Monday, November 25, 2019

Muatan IPA

Hari : Selasa, 26 November 2019

Kegiatan Manusia yangenggangu Ekosistem
1.Penggunaan Bahan Kimia
    Sekarang ini banyak kegiatan manusia yang menggunakan bahan kimia
Misalnya :para petani sudah banyak menggunakan Urea,ZN,dan NPK untuk meningkatkan haail pertanian .
Adapun contoh pupuk alami yaitu : Pupuk kandang dan pupuk kompos
2. Penebangan Hutan 
    Jika penebangan hutan dilakukan secara besar-besaran tanpa terkendali, terjadilah hutan gundul. Hutan gundul dapat menyebabkan banjir, erosi, dan tanah longsor. Akibat yang lebih merugikan lagi adalah punahnya beberapa jenis makhluk hidup yang ada di hutan.Oleh karena itu, harus ada keseimbangan antara penebangan hutan dan penanaman hutan kembali.

3. Pemburuan Liar

    
    Sebagian manusia ada yang gemar berburu.Mereka berburu hewan dengan ada tujuan tertentu. Perburuan liar dapat menyebabkan hewan menjadi punah. Akibatnya keseimbangan ekosistem menjadi terganggu.

4. Penggunaan Kendaraan Bermotor


    Bahan bakar dibutuhkan untuk menjalankan kendaraan bermotor. Bahan bakar dapat berupa bensin dan solar. Pembakaran bahan bakar menyebabkan polusi udara. Pembakaran tersebut menghasilkan gas karbon diokasida. Akibatnya, jumlah karbon dioksida semakin banyak. Bumi pun menjadi makin panas. Kondisi itu menyebabkan beberapa makhluk hidup kesulitan untuk menyesuaikan diri.Keseimbangan lingkungan menjadi terganggu.


5. Pengeboran Minyak Bumi


    Pengeboran minyak bumi dapat merusakan lingkungan, terutama di laut. Pencemaran akan makin parah jika selama prose pengeboran dan pengankutan terjadi kebocoran. Kebocoran itu membuat laut menjadi tercemar.


6. Perusakan Terumbu Karang


    Terumbu karang memiliki bentuk dan warna yang indah. Itulah sebabnya, ad sebagian orang mengambil terumbu karang untuk dijadian hiasan. Akibatnya ikan-ikan di laut kahilangan tempat tinggal. Jika dibiarkan, lama-kelamaan ikan yang bertempat tinggal di terumbu karang dapat punah.


7. Pembuangan Limbah Sampah


    Jika pengolahan sampah tidak dilakukan dengan benar, terjadilah kerusakan lingkungan.Pernakah kamu melihat sungai yang kotor dan berbau busuk? Sungai yang demikian 4merupakan hasil pembuangan sampah dan 

limbah di sungai. Lingkungan sungai rusak dan hewan yang hidup di dalamnya mati.

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design