Rabu,3 September 2025
Kelas : VA
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Rabu yang ceria ini,semoga kita semuadalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi untuk belajar IPAS dan Bahasa Indonesia
Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
Yuk kita mulai belajar !
🌷IPAS🌷
Tujuan pembelajaran :Peserta didik dapat
mengklasifikasikan komponen biotik berdasarkan perannya dalam rantai makanan
Metode pembelajaran : PBL (Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD
Materi Ajar :Produsen, konsumen (herbivor, karnivor,
omnivor), dan dekomposer
1. Produsen
Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis.
-
Contoh: tumbuhan hijau (rumput, padi, pohon, ganggang).
-
Fungsi: sebagai sumber makanan utama dalam rantai makanan.
Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanannya sendiri dan harus memakan makhluk hidup lain untuk bertahan hidup.
Jenis-jenis Konsumen:
👉Konsumen Herbivor (Pemakan tumbuhan)
-
Hanya memakan tumbuhan.
-
Contoh: sapi, kambing, kelinci, kuda.
👉 Konsumen Karnivor (Pemakan daging)
-
Hanya memakan hewan lain.
-
Contoh: harimau, singa, elang, buaya.
👉Konsumen Omnivor (Pemakan segala)
-
Memakan tumbuhan dan hewan
Contoh: manusia, ayam, beruang
3. Dekomposer (Pengurai)
Dekomposer adalah makhluk hidup yang menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang sudah mati menjadi zat yang berguna bagi tanah.
-
Contoh: jamur, bakteri, cacing tanah.
-
Fungsi: mengembalikan nutrisi ke tanah agar bisa digunakan lagi oleh tumbuhan
🌸Hubungan Dalam Ekosistem
-
Produsen ➝ dimakan oleh Konsumen ➝ sisa-sisanya diurai oleh Dekomposer
-
Ini membentuk rantai makanan dan siklus energi dalam ekosistem.
Penjelasan
1.Produsen
2.Konsumen tingkat I
3. Konsumen tingkat II
4.Konsumen tingkat III
5.Pengurai
🌷Bahasa Indonesia 🌷Tujuan Pembelajaran : Murid dapat Membedakan struktur dan ciri kebahasaan teks narasi, deskripsi, dan prosedur secara sederhanaRefleksi/kesimpulan : Alhamdulillah pada kegiatan pembelajaran IPAS sebagian besar murid dapat membedakan prosusen konsumen dan dekomposer nelalui penjelasan dari guru dan latihan soal.Metode pembelajaran : PBL(Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD
Teks Narasi
Teks narasi adalah teks yang menceritakan suatu peristiwa atau pengalaman secara runtut.
Struktur Teks Narasi:
- Orientasi → pengenalan tokoh, tempat, waktu.
- Rangkaian peristiwa → urutan kejadian atau cerita.
- Reorientasi (opsional) → penutup atau kesimpulan cerita
🔹 Ciri Kebahasaan
Teks Narasi: Menggunakan kata yang menunjukkan waktu (kemudian, lalu, setelah itu) '
2. Banyak menggunakan kata kerja tindakan (berlari, membaca, berjalan).
3. Ada tokoh, latar tempat, dan waktu.
📖 Contoh Singkat Narasi:
- Pada hari Minggu, Sinta pergi ke taman. Ia bermain ayunan bersama teman-temannya. Setelah itu, mereka makan bekal bersama.
- Pada sore hari, Rani bermain sepeda di halaman rumah. Ia berputar-putar sambil tertawa riang. Setelah lelah, Rani duduk di teras sambil minum segelas air.
2. Teks Deskripsi
Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek, tempat, atau suasana secara rinci sehingga pembaca seolah-olah melihat atau merasakannya.
🔹 Struktur Teks Deskripsi
1 Identifikasi objek → apa/siapa yang dideskripsikan.
2 Deskripsi bagian → rincian bentuk, warna, ciri, sifat, atau keadaan objek.
· Kesimpulan (opsional).
🔹 Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi:
1 Banyak menggunakan kata sifat (indah, wangi, sejuk).
2 Menggunakan kata pancaindra (melihat, mendengar, mencium).
3 Kalimat menggambarkan keadaan.
📖 Contoh Singkat Deskripsi:
- "Taman sekolahku sangat indah. Bunganya berwarna-warni, ada merah, kuning, dan putih. Udara di sana sejuk dan membuat nyaman."
- "Kandang ayam di belakang rumahku sangat bersih. Lantainya beralaskan papan kayu, dindingnya terbuat dari bambu. Di dalamnya ada ayam berwarna putih dengan bulu yang lebat."
Contoh Teks Prosedur (Langkah-langkah)
- "Cara Membuat Roti Bakar
Siapkan dua lembar roti tawar.
Olesi roti dengan mentega dan selai.
Panggang roti di atas teflon sampai kecokelatan.
Angkat, potong, dan roti bakar siap disajikan."
3. Teks Prosedur
Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah untuk melakukan sesuatu agar tujuan tercapai.
🔹 Struktur Teks Prosedur:
· Tujuan → apa yang ingin dicapai.
· Alat dan bahan (jika ada).
· Langkah-langkah → urutan kerja.
🔹 Ciri Kebahasaan Teks Prosedur:
- Menggunakan kata kerja imperatif (cuci, ambil, masukkan).
- Menggunakan kata penghubung urutan (pertama, kedua, lalu, terakhir).
- Menggunakan kata bilangan (satu sendok, dua gelas)
📖 Contoh Singkat Prosedur:
"Cara Membuat Teh Manis
Bahan: gula, teh, air panas.
Langkah-langkah:1. Siapkan gelas.
2. Masukkan satu sendok gula dan satu kantong teh.
3. Tuangkan air panas.
4. Aduk rata dan teh manis siap diminum.
-"Cara Membuat Roti Bakar
Siapkan dua lembar roti tawar.
Olesi roti dengan mentega dan selai.
Panggang roti di atas teflon sampai kecokelatan.
Angkat, potong, dan roti bakar siap dimakan
📊 Tabel Perbedaan
Jenis Teks
Struktur Utama
Ciri Kebahasaan
Narasi
Orientasi – Rangkaian peristiwa – Reorientasi
Kata waktu, kata kerja tindakan, ada tokoh & latar
Deskripsi
Identifikasi – Deskripsi bagian – Kesimpulan
Kata sifat, kata pancaindra, menggambarkan keadaan
Prosedur
Tujuan – Alat/bahan – Langkah-langkah
Kata kerja imperatif, kata urutan, kata bilangan
Ringkasan- Narasi → menceritakan kejadian.
- Deskripsi → menggambarkan sesuatu
- Prosedur → memberi petunjuk langkah-langkah.
Latihan soal
1 – Baca dan Pahami
Bacalah teks-teks berikut!
"Pada pagi hari, Edo berangkat sekolah bersama adiknya. Mereka berjalan kaki melewati jalan setapak. Sesampainya di sekolah, Edo langsung masuk kelas dan belajar."
Teks B
"Perpustakaan sekolahku luas dan nyaman. Rak buku tersusun rapi, buku-buku berjejer sesuai jenisnya. Suasananya tenang, sehingga membuat siswa betah membaca."Teks C
"Cara Membuat Jus Jeruk
Bahan: jeruk, gula, air.
Langkah-langkah:1. Kupas jeruk.
2. Masukkan jeruk ke dalam blender.
3. Tambahkan gula dan air secukupnya.
4. Blender hingga halus, lalu tuang ke gelas."
Kegiatan 2 – Identifikasi Jenis Teks
Tuliskan jenis teks berikut ini:
1. Teks A adalah teks …………………………………
2. Teks B adalah teks …………………………………
3. Teks adalah teks …………………………………
- Berikut dokumentasi kegiatannya :
0 comments:
Post a Comment