gambar, video Pembelajaran pecahan campuran

Pecahan Campuran adalah bentuk pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Misalnya, 2 1/2 adalah pecahan campuran, di mana 2 adalah bilangan bulat dan 1/2 adalah pecahan biasa.

Mengapa Kita Perlu Mengubahnya?

Sebelum melakukan penjumlahan atau pengurangan, biasanya kita mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Ini memudahkan kita dalam melakukan operasi hitung.

Cara Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa:

  1. Kalikan bilangan bulat dengan penyebut pecahan.
  2. Tambahkan hasil perkalian dengan pembilang pecahan.
  3. Hasil penjumlahan menjadi pembilang pecahan biasa.
  4. Penyebut tetap sama.

Contoh: Ubah 2 1/2 menjadi pecahan biasa.

  • (2 x 2) + 1 = 5
  • Jadi, 2 1/2 = 5/2

Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran:

  1. Ubah semua pecahan campuran menjadi pecahan biasa.
  2. Samakan penyebut jika berbeda.
  3. Jumlahkan atau kurangkan pembilang.
  4. Penyebut tetap sama.
  5. Ubah kembali hasilnya ke pecahan campuran (jika perlu).

Contoh: Hitung 2 1/2 + 1 3/4

  • Ubah menjadi pecahan biasa: 5/2 + 7/4
  • Samakan penyebut: (5/2 x 2/2) + 7/4 = 10/4 + 7/4
  • Jumlahkan: 10/4 + 7/4 = 17/4
  • Ubah ke pecahan campuran: 17/4 = 4 1/4

Jadi, 2 1/2 + 1 3/4 = 4 1/4

Tips:

  • Latihan: Semakin banyak berlatih, semakin mahir kamu.
  • Visualisasi: Kamu bisa menggunakan gambar atau benda untuk membantu memahami konsep.
  • Perhatikan tanda: Jangan lupa tanda positif dan negatif saat mengoperasikan bilangan. 
 Berikut beberapa  contoh soal penjumlahan pecahan campuran beserta pembahasannya:                     
 
Contoh 1:
  • Hitunglah: 3 ½ + 2 ¼

  • Langkah 1: Ubah ke pecahan biasa
    • 3 ½ = (3 x 2 + 1) / 2 = 7/2
    • 2 ¼ = (2 x 4 + 1) / 4 = 9/4
  • Langkah 2: Samakan penyebut (cari KPK dari 2 dan 4)
    • KPK dari 2 dan 4 adalah 4
    • 7/2 = (7 x 2) / (2 x 2) = 14/4
  • Langkah 3: Jumlahkan pembilang
    • 14/4 + 9/4 = 23/4
  • Langkah 4: Ubah kembali ke pecahan campuran
    • 23/4 = 5 ¾

Jadi, 3 ½ + 2 ¼ = 5 ¾

Contoh 2:

Hitunglah: 1 ⅔ + 2 ⅕

  • Langkah 1: Ubah ke pecahan biasa
    • 1 ⅔ = (1 x 3 + 2) / 3 = 5/3
    • 2 ⅕ = (2 x 5 + 1) / 5 = 11/5
  • Langkah 2: Samakan penyebut (cari KPK dari 3 dan 5)
    • KPK dari 3 dan 5 adalah 15
    • 5/3 = (5 x 5) / (3 x 5) = 25/15
    • 11/5 = (11 x 3) / (5 x 3) = 33/15
  • Langkah 3: Jumlahkan pembilang
    • 25/15 + 33/15 = 58/15
  • Langkah 4: Ubah kembali ke pecahan campuran
    • 58/15 = 3 13/15

Jadi, 1 ⅔ + 2 ⅕ = 3 13/15

Contoh 3: Soal Cerita

Budi memiliki 2 ½ kg apel. Ia membeli lagi 1 ¾ kg apel. Berapa kg apel yang dimiliki Budi sekarang?

  • Penyelesaian:
    • Kita jumlahkan kedua berat apel: 2 ½ kg + 1 ¾ kg
    • Dengan cara yang sama seperti contoh sebelumnya, kita dapatkan hasil: 2 ½ kg + 1 ¾ kg = 4 ¼ kg

Jadi, Budi sekarang memiliki 4 ¼ kg apel.

Ingin mencoba soal lain? Kamu bisa buat soal sendiri dengan mengganti bilangan bulat dan pecahannya. Atau, kamu bisa mencari soal-soal latihan di buku pelajaran atau internet.

Tips:

  • Latihan terus-menerus: Semakin sering berlatih, semakin mahir kamu.
  • Pahami konsep: Pastikan kamu memahami konsep mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa dan mencari KPK.
  • Periksa kembali jawaban: Setelah mendapatkan hasil, periksa kembali perhitunganmu. 

Ingin mencoba soal lain? Atau ada bagian yang belum jelas? Jangan ragu untuk bertanya!

Materi Tambahan yang Mungkin Bermanfaat:

  • Video Tutorial: Banyak video di YouTube yang menjelaskan dengan lebih visual. Coba cari dengan kata kunci "penjumlahan pecahan campuran" atau "pengurangan pecahan campuran".
  • Soal Latihan: Cari buku atau website yang menyediakan soal-soal latihan untuk mengasah kemampuanmu.

Semoga penjelasan ini bermanfaat!


🌼 BAHASA INDONESIA 🌼

 

Pembahasa soal- soal persiapan STS 

 

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Perhatikan teks berikut ini !
Leon sangatlah manja. Hampir tiap malam, Leon tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperti orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.
Kata sifat yang terdapat di dalam cuplikan di atas adalah …
a. malam
b. sangat
c. manja
d. selalu

2. Ruang kelas kami luas. Antonim kata luas adalah ….
a. sempit
b. lebar
c. besar
d. lapang

3. Pasangan kata berikut ini yang merupakan sinonim adalah ....
a. jujur - dusta
b. higienis - kotor
c. dekil - kumal
d. tajam - tumpul

4. Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di NTB. Pantai Senggigi sangat mempesona. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga menawan.
Penggunaan kata bersinonim terdapat pada kalimat ….
a. pertama dan kedua
b. ketiga dan keempat
c. kedua dan keempat
d. kedua dan kelima

5. Pembeli yang datang ke kios hari ini cukup ramai.
Arti kata berimbuhan yang digarisbawahi sama dengan arti kata pada kalimat ....
a. Tim pencari masih belum menemukan para pendaki gunung yang tersasar.
b. Sungguh, kau adalah orang yang pemaaf.
c. Perhari, dia mampu menjual seratus potong daging ayam.
d. Ayahnya seorang pedagang yang cukup tersohor di kampungnya.

6. Kunyit sering digunakan sebagai pewarna makanan alami.
Makna dari awalan pe- pada kalimat di atas adalah ....
a. profesi
b. penyebab
c. satuan hitung
d. menyatakan sifat

7. Pasangan kata berimbuhan berikut ini memiliki makna sama adalah ....
a. pengeras - pelupa
b. pengukur - pembimbing
c. penari - pelaut
d. penyabar - penghapus

8. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini !
(1) Linda membaca buku kemudian menulis ringkasan dari buku tersebut.
(2) Dito anak yang rajin sedangkan Dino pemalas.
(3) Refa suka menonton televisi hingga tengah malam akibatnya dia sering terlambat bangun pagi.
(4) Budi memiliki banyak teman karena ia suka menolong.
Kalimat majemuk setara sebab akibat ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)

9. Kalimat berikut ini yang merupakan kalimat majemuk setara berlawanan adalah ....
a. Petugas kebersihan sudah sibuk membersihkan saluran air sebelum memasuki musim hujan.
b. Anita sangat menyukai warna putih sedangkan Inara lebih menyukai warna merah.
c. Rino tidak hadir di acara perpisahan sekolah karena Rino sakit.
d. Ibu pergi berbelanja dan ayah berangkat bekerja.

10. Perhatikan teks berikut ini !
Grojogan Sewu adalah adalah salah satu objek wisata air terjun alami di Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah. Dari pintu masuk, kita harus menuruni seribuan anak tangga untuk menuju air terjun. Saat perjalanan menuruni tangga, kita disuguhkan pemandangan yang cukup asri. Banyak monyet yang bergelantungan di dahan pohon. Ada juga yang duduk atau berlarian di sekitar anak tangga.
Isi yang terkandung dalam paragraf deskripsi di atas adalah ….
a. Gambaran perjalanan menuju air terjun Grojogan Sewu
b. Gambaran air terjun Grojogan Sewu
c. Gambaran objek wisata di Jawa Tengah
d. Gambaran wahana di Grojogan Sewu

11. Paragraf berikut yang merupakan paragraf deskripsi adalah ….
a. Ronaldo mengajak Messi bermain bola. Messi menyanggupinya. Mereka pun mencari teman-teman yang lain untuk diajak bermain bola. Namun, ternyata teman-teman lainnya tidak mau. Ronaldo dan Messi gagal untuk bermain bola.
b. Harimau sudah siap menerkam Kancil. Namun, Kancil menghentikannya. Ia merayu Harimau
agar tidak memakannya. Kancil justru menawarkan kepada Harimau untuk melihat Gong Sulaiman. Harimau pun tertarik.
c. Metamorfosis adalah tahap perubahan makhluk hidup. Metamorfosis dibagi menjadi dua, yaitu sempurna dan tidak sempurna. Contoh metamorfosis sempurna adalah tahap perubahan pada kupu-kupu, nyamuk, lalat dan lain-lain. Sementara itu, contoh metamorfosis tidak sempurna adalah jangkrik, belalang, lipas, dan lain-lain.
d. Panggung dengan ukuran yang sangat luas berdiri di tepi sebuah lapangan. Para penonton sudah tumpah ruah memenuhi lapangan. Namun, suasana panggung masih gelap. Ratusan lampu penerang belum juga dinyalakan. Dari tengah lapangan para penonton memanggil sebuah nama penyanyi yang akan tampil dalam konser di lapangan itu.

12. Pasangan kata berikut ini merupakan sinonim adalah ….
a. kejam - keji
b. tanya - jawab
c. kawan - lawan
d. tua - muda

13. Memberi uang kepada anak-anak yang suka meminta-minta di lampu merah sama halnya mendidik mereka menjadi pemalas.
Makna dari awalan pe- pada kalimat di atas adalah ....
a. profesi
b. penyebab
c. satuan hitung
d. menyatakan sifat

14. Kata berimbuhan pe- berikut ini yang memiliki makna sama adalah ....
a. pemaaf - pendaki
b. pembeli - perhari
c. pedagang - penyiar
d. penggiling - penari

15. Kalimat berikut ini merupakan kalimat majemuk setara sejalan adalah ....
a. Ketua panitia sudah menunggu di halte kedatangan sebelum rombongan pariwisata tiba.
b. Ibu guru menasehatinya berkali-kali namun sedikitpun tak dihiraukannya
c. Aldi tidak hadir di acara perpisahan sekolah, karena Aldi sakit
d. Banjir dan longsor terjadi di mana-mana akibatnya beberapa desa terisolir

16. Pernyataan berikut yang merupakan ciri teks deskripsi adalah ....
a. bersifat menceritakan
b. mengandung bukti atau kebenaran
c. menggunakan contoh dan fakta
d. melibatkan kesan indra

17. Bacalah kutipan teks deskripsi ini dengan cermat!
Ayahku bernama Abu Salman. Ayahku berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.
Panca indra yang terlibat dalam teks di atas adalah indra ....
a. penglihatan 
b. pendengaran 
c. pembau
d. peraba

18. Bacalah puisi berikut ini!
Saat dedaunan mulai memanggilmu
Tersenyum manis kala bersentuhan dengan alam
Yang tak akan bosan menyapamu
Awan pun akan menangis merindukan hadirmu, ibu
Majas yang terkandung dalam puisi di atas adalah ....
a. hiperbola
b. personifikasi
c. metafora
d. metonimia

19. Pak Tani merupakan salah satu tokoh dalam sebuah cerita rakyat. Pak Tani banyak hadir dan sering diceritakan dalam setiap kejadian dalam cerita. Bisa disimpulkan bahwa Pak Taní adalah tokoh ....
a. tambahan
b. utama
c. pembantu
d. antagonis

20. Dalam sebuah teks, Dion diceritakan sebagai sosok yang sombong dan jahat. Dion dalam hal ini berperan sebagai tokoh ....
a. protagonis
b. antagonis
c. tritagonis
d. figuran.

21. Kalimat berikut yang mengandung majas metafora adalah ….
a. Air matanya menganak sungai melihat anak ayamnya dimakan kucing.
b. Lihatlah tarian ombak yang sangat indah di sana!
c. Suaranya sangat merdu hingga para penontonnya menutup telinganya.
d. Dia belum mampu melupakan peristiwa si jago merah menghanguskan tokonya.

22. Berikut ini merupakan kalimat dengan majas hiperbola adalah ….
a. Siswa yang rajin ke perpustakaan sering dijuluki kutu buku.
b. Bagus merupakan bintang kelas di kelasnya.
c. Ombak menari-nari di tepian pantai.
d. Kini tubuhnya tinggal kulit dan tulang saja.

23. Perhatikan kutipan kalimat dalam cerpen berikut !
"Angkat barang itu," perintahnya, "dan bawa masuk!"
Kalimat tidak langsung dari kalimat tersebut adalah ....
a. Aku memerintahkan agar saya mengangkat dan membawa masuk barang itu.
b. Aku memerintahkan agar dia mengangkat dan membawa masuk barang itu.
c. Dia memerintahkan agar saya mengangkat dan membawa masuk barang itu.
d. Dia memerintahkan agar mengangkat dan membuang barang itu.

24. Perhatikan kalimat tak langsung berikut!
Menurut Pak Gede, latihan tari yang kami laksanakan belum cukup.
Kalimat langsung dari kalimat tersebut adalah ….
a. "Latihan tari yang kita laksanakan belum cukup," kata Pak Gede.
b. "Latihan tari yang kamu laksanakan belum cukup," kata Pak Gede.
c. "Latihan tari yang mereka laksanakan belum cukup," kata Pak Gede.
d. "Latihan tari yang kalian laksanakan belum cukup," kata Pak Gede.

25. Berikut ini yang termasuk contoh teks nonfiksi adalah ....
a. Legenda Gunung Tangkuban Perahu
b. Bawang Merah dan Bawang Putih 
c. Cara Membuat Seblak
d. Malin Kundang

26. Perhatikan bagian-bagian buku berikut ini !
(1) Cover depan.
(2) Daftar isi.
(3) Punggung buku.
(4) Indeks.
Bagian dari cover ditunjukkan oleh nomor ….
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)

27. Perhatikan kutipan cerita berikut ini!
Anjing yang malang itu kini tertidur lelap di kolong jembatan. Tak ada satu pun yang mau berkawan dengannya. Itulah akibat dari kesombongannya selama ini. Dia hanya bisa menyesali sifat buruknya itu.
Amanat yang tepat untuk penggalan cerita di atas adalah ....
a. Jangan tidur di kolong jembatan.
b. Kalau sudah menyesal jangan diulangi lagi.
c. Kita tidak boleh bersikap sombong karena nanti akan merugikan diri sendiri.
d. Jadi anjing itu tidak enak.

Penggalan cerita berikut untuk soal nomor 28 – 30.
Pada siang hari yang cerah, seekor Singa yang sedang berjalan-jalan di hutan tiba-tiba menginjak duri yang kemudian menancap di kakinya. Tidak lama kemudian, seorang Gembala lewat. Si Singa menunduk dan menggoyangkan ekornya perlahan, sambil menunjukkan kakinya yang tertancap duri seakan-akan ingin berkata "Aku mohon, tolonglah aku." Gembala yang pemberani itu lalu mendekat dan memeriksa kakinya. Dia menemukan duri yang menancap itu, lalu mencabutnya dengan hati-hati. Si Singa merasa lega karena duri yang menyakitkan itu sudah hilang. Dia lalu melangkah kembali
ke dalam hutan.

28. Latar waktu pada kutipan cerita tersebut adalah ....
a. pada suatu pagi
b. pada suatu siang yang cerah
c. pada suatu malam yang dingin
d. di tengah malam yang gelap gulita

29. Tokoh dalam penggalan cerita tersebut adalah ....
a. Kura-Kura dan Ayam
b. Belalang dan Semut
c. Singa dan Tikus
d. Singa dan si Penggembala

30. Watak si Penggembala pada cerita tersebut adalah ....
a. jujur
b. baik hati
c. mandiri
d. cengeng

31. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini !
(1) Suaranya menggelegar memekakkan telinga.
(2) Hujan lebat kemarin menghanyutkan beberapa rumah.
(3) Hampir saja jantungnya copot akibat perbuatanku.
(4) Kecantikannya bagaikan malaikat tak bersayap.
Kalimat dengan majas hiperbola ditunjukkan oleh nomor ….
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)

32. Perhatikan puisi berikut ini !
Ombak memecah di tepi pantai
Angin berhembus lemah lembut
Nyiur kelapa melambai-lambai
Di ruang angkasa awan bergelut
Puisi di atas menggunakan gaya bahasa ....
a. hiperbola
b. personifikasi
c. repetisi 
d. metafora

33. Gaya bahasa yang terdapat pada kalimat Bulan mengintip di balik awan terdapat pula pada kalimat ....
a. Apa mungkin orang mati hidup kembali?
b. Ranting-ranting ikut menari.
c. Rupanya anak anda kurang pandai.
d. Kamarmu berantakan seperti kapal pecah.

34. Nenek menanyakan Andi kapan ayahnya akan pulang dari Surabaya.
Bentuk kalimat langsung paling tepat dari contoh kalimat tidak langsung di atas adalah ....
a. Nenek menanyakan Andi, "Kapan ayah akan pulang dari Surabaya?"
b. Nenek bertanya, "Kapan ayahnya akan pulang dari Surabaya?"
c. Nenek bertanya, "Kapan ayahnya Andi akan pulang dari Surabaya?"
d. Nenek bertanya kepada Andi, "Kapan ayahmu akan pulang dari Surabaya?"

35. Aurel sangat gembira dan berlari ke ayahnya sambil berteriak, "Ayah, ayo kita liburan ke pantai sore ini !"
Bentuk tidak langsung yang benar dari kalimat di atas adalah ….
a. Aurel mengajak ayahnya untuk liburan ke pantai besok.
b. Aurel berkata kepada ayahnya dengan gembira bahwa mereka akan liburan.
c. Aurel berteriak kepada ayahnya dengan gembira dan mengajak untuk liburan ke pantai sore ini.
d. Aurel berteriak dan berkata dengan gembira untuk berlibur ke pantai sore ini.

36. "Dapatkah kamu berenang?" tanya Bu Mardiah.
Kalimat tidak langsung dari kalimat tersebut adalah.....
a. Dapatkah kamu berenang? Begitu tanya Bu Mardiah.
b. Bu Mardiah bertanya apakah aku dapat berenang.
c. Dapatkah Bu Mardiah berenang? tanyaku.
d. Bu Mardiah bertanya apakah kamu dapat berenang.

37. Perhatikan contoh judul teks berikut ini!
(1) Manfaat Sawah
(2) Cara Membuat Periskop
(3) Kisah Semut dan Belalang
(4) Raja Purnawarman, Panji Segala Raja
Contoh judul teks nonfiksi ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)

38. Perhatikan gambar berikut ini!

Contoh Soal PTS/STS 1 Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 1

Buku dengan cover seperti gambar termasuk jenis buku ….
a. fiksi
b. nonfiksi
c. ensiklopedia
d. ilmiah

39. Sebuah teks memiliki judul "Pengaruh Penebangan Liar terhadap Kehidupan Hewan". Jika dicermati dengan saksama, teks tersebut termasuk kategori ....
a. fabel
b. novel
c. anekdot
d. teks nonfiksi

40. Bacalah paragraf berikut !
Nadia duduk di dekat jendela besar loteng rumahnya. Ini menjadi tempat kesukaan Nadia ketika bintang-bintang sedang bertebaran di langit dan juga ketika ia sedang merindukan Ibu dan Bapak yang bekerja di kota. Nadia sering mendengar kalau kita mengajukan permintaan saat ada bintang jatuh, maka permintaan itu akan dikabulkan. Nadia yang sudah lama merindukan kedua orang tuanya hanya punya satu permintaan, yaitu diizinkan bertemu dengan Bapak dan Ibu.
Tokoh utama teks bacaan di atas adalah ….
a. Nadia
b. ayah
c. ibu
d. bintang-bintang

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Diana senang sekali berkreasi dengan bahan-bahan tidak terpakai di rumah. Diana pernah membuat tas dari plastik kemasan makanan. Diana juga pernah membuat rumah-rumahan dari kardus bekas. Diana termasuk anak yang ……………………………………………………………….…….
2. Sejak saat itu raja menjadi murung dan nampak selalu sedih, sehingga tidak dapat lagi memerintah dengan baik.
Pasangan kata bersinonim pada kalimat di atas adalah ……………………………………………..………
3. Di daerah kami, buah-buahan impor harganya sangat murah dibandingkan dengan buah
buahan lokal yang harganya sangat mahal.
Pasangan kata yang merupakan antonim adalah …………………………………………………………….
4. Kata dasar buru jika ditambahkan awalan pe- menjadi ……………………………………………………
5. Aku sedang belajar ketika ayah pulang dari kantor.
Konjungsi pada kalimat di atas adalah …………………………………………………………………………
6. Nina mendapatkan ranking 1.
Dia rajin belajar.
Kedua kalimat di atas jika digabungkan menjadi kalimat majemuk setara sebab akibat yang tepat adalah ………………………………………………………………………………………………………………
Teks berikut untuk soal nomor 7 - 8.
Di sebuah hutan, Kancil sedang beristirahat di bawah pohon bambu. Tiba-tiba datanglah Harimau.
Harimau hendak memakan Kancil. Kancil yang cerdik mencoba membohongi Harimau.
7. Peristiwa dalam kutipan dongeng tersebut terjadi di ………………………………………………………
8. Tokoh yang terdapat dalam kutipan dongeng tersebut adalah …………………………………………...
9. Burung-burung bernyanyi begitu merdu.
Majas yang digunakan dalam kalimat di atas adalah …………………………………………………………
10. Aditya bercerita di depan kelas, “Aku ingin menjadi pilot !"
Kalimat di atas jika diubah menjadi kalimat tidak langsung adalah …………………………………………

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Bacalah teks berikut ini !
Pada zaman dahulu, hiduplah seorang anak yang sakti. Kesaktiannya ini membuat seorang penyihir jahat iri. Penyihir jahat menyihir anak itu, sehingga tubuhnya penuh luka dengan bau yang sangat menyengat. Tidak ada yang mau mendekatinya.
Tuliskan kata sifat yang terdapat dalam teks di atas !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..

2. Tuliskan makna awalan pe- pada kalimat berikut ini !
a. Sungguh, kau adalah orang yang pemaaf.
b. Suara penyanyi itu sungguh merdu.
c. Alat pengukur berat badan itu dijual murah.
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..

Teks bacaan berikut untuk nomor 3 dan 4.
Janji raksasa benar terbukti, tujuh hari kemudian, timun itu secara perlahan memperlihatkan
bayi perempuan yang sedang menangis dalamnya. Karena bayi itu diambil dari dalam mentimun
yang berwarna kuning keemasan, maka dinamai Timun Mas.
Suatu ketika, raksasa jahat ingin menyantap Timun Mas. Kebahagiaan wanita itu pun meredup seketika saat raksasa datang ke desa tempat tinggal wanita tua dan Timun Mas.
Raksasa datang untuk menagih janji.

3. Siapa tokoh antagonis dalam cerita Timun Mas?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..

4. Apa pesan moral yang bisa dipetik dari cerita Timun Mas?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..

5. Sebutkan ciri-ciri teks fiksi !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..

Kunci Jawaban Room I

1. c. manja
2. a. sempit
3. c. dekil - kumal
4. d. kedua dan kelima
5. d. Ayahnya seorang pedagang yang cukup tersohor di kampungnya.
6. b. penyebab
7. c. penari - pelaut
8. d. (3) dan (4)
9. b. Anita sangat menyukai warna putih sedangkan Inara lebih menyukai warna merah.
10. b. Gambaran air terjun Grojogan Sewu
11. d. Panggung dengan ukuran yang sangat luas berdiri di tepi sebuah lapangan. Para penonton sudah tumpah ruah memenuhi lapangan. Namun, suasana panggung masih gelap. Ratusan lampu penerang belum juga dinyalakan. Dari tengah lapangan para penonton memanggil sebuah nama penyanyi yang akan tampil dalam konser di lapangan itu.
12. a. kejam - keji
13. d. menyatakan sifat
14. c. pedagang - penyiar
15. a. Ketua panitia sudah menunggu di halte kedatangan sebelum rombongan pariwisata tiba.
16. d. melibatkan kesan indra
17. a. penglihatan 
18. b. personifikasi
19. b. utama
20. b. antagonis
21. d. Dia belum mampu melupakan peristiwa si jago merah menghanguskan tokonya.
22. d. Kini tubuhnya tinggal kulit dan tulang saja.
23. c. Dia memerintahkan agar saya mengangkat dan membawa masuk barang itu.
24. d. "Latihan tari yang kalian laksanakan belum cukup," kata Pak Gede.
25. c. Cara Membuat Seblak
26. b. (1) dan (3)
27. c. Kita tidak boleh bersikap sombong karena nanti akan merugikan diri sendiri.
28. b. pada suatu siang yang cerah
29. d. Singa dan si Penggembala
30. b. baik hati
31. c. (1), (3), dan (4)
32. b. personifikasi
33. b. Ranting-ranting ikut menari.
34. d. Nenek bertanya kepada Andi, "Kapan ayahmu akan pulang dari Surabaya?"
35. c. Aurel berteriak kepada ayahnya dengan gembira dan mengajak untuk liburan ke pantai sore ini.
36. b. Bu Mardiah bertanya apakah aku dapat berenang.
37. b. (1), (2), dan (4)
38. a. fiksi
39. d. teks nonfiksi
40. a. Nadia

Kunci Jawaban Room II

1. kreatif
2. murung - seding
3. murah - mahal
4. pemburu
5. ketika
6. Nina mendapatkan ranking 1 karena dia rajin belajar
7. hutan
8. Kancil dan Harimau
9. personifikasi
10. Aditya bercerita di depan kelas bahwa ia ingin menjadi pilot.

Kunci Jawaban Room III

1. sakti, jahat, iri
2. a. Menyatakan sifat
b. menyatakan profesi
c. menyatakan alat

Teks bacaan berikut untuk nomor 3 dan 4.
Janji raksasa benar terbukti, tujuh hari kemudian, timun itu secara perlahan memperlihatkan
bayi perempuan yang sedang menangis dalamnya. Karena bayi itu diambil dari dalam mentimun
yang berwarna kuning keemasan, maka dinamai Timun Mas.
Suatu ketika, raksasa jahat ingin menyantap Timun Mas. Kebahagiaan wanita itu pun meredup seketika saat raksasa datang ke desa tempat tinggal wanita tua dan Timun Mas.
Raksasa datang untuk menagih janji.

3. Tokoh antagonis dalam cerita Timun Mas adalah raksasa
4. Pesan moral yang bisa dipetik dari cerita Timun Mas adalah kita harus waspada dan berani kepada orang yang memiliki niat jahat kepada kita

5. Ciri-ciri teks fiksi : merupakan cerita rekaan, bertujuan untuk menghibur, disajikan dalam alur cerita, menggunakan bahasa komunikatif, menggunakan bahasa tidak baku, memiliki pesan moral

SELAMAT BELAJAR
Refleksi/Kesimpulan  : Alhamdulillah pada pembelajaran hari ini  pembahasan materi persiapan STS Mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesi peserta didik semangat dan antusias mengikuti pembelajaran.
Berikut Dokumentasi kegiatannya




Terimakasih Kasih

3 comments:

Tusriyah said...

Terima kasih bu atas pembelajarannya

Hafiza said...

Terimakasih ibu Santi 🙏🏻

Shenta Cahya Anggraini said...

Terima kasih bu santi atas pembelajaran nya

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

 Friday,15 November 2024 Kelas : VC   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholih dan sholiha kelas VC,bagaimana kaba...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu