Tuesday, September 02, 2025

IPAS DAN BAHASA INDONESIA

 

Rabu,3 September 2025

Kelas : VA 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Rabu yang ceria ini,semoga kita semuadalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi untuk belajar IPAS dan Bahasa Indonesia

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !    

🌷IPAS🌷 

Tujuan pembelajaran :Peserta didik dapat mengklasifikasikan komponen biotik berdasarkan perannya dalam rantai makanan

 Metode pembelajaran :    PBL (Problem based Learning)

Media Pembelajaran   :    LCD                

Materi Ajar                   :Produsen, konsumen (herbivor, karnivor, omnivor), dan dekomposer

1. Produsen

Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis.

  • Contoh: tumbuhan hijau (rumput, padi, pohon, ganggang).

  • Fungsi: sebagai sumber makanan utama dalam rantai makanan.

2. Konsumen

Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanannya sendiri dan harus memakan makhluk hidup lain untuk bertahan hidup.

Jenis-jenis Konsumen:

👉Konsumen Herbivor (Pemakan tumbuhan)

  • Hanya memakan tumbuhan.

  • Contoh: sapi, kambing, kelinci, kuda.

  👉 Konsumen Karnivor (Pemakan daging)

  • Hanya memakan hewan lain.

  • Contoh: harimau, singa, elang, buaya.

   👉Konsumen Omnivor (Pemakan segala)

  • Memakan tumbuhan dan hewan

    Contoh: manusia, ayam, beruang

    3. Dekomposer (Pengurai)

          Dekomposer adalah makhluk hidup yang menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang sudah              mati menjadi zat yang berguna bagi tanah.

  • Contoh: jamur, bakteri, cacing tanah.

  • Fungsi: mengembalikan nutrisi ke tanah agar bisa digunakan lagi oleh tumbuhan

    🌸Hubungan Dalam Ekosistem

  • Produsen ➝ dimakan oleh Konsumen ➝ sisa-sisanya diurai oleh Dekomposer

  • Ini membentuk rantai makanan dan siklus energi dalam ekosistem.

    Penjelasan 

     1.Produsen

    2.Konsumen tingkat I

    3. Konsumen tingkat II

    4.Konsumen tingkat III

    5.Pengurai 

     

    🌷Bahasa Indonesia 🌷


    Tujuan Pembelajaran : Murid dapat Membedakan struktur dan ciri kebahasaan teks narasi, deskripsi, dan prosedur secara sederhana

    Metode pembelajaran :    PBL(Problem based Learning)

    Media Pembelajaran :      LCD

    Teks Narasi

    Teks narasi adalah teks yang menceritakan suatu peristiwa atau pengalaman secara runtut.

    Struktur Teks Narasi:   

    1. Orientasi  pengenalan tokoh, tempat, waktu.
    2. Rangkaian peristiwa  urutan kejadian atau cerita.
    3.  Reorientasi (opsional)  penutup atau kesimpulan cerita

    🔹 Ciri Kebahasaan 

    Teks Narasi: Menggunakan kata yang menunjukkan waktu (kemudian, lalu, setelah itu) '

    2. Banyak menggunakan kata kerja tindakan (berlari, membaca, berjalan).

    3. Ada tokoh, latar tempat, dan waktu.

    📖 Contoh Singkat Narasi:

    • Pada hari Minggu, Sinta pergi ke taman. Ia bermain ayunan bersama teman-temannya. Setelah itu, mereka makan bekal bersama.
    • Pada sore hari, Rani bermain sepeda di halaman rumah. Ia berputar-putar sambil tertawa riang. Setelah lelah, Rani duduk di teras sambil minum segelas air.

    2. Teks Deskripsi

    Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek, tempat, atau suasana secara rinci sehingga pembaca seolah-olah melihat atau merasakannya.

    🔹 Struktur Teks Deskripsi  

    1  Identifikasi objek  apa/siapa yang dideskripsikan.

     2 Deskripsi bagian  rincian bentuk, warna, ciri, sifat, atau keadaan objek.

    ·         Kesimpulan (opsional).

    🔹 Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi:

     1 Banyak menggunakan kata sifat (indah, wangi, sejuk).

    Menggunakan kata pancaindra (melihat, mendengar, mencium). 

    Kalimat menggambarkan keadaan.

    📖 Contoh Singkat Deskripsi:

    •  "Taman sekolahku sangat indah. Bunganya berwarna-warni, ada merah, kuning,  dan putih. Udara di sana sejuk dan membuat nyaman."
    • "Kandang ayam di belakang rumahku sangat bersih. Lantainya beralaskan papan kayu, dindingnya terbuat dari bambu. Di dalamnya ada ayam berwarna putih dengan bulu yang lebat."

        Contoh Teks Prosedur (Langkah-langkah)

    • "Cara Membuat Roti Bakar

    1. Siapkan dua lembar roti tawar.

    2. Olesi roti dengan mentega dan selai.

    3. Panggang roti di atas teflon sampai kecokelatan.

    4. Angkat, potong, dan roti bakar siap disajikan."

    3. Teks Prosedur

    Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah untuk melakukan sesuatu agar tujuan tercapai.

    🔹 Struktur Teks Prosedur:

    ·         Tujuan  apa yang ingin dicapai.

    ·        Alat dan bahan (jika ada).

    ·         Langkah-langkah  urutan kerja.

    🔹 Ciri Kebahasaan Teks Prosedur:

    • Menggunakan kata kerja imperatif (cuci, ambil, masukkan). 
    • Menggunakan kata penghubung urutan (pertama, kedua, lalu, terakhir).
    • Menggunakan kata bilangan (satu sendok, dua gelas)

    📖 Contoh Singkat Prosedur:

    "Cara Membuat Teh Manis
    Bahan: gula, teh, air panas.
    Langkah-langkah:

    1.   Siapkan gelas.

    2.   Masukkan satu sendok gula dan satu kantong teh.

    3.   Tuangkan air panas.

    4.   Aduk rata dan teh manis siap diminum.

    -"Cara Membuat Roti Bakar

    1. Siapkan dua lembar roti tawar.

    2. Olesi roti dengan mentega dan selai.

    3. Panggang roti di atas teflon sampai kecokelatan.

    4. Angkat, potong, dan roti bakar siap dimakan

    📊 Tabel Perbedaan

    Jenis Teks

    Struktur Utama

    Ciri Kebahasaan

    Narasi

    Orientasi – Rangkaian peristiwa – Reorientasi

    Kata waktu, kata kerja tindakan, ada tokoh & latar

    Deskripsi

    Identifikasi – Deskripsi bagian – Kesimpulan

    Kata sifat, kata pancaindra, menggambarkan keadaan

    Prosedur

    Tujuan – Alat/bahan – Langkah-langkah

    Kata kerja imperatif, kata urutan, kata bilangan




     Ringkasan

    • Narasi  menceritakan kejadian.
    • Deskripsi  menggambarkan sesuatu
    •  Prosedur  memberi petunjuk langkah-langkah.
    • Latihan soal

      1 – Baca dan Pahami

      Bacalah teks-teks berikut!

      "Pada pagi hari, Edo berangkat sekolah bersama adiknya. Mereka berjalan kaki melewati jalan setapak. Sesampainya di sekolah, Edo langsung masuk kelas dan belajar."

      Teks B
      "Perpustakaan sekolahku luas dan nyaman. Rak buku tersusun rapi, buku-buku berjejer sesuai jenisnya. Suasananya tenang, sehingga membuat siswa betah membaca."

      Teks C
      "Cara Membuat Jus Jeruk
      Bahan: jeruk, gula, air.
      Langkah-langkah:

      1.   Kupas jeruk.

      2.   Masukkan jeruk ke dalam blender.

      3.   Tambahkan gula dan air secukupnya.

      4.   Blender hingga halus, lalu tuang ke gelas."

      Kegiatan 2 – Identifikasi Jenis Teks

      Tuliskan jenis teks berikut ini:

      1.   Teks A adalah teks …………………………………

      2.   Teks B adalah teks …………………………………

      3.   Teks  adalah teks …………………………………

     Refleksi/kesimpulan : Alhamdulillah pada kegiatan pembelajaran IPAS sebagian besar murid dapat membedakan prosusen konsumen dan dekomposer nelalui penjelasan dari guru dan latihan soal.
  • Berikut dokumentasi kegiatannya : 





 

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

IPAS DANN SENI RUPA

  Kamis,11 A 2025  Kamis    :  VA     السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarn...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu