Monday, September 29, 2025

MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA

 Selasa,30 September 2025

Kelas VA 

 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria ini, semoga kita semua kita semua  dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah kita kembali bertemu lagi dalam keadaan sehat,hari ini kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaramm materi Matematika dan Pendididkan Pancasila.

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !

 

🌼 MATEMATIKA🌼

Tujuan Pembelajaran :   Murid dapat membandingkan berbagai pecahan (biasa, senilai, campuran).

Metode Penbelajaran : Tanya Jawab 

Alat Peraga                : LCD

 

📚 RANGKUMAN MATERI PECAHAN SENILAI

Pengertian Pecahan Senilai

Pecahan senilai adalah dua atau lebih pecahan yang memiliki nilai yang sama, meskipun bentuk pembilang dan penyebutnya berbeda.

👉 Contoh:

1/2=2/4

Semua pecahan di atas bernilai setengah.

👉Cara Menentukan Pecahan Senilai

1. Mengalikan pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama

👉Contoh:

2/32×2/3×2= 4/6 

2. Membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama

(Asal bisa dibagi habis)

👉Contoh:

8/28÷4=2

 

👉Tujuan Mempelajari Pecahan Senilai

  • Memudahkan dalam membandingkan pecahan.

  • Membantu saat melakukan penjumlahan, pengurangan, dan penyederhanaan pecahan.

  • Berguna dalam konversi satuan dan soal sehari-hari.

 Tips:
  • Pecahan senilai memiliki hasil desimal yang sama.
    Contoh:

    1/2=0,5, 

  • 2/4=0,5
  •  3/6=0,5

1.Dina mengatakan bahwa 34\frac{3}{4} dan 68\frac{6}{8} bukan pecahan senilai karena pembilang dan penyebutnya berbeda. Apakah pendapat Dina benar? 

2. Tentukan satu pecahan senilai dengan 56\frac{5}{6} yang memiliki penyebut 18. Jelaskan langkah-langkahmu.

3.Rani memakan 25\frac{2}{5} bagian kue, sedangkan Riko memakan 410bagian kue yang sama besar. Siapa yang makan lebih banyak? Jelaskan dengan pecahan senilai.

4.Diberikan pecahan: 23,46,69,812\frac{2}{3}, \frac{4}{6}, \frac{6}{9}, \frac{8}{12}
Apakah semua pecahan tersebut senilai? Jelaskan alasanmu dengan perhitungan atau pembuktian.

5.Buatlah dua pecahan senilai dengan 35\frac{3}{5}

🌻Pendidikan Pancasila🌻

Tujuan Pembelajaran : Murid dapat menyajikan dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari – hari hasil identifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, Warga sekolah

Metode Pembelajaran : Problem Based Learning

Alat Peraga : LCD 

Pengertian Norma

Norma adalah aturan atau ketentuan yang berlaku di masyarakat, keluarga, dan sekolah untuk mengatur perilaku manusia agar kehidupan menjadi tertib, aman, dan harmonis.

3. Jenis Norma

a. Norma Tertulis

Norma yang dibuat secara resmi dan dituliskan, biasanya ada aturan jelas dan sanksi tegas jika dilanggar.

  • Contoh di keluarga: jadwal piket membersihkan rumah yang ditulis di kertas.

  • Contoh di sekolah: tata tertib sekolah, misalnya aturan datang tepat waktu, larangan merokok, memakai seragam lengkap.

b. Norma Tidak Tertulis

Norma yang tidak tertulis di kertas, tetapi tetap berlaku dan dipatuhi oleh anggota keluarga atau warga sekolah.

  • Contoh di keluarga: menghormati orang tua, berbicara sopan kepada kakak/adik.

  • Contoh di sekolah: tidak mengejek teman, mengucapkan salam saat bertemu guru.

4. Fungsi Norma

  1. Menjaga ketertiban dalam keluarga dan sekolah.

  2. Membentuk sikap saling menghargai.

  3. Melatih tanggung jawab setiap anggota keluarga dan warga sekolah.

  4. Mencegah terjadinya perselisihan.

5. Contoh Penerapan Norma

  • Di Keluarga:

    • Norma tertulis → aturan jam belajar malam ditentukan orang tua.

    • Norma tidak tertulis → tidak boleh berteriak saat orang tua beristirahat.

  • Di Sekolah:

    • Norma tertulis → larangan membawa HP ke kelas.

    • Norma tidak tertulis → membantu teman yang kesulitan tanpa disuruh
      Soal Isia

1.    Aturan atau ketentuan yang mengatur perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari disebut ...

2.    Norma yang dituliskan secara resmi dan biasanya memiliki sanksi tegas disebut norma ....

3.    Norma yang tidak ditulis tetapi tetap berlaku dalam kehidupan sehari-hari disebut norma...

4.    Contoh norma tertulis di sekolah adalah ...

5.    Menghormati orang tua dan berbicara sopan merupakan contoh norma ... di keluarga.

6.    Tata tertib sekolah biasanya termasuk dalam norma ...

7.    Tidak mengejek teman merupakan contoh norma .... di sekolah.

8.    Fungsi norma adalah menjaga ... dalam keluarga dan sekolah.

9.    Jika tidak mematuhi norma, maka dapat menimbulkan ....dalam kehidupan sehari-hari.

10.    Membantu teman yang kesulitan tanpa disuruh termasuk norma ...

11.    Apa perbedaan norma tertulis dan norma tidak tertulis?

12.    Sebutkan 2 contoh norma tertulis dan 2 contoh norma tidak tertulis di sekolahmu!

13.    Bagaimana sikapmu jika ada teman yang melanggar norma di sekolah !
14,    Jelaskam fingsi dari norma !
15.    Berikan 2 contoh norma yang tertulis

                                              SELAMAT BELAJAR
Refleksi/kesimpulan :Alhandulillah pada kegiatan pembelajaranhari ini materi perbandingan pecahan senilai ,sebagian besar peserta dididk dapat memahami materi dengan baik melalui penjelasana guru dan tayangan PPT,Berikut dokumentasi kegiatannya :
 


0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

KISI-KISI STS BAHASA INDONESIA

 Selasa,14 Oktober 2025  Kelas : VA    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Anak sholih dan sholeha kelas VA,bagaimana kaba...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu