Tuesday, November 12, 2019

Muatan SBdP

111111111

Tari TradisionHari :Rabu 13 Nopember 2019
Hari : Rabu,13 November 2019
TARI TRADISIONAL
Tari tradisional adalah suatu tarian yang pada dasarnya berkembang di suatu daerah tertentu yang berpedoman luas dan berpijak pada adaptasi kebiasaan secara turun temurun yang dipeluk/dianut oleh masyarakat yang memiliki tari tersebut.

Dari referensi lainnya disebutkan juga mengenai pengertian tari tradisional.  Tari tradisionaladalah suatu tarian yang berasal dari masyarakat daerah tersebut yang sudah turun temurun dan menjadi budaya masyarakat tersebut.


Berdasarkan koreografinya, tari tradisional dibagi menjadi 3, yaitu:
  1. tari klasik yaitu merupakan tari tradisional yang lahir di lingkungan keraton, hidup dan berkembang sejak zaman feodal, dan diturunkan secara turun temurun di kalangan bangsawan.Tari klasik ini pada umumnya memiliki beberapa ciri khas antara lain :
    Berpedoman pada pakem tertentu (ada standarisasi)                                                    
             *    Memiliki nilai estetis yang tinggi dan              makna yang dalam                                          *    Disajikan dalam penampilan y   ang                serba mewah mulai dari gerak, riasan,            hingga kostum yang dikenakan. 
Contoh tari klasik: 
Contoh tari klasik Bedhaya Babar Layar - Gambar : http://budaya-indonesia.org
  1. Tari Rakyat yaitu merupakan jenis tari tradisional yang lahir dari kebudayaan masyarakat lokal, hidup dan berkembang sejak zaman primitif, dan diturunkan secara turun temurun sampai sekarang.

    Tari rakyat atau juga dikenal dengan sebutan tari folklasik umumnya memiliki beberapa ciri khas yang merupakan kebalikan dari tari klasik, yaitu antara lain
    • Kental dengan nuansa sosial
    • Merujuk pada adat dan kebiasaan masyarakat
    • Memiliki gerak, rias, dan kostum yang sederhana.  
  2.  Tari Kreasi Baru yaitu merupakan tari klasik yang diaransemen dan dikembangkan sesuai perkembangan zaman, namun tetap mempertahankan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Tari kreasi baru umumnya diciptakan oleh para pakar

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design