Monday, August 11, 2025

Matematika dan Pendidikan Pancasila

 Selasa,12 Agustus 2025

Kelas :VA

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria ini, semoga kita semua kita semua  dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah kita kembali bertemu lagi dalam keadaan sehat,hari ini kita akan belajar pembahasan soal-soal persiapan sumatif Matematika ke 1 Dan penjelasan materi P.Pancasila

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !

 

🌼 MATEMATIKA🌼

Tujuan pembelajaran : Peserta didik dapat mengerjakan berbagai bentuk soal

Metode pembelajaran :    PBL(Problem based Learning)

Media Pembelajaran :      LCD

Romawi 1 

Pilihlah jawaban a,b,c,d yang benar ! 

1. Bilangan delapan puluh tiga ribu delapan ratus empat puluh tujuh dapat ditulis ....
a. 83.487
b. 83.847
c. 83.747
d. 83.884

2. Harga kue cokelat Diandra 32.500 rupiah. Lambang bilangan tersebut dapat dibaca....
a. tiga puluh dua ribu
b. tiga ribu dua lima ratus
c. tiga puluh lima ribu dua ratus
d. tiga puluh dua ribu lima ratus

3. Nilai angka 8 pada bilangan 56.817 adalah ....
a. 800.000
b. 80.000
c. 8.000
d. 800

4. Pertidaksamaan berikut ini yang benar adalah ....
a. 21.953 < 21.950
b. 24.597 < 24.679
c. 27.890 > 27.908
d. 29.890 > 29.908

5. 96.781 – 58.345 = n. Nilai n adalah .... 
a. 38.386
b. 38.406
c. 38.416
d. 38.436

6. 350 x 66 = m. Nilai m adalah ....
a. 22.800
b. 23.100
c. 23.300
d. 23.400
 
7. Hasil dari 65.780 : 26 adalah ….
a. 2.480
b. 2.510
c. 2.515
d. 2.530

8. Lima keranjang memuat 11.450 buah jeruk. Jeruk yang ada di setiap keranjang adalah …. buah.
a. 2.270
b. 2.280
c. 2.290
d. 2.292 

9. Sinta memiliki 29 permen dan ingin membaginya kepada 4 temannya secara merata. Berapa banyak permen yang diterima setiap teman dan berapa sisanya?

A. 7 permen, sisa 1
B. 6 permen, sisa 5
C. 7 permen, sisa 2
D. 6 permen, sisa 3

10.Ani memiliki 53 kelereng dan ingin membaginya ke dalam kantong, masing-masing kantong berisi 6 kelereng. Berapa banyak kantong penuh yang bisa dibuat dan berapa sisa kelerengnya?

A. 8 kantong, sisa 4
B. 9 kantong, sisa 2
C. 8 kantong, sisa 5
D. 7 kantong, sisa 5

 
romawi II 
11. Angka 1 pada lambang bilangan 61.875 mempunyai nilai tempat ...
12. Hasil penjumlahan dari 53.128 dengan 26.252 adalah ...
13. Hasil dari 10.857 : 47 adalah ...
14. Tulislah lambang bilangan dari delapan puluh tujuh ribu empat ratus empat puluh tiga!...
53. Harga pensil warna dengan merek sama dari 3 toko diperoleh harga sebagai berikut:
Rp15.850,00; Rp13.900,00; dan Rp15.950,00. Berapakah harga yang paling mahal?
Berapakah selisih harga yang paling mahal dengan harga paling murah?...
 

🌼 MATEMATIKA🌼

 

 

 🌸PENDIDIKAN PANCASILA🌸

Tujuan pembelajaran            :     Memahami kronologi  sejarah kelahiran Pancasila.
 Metode pembelajaran           :    PBL (Problem based Learning)
Media Pembelajaran             :    LCD                
Materi Ajar                             :   Rumusan Pancasila

RANGKUMAN MATERI

Rumusan Pancasila diterima sebagai dasar negara secara resmi melalui sejumlah penetapan. Rumusan pertama ditetapkan pada Piagam Jakarta (Jakarta Charter) tanggal 22 Juni 1945.Rumusan Pancasila pada Jakarta Charter merupakan tindak lanjut perumusan ulang Pancasila, gagasan dasar negara yang disampaikan Soekarno pada pidato di sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) tanggal 1 Juni 1945. Panitia Sembilan bertugas melakukan perumusan ulang tersebut.

Rumusan Pancasila pada Piagam Jakarta

Berikut rumusan Pancasila yang ada pada Piagam Jakarta (Jakarta Charter):

Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.
Kemanusiaan yang adil dan beradab.
Persatuan Indonesia.
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Adapun kalimat dalam Piagam Jakarta atau Jakarta Charter seperti dikutip dari buku Pendidikan Pancasila yang disusun oleh Toni Nasution.

".. maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu hukum dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar pada: Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia." (Naskah Persiapan UUD 1945)


Perubahan Rumusan Pancasila di Piagam Jakarta
Rumusan Pancasila di Piagam Jakarta diubah menjadi rumusan kedua dalam dokumen pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Perubahan tersebut merupakan hasil sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

Pada perubahan ini, sila pertama Pancasila menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa. Anak kalimat "dengan kewajiban menjalankan syariat-syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya" disepakati semua anggota PPKI untuk dihilangkan.

Mengapa rumusan Pancasila di Piagam Jakarta diubah? Dikutip dari buku Pancasila di Perguruan Tinggi oleh Moh Fail dan Pascall Malano Taduso, perubahan ini dilakukan atas kesepakatan anggota PPKI dengan pertimbangan menjaga persatuan bangsa dan keutuhan wilayah Indonesia,
Sedangkan kalimat pada Pembukaan UUD 1945 paragraf ke-4 menjadi:

 
"maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia



TUGAS 

Amati naskah Piagam Jakarta dan naskah Pembukaan UUD 1945.Tuliskan perbedaan pada kedua naskah tersebut !

Refleksi/kesimpulan: Alhamdulillah pada kegiatan pembelajaran hari ini Pendididkan Pancasila sebagian besar peserta didik dapat  memahami kronologi  sejarah kelahiran Pancasila dengan baik melalui kegiatan pembuatan mading yang berisi kronologi lahirnya pancasila.

Berikut dokumentasi kegiatannya:








 

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

KISI-KISI STS BAHASA INDONESIA

 Selasa,14 Oktober 2025  Kelas : VA    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Anak sholih dan sholeha kelas VA,bagaimana kaba...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu