Monday, November 11, 2019

Muatan IPA

RANTAI MAKANAN
Rantai Makanan

Har: Selasa 12 Nopember 2019                                          
Rantai Makanan adalah sebuah proses makan dimakan antar makhluk hidup yang mana di dalamnya ada yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan dekomposer. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup masing – masing makhluk hidup tersebut.
Komponen Dalam Rantai Makanan
Dalam piramida rantai makanan anda akan menemukan kata produsen, konsumen dan dekomposer. Produsen adalah makhluk hidup yang dapat memproduksi makanan sendiri contohnya adalah tumbuhan. Tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri yang dapat digunakan sebagai sumber energi bagi konsumen.
Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Oleh karena itu, untuk mendapatkan energi konsumen bergantung pada produsen atau makhluk lainnya. Konsumen terbagi menjadi tiga bagian, yaitu konsumen primer, konsumen sekunder dan konsumen tersier.
Konsumen primer adalah konsumen pertama yang mana ia mendapat energi langsung dari produsen. Contohnya adalah makhluk hidup yang termasuk herbivora seperti sapi, kerbau, kelinci dan lain – lain.
2. Konsumen sekunder adalah konsumen kedua yang mendapatkan sumber energi atau makanan dari konsumen pertama. Contohnya adalah hewan pemakan daging atau sering disebut sebagai karnivora. Contohnya adalah kucing, anjing, ular dan lain – lain.
3. Konsumen tersier adalah konsumen yang mendapatkan sumber energi dengan memakan konsumen kedua. Contohnya adalah burung elang, alap – alap, harimau, singa dan lain – lain.
Dekomposer adalah organisme yang berperan menguraikan zat organik menjadi zat anorganik. Dekomposer menguraikan bangkai dan tumbuhan yang sudah mati lalu nutrisi yang terdapat di dalamnya akan digunakan oleh produsen atau tumbuhan sebagai sumber nutrisi.
Komponen Rantai makanan, pengertian rantai makanan, contoh rantai makanan di sawah, laut, danau, sungai, hutan, padang rumput, gurun, kebun, kolam, rantai makanan destritus, dll.
Contoh Rantai Makanan Pada Berbagai Macam Habitat
Berikut ini adalah beberapa contoh rantai makanan yang terdapat pada berbagai jenis habitat. Anda dapat mengenalnya lebih dalam beberapa rantai makanan dan makhluk hidup yang berperan di dalamnya:
1. Contoh Rantai Makanan di Sawah
1. Contoh Rantai Makanan di Sawah
Rantai Makanan di Sawah
Ekosistem di sawah adalah termasuk dalam ekosistem buatan dengan keanekaragaman hayati yang rendah. Di sawah banyak terdapat tumbuhan yang di dominasi oleh tanaman padi salah satunya. Oleh karena itu, di sana banyak dijumpai organisme pemakan padi seperti jangkrik, burung emprit dan lain – lain.
Padi merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak di tanam oleh sebagian besar petani. Hal ini dikarenakan padi merupakan makanan pokok di Indonesia. Dalam ekosistem sawah padi berperan sebagai produsen. Selain padi, produsen yang terdapat di sawah antara lain adalah rumput.
Contoh rantai makanan di sawah antara lain adalah sebagai berikut:
1. Padi → Burung → Ular → Elang → Pengurai
2. Rumput → Serangga → Tikus → Ular → Pengurai
3. Padi → Serangga → Katak → Ular→ Elan

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design