Kamis,25 Oktober 2025
Kelas : VA
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria ini,semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi untuk belajar sumatif harian 2 IPAS dan Seni Rupa
Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
Yuk kita mulai belajar !
🍄 IPAS🍄
Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat Memahami karakteristik gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
Metode Penbelajaran : Demostrasi
Alat Peraga : LCD
Berikut adalah rangkuman materi cahaya untuk kelas 5:
1. Pengertian Cahaya
Cahaya adalah energi yang dapat membuat benda tampak oleh mata. Tanpa cahaya, kita tidak dapat melihat apapun. Cahaya juga dapat merambat melalui ruang hampa (misalnya di luar angkasa).
2. Sumber Cahaya
Sumber cahaya terbagi menjadi dua, yaitu:
-
Sumber cahaya alami: Sumber cahaya yang ada di alam, seperti matahari, bintang, dan api.
-
Sumber cahaya buatan: Sumber cahaya yang dibuat oleh manusia, seperti lampu, lilin, dan senter.
3. Sifat Cahaya
-
Cahaya merambat lurus: Cahaya selalu bergerak dalam garis lurus. Hal ini bisa dilihat pada bayangan yang terbentuk ketika cahaya terkena benda.
-
Cahaya dapat dipantulkan: Ketika cahaya mengenai permukaan benda yang licin, cahaya akan dipantulkan. Contoh: cermin.
-
Cahaya dapat diteruskan: Beberapa benda memungkinkan cahaya untuk menembusnya, seperti kaca bening.
-
Cahaya dapat dibelokkan: Cahaya dapat dibelokkan saat melewati benda transparan yang bentuknya melengkung, seperti kaca pembesar.
4. Peristiwa Cahaya
-
Refleksi (Pemantulan): Ketika cahaya mengenai permukaan yang halus, cahaya akan dipantulkan kembali. Contoh: cermin.
-
Pembiasan Cahaya: Perubahan arah cahaya ketika melewati media yang berbeda (misalnya udara ke air). Contoh: pensil yang tampak patah di dalam air.
-
Dispersi: Pemisahan cahaya putih menjadi warna-warna lain. Contoh: pelangi yang terbentuk setelah hujan.
5. Bayangan
-
Bayangan Tegak: Bayangan yang terbentuk pada benda transparan, seperti kaca.
-
Bayangan Terbalik: Bayangan yang terbentuk dari benda yang terhalang cahaya, seperti bayangan di cermin datar.
-
Bayangan Lurus: Bayangan yang terbentuk pada benda yang dipantulkan oleh cahaya. Bayangan ini bisa berupa bayangan tajam atau buram, tergantung dari jarak benda dengan sumber cahaya.
6. Cahaya dan Penggunaannya
-
Lampu lalu lintas: Menggunakan cahaya untuk mengatur lalu lintas.
-
Optik: Ilmu yang mempelajari cahaya dan cara cahaya berinteraksi dengan benda. Contoh: penggunaan lensa pada kacamata atau mikroskop.
-
Sumber energi terbarukan: Cahaya matahari dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga surya.
7. Kecepatan Cahaya
Cahaya bergerak dengan sangat cepat. Di udara, kecepatan cahaya adalah sekitar 300.000 km per detik. Kecepatan ini memungkinkan cahaya tiba dengan cepat di tempat yang jauh, seperti dari matahari ke bumi.
8. Spektrum Cahaya
Cahaya putih terdiri dari berbagai warna yang dapat dipisahkan menggunakan prisma. Spektrum cahaya terdiri dari warna-warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu, yang sering disebut sebagai warna pelangi.
🌸 SENI RUPA🌸
Materi: Kosakata Seni dan Presentasi Karya Seni Rupa
- Jelaskan mengapa kosakata seni penting dalam menilai karya seni rupa!
Ja 👉 Karena kosakata seni membantu menyampaikan penilaian dengan jelas, tepat, dan menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur seni rupa.
- Sebutkan 3 contoh kosakata seni rupa yang sering digunakan dalam penilaian karya!
Ja 👉Komposisi, proporsi, tekstur.
- Apa yang dimaksud dengan estetika dalam penilaian karya seni rupa?
👉Estetika adalah nilai keindahan yang terdapat dalam karya seni rupa.
- Bagaimana cara menilai teknik dalam sebuah karya seni rupa?
Ja 👉Dengan melihat ketepatan penggunaan alat, bahan, dan cara pengerjaan karya.
- Jelaskan perbedaan antara penilaian dari segi estetika dan kreativitas dalam karya seni rupa!
Ja 👉Estetika menilai keindahan karya, sedangkan kreativitas menilai keaslian ide dan kebaruan dalam karya.
- Mengapa saat presentasi karya seni rupa siswa harus menyampaikan proses pembuatannya?
J 👉Agar audiens memahami tahapan penciptaan karya dan alasan pemilihan unsur seni rupa yang digunakan.
- Sebutkan 2 aspek yang perlu diperhatikan saat mempresentasikan karya seni rupa di depan kelas!
Ja 👉 Penggunaan kosakata seni, (2) Penyampaian yang jelas tentang unsur dan nilai karya.
- Apa fungsi penggunaan kosakata seni rupa seperti “proporsi” atau “perspektif” dalam presentasi karya?
Ja 👉: Untuk menjelaskan secara spesifik kelebihan dan ciri khas karya berdasarkan unsur seni rupa.
- Bagaimana cara menyampaikan penilaian yang baik terhadap karya teman tanpa menyinggung perasaannya?
Ja 👉: Dengan menyebutkan kelebihan karya terlebih dahulu, lalu memberikan saran perbaikan dengan bahasa yang sopan.
- Tuliskan contoh kalimat presentasi karya seni rupa menggunakan kosakata seni rupa minimal 2 kosakata!
0 comments:
Post a Comment