Wednesday, August 27, 2025

IPAS DAN SENI RUPA

 Kamis,28 Agustus 2025

Kelas : VC

 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria ini,semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi untuk belajar  IPAS dan Sumatif 1 Seni Rupa

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !             

 

🍄 IPAS🍄

Tujuan Pembelajaran  Peserta didik dapat mengklasifikasikan komponen biotik                 berdasarkan  perannya dalam rantai makanan.

 Metode pembelajaran :    PBL (Problem based Learning)

Media Pembelajaran   :    LCD                

Materi Ajar                :  Produsen, konsumen (herbivor, karnivor, omnivor), dan dekomposer

🍄RANGKUMAN MATERI 

  Produsen dalam rantai makanan adalah organisme yang dapat menghasilkan makanannya sendiri, biasanya melalui proses fotosintesis, seperti tumbuhan hijau atau alga. Mereka adalah dasar dari semua rantai makanan karena menyediakan energi dan makanan bagi organisme lain, dan tidak bergantung pada organisme lain untuk mendapatkan energi. 

Fungsi dan peran produsen:

  • Menghasilkan makanan sendiri:
    Produsen seperti tumbuhan menggunakan energi matahari, air, dan karbon dioksida untuk membuat senyawa organik (gula) dan oksigen melalui fotosintesis. 
     
    Dasar kehidupan:
    Tanpa produsen, tidak ada sumber energi dan makanan bagi konsumen (herbivora, karnivora, omnivora) dan dekomposer, sehingga kehidupan di ekosistem akan terganggu. 
     
    Bertindak sebagai organisme autotrof:
     Istilah lain untuk produsen adalah
    • organisme autotrof, yang berarti mereka mampu membuat makanan sendiri. 
              Contoh produsen: 
    •   Di darat: Tumbuhan hijau seperti padi, rumput, dan pohon di hutan.
    •  Di laut: Alga dan fitoplankton (tumbuhan mikroskopik).
    •  Di danau: Tumbuhan air seperti ganggang atau tumbuhan terapung.
    • Menyediakan energi:
    Energi yang dihasilkan oleh produsen inilah yang kemudian berpindah ke seluruh tingkat trofik dalam rantai makanan. 
     

    Contoh Rantai Makanan di Sawah

    Ilustrasi contoh rantai makanan di sawah. Foto: Dok. Istimewa
    Dalam sebuah rantai makanan dikenal adanya produsen, konsumen dan juga pengurai atau dekomposer. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan rantai makanan?
    Rantai makanan adalah siklus makan-dimakan antar makhluk hidup untuk bertahan hidup. Sehingga rantai makanan di sawah adalah siklus makan dimakan antar makhluk hidup yang terjadi di ekosistem sawah, di mana produsennya yaitu tanaman padi dan rerumputan.
    Pada rantai makanan di sawah, dapat dilihat bahwa :
    • 👉Tanaman padi adalah produsen,
    •  👉Belalang adalah konsumen I,
    •  👉Tikus merupakan konsumen II,
    •  👉Ular adalah konsumen III,
    •  👉Burung menjadi konsumen IV. 
    •  
    🌷SENI RUPA 🍁
     

    Tujuan Pembelajaran : Murid dapat  Mempresentasikan  penilaian karya dan penciptaan karya                                       seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni

    Metode pembelajaran :    PBL(Problem based Learning)

    Media Pembelajaran   :      LCD

    RangKarya seni rupa bisa berupa lukisan, gambar, patung, kerajinan, dan lain-lain.
    Agar kita bisa menilai karya seni rupa, kita perlu memperhatikan beberapa hal:

    1. Unsur Rupa: garis, bentuk, warna, tekstur, ruang.
    2. Prinsip Desain: keseimbangan, kesatuan, irama, proporsi, penekanan.
    3. Fungsi: apakah karya seni tersebut berfungsi praktis atau estetis (keindahan).

    Penilaian karya seni harus menggunakan bahasa yang sopan, bukan untuk merendahkan, tetapi memberi masukan yang membangun.

    -. Langkah-Langkah Penilaian Karya Seni

    1. Amati: Perhatikan karya seni dengan teliti.
    2. Deskripsikan: Ceritakan apa yang terlihat (warna, bentuk, teknik).
    3. Analisis: Jelaskan unsur rupa dan prinsip desain yang digunakan.
    4. Interpretasi: Sampaikan makna atau pesan yang kamu tangkap.
    5. Evaluasi: Beri pendapat pribadi (kelebihan dan saran perbaikan). 

    -. Contoh Kalimat Penilaian

    “Menurut saya, lukisan ini indah karena penggunaan warna cerah membuat suasana gembira.”

    “Patung ini memiliki tekstur halus sehingga terlihat nyata. Mungkin bisa lebih menarik jika diberi warna.”

    “Kerajinan ini rapi dan fungsional, cocok dipakai sebagai hiasan di rumah.”

     - Latihan Mempresentasikan Penilaian

    Tugas Siswa

    Pilih satu karya seni rupa (lukisan/gambar/kerajinan).

    Buat catatan penilaian berdasarkan tabel berikut

    Tabel Latihan Penilaian

    Langkah Penilaian

    Pertanyaan Panduan

    Jawaban Siswa

    Deskripsi

    Apa yang kamu lihat pada karya seni tersebut? (warna, bentuk, bahan, teknik)

    …………………………………

    Analisis

    Unsur rupa apa yang menonjol? (garis, warna, tekstur, bentuk, ruang)

    …………………………………

    Interpretasi

    Menurutmu, apa makna atau pesan yang ingin disampaikan melalui karya ini?

    …………………………………

    Evaluasi

    Apa kelebihan karya ini? Apa saranmu agar lebih baik?

    …………………………………


    Presentasikan penilaianmu di depan kelas selama 2–3 menit.

    Panduan Presentasi

    1. Awali dengan salam.
    2. Sebutkan karya seni yang dipilih.
    3. Sampaikan deskripsi singkat, analisis, interpretasi, dan evaluasi.
    4. Gunakan kosakata seni rupa (garis, warna, tekstur, keseimbangan, irama, ds
    5. Tutup dengan kalimat penutup yang sopan.
     
    •  SELAMAT BELAJAR

    Refleksi/Kesimpulan : Alhamdulillah pada pembeljaran IPAS Materi produsen,lomdumen sebagian besar  peserta didik dapat memahami materi dengan banik mlalui penjelasan guru.Berikut dokumentasi kegiatannya :

  •  





0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

IPAS DANN SENI RUPA

  Kamis,11 A 2025  Kamis    :  VA     السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarn...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu